Bacaterus / Toilet / Saluran WC Mampet? Coba Gunakan Soda Api Untuk Mengatasinya

Saluran WC Mampet? Coba Gunakan Soda Api Untuk Mengatasinya

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

WC atau toilet merupakan salah satu ruangan yang sangat penting baik di rumah maupun di tempat umum. Kenyamanan dan kebersihan WC itu penting, tapi yang lebih penting lagi adalah WC tersebut dapat digunakan dengan baik.

Tapi bagaimana jika saluran WC di rumahmu mampet? Kira-kira apa yang akan kamu lakukan? Apalagi jika kamu baru mengetahui hal tersebut ketika kamu ingin membuang hajat. Tentunya hal ini akan membuatmu kerepotan.

Membayangkan WC mampet dalam waktu yang cukup lama tentu akan sangat merepotkan. Ada beberapa cara untuk memperbaiki saluran WC yang mampet. Namun sebelum membahas cara untuk memperbaikinya, ada baiknya kamu mengetahui dahulu hal-hal yang dapat mengakibatkan WC mampet.

Penyebab Saluran WC Mampet

Penyebab Saluran WC Mampet

* sumber: www.rd.com

Penyebab saluran WC mampet umumnya terjadi karena dua hal yaitu septic tank tempat pembuangan tinja penuh. Kemudian  karena ada yang menyumbat saluran WC, bisa jadi karena kelalaian kita membuang sampah seperti tisu, puntung rokok dan lain sebagainya ke dalam saluran WC.

Berikut ini penjelasan dua penyebab WC mampet yang umum terjadi:

  • Septic Tank Penuh
Septic Tank Penuh

* sumber: www.sandiegosepticrepairs.com

Kotoran yang dibuang dari saluran WC biasanya akan dikumpulkan dalam septic tank. Kotoran yang dibuang itu lama-kelamaan akan menjadi lumpur tinja yang mengendap.

Jika, volume lumpur tinja di dalam septic tank sudah penuh, maka ini sangat memungkinkan menjadi penyebab saluran WC yang mampet. Air yang digunakan untuk menyiram ke saluran WC pun akan mengalir lebih lambat dari biasanya.

Jika saluran WC mampet dikarenakan septic tank penuh, kamu bisa memanggil jasa sedot WC untuk mengosongkan kembali septic tank tersebut.

  • WC Tersumbat Kotoran
WC Tersumbat Kotoran

* sumber: www.familyhandyman.com

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, saluran WC yang tersumbat bisa saja terjadi karena kelalaian membuang sampah seperti tisu, pembalut, puntung rokok dan lainnya ke dalam saluran WC.

Bisa juga karena lumut dan lumpur tinja yang mengeras di dalam saluran WC. Sehingga terjadi penyumbatan saluran WC. Atau rambut rontok yang ikut terbuang ke dalam saluran WC pun lama-kelamaan dapat membuat saluran WC tersumbat.

Jenis-Jenis Soda Api

Apa itu soda api? Soda api atau dalam Bahasa ilmiahnya dikenal dengan Natrium hidroksida (NaOH), dikenal juga dengan soda kaustik atau sodium hidroksida yang merupakan sejenis basa logam kaustik.

Soda api ini bukan bahan minuman atau makanan, maka dilarang keras untuk diminum atau dimakan. Soda api akan bereaksi ketika dilarutkan kedalam air yang kemudian akan membentuk larutan alkalin dan akan menimbulkan hawa panas ketika dilarutkan.

Soda api banyak digunakan di bidang industri, konstruksi juga laboratorium kimia. Untuk mendapatkan soda api, kamu bisa membelinya di toko kimia atau toko bangunan terdekat.

Ada beberapa jenis soda api yang dapat ditemukan seperti:

  • Soda Api Padat
Soda Api Padat

* sumber: www.jagadkimia.com

Soda api padat ini berwarna putih dan tidak berbau. Tersedia dalam bentuk pelet, serpihan juga butiran. Soda api jenis ini akan mudah larut dengan air juga akan menghasilkan panas yang cukup besar, bahkan mungkin cukup kuat untuk menyalakan bahan yang mudah terbakar.

Biasanya soda api jenis ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau, untuk yang beratnya 1 kg dijual berkisar Rp 20.000,-.

  • Cair

Soda Api Cair

Soda api cair ini berwarna bening dan diproduksi secara industri dengan larutan jenuh 50%. Soda api ini merupakan larutan alkali yang dihasilkan selama proses elektrolisis air garam.

Dari segi harga lebih mahal dibandingkan dengan soda api jenis padat. Tapi sama halnya dengan soda api jenis padat, soda api cair juga mudah mudah larut di dalam air.

Cara Menggunakan Soda Api Untuk Saluran WC Mampet

Cara Menggunakan Soda Api Untuk Saluran WC Mampet

* sumber: poleznii-site.ru

jika penyebab penyumbat pada WC karena benda-benda yang sulit terurai seperti mainan anak, baju dan lain sebagainya, maka soda api akan sulit untuk mengurainya. Tapi jika WC mampet diakibatkan sisa-sisa tinja yang mengeras, kertas, tisu dan barang lainnya yang mudah diurai, maka dengan soda api masalah tersebut dapat diatasi.

Berikut ini cara menggunakan soda api untuk mengatasi WC yang mampet:

  • Persiapan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah pastikan sudah tidak ada genangan air di WC. Karena jika masih ada genangan air takutnya akan menyebabkan air semakin meluap.

Kemudian siapkan alat dan bahannya. Bahan utamanya sudah pasti soda api. Kemudian menyiapkan air panas yang mendidih. Dan terakhir siapkan sarung tangan karet, masker dan juga kacamata untuk perlindungan.

  • Eksekusi

Jika semua bahan dan alat sudah siap, selanjutnya mulai melakukan eksekusinya. Tuangkan soda api pada lubang saluran WC. tidak ada takaran yang pasti  berapa banyak soda api yang dimasukkan ke dalam saluran WC yang mampet. Kemudian tuangkan air panas secara perlahan-lahan.

Jaga jarak Ketika menuangkan air panas tersebut untuk menghindari uap yang dihasilkan dari soda api. Ketika soda api bereaksi, akan muncul letupan-letupan kecil, asap dan juga suara berdesis. Tunggu sekitar 1 jam atau lebih agar soda api bereaksi secara maksimal.

  • Cek Saluran

Jika reaksi dari soda api berhasil maka perlahan air yang menggenang akan mulai berangsur berkurang. Coba siram saluran WC, jika air sudah mengalir secara normal berarti saluran WC sudah tidak mampet lagi dan sudah lancar kembali.

  • Ulang Kembali

Jika setelah dilakukan pengecekan masih belum juga mengalir secara normal, bisa jadi karena soda api belum sepenuhnya mengurai kotoran yang menjadi penyebab mampet. Kamu bisa menunggu Kembali sampai soda api sepenuhnya mengurai kotoran tersebut.

Jika masih belum lancar juga, kamu bisa mencoba mengulangi kembali proses ini sekali lagi hingga saluran sudah benar-benar lancar.

Baca juga: Cara Mengatasi WC Penuh yang Paling Mudah dan Cepat

Tips Menggunakan Soda Api

Tips Menggunakan Soda Api

* sumber: www.today.com

Karena soda api termasuk bahan kimia yang cukup berbahaya bagi tubuh, maka saat menggunakan soda api untuk menangani saluran WC yang mampet kamu harus memperhatikan keselamatan kamu.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan soda api untuk menangani WC mampet:

  • Soda api dapat menyebabkan luka bakar pada kulit yang terkena tetesan soda api. Jadi sebaiknya gunakan sarung tangan karet untuk menghindari kontak langsung. Jika mengenai tangan atau kulit segera cuci dengan air mengalir.
  • Soda api akan bereaksi dengan air panas sehingga menghasilkan uap atau asap yang cukup berbahaya, maka gunakanlah masker supaya uap atau asap dari hasil reaksi kimia tersebut tidak terhirup.
  • Gunakan kacamata untuk menghindari percikan soda api ketika menuangkan air panas atau cairan soda api.
  • Jaga jarak ketika menuangkan cairan soda api ke dalam saluran WC.

Hal-Hal yang Harus Dihindari Agar WC Tidak Mampet

Hal-Hal yang Harus Dihindari Agar WC Tidak Mampet

* sumber: www.soldotna.org

Untuk menjaga saluran WC agar tetap lancar, maka kamu harus menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan saluran WC mampet. Berikut ini beberapa hal yang harus dihindari agar WC tidak mampet:

  • Jangan membuang sampah plastik ke dalam lubang WC. Sediakan tempat sampah di WC atau pun kamar mandi untuk menghindari membuang sampah plastik ke dalam WC.
  • Jangan membawa mainan anak ke dalam kamar mandi, karena dikhawatirkan dapat terjatuh kedalam lubang WC. Jika sudah terlanjur masuk ke dalam WC sebaiknya langsung diambil agar terhindar dari WC mampet.
  • Jangan membuang pembalut ke dalam WC. Himbauan seperti ini kerap ditemukan di toilet-toilet khususnya toilet wanita. Sama halnya dengan sampah plastik, sampah pembalut merupakan salah satu penyebab seringnya WC mampet. Sebaiknya sediakan tempat sampah untuk menghindari membuang sampah ke dalam WC.
  • Meskipun tisu dan kertas termasuk salah satu bahan yang cukup mudah diurai oleh soda api, tapi sebaiknya hindari membuang sampah tisu dan kertas ke dalam WC.
  • Cek berkala septic tank, agar jika sudah penuh bisa segera dikosongkan kembali untuk menjaga agar WC tetap lancar.

Itulah cara menggunakan soda api untuk mengatasi saluran WC yang mampet. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati saat menggunakan soda api ketika menangani saluran WC yang tersumbat ya. Dan hindari hal-hal yang dapat menyebabkan WC mampet.

Jika kamu mempunyai pengalaman dalam menangani WC yang mampet baik menggunakan soda api atau dengan cara yang lain, silakan bagikan pengalamannya di kolom komentar ya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *