Bacaterus / Kecantikan / Tips Kecantikan / Tutorial Cara Menggunakan Setrika Wajah Yang Benar

Tutorial Cara Menggunakan Setrika Wajah Yang Benar

Ditulis oleh - Diperbaharui 20 Agustus 2018

Pernahkah Anda mendengar tentang alat perawatan wajah terbaru yang bernama setrika wajah? Setrika wajah adalah pembuktian bahwa perkembangan teknologi juga telah menjangkau dunia kecantikan.

Namun, jangan membayangkan wajah Anda akan dilicinkan dengan alat seperti setrika uap yang biasa dipakai untuk melicinkan pakaian. Karena sejatinya bentuk dan cara penggunaan setrika wajah memang sangat berbeda dengan setrika pakaian.

Bila Anda pernah melakukan perawatan kecantikan di salon atau klinik, sebenarnya Anda pasti familiar dengan alat setrika wajah. Jika Anda belum tahu apa itu setrika wajah, ini adalah alat perawatan wajah yang memanfaatkan gelombang Radio Frequency untuk meningkatkan kolagenisasi di lapisan dermis atau lapisan kulit kedua. Cara menggunakan setrika wajah ini sangat mudah, bahkan Anda bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan dari orang lain.

Ada berbagai merk setrika wajah yang beredar di pasaran. Semua merk tersebut tentu menawarkan keungulannya masing-masing. Apabila Anda belum pernah membeli setrika wajah sebelumnya, sebaiknya pilih merk yang terjamin kualitasnya dan berani memberikan garansi. Jangan tergiur untuk membeli merk setrika wajah yang dijual dengan harga yang miring, karena kualitas dari barang tersebut belum tentu terjamin.

Setrika wajah menggunakan teknologi mikroelektronik tinggi, dengan kata lain alat ini dapat menyalurkan komponen nutrisi pada lapisan basal, meningkatkan energi sel, dan mempercepat proses metabolisme serta pertumbuhan sel di dalam kulit. Di samping itu, produk kecantikan yang Anda gunakan, seperti serum, BB cream, dll akan terserap secara lebih maksimal jika Anda juga menggunakan setrika wajah.

Cara Menggunakan Setrika Wajah

cara menggunakan setrika wajah

Untuk Anda yang bertanya-tanya mengenai cara menggunakan setrika wajah, berikut adalah langkah-langkah menggunakan alat kecantikan berteknologi tinggi ini:

  1. Aktifkan setrika wajah Anda. Perlu Anda ketahui bahwa tombol power atau cara mengaktifkan setiap merk setrika wajah tentu berbeda-beda
  2. Oleskan produk perawatan wajah yang ingin digunakan, bisa serum, cleanser, krim malam, atau produk lainnya
  3. Atur intensitas gelombang mikro dan durasi penggunaan setrika wajah. Durasi yang tepat untuk menggunakan setrika wajah adalah 10-15 menit untuk sekali pakai
  4. Tempelkan kepala setrika wajah ke kulit, maka kulit wajah Anda merasakan getaran yang sangat halus (tanda setrika wajah dapat bekerja dengan baik). Gerakkan setrika wajah secara memutar di dahi, pipi, dagu, dan leher
  5. Setelah selesai menggunakan setrika wajah, matikan arus listrik dan bersihkan kepala setrika yang menempel pada kulit Anda dengan menggunakan kapas yang sudah dibasahi dengan alkohol
  6. Simpan setrika wajah di tempat yang aman, lakukan perawatan dengan menggunakan setrika wajah ini minimal 1-2 kali sehari

Manfaat Setrika Wajah

Cara menggunakan setrika wajah yang sangat mudah ini membuat alat ini banyak diminati oleh sebagian besar orang, terutama dari kalangan wanita. Dengan setrika wajah Anda bisa melakukan perawatan kecantikan sendiri tanpa perlu pergi ke klinik maupun salon. Masih ragu untuk membeli setrika wajah? Simak manfaat yang bisa Anda peroleh ketika melakukan perawatan dengan setrika wajah berikut ini.

1. Memaksimalkan Penyerapan Produk Perawatan Wajah

manfaat setrika wajah

Untuk memiliki wajah yang cantik dan sehat, Anda tentu akan menggunakan beberapa produk perawatan wajah, seperti serum, krim malam, cleanser, dan masih banyak lagi. Sayangnya, produk ini tidak akan terserap oleh kulit dengan baik, mengingat ada banyak sel kulit mati yang berada di permukaan kulit.

Di samping itu, kotoran dan pengaruh buruk dari lingkungan juga kerap kali membuat pori-pori wajah tersumbat. Akibatnya, produk perawatan wajah tidak mampu diserap hingga lapisan kulit yang terdalam.

Nah, penggunaan setrika wajah ini bisa membantu untuk mengangkat sel kulit mati dan membuka pori-pori yang tersumbat, sehingga produk perawatan wajah yang Anda gunakan dapat terserap secara optimal hingga lapisan kulit yang terdalam.

2. Mengencangkan Kulit Wajah

Pijat Lembut Wajah

Setiap wanita tentu ingin tampil awet muda. Akan tetapi, usia yang terus bertambah akan mempengaruhi elastisitas kulit, termasuk kulit wajah. Untuk menjaga agar wajah tetap terlihat awet muda, lakukan cara menggunakan setrika wajah ini secara rutin setiap hari.

Pasalnya, pijatan lembut yang Anda rasakan di sekitar kulit wajah dapat meningkatkan metabolisme dan mengencangkan kulit wajah yang tampak kendur. Selain melancarkan sirkulasi darah, manfaat dari setrika wajah ini juga dapat membuat pipi terlihat lebih tirus. Wajah akan terlihat lebih awet muda dengan penggunaan setrika wajah secara bertahap.

3. Menyamarkan Lingkaran Hitam Di Bawah Mata

Mata Panda tips agar cantik

Lingkaran hitam atau kantong mata di bawah mata membuat wajah Anda terlihat kusam. Wajah akan kehilangan kesegarannya jika lingkaran hitam di bawah mata ini dibiarkan begitu saja. Alhasil, rasa kepercayaan diri Anda akan berkurang.

Permasalahan ini bisa disebabkan karena kurang tidur, kelelahan, alergi, faktor usia, atau faktor genetika. Akan tetapi, Anda tidak peru khawatir karena setrika wajah bisa membantu Anda untuk mengatasi masalah ini. Gunakan krim mata terlebih dahulu, lalu ratakan dengan menggunakan setrika wajah ini, terutama di bagian bawah mata.

4. Membuat Wajah Lebih Segar dan Sehat

setrika wajah

Bukan hanya hati dan pikiran saja yang bisa mengalami stres, kulit wajah juga bisa mengalami stres. Pengaruh buruk lingkungan dan aktivitas yang pada bisa membuat kulit wajah stres dan nampak sangat kusam. Bahkan, cuci muka saja tidak mampu untuk mengembalikan kesegaran wajah.

Solusi untuk membuat wajah terlihat lebih segar dan sehat adalah dengan melakukan perawatan setrika wajah. Alat ini akan memberi pijatan ringan di seluruh bagian wajah Anda. Kulit wajah akan menjadi lebih rileks dan segar setelah Anda melakukan perawatan dengan alat ini. Anda pun bisa mengombinasikan penggunaan setrika wajah ini dengan produk kecantikan lain yang dapat memberikan kesegaran pada wajah.

5. Menghilangkan Flek Hitam dan Noda Bekas Jerawat

cara cepat menghilangkan bekas jerawat

Flek hitam pada wajah bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari atau pengaruh buruk lingkungan lainnya. Sementara itu, noda bekas jerawat juga dapat membuat penampilan Anda jadi kurang maksimal. Mungkin Anda bisa menutupi flek hitam dan noda bekas jerawat dengan foundation dan concealer.

Akan tetapi, untuk apa Anda menutupinya jika Anda bisa menghilangkannya? Ya, penggunaan setrika wajah secara teratur juga dapat memudarkan flek hitam dan noda bekas jerawat. Sekedar informasi, flek hitam terbentuk karena adanya sel kulit mati di lapisan kulit bagian dalam. Setrika wajah ini akan mengangkat sel kulit mati dan memudahkan noda hitam di wajah yang mengganggu penampilan Anda.

Cara menggunakan setrika wajah untuk perawatan kulit wajah sehari-hari ini sangat penting dilakukan secara rutin, terutama bagi Anda yang selalu mengenakan riasan wajah setiap hari. Riasan wajah dapat membuat pori-pori menjadi tersumbat. Oleh karena itu, bersihkan wajah setiap hari dengan cleanser dan setrika wajah ini. Alat ini akan mengeluarkan sisa riasan wajah dan kotoran agar pori-pori tidak tersumbat.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

9 Comments

  1. Yulia 3 Juli 2018 at 00:18 - Reply

    Mau tanya .. Kan setrika wajah itu ada dingin dan panas trs mana dulu yg d pakai

    • Bacaterus 14 Juli 2018 at 15:59 - Reply

      Bisa digunakan salah satunya saja, yg panas atau yg dingin saja.

  2. lucida 17 Juli 2018 at 11:22 - Reply

    untuk wajah lebih bagus panas / dingin, dan apa perbedaan khasiatnya ?

    • Bacaterus 31 Juli 2018 at 13:33 - Reply

      Keduanya sama-sama baik, Anda bisa menggunakannya untuk mengencangkan kulit.

  3. Mira 12 September 2018 at 10:10 - Reply

    Adakah setrika wajah yg menggunakan listrik, krn pakai baterie boros sekali
    Biasa ny utk setrika wajah dipakak brp lama, bisa kah terus manerus

    • Bacaterus 9 Oktober 2018 at 15:54 - Reply

      Mohon maaf kami belum mempunyai informasi terkait saat ini. Terima kasih.

    • Alia 5 Desember 2018 at 19:11 - Reply

      Saya pakai setrika wajah blue sea yg panas dingin dan menggunakan listrik bkn baterai

  4. Refa tri dea 24 September 2018 at 09:18 - Reply

    Kak membeli batrai setrika wajah itu dimana

    • Bacaterus 28 Oktober 2018 at 16:12 - Reply

      Silakan dicari di toko-toko online atau google ya. Terima kasih.

Leave A Comment