Bacaterus / Serba Serbi / Rumah / Cara Menggunakan Remote AC yang Mudah dan Praktis

Cara Menggunakan Remote AC yang Mudah dan Praktis

Bagi pengguna baru AC Split, tentu saja Anda belum terbiasa menggunakan remote AC yang tersedia. Apalagi jika sebelumnya Anda adalah pengguna AC Window yang hanya mengandalkan panel atau tombol yang berada di AC-nya, tentu saja remote AC Split akan menjadi hal baru bagi Anda. Sebagai hal baru sangat wajar jika saat menggunakannya Anda menemukan beberapa kesulitan.

Tak perlu khawatir tidak bisa mengoperasikan AC Split jika Anda belum menggunakan remote-nya. Bacaterus akan memberikan panduan cara menggunakan remote AC secara sederhana. Sambil mengetahui cara memakai remote AC, kita juga akan membahas tentang fungsi-fungsi yang terdapat dalam sebuah remote AC.

Cara Menggunakan Remote AC Beserta Fungsinya

1. Power ON/OFF

Power ON OFF Cara Menggunakan Remote AC

Fungsi utama dari remote AC sudah jelas untuk menghidupkan dan mematikan unit AC yang terpasang. Berbeda dengan AC Window yang memiliki tombol power di AC-nya, AC Split hanya bisa dinyalakan dengan remote meskipun beberapa tipe AC Split lawas mengandalkan panel tombol yang terhubung dengan unitnya.

Cara menggunakan remote AC sebagai tombol ON/OFF sangat mudah. Biasanya warna tombol ON/OFF ini dibedakan dari warna tombol-tombol lainnya. Cukup tekan tombol Power sambil mengarahkan remote ke unit AC, maka pendingin ruangan akan menyala atau mati.

2. Display

Display

Berbeda dengan remote TV yang tidak memiliki display, remote AC memiliki display. Fungsi display ini untuk menunjukkan pengaturan pada AC Anda. Suhu AC bisa dilihat pada display remote AC ini. Selain itu, jika Anda sedang menjalankan mode tertentu, maka mode tersebut juga bisa terbaca pada display remote AC.

Display ini akan tetap menyala saat unit AC sedang beroperasi. Akan tetapi, jika AC mati displaynya pun akan mati. Tentu saja fungsi dari display remote AC ini sangat bermanfaat untuk memudahkan Anda menentukan pengaturan AC.

3. Temperatur

Temperatur

Saat sedang berada dalam ruangan ber-AC, Anda merasa bahwa udara dari AC tidak terlalu dingin dan justru membuat hawa di sekitar semakin panas. Hal tersebut disebabkan oleh suhu AC yang terlalu tinggi. Semakin tinggi suhu AC yang tertera pada display remote, maka udara dingin yang dihembuskan oleh pendingin ruangan tidak terlalu kencang.

Jika Anda merasa panas atau kedinginan, gunakan remote AC untuk menurunkan atau menaikkan suhu AC. Cara menggunakan remote AC untuk menaikkan dan menurunkan suhu adalah dengan menekan tombol berbentuk tanda panah ke atas (untuk mengecilkan suhu AC) dan menekan tombol panah ke bawah (untuk membesarkan suhu AC).

4. Timer

Pernahkah Anda memutuskan untuk menghemat listrik dengan mengurangi penggunaan AC? Sejatinya, Anda tetap bisa menggunakan pendingin ruangan hanya saja Anda harus mengontrol waktu penggunaannya. Cara yang paling efektif adalah mengatur timer dengan menggunakan remote AC.

Dengan timer kita bisa mengatur waktu kapan AC akan mati dengan sendirinya. Misalnya, ketika tengah malam terasa sangat dingin, maka atur timer untuk mematikan daya listrik AC secara otomatis. Jadi, Anda tidak perlu lagi bangun lebih awal untuk mematikan AC karena saat ini sudah ada timer pada remote AC yang dapat mematikan AC secara otomatis.

5. Mode

Pada AC Split paling mutakhir terdapat beberapa mode pengoperasian AC. Mode ini bisa diatur melalui remote dan mempengaruhi kinerja AC. Berikut adalah beberapa mode yang terdapat pada AC Split:

  • Cool Mode

Untuk mengatur AC agar membuat suhu udara dalam ruangan menjadi sangat dingin. Mode ini sangat cocok untuk mendinginkan ruangan yang penuh sesak atau terlalu besar.

  • Dry Mode

Untuk mengurangi kelembaban udara dalam ruangan. Ketika menjalankan Dry Mode, maka suhu udara yang dihasilkan pendingin ruangan Anda tidak akan terlalu besar untuk mengurangi kelembaban di dalam ruangan tersebut.

  • Fan Mode

Untuk menyalakan fan indoor tanpa menyalakan outdoor unit. Pada umumnya, Fan Mode menghasilkan udara yang tidak sedingin Cool Mode.

  • Auto Mode

Untuk mengoperasikan AC dan mengatur kerja fan secara otomatis. Ketika menyalakan Auto Mode, AC akan mendeteksi suhu di ruangan Anda. Jika suhu ruangan panas, AC akan bekerja lebih keras untuk menghasilkan udara dingin, saat suhu udara dalam ruangan mulai dingin AC akan mengurangi kinerjanya atau mati otomatis selama beberapa saat.

6. Swing

Swing

Fungsi tombol Swing pada remote AC untuk mengatur arah hembusan udara dari AC sesuai dengan keinginan Anda. Ketika menekan tombol Swing, AC dapat menyalurkan udara ke atas dan ke bawah secara bergantian atau ke kiri dan ke kanan. Intinya, tombol Swing ini diciptakan untuk menebarkan udara dingin AC secara merata.

Kesalahan-kesalahan dalam mengoperasikan AC

Setelah memahami cara menggunakan remote AC dan mengenal fungsi-fungsinya, Anda pun harus mengetahui beberapa kesalahan yang sering dilakukan dalam mengoperasikan AC. Berikut adalah kesalahan yang sering dilakukan oleh pengguna AC dan petunjuk penggunaan AC secara tepat:

  • Lupa mematikan AC

Lupa mematikan AC

Karena tergesa-gesa banyak orang yang lupa mematikan AC saat sudah tidak berada dalam ruangan. Lupa mematikan AC dapat menyebabkan pemborosan daya listrik.

Namun, terlalu sering mematikan AC padahal Anda hanya meninggalkan ruangan sebentar saja juga tidak dianjurkan karena dapat merusak mesin AC. Apalagi ketika baru menyalakan AC Anda memerlukan daya listrik 500 – 1.000 watt. Jadi, gunakan timer saja bagi Anda yang sering lupa dan jangan matikan AC jika Anda hanya meninggalkan ruangan sebentar saja.

  • Auto mode boros, benarkah?

Auto mode boros

Banyak yang mengatakan bahwa menggunakan Auto Mode pada AC Split merupakan sebuah pemborosan. Ketika AC mati secara otomatis dalam Auto Mode, maka daya listrik yang diperlukan untuk AC nyala kembali tidak sebesar ketika Anda mematikan/menghidupkan AC langsung dari remote. Auto Mode justru menyesuaikan temperature AC agar lebih hemat energi.

  • Jarang membersihkan AC

Pilih desain sederhana agar mudah dibersihkan

“Ngapain sering-sering membersihkan AC? Biayanya kan tidak murah!” Nah, mengapa tak coba membersihkan AC sendiri? Kita semua bisa membersihkan AC dengan cara melepas dan mencuci filter AC. Pasalnya, AC yang kotor bisa menjadi sarang kuman Legionella Pnenopilla. Jadi, bersihkan AC setidaknya 3-4 bulan sekali tanpa memanggil jasa pembersih AC.

  • Merokok dalam ruangan ber-AC

Merokok dalam ruangan ber-AC

Di beberapa tempat yang ber-AC ternyata masih memperbolehkan pengunjungnya merokok di dalam, seperti room karaoke atau kamar hotel. Padahal, CO2 yang dihasilkan rokok akan terus berputar dalam ruangan tersebut karena tidak ada sirkulasi udara. Di samping itu, panas rokok yang bercampur dengan gas freon AC juga bisa menyebabkan kematian.

Setelah memahami cara menggunakan remote AC sesuai dengan fungsi-fungsi tombolnya, Anda pun bisa mulai mengoperasikan AC dengan fitur dan mode yang Anda butuhkan. Pahami juga beberapa kesalahan yang dilakukan oleh pengguna AC di atas agar Anda tidak melakukan kesalahan yang sama.

Dengan panduan ini Anda bisa memaksimalkan fungsi AC sebagai pendingin ruangan. Jika ingin memilih merk AC terbaik, silakan baca artikel ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment