Bacaterus / Roti / Cara Menggunakan Pemanggang Roti di Rumah dengan Benar

Cara Menggunakan Pemanggang Roti di Rumah dengan Benar

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 Desember 2018

Pemanggang roti atau toaster merupakan perkakas dapur yang dapat memudahkan pekerjaan kita. Walaupun roti bukan makanan pokok mayoritas orang Indonesia, alat ini cukup banyak dimiliki. Soalnya roti memang terasa lebih lezat kalau teksturnya renyah, bukan?

Dan, ada juga orang yang tak biasa makan nasi di pagi hari, atau tidak sempat sarapan sama sekali. Sehingga memanggang 1 – 2 lembar roti merupakan alternatif yang baik daripada tidak sarapan sama sekali. Berikut akan Bacaterus jelaskan bagaimana cara menggunakan pemanggang roti.

Tapi, sebelumnya ketahuilah ada beberapa jenis toaster yang umum dipakai. Ada toaster yang memiliki dua lubang di bagian atasnya. Jenis toaster ini merupakan yang paling lumrah. Tapi, ada juga toaster dengan bentuk lainnya. So, Bacaterus akan membahas cara menggunakan beberapa pemanggang roti secara sekaligus.

Cara Menggunakan Pemanggang Roti (Toaster)

Cara menggunakan pemanggang roti yang pertama mau Bacaterus bahas adalah toaster, yang mana merupakan pemanggang roti paling populer. Toaster biasanya berbentuk kotak dengan dua lubang untuk memanggang roti. Tapi, dengan kemajuan teknologi dan inovasi orang-orang kreatif, bentuk toaster semakin beragam.

Ada toaster yang memiliki sistem berputar, jadi rotinya masuk lalu bergerak ke dalam alat dan berputar keluar ketika sudah matang. Ada juga toaster yang dibuat dari kaca transparan jadi Anda bisa melihat rotinya ketika di panggang, sehingga tidak akan ada lagi roti yang gosong. Tapi, karena yang paling konvensional adalah toaster dengan dua lubang, maka Bacaterus akan membahas yang itu saja.

1. Pasang Kabel

Pasang Kabel 

* sumber: www.shutterstock.com

Pertama-tama sebelum Anda memanggang roti tentunya pastikan sumber daya listrik telah terhubung. Soalnya rata-rata toaster menggunakan tenaga listrik, jadi pastikan kabelnya terpasang dengan baik pada stop kontak.

2. Masukkan Roti

 Masukkan Roti

* sumber: interactivedesign2014.wordpress.com

Langkah ke-2 dalam cara menggunakan pemanggang roti adalah dengan memasukkan roti. Jumlahnya terserah Anda, yang jelas setiap slot cuma boleh diisi satu lembar roti. Jangan memaksakan menyelipkan dua lembar roti dalam satu slot, ya. Selain roti, sebenarnya Anda bisa memanggang makanan lainnya juga, seperti sosis dan bagel misalnya. Tapi, tentu saja yang paling umum dipanggang di toaster adalah roti lembaran.

3. Atur Tingkat Panggangan

Turunkan Tuas cara menggunakan pemanggang roti

* sumber: www.mashed.com

Langkah yang ketiga adalah menyesuaikan tingkat suhu panggangan. Alat toaster tradisional biasanya memiliki pengatur suhu berbentuk bundar yang bisa diputar. Toaster yang lebih kekinian ada yang sudah berbentuk digital untuk pengaturan suhunya.

4. Pilih Tingkat Rendah

Atur Tingkat Panggangan

Rata-rata, alat pemanggang roti memiliki tingkat suhu 1–5. Berarti, 1 adalah suhu terendah dan 5 adalah yang tertinggi. Untuk percobaan, atur suhu di tingkat 2 atau 3. Semakin rendah suhu maka semakin empuk roti (tidak krispi). Setelah mengetahui tekstur roti pada setiap level di toaster Anda, pangganglah roti sesuai dengan selera Anda.

5. Turunkan Tuas

Turunkan Tuas

Rata-rata alat pemanggang roti masih menggunakan sistem tuas untuk memulai proses pemanggangan. Jadi, jika semua sudah siap, turunkan tuas supaya roti Anda bisa mulai dipanggang. Satu kali pemanggangan biasanya memakan waktu 1–2 menit, tergantung pada alat yang Anda gunakan dan tingkat kematangan (suhu) yang Anda pilih.

Tapi, kalau bisa tetap pasang mata dan hidung Anda baik-baik selama proses pemanggangan. Soalnya siapa tahu terjadi kesalahan pada alat Anda, atau mungkin saja roti Anda gosong.

6. Keluarkan Roti

Keluarkan Roti

* sumber: www.pamperedchef.com

Langkah terakhir adalah mengeluarkan roti dari toaster. Biasanya, ketika roti telah selesai dipanggang, akan ada bunyi “ting” dan roti akan melonjak kembali ke atas. Roti dapat Anda ambil dengan jari atau pun penjepit makanan.

Roti bisa terasa sangat panas di tangan Anda, sehingga pertimbangkan untuk menggunakan alat bantu seperti serbet atau penjepit untuk mengambil roti. Jika menggunakan alat penjepit, pakailah yang dibuat dari kayu agar tidak menghantarkan panas.

7. Perhatian!

cara menggunakan pemanggang roti

* sumber: www.youtube.com

Mungkin pernah terbesit di benak Anda untuk mengambil roti atau membersihkan bagian dalam toaster dengan benda berbahan logam seperti pisau. Karena, bentuk pisau yang pipih dan ujung yang tajam, sehingga rasanya cocok saja untuk dipakai. Tapi, dalam situasi apapun, jangan pernah Anda memasukkan benda logam ke dalam alat pemanggang yang masih terhubung ke listrik.

Toaster bekerja dengan membakar filamen logam melalui panas tinggi dari arus listrik. Sangat berbahaya jadinya jika Anda memasukkan benda berbahan dasar logam ke dalam toaster yang menyala.

Begitu pula dengan jari tangan Anda. Karena bagian dalam toaster sangat panas, tangan Anda dapat terluka. Belum lagi kalau Ada mau memasukkan benda logam ke dalam toaster dan Anda memegang benda logam itu dengan tangan telanjang, Anda bisa tersetrum nantinya.

8. Melepaskan Roti yang Tersangkut

Jika Roti Tersangkut..

* sumber: www.businessinsider.com.au

Jadi, kalau roti Anda tersangkut di slot pemanggang, cara melepaskannya adalah dengan menekan tuas kembali ke bawah. Jangan dilepas, diamkan selama beberapa detik, baru Anda lepaskan. Nanti tuasnya akan melonjak kembali ke atas (mode normal). Dan, roti pun akan ikut melonjak ke atas.

Jika roti masih tersangkut, cabut kabel dari stop kontak supaya tidak ada aliran listrik lagi. Setelah itu, gunakan penjepit berbahan dasar kayu atau bahan lainnya yang tidak menghantarkan panas dan listrik untuk mengambil roti.

9. Bersihkan Toaster

Bersihkan Toaster

* sumber: www.mashed.com

Semua alat pasti akan ada waktu pembersihannya, begitu pula dengan toaster. Anda mungkin tidak sadar, tapi roti yang dipanggang akan menciptakan banyak sekali remah. Belum lagi bagian roti yang gosong yang terkelupas. Makanya, Anda harus rajin membersihkan toaster, terutama kalau Anda menggunakannya hampir setiap hari.

Untuk membersihkan toaster, pastikan alat tidak terhubung pada listrik. Balik alat untuk mengeluarkan remah roti. Lalu, cek bagian bawah alat, biasanya setiap toaster punya penampungan remah berbentuk nampan yang bisa ditarik lepas. Keluarkan isinya dan bersihkan nampannya sebelum Anda pasang lagi.

Cara Menggunakan Pemanggang Roti (Microwave/Oven)

Cara menggunakan pemanggang roti yang selanjutnya adalah dengan menggunakan microwave atau oven mini. Sebenarnya dibandingkan toaster seperti di penjelasan sebelumnya, kedua alat ini lebih banyak dimiliki oleh orang-orang Indonesia. Mengingat fungsinya lebih banyak daripada toaster yang cuma bisa dipakai memanggang roti saja. Untuk itulah Bacaterus membahas bagaimana cara memanggang roti di microwave atau oven.

1. Pasang Steker

Pasang Steker

* sumber: maygiattot.com

Sama seperti toaster, microwave dan oven mini juga membutuhkan sumber daya listrik. Jadi, sebelum Anda memulai memanggang, pastikan alat sudah terhubung pada listrik. Kalau Anda menggunakan oven kompor, maka nyalakan kompornya dalam api kecil.

2. Posisikan Rak

Posisikan Rak

* sumber: www.scienceupdate.com

Sebelum memasukkan roti ke dalam alat, posisikan terlebih dahulu rak. Setiap microwave dan oven pasti hadir dengan rak. Simpan rak di dekat sumber panas. Jika sumber panasnya ada di atas dan di bawah, maka simpan rak di tengah-tengah.

3. Letakkan Roti

Letakkan Roti

* sumber: cooking.my.panasonic.com

Nah, sekarang Anda sudah bisa menaruh roti di atas rak. Letakkan lembaran roti secara datar di rak, beri jarak antar roti supaya matangnya merata. Anda bisa juga menggunakan loyang yang biasanya datang satu paket dengan microwave atau oven. Tapi, hasilnya akan berbeda tentunya.

Karena rak berbentuk jaring-jaring, maka hasil rotinya akan lebih garing atas bawah tanpa perlu dibolak-balik. Kalau Anda menggunakan loyang, maka hasilnya akan empuk di tengah dan garing di pinggir. Lalu, Anda juga harus membolak-balik roti kalau mau garingnya merata.

4. Atur Waktu

 Atur Waktu

* sumber: videohive.net

Kebanyakan oven pemanggang dan microwave ada sistem pengaturan waktunya. Dan alatnya benar-benar akan aktif dan mati dalam waktu yang telah diatur tersebut. Walaupun begitu, tetap pantau kalau-kalau terjadi hal yang tidak diinginkan.

5. Atur Suhu

Atur Suhu

Selain mengatur waktu, hal lainnya yang harus Anda atur adalah suhu. Kalau toaster biasanya tidak ada banyak pilihan suhu, cuma tingkat 1–5 saja. Kalau di microwave atau oven biasanya lebih bervariatif. Pengaturan suhu yang paling efisien untuk memanggang roti adalah menggunakan suhu tinggi dengan waktu rendah.

6. Nyalakan Alat

Nyalakan Alat

* sumber: www.samsung.com

Mulai panggangan dengan menekan tombol “Start” pada microwave atau oven Anda. Tapi, kalau bisa jangan tinggalkan roti tanpa pengawasan, siapa tahu roti Anda sudah gosong bahkan sebelum timer-nya berhenti.

7. Balikkan Roti

Balikkan Roti

* sumber: thorandmaylee.info

Jangan lupa balikkan roti kalau Anda menggunakan loyang alih-alih rak. Gunakan alat penjepit makanan untuk membalikkan roti karena rotinya pasti panas sekali kalau dipegang dengan jari.

8. Keluarkan Roti

Keluarkan Roti

* sumber: www.dreamstime.com

Kalau microwave atau oven Anda sudah berbunyi “ding” berarti roti telah selesai dipanggang. Keluarkan roti dengan menggunakan alat penarik rak (biasanya sudah satu paket dengan microwave/oven). Jika tidak ada, tarik rak atau loyang menggunakan kain lap atau hand glove anti panas.

Cara Menggunakan Pemanggang Roti (Kompor)

1. Siapkan Alat

Siapkan Alat

* sumber: www.austockphoto.com.au

Ya, ada pula pemanggangan roti yang langsung digunakan di atas kompor atau bara api. Alat ini cocok buat yang suka kemping, selain bisa digunakan untuk memanggang roti bisa juga buat memasak yang lainnya, seperti sosis dan aneka daging.

Pertama-tama, siapkan rak pemanggangan. Ada yang bentuknya bundar lalu ada ruas-ruas yang berdiri untuk menyimpan roti. Namun, bentuk pemanggangan yang lebih banyak ditemukan di pasaran adalah yang pipih yang biasa dipakai untuk membakar ikan, udang, atau ayam. Panaskan rak pemanggang di atas kompor atau bara api.

2. Letakkan Roti

Letakkan Roti

* sumber: lovebakerylondon.blogspot.com

Lalu, letakkan roti. Anda bisa menuangkan minyak zaitun atau mengoleskan roti dengan mentega sebelum dipanggang supaya terasa lebih enak. Kalau Anda menggunakan alat pemanggang yang ada tutupnya, tidak usah dipakai tutupnya karena roti terpanggang sangat cepat.

3. Balikkan Roti

 Balikkan Roti

* sumber: lovebakerylondon.blogspot.com

Jangan lupa untuk membalikkan roti supaya kedua sisi matang merata. Perhatikan roti baik-baik karena memanggang di atas kompor atau bara api sangatlah cepat.

Cara Menggunakan Pemanggang Roti (Sandwich Toaster)

1. Siapkan Alat

 Siapkan Alat

* sumber: www.robertdyas.co.uk

Cara menggunakan pemanggang roti yang terakhir adalah dengan menggunakan sandwich toaster. Alat ini sama praktisnya seperti toaster yang kita bahas di awal, tapi alat ini jauh lebih spesial karena bisa langsung sekaligus membuatkan Anda sandwich.

Papan sandwich toaster ada yang berbentuk segitiga, lurus-lurus, dan kotak-kotak (untuk membuat waffle, tapi bisa dipakai untuk roti juga kalau mau). Sandwich atau pudgy-pie merupakan makanan yang spesial, apalagi kalau Anda menaruh makanan favorit Anda sebagai isiannya. Belum punya sandwich toaster? Beli di Bukalapak lewat link ini.

2. Oleskan Mentega

Oleskan Mentega 

* sumber: fridaytalksfood.com

Sebelum menggunakan alat sandwich toaster, sebaiknya olesi loyang dengan mentega. Anda bisa juga menggunakan cooking spray kalau ada. Oleskan pada kedua sisi loyang (atas dan bawah), ya.

3. Masukkan Roti

cara menggunakan pemanggang roti

* sumber: www.molliessprinklesoflife.com

Simpan selembar roti di loyang bawah. Tambahkan topping sesuai selera. Anda bisa menumpuknya dengan satu lembar roti lagi untuk membuat sandwich.

4. Panggang

Panggang

* sumber: www.onlinepills.to

Tutup alat selama beberapa saat. Periksa roti Anda secara berkala supaya kelihatan sudah matang atau belum, karena biasanya alat ini tidak memiliki timer pengingat. Dan voila, sandwich lezat siap Anda santap!

5. Yang Harus Dilakukan Jika Rotinya Gosong

Jika Roti Gosong..

* sumber: apple.news

Selesai, deh, pembahasan Bacaterus kali ini mengenai cara menggunakan pemanggang roti. Kalau roti Anda gosong, Anda masih bisa memakannya, kok. Caranya, ambil pisau mentega lalu keruk remahan roti yang terbakar. Namun, jika gosongnya parah, maka Anda tidak bisa memakan roti itu lagi karena berbahaya untuk tubuh.

Kalau Anda tidak punya alat-alat di atas, sebenarnya Anda bisa juga memanggang roti pakai wajan pipih alias teflon. Anda harus telaten membolak-balikkan roti agar rotinya tidak gosong. Sekian tips dapur kali ini, kalau ada yang mau Anda tambahkan silakan tinggalkan jejak di kolom komentar, ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

2 pemikiran pada “Cara Menggunakan Pemanggang Roti di Rumah dengan Benar”

  1. Kalo isiannya daging burger, berapa lama ya memanggangnya?

    • Untuk toaster atau pemanggang roti biasanya yang dipanggang hanya rotinya saja ya. Jika ingin menambahkan daging, maka dagingnya dimasak dulu terpisah. Semoga membantu. Terima kasih.

Tinggalkan komentar