Bacaterus / Panci / Cara Menggunakan Panci Presto yang Baik dan Benar

Cara Menggunakan Panci Presto yang Baik dan Benar

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pernahkah Anda mencicipi lezatnya hidangan bandeng presto? Hidangan tersebut diberi nama sesuai dengan alat memasaknya, yakni panci presto. Dewasa ini, panci presto memang merupakan alat masak yang umum digunakan. Tak hanya dipakai di restoran saja, panci presto juga banyak digunakan oleh para ibu rumah tangga. Lantas, bagaimana cara menggunakan panci presto yang benar dan apa saja manfaat panci presto?

Jika dulu panci presto dijual dengan harga yang mahal, kini Anda bisa memperoleh alat memasak ini dengan harga yang terjangkau. Banyak yang mengklaim bahwa memasak dengan panci presto lebih sehat dibandingkan metode memasak lainnya. Yuk, cari tahu mengenai informasi seputar cara kerja, cara memasak, dan manfaat panci presto.

Cara Kerja Panci Presto

Mengapa memasak di panci presto cenderung lebih cepat dibandingkan Anda memasak dengan metode memasak lainnya? Pada dasarnya, panci presto memiliki tutup yang sangat rapat, sehingga uap air yang dihasilkan dari proses memasak akan berkumpul di dalam panci dan menciptakan suhu yang sangat tinggi. Suhu panas inilah yang membuat masakan menjadi lebih cepat matang.

Di samping itu, memasak dengan panci presto dianggap lebih sehat, karena proses memasak di dalam alat ini di atas suhu didih. Dengan suhu yang sangat panas di dalam panci ini, maka mikroorganisme dan bakteri yang umumnya hanya mampu bertahan dengan suhu 100 derajat celcius akan mati. Itulah alasan mengapa memasak dengan panci presto diklaim lebih sehat.

Memasak dengan panci presto dianggap lebih cepat sebanyak 70% dibanding memasak dengan panci biasa. Proses memasak yang cepat ini juga menambah kualitas masakan yang dihasilkan oleh panci presto. Pasalnya, kandungan gizi dan nutrisi di dalam masakan akan tetap terjaga karena proses memasak tidak terlalu lama.

Cara Menggunakan Panci Presto

Cara Menggunakan Panci Presto Contoh Panci Presto

Ketika Anda membeli panci presto, umumnya akan ada buku petunjuk penggunaan yang menyertai panci tersebut. Anda bisa melihat panduan cara masak di panci presto melalui buku panduan tersebut. Namun, Bacaterus juga akan memberikan penjelasan mengenai cara menggunakan panci presto yang benar.

  • Langkah 1: Buat Persiapan Sebelum Memasak

Jika Anda cermati, ada dua jenis panci pesto yang berbeda. Jenis pertama adalah panci presto yang dilengkapi dengan regulator yang berada di atas pipa lubang ventilasi yang terdapat di atas tutup panci. Jenis panci presto yang kedua adalah panci presto dengan sistem penutup yang tertutup rapat dan disertai dengan katup pegas.

Nah, apakah dua jenis panci presto ini memiliki sistem operasi yang berbeda? Tidak. Sistem operasi di kedua jenis panci presto sama, yakni menghasilkan uap di dalam wadah tertutup dengan suhu yang sangat tinggi sehingga makanan lebih cepat matang.

Sebelum Anda memakai panci presto untuk memasak, periksalah kebersihan panci terlebih dahulu. Panci yang ideal untuk memasak makanan adalah panci yang tidak penyok atau tidak ada kerusakan lain. Periksa gasket (cincin karet) panci, pastikan gasket dalam kondisi baik sebelum dipakai untuk memasak. Tutup panci juga harus diperiksa, karena retak atau kerusakan pada tutup tentu saja akan membuat proses memasak jadi kurang maksimal.

  • Langkah 2: Memasukkan Bahan Makanan

Memasukkan Bahan Makanan Cara Menggunakan Panci Presto

Hal pertama yang harus Anda ketahui sebelum mulai memasak dengan panci presto adalah isi panci dengan air. Kapasitas air yang ideal untuk panci jiggle top adalah 1 gelas, sedangkan panci tertutup dengan katup pegas membutuhkan ½ gelas air.

Cara menggunakan panci presto ini juga harus berfokus dengan jumlah air di dalamnya. Anda bisa menentukan sendiri jumlah air yang ideal untuk memasak. Jika Anda memerlukan waktu yang lebih lama untuk memasak, tambahkan saja jumlah air di dalam panci presto.

Satu hal penting yang harus Anda ketahui, jangan mengisi panci presto hingga penuh. Isi panci presto tidak boleh melebihi dua pertiga dari kapasitas panci tersebut. Pasalnya, Anda pun harus menyisakan ruang agar dapat menghasilkan tekanan uap yang stabil.

  • Langkah 3: Tentukan Waktu Memasak

Waktu memasak harus disesuaikan dengan jenis masakan yang diolah. Anda harus menyesuikan waktu memasak dengan grafik cooking time. Jangan sampai terlambat mematikan api, karena jika terlambat maka masakan menjadi sangat lembek.

  • Langkah 4: Melepaskan Tekanan dari Panci

Tips memasak dengan panci presto adalah memperhatikan saat yang tepat untuk melepaskan tekanan dari panci. Jangan membuka tutup panci jika tekanan yang ada di dalam panci belum dilepaskan. Jadi, ketika Anda hendak membuka tutup panci tetapi terasa sulit dan tertahan sebaiknya jangan dipaksakan karena itu tandanya masih ada tekanan di dalam panci.

Untuk melepaskan tekanan dari panci, matikan api lalu biarkan saja. Karena proses pelepasan tekanan umumnya akan berlangsung sekitar 10-20 menit. Sementara itu, cara lain untuk melepaskan tekanan dari panci adalah membuka katup pegas dan membiarkan uap dari dalam panci keluar. Saat uap tersebut habis, maka Anda bisa membuka tutup panci.

Manfaat Panci Presto

Melepaskan Tekanan dari Panci

Setelah mengetahui cara menggunakan panci presto yang tergolong mudah dan praktis, mungkin masih ada banyak pertimbangan lain sebelum Anda membeli alat memasak ini. Nah, untuk membuat Anda lebih yakin dalam membeli panci presto, cobalah untuk menyimak beberapa manfaat panci presto berikut ini.

  • Makanan Menjadi Lebih Sehat

Karena panci presto bekerja dengan memasak bahan makanan dalam suhu yang sangat tinggi, maka bisa dipastikan bahwa panci ini mampu membunuh mikro organisme yang berbahaya bagi tubuh. Bakteri dan virus yang terdapat pada bahan makanan akan mati seketika dalam proses memasak. Bahkan, karena suhunya yang begitu tinggi panci presto dapat melunakkan duri ikan maupun tulang ayam.

  • Nutrisi dan Rasa Makanan Tetap Terjaga

Nutrisi dan Rasa Makanan Tetap Terjaga Cara Menggunakan Panci Presto

Panci presto hanya memerlukan waktu yang singkat untuk memasak makanan. Hal inilah yang membuat kandungan gizi dan nutrisi di dalam makan tetap terjaga. Selain itu, rasa makanan juga akan tetap nikmat sampai disajikan, karena penggunaan air di dalam panci presto ini sedikit, sehingga tidak merubah rasa makanan.

  • Lebih Hemat Energi

Masih membahas manfaat panci presto yang disebabkan oleh proses memasak yang sangat cepat. Hal ini juga berdampak pada penggunaan energi LPG atau listrik yang Anda pakai untuk memasak.

Proses memasak yang cepat tentu saja akan lebih menghemat energi. Selain itu, memasak dengan panci presto juga tidak menimbulkan uap minyak yang mengharuskan Anda untuk membersihkan dapur.

Nah, itulah beberapa manfaat dari panci presto yang perlu Anda ketahui sebelum membeli panci presto. Pastikan Anda memilih panci presto dari merk yang terpercaya, karena saat ini juga banyak panci presto dengan harga murah tetapi kualitasnya buruk. Oleh karena itu, selain mempelajari cara menggunakan panci presto yang benar, Anda juga harus memilih panci yang berkualitas agar awet dan dapat memasak makanan Anda dengan sempurna.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *