Bacaterus / Oven / Cara Menggunakan Oven Listrik untuk Segala Jenis Hidangan

Cara Menggunakan Oven Listrik untuk Segala Jenis Hidangan

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kegiatan memanggang kue atau berbagai jenis masakan menjadi lebih mudah jika kita menggunakan oven. Namun, saat ini jenis oven yang sangat populer adalah oven listrik. Pasalnya, selain lebih cepat, oven listrik juga dinilai lebih aman dibanding oven gas. Nah, bagaimana cara menggunakan oven listrik? Apakah jenis oven ini benar-benar lebih efisien dibandingkan oven gas? Yuk, cari tahu jawabannya di sini!

Oven listrik adalah oven yang menggunakan sumber daya energi listrik. Alat memasak yang satu ini sangat cocok untuk kue kering, cake, ayam, dan jenis makanan lainnya. Oven listrik dinilai praktis karena kita tidak perlu menjaga kestabilan panasnya. Kali ini, Bacaterus akan mengajak Anda mengetahui cara menggunakan oven listrik untuk memanggang berbagai jenis makanan yang berbeda.

Cara Menggunakan Oven Listrik

Cara Menggunakan Oven Listrik Kirin Oven

Ternyata beda jenis masakan, beda pula cara memanggangnya. Pasalnya, untuk menghasilkan makanan yang lezat, Anda juga harus cermat dalam mengolahnya. Selain itu, Anda pun harus memilih jenis oven yang tepat untuk mengolah masakan Anda agar lebih lezat.

Beberapa jenis makanan yang biasa dipanggang di dalam oven adalah kue kering (cookies), cake, dan ayam. Bacaterus akan membagikan langkah-langkah menggunakan oven listrik sesuai dengan jenis makannnya.

Cara Memakai Oven Listrik untuk Memanggang Kue Kering

Cara Memakai Oven Listrik untuk Memanggang Kue Kering

Setelah Anda membuat adonan kue kering dan meletakkannya di atas loyang, kini tiba saatnya untuk memanggang. Berikut adalah cara memanggang kue kering di oven listrik:

  1. Siapkan oven dengan cara memanaskannya sampai suhu 200 derajat celcius. Setelah itu, Anda bisa mengatur suhu low medium agar panas di dalam oven tetap stabil
  2. Masukkan loyang berisi kue ke rak paling atas, lalu set timer dan suhunya sesuai dengan resep kue kering tersebut
  3. Sembari menunggu kue matang Anda diperbolehkan untuk sesekali memindahkan loyang ke rak atas dan bawah secara bergantian. Namun, jangan lupa untuk memutar loyang searah dengan jarum jam ketika Anda memindahkan posisinya dari rak satu ke rak yang lain. Cara ini dilakukan agar kue kering matang secara merata
  4. Setelah timer berhenti dan kue matang, segera angkat loyang dan matikan oven listrik

Cara Memakai Oven Listrik untuk Memanggang Cake

Cara Memakai Oven Listrik untuk Memanggang Cake

Untuk membuat cake yang matang dan mengembang sempurna, Anda bisa memanggangnya dengan oven listrik. Cara menggunakan oven listrik untuk cake sebenarnya gampang-gampang susah. Karena jika Anda melakukan kesalahan dalam memanggang, kue bisa menjadi kurang matang atau gosong. Berikut adalah langkah-langkah menggunakan oven listrik untuk cake yang sempurna:

  1. Panaskan oven dengan suhu sekitar 200 derajat celcius, lalu turunkan pengaturan suhunya sampai low medium untuk menjaga panas di dalam oven tetap stabil
  2. Letakkan loyang berisi adonan cake di rak bagian tengah pada oven listrik
  3. Set timer dan mode pemanggangan, jika di oven Anda ada mode pemanggangan panas atas-bawah, maka pilih mode tersebut agar cake matang secara merata
  4. Jangan membuka tutup oven meskipun hanya untuk sekedar mengecek apakah cake Anda sudah matang. Namun, saat pertengahan memanggang Anda dapat memutar loyang agar cake matang merata
  5. Setelah timer berhanti dan cake matang, angkat loyang cake dan matikan oven listrik

Cara Memakai Oven Listrik untuk Memanggang Ayam

Cara Memakai Oven Listrik untuk Memanggang Ayam

Selain kue kering dan cake, makanan yang sering diolah dengan menggunakan oven adalah ayam. Kali ini, Bacaterus akan mengajak Anda untuk mempelajari cara untuk memanggang ayam di dalam oven listrik:

  1. Sembari membumbui ayam utuh (1 ekor) yang hendak dipanggang, sebaiknya Anda memanaskan oven terlebih dahulu dengan suhu 232 derajat celcius selama 20 menit
  2. Keluarkan rak yang tidak dipakai, karena saat memanggang ayam Anda hanya membutuhkan rak paling bawah atau rak di bagian tengah saja
  3. Letakkan ayam di rak pemanggang dalam posisi bagian dada ayam menghadap ke atas
  4. Turunkan suhu oven listrik Anda menjadi 190 derajat celcius, lalu panggang ayam selama 60 – 90 menit atau tergantung ukuran ayam yang sedang dipanggang
  5. Setelah ayam matang, keluarkan ayam dan biarkan sampai dingin sebelum Anda mulai memotongnya

Keunggulan Oven Listrik

Keunggulan Oven Listrik

Meskipun harganya lebih mahal, tetapi oven listrik menawarkan beberapa keunggulan yang tidak bisa Anda peroleh dari jenis oven lainnya. Berikut adalah keunggulan oven listrik yang harus Anda ketahui sebelum membelinya:

  • Beberapa jenis oven listrik menyediakan api atas-bawah agar makanan dapat matang secara merata. Hal ini tentu saja menguntungkan saat Anda menggunakannya untuk memanggang bolu gulung atau lapis legit. Akan tetapi, ada beberapa oven yang tidak menyediakan api-atas bawah, sehingga Anda harus lebih cermat dalam memilih oven listrik.
  • Oven listrik memiliki timer yang akan langsung mematikan oven saat timer selesai. Ini tentu saja memudahkan Anda untuk melakukan aktivitas lainnya tanpa harus sering-sering mengecek oven.
  • Suhu bisa diatur sesuai dengan kebutuhan, berbeda dengan oven gas atau oven tangkring yang mengandalkan termometer terpisah untuk mengatur suhu agar pas.
  • Panas yang dihasilkan oven listrik lebih stabil, Anda pun bisa mengatur suhu dengan mudah sesuai dengan resep.
  • Oven listrik lebih hemat energi, Anda hanya perlu memilih oven yang membutuhkan daya listrik yang rendah.
  • Praktis dan aman karena Anda hanya perlu menyambungkan oven ke stop kontak. Berbeda dengan oven gas yang mengharuskan Anda untuk menyalakan api di kompor terlebih dahulu.

Tips Membeli Oven Listrik

Tips Membeli Oven Listrik

Dewasa ini, Anda bisa membeli oven listrik di toko elektronik sampai dengan situs belanja online. Ya, membeli barang apapun memang terasa lebih mudah sejak teknologi semakin berkembang. Anda bisa memesan barang secara online, lalu barang akan diantar ke tempat Anda. Saat hendak membeli oven listrik di toko offline maupun online, Anda perlu memperhatikan beberapa tips berikut:

  • Pilih Oven dengan Watt Rendah

Anda tidak hanya perlu mengetahui cara menggunakan oven listrik yang benar saja, tapi Anda juga harus memilih oven listrik yang hemat energi. Oleh karena itu, sebaiknya pilih oven dengan kebutuhan daya listrik yang rendah.

  • Tentukan Kapasitas Oven

Perlu Anda ketahui bahwa kapasitas oven listrik berbeda-beda. Nah, Anda bisa memilih kapasitas oven sesuai dengan kebutuhan. Pastikan pula ketersediaan tempat di rumah Anda untuk meletakkan oven listrik dengan ukuran dan kapasitas yang Anda inginkan.

  • Pilih Fitur yang Anda Butuhkan

Setiap oven listrik menawarkan fitur yang berbeda-beda. Sebagai konsumen, pilihlah fitur yang benar-benar Anda butuhkan. Pasalnya, semakin banyak fitur yang melengkapi oven tersebut, maka akan semakin harganya.

Itulah cara menggunakan oven listrik untuk memanggang berbagai jenis hidangan berbeda serta tips membeli oven listrik. Jika Anda membeli oven di toko offline, sebaiknya cek terlebih dahulu fungsi pemanas, suhu, dan tombol-tombol oven langsung di tempat sebelum Anda membawa pulang oven tersebut.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

70 Responses

  1. Cheryll Dane Christian berkata:

    Mohon bantuannya.
    Saya suka manggang daging ukuran lumayan besar, dan seneng coba resep2 western yg daging di masak dengan beer atau kaldu. Pertanyaannya, misalkan ovem saya set 200°, saya pakai termometer dalam, sudah betul menunjukan -+200°, tetapi, begitu bahan2 dimasukan, suhu lgs turun jadi hanya -+160-170. Naiknya lagi lama sekali, Apakah itu normal?

    1. Mau tanya mohon petunjuk tombol putaran api atas untuk oven merk krisbow . ? Trimakasi

  2. Apakah mangkuk kaca/ keramik tahan panas (utk microwave)dapat dipakai dalam oven listrik?

  3. Bunda, klo buat bkin bolu, heat ny pke yg mna ya.???
    Atas, atas bawah, atau bawah ja.??
    Saya punya oven kirin tp klo bikin bolu bingung pke ny, kmrn pke yg atas ja bwah ny kurang mateng…

    1. Hi, Juwita. Untuk membuat kue bolu sebaiknya menggunakan heat atas-bawah agar cake-nya matang secara merata. Semoga membantu 🙂

  4. Tapia kalo atas bawah kok bolu yg sya bikinn gosong atansnya yh caranya gimana…

    1. Halo Suharti, pemanggangan bolu memang harus diletakkan di rak bagian tengah agar dapat matang merata. Sudahkah kamu memastikan aliran panas di dalam oven sudah merata? Sebelum memasukkan loyang, panaskan oven selama 10-15 menit terlebih dahulu untuk mencapai suhu akurat. Bila perlu gunakan alat pengukur suhu oven.

      1. saya pakai oven oxone 12L gosong terus, saya pakai api atas-bawah padahal udah dipanasin dulu, bagaimana?

  5. Saat memanaskan oven, yg dipilih kan suhu derajat celciusnya, trus kl set mode api pemanggangan perlu diputar juga ga kl saat memanaskan?

    1. Hi Maulidah, saat memanaskan kamu cukup mengatur suhunya saja.

  6. Mau nanya dong untuk simbol pemanas api bawahnya saja yang mana ya, saya pakai oven kirin KBO 160
    Mohon info nya
    Makasih

    1. Hi Amy, simbol pemanas api bawah ada di bawah panel selector.

  7. Halo. Saya mau tanya kalau memanggang kue kering pakai apa atas bawah atau bawah atau atas saja ya ? Dan di taruh di rak bagian mana ? Terima kasih

    1. Bisa pakai yang bawah dan disimpan di rak atas. Sembari menunggu kue matang Anda diperbolehkan untuk sesekali memindahkan loyang ke rak atas dan bawah secara bergantian. Namun, jangan lupa untuk memutar loyang searah dengan jarum jam ketika Anda memindahkan posisinya dari rak satu ke rak yang lain. Cara ini dilakukan agar kue kering matang secara merata.

  8. Malam bunda….mau nanya saya pakai oven Kirin manggang lapis legit kok gak Mateng ya…malah kering d atas pas d keluarin basah smua,agak pas Mateng nya pakai api atas or bawa trus brp CC ya d perlukan terimakasih seblmny

    1. Hai Yanti, memanggang lapis legit memang membutuhkan kesabaran. Pertama, panaskan dulu ovennya di suhu 200 derajat C, lalu turunkan pada suhu 180 derajat C saat mulai memanggang. Untuk lapisan pertama, gunakan api bawah dulu, kemudian lapisan selanjutnya bisa menggunakan api atas. Jika ada sisi kue yang masih basah, kamu bisa memanggangnya kembali dengan api bawah selama 7-10 menit, lalu tutup lapisan atas kue dengan aluminium foil. Semoga membantu 🙂

  9. Siang bunda saya.saya pakai oven kirin kbo-90m,mau buat kue bolu kok gak bisa matang ya.mohon di jelaskan cara penggunaannya?

    1. Halo Eka, pemanggangan bolu memang harus diletakkan di rak bagian tengah agar dapat matang merata. Pastikan sebelum memasukkan loyang, Anda sudah memanaskan oven selama 10-15 menit terlebih dahulu untuk mencapai suhu akurat.

  10. Salam kenal… Saya mw tanya… Saya pakai otrik kirin KBO 190RA…saya bingung kalo mw buat rollcake itu saya mw taruh di rak tengah tp loyangnya terhalang oleh besi untuk memanggang ayam… Itu solusinya bagaimana ya?

    1. Kirin KBO 190-RA memang menyediakan fungsi rotisserie (besi pemanggang yang berada di tengah oven). Jadi, oven tersebut memang tidak bisa menyediakan fungsi rak tengah.

  11. Hai admin saya mau nanya donk saya kan baru punya oven kirin kbo-190lw,,itu klau mau manggang pizza pakai temperatur berapa??berapa menit??pakai api atas bawah atau g mana ya,, soalnya saya coba pakai api atas bawah selama 20 menit ko adonannya masih basah ya tapi mozarella nya udah meleleh dan jadi over gitu makasih di tunggu jawabannya ya

    1. Panaskan dulu oven listrik pada suhu 250 derajat celcius, lalu ketika memanggang pizza suhunya diturunkan menjadi 200 derajat celcius. Kemudian, tutup pizza dengan aluminium foil saat dipanggang agar kejunya tidak cepat meleleh.

  12. Mau tanya dong min…. oven kirin 190LW apakah bisa untuk memanaskan makanan juga ngga yaa? Terima kasih sebelumnya.

    1. Bisa saja tapi mungkin jangan terlalu lama karena pada dasarnya oven untuk memasak. Untuk menghangatkan makanan biasanya pakai microwave. Semoga membantu. Terima kasih. 🙂

  13. Min mau tanya itu saya pake oben listrik merek oxone…kira2 kalo mau bikin bolu atau cake suhunya berapa…pake api yang mana soalnya aku coba kalo gak gosong yaa lumer gitu…ditunggu tips nya

    1. Hai Yusuf, seperti yang sudah kami jelaskan di komentar yang ada di atas. Untuk membuat kue bolu sebaiknya menggunakan heat atas-bawah agar cake-nya matang secara merata. Suhunya antar 180-200 derajat celcius.

  14. Haloo mau tanya kalau Oven COSMOS Seri CO 9925 untuk mengetahui Api Bawah , tengah & atas di mana ya ?

    1. Silakan dilihat di buku petunjuk kak. Pastikan juga apakah jenis oven tersebut mempunyai pengaturan api bawah, tengah, dan atas atau tidak. Semoga membantu. Terima kasih.

  15. Halo mau tanya kak
    Saya make oven cosmos CO9919R mau manggang pizza disuhu brp ya kak? Brp menit? Kan da tombol panas atas bawah, gt prlu pindahin rak pizzany jg gak, atau tetap ditengah aja sampe wktny selsai manggang?

    Makasih

    1. Untuk memanggang pizza, panaskan dulu oven listrik pada suhu 250 derajat celcius, lalu ketika memanggang pizza suhunya diturunkan menjadi 200 derajat celcius. Semoga membantu.

  16. Tanya donk mbak…
    Kalau bikin kue kering, saat loyang dipindah2 posisinya itu dalam keadaan oven hidup ya? Itu gpp ya?

  17. Ka kalau buat macaroni schotel itu api bawah atau api atas ya ? Di rak mana taro nya , brapa lama dan brapa drajat manggang nya ?
    Makasih

    1. Sebaiknya Anda mencari resep macaroni schotel dan ikuti petunjuknya. Terima kasih.

  18. halo mau tanya kak.. oven sy oxone,tp tdk ada pengatur suhunya.. cuma ada timer dan tombol atas bwh saja. caranya bagaimana ya agar kue sy mateng ,pernah bikin kue hasilnya malah gosong.karna sy bingung tiap bikin kue tdk ada pengatur suhunya.

    1. Silakan dicek di buku petunjuknya. Dicek terkait suhu untuk oven yang Anda gunakan.

  19. Tanya dong
    Kalo di oven boleh panggang 2 loyang kue kering sekaligus?
    Tips juga dong

    1. Jika ovennya bisa menampung 2 loyang, maka bisa.

  20. Halo saya mau tanya kak,saya punya microwave oven merk electrolux kalau membuat cake selalu gosong atasnya.cara mengatur suhunya bagai mana apakah ada pengaturan api atas dan bawah.tolong dijawab ya kak makasih

    1. Sebaiknya Anda mengikuti resep dari cake yang Anda buat. Untuk pengaturan api atas dan bawah, silakan diperiksa apakah oven Anda mempunyai pengaturan tersebut. Setiap produk biasanya ada buku pentunjuknya (manual). Sebaiknya Anda membacanya sebelum menggunakan produk tersebut. Terima kasih.

  21. Soalnya saya juga belum terlalu paham pengaturan ovennya

    1. Silakan membaca manual book/buku petunjuk penggunaan ya. Terima kasih.

  22. Hai mba mau nanya saya punya oven kirin.
    Kalau cm memanggang roti tawar cm cari gurih dan gosong sedikit di suhu brp ya ?apa sebelumnya perlu di panas kan lagi ovennya?trima kasih

    1. Sebaiknya Anda mencari terlebih dahulu resep dari makanan tersebut kemudian mengikuti instruksi cara membuatnya. Semoga membantu. Terima kasih.

  23. La-la to be a good day at work and I don’t know what I want to be a good day

  24. Hai mbak,,,aku mau tanya ttg aturan yg tepat mengenai temperatur, posisi rak, n waktu yg kita butuhkan saat memanggang bolu di oven listrik,,,aku kebetulan memakai oven kirin tipe KBO- 190 LW,,,mohon solusinya ya mbak,,,terima kasih sebelumnya.,,,

    1. Silakan membaca buku petunjuk dari produk yang Anda gunakan. Anda juga dapat membaca dan mengikuti instruksi dari resep makanan yang Anda buat. Terima kasih.

  25. hi salam kenal,,saya anisa..saya mau tanya nih sist..sya menggunakan oven cosmos co-9926rcg..saya mencoba memanggang bolu tpi bagian bawah sedkit gosong dan bolu nya jdi keras,,saya sudah panas kan oven slma 10 menit dengan 200 derjat C..tpi saat akan memasukkan loyang kue nya,,suhu tidak saya turun kan..dan dengan suhu yang sama 200 derjt C saya panggang selama 15 menit di timer oven nya,,dan dengan pengaturan api atas bawah..itu gimana ya sist??mohon bantuan nya sist..

    1. Sebaiknya Anda mengikuti instruksi dari resep makanan yang Anda buat. Tentunya, cara pemakaian oven akan berbeda-beda untuk setiap resep. Semoga membantu. Terima kasih.

  26. Siang mbak… Saya pake oven merek cosmos, setiap manggang bolu, bolu kurang ngembang…
    Pertama saya menggunakan api bawah15menit, 15menit lg api atas bawah…
    Suhunya 150 derajat Cel.
    Knp ya mbak bolunya bisa kurang ngembang?
    Pdhl resep udah mantap…

  27. Saya pengen buat kue lapis legit mau tau cara ngatur temperatur nya ….saya gak tau ngatur temperatur nya takut kepanasan SMA takut gak jadi kue nya…mohon ya bantuannya makasih

    1. Kami sarankan Anda untuk mencari resep cara membuat kue tersebut yang lengkap. Dalam resep cara pembuatan kue biasanya sudah disebutkan tentang pengaturan temperatur oven. Semoga membantu. Terima kasih.

  28. Sy baru pertm x mengunakan oven listrik, oven yg sy gunakn merk oxone ox-8830.sy msh bingung yg dimksd api atas bwh itu apa yah? Krn tombol yg dioven cm ada suhu,timer,dan function control 4 jenis.yg sy tau hanya arti api sdng,posisi loyang ditengah.apakah klu api atas itu posisi loyang ditaruh paling atas? Dan api bawah posisi loyang ditaruh plg bwah? Bs dibantu penjelasannya? Mksh….

    1. Kami sarankan untuk membaca buku petunjuknya. Setiap oven berbeda-beda. Tidak semua oven mempunyai pengaturan api atas-bawah. Kalau pakai api atas berarti yang panas di bagian atas oven. Kalau pakai api bawah berarti yang panas dibagian bawah oven. Semoga membantu. Terima kasih.

  29. Hai kak saya baru saja beli oven merek kirin yg watt nya 800, sedangkan dirumah saya daya listriknya juga 800 watt, apakah aman jika oven saya gunakan kak?

    1. Sebaiknya daya listriknya dinaikan terlebih dulu. Semoga membantu. Terima kasih.

  30. hai….. saya mau tanya, kira kira yang pada komen baca komen sebelumnya tidak ya…. ? ko pertanyaannya hampir sama semua,seharusnya pertanyaan yang sudah ada jawabannya tidak perlu ditanyain lagi kan ? adminnya sampe bingung mau jawab gimana lagi he..he..he..(guyon).tadinya saya mau nanya, tapi sudah ada jawaban di komen jadi terima kasih …:)

  31. Sepertinya keluhan oven jirin sama semua,, sy jg oven kirin KBO 250 RA,, manggang apapun pasti masih basah, kue kering jg lama,, padahal di resep2 manggng suhu 180 cm slm 15 menit,, ini jg sdh selalu dipanaskan dulu,, kira2 knp y? Barangkali bisa bantu jawab,, trimakasii

    1. Jika masih basah, Anda bisa memanggangnya lebih lama. Dicek terus sampai kuenya matang. Atau Anda bisa menaikan suhunya. Semoga membantu. Terima kasih.

  32. Mohon bantuannya kalau memanggang ogura cake/japanasse chesee cake pakai oven listrik kirin KBO 190lw bagiamana mb supaya bisa matang merata dan berapa jam kira2 di letakkan di rak mana??pakai api atas/bawah/atas bawah??pemanasan ovennya berapa menit dan di suhu berapa???pernah buat beberapa kali soalnya tapi tidak matang mohon infonya terimakasih

  33. Hai kak mau tanya nih, apakah ayam goreng tepung yg udah beberapa jam dimasak trus dimasukkan oven, itu bs kembali renyah seperti sediakala ?

  34. Tanya donk, apa rekomendasi oven:
    – Oven siap on stiap hari kurang lebih sbulan
    – suhu oven ttp stabil slma on

  35. Hai kak….mau tanya nih…sy klo bikin chiffon pakai oven listrik(merk Kirin),,,pakai api atas bawah..mesti atas nya selalu gosong dan yg bawah nya blm begitu matang….harus nya gmn ya….

  36. Hai ka, sy punya oven denpoo deo 9 yg cm punya pengatur atas bawah dan timer tidak ada pengatur. Bagaimana ya cara mengatur suhu nya supaya kue yg sy masukkan tidak gosong padahal baru 5menit

    1. Hai, coba diturunkan saja suhunya atau hubungi pihak Denpoo-nya untuk bantuan teknis 🙂

  37. Hai kk saya punya oven sharp,saya klo bikin kue nastar slalu gosong klo gk bawah nya atas nya knp bisa begtu ya kk

    1. Hai, coba dicek kembali resep dan cara bakingnya, ya. Mungkin bisa jadi suhunya terlalu tinggi karena pengaturan suhu untuk setiap resep kan beda-beda 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *