Bacaterus / Oven / Cara Menggunakan Oven Kompor Berserta Tips Merawatnya

Cara Menggunakan Oven Kompor Berserta Tips Merawatnya

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Jika Anda merasa bahwa oven listrik terlalu mahal, Anda dapat mempertimbangkan untuk membeli oven kompor. Pasalnya, harga oven ini juga cukup murah, tidak sampai jutaan rupiah untuk ukuran yang pas untuk keperluan rumah tangga.

Cara menggunakan oven kompor memang tidak sepraktis oven listrik. Ditambah lagi oven ini tidak dilengkapi dengan api atas, sehingga Anda akan mengalami sedikit kesulitan saat hendak membuat lapis legit.

Namun, oven kompor dapat menghasilkan kue maupun cake yang cantik dengan rasa yang lezat bila Anda tahu cara menggunakannya. Tak perlu khawatir karena cara menggunakan oven kompor tidak sesulit yang Anda bayangkan, kok! Bacaterus akan memberikan petunjuk mengenai cara memakai oven kompor yang benar. Langsung saja kita simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Tips Setelah Membeli Oven Kompor Baru

Tips Setelah Membeli Oven Kompor Baru Cara Menggunakan Oven Kompor

Sebelum mulai menggunakan oven kompor, sebaiknya perhatikan letak penempatan oven ini terlebih dahulu. Pasalnya, oven kompor tidak bisa meredam panas dari dalam seperti oven listrik. Jadi, Anda harus menempatkan oven ini dengan strategi khusus.

Misalnya, jika di belakang oven terdapat dinding, berilah jarak antara oven dengan dinding minimal 10 cm. Begitu pun dengan alas yang dipakai untuk oven. Jangan langsung meletakkan oven secara bersentuhan dengan alasnya, sebaiknya berikan ganjalan berupa batu bata untuk menjaga agar suhu panas oven kompor dapat merata dengan sempurna.

Apabila Anda membeli oven kompor baru, lakukan beberapa treatment agar oven ini bekerja dengan maksimal. Salah satu yang harus Anda lakukan pada oven baru adalah nyalakan oven untuk memanaskannya terlebih dahulu.

Di sini, Anda tidak perlu panik jika oven berasap dan berbau gosong, karena hal tersebut wajar disebabkan oven masih baru dan belum pernah dipakai. Lakukan cara ini sebanyak 3-4 kali sampai bau gosong pada oven hilang.

Cara Menggunakan Oven Kompor yang Benar

Cara Menggunakan Oven Kompor yang Benar

Nah, selanjutnya kita akan langsung mempelajari cara menggunakan oven kompor yang benar. Cara ini bisa dipraktekkan untuk pemula yang belum pernah menggunakan oven kompor sebelumnya.

  1. Panaskan oven sampai Anda memperoleh temperatur yang Anda inginkan. Karena di oven kompor tidak ada pengatur suhu seperti di oven listrik, maka Anda harus membeli termometer khusus oven
  2. Rak bagian bawah oven adalah bagian yang paling panas, sehingga lebih jarang dipakai atau jika dipakai biasanya untuk memanggang daging atau ayam. Sementara itu, rak bagian tengah paling cocok untuk memanggang cake atau kue kering, apabila kue sudah hampir matang bisa dipindahkan ke rak atas agar matangnya merata
  3. Untuk membuat agar oven tidak terlalu panas, letakkan pasir atau air di rak bagian bawah oven kompor
  4. Karena oven kompor tidak memiliki timer, maka sebaiknya Anda menunggu di dekat oven agar makanan yang sedang dipanggang tidak gosong
  5. Matikan kompor jika makanan sudah matang, untuk memastikan makanan dipanggang dengan suhu yang sesuai gantunglah termometer di rak oven, lalu Anda juga harus menghitung waktu sendiri agar makanan tidak gosong
  6. Angkat makanan yang dipanggang dari dalam oven dan biarkan pintu oven terbuka agar sirkulasi udara bisa masuk ke dalam oven

Walaupun oven listrik dirasa lebih praktis dan nyaman, tapi oven kompor juga masih dipakai di restoran, bakery, maupun rumah tangga. Penggunaan oven tangkring memang sedikit merepotkan, mengingat kita harus mengangkat oven ke atas kompor terlebih dahulu jika hendak menggunakan, tetapi harganya yang cenderung lebih murah membuat banyak orang masih menggunakan oven jenis ini.

Cara Merawat Oven Kompor

Cara Merawat Oven Kompor

Sama seperti barang-barang lainnya, jika Anda ingin alat memasak Anda awet dan tahan lama, Anda harus melakukan perawatan. Pun begitu dengan oven kompor. Anda harus merawat oven ini dengan cara membersihkannya setelah dipakai. Berikut adalah cara untuk merawat oven kompor:

  1. Bersihkan tetesan adonan atau makanan di dalam maupun luar oven. Karena apabila tetesan tersebut dibiarkan begitu saja, maka suhu panas oven kompor dapat membuat tetesan tersebut terbakar sehingga menyebabkan oven menjadi lebih cepat berkarat
  2. Setelah oven dipakai, diamkan oven sampai dingin baru Anda bisa mulai membersihkannya. Untuk menghilangkan suhu panas oven secara lebih cepat, buka pintu oven atau letakkan satu wadah air di dalam rak oven
  3. Jika suhu panas oven sudah hilang, keluarkan rak-rak oven dan bersihkan bagian dalam oven dengan kain basah. Bila perlu gunakan sabun cair pencuci pirng untuk membersihkan minyak atau lemak yang tertinggal di dalam oven. Setelah dilap dengan kain basah dan sabun, segera keringkan dengan kain bersih yang kering
  4. Cuci rak-rak oven dengan sabun cair pencuci piring dan spons. Gosok rak dengan bagian kasar spons pencuci piring untuk menghilangkan kerak-kerak makanan yang menempel. Jangan menggunakan pisau atau benda tajam lainnya untuk menghilangkan kerak di rak oven
  5. Sementara Anda menjemur rak oven sampai kering, buka pintu oven dan bersihkan dengan kain lap basah. Bila bagian dalam pintu terasa berminyak, Anda dapat membersihkannya dengan sabun cair pencuci piring
  6. Buka pintu oven sampai bagian dalam dan pintunya kering, lalu pasang kembali rak oven yang sudah kering

Sesudah oven dipakai, sebaiknya biarkan pintu oven terbuka selama beberapa jam walaupun Anda sudah selesai melakukan pembersihan. Hal ini dilakukan agar sirkulasi udara dapat membersihkan aroma makanan yang tertinggal di oven.

Nah, ketika oven digunakan untuk memanggang makanan lain, aroma makanan yang dulu tidak mempengaruhi citarasa makanan yang sedang dipanggang. Makanan yang Anda masak di oven kompor ini akan tetap terjaga baik aroma maupun rasanya.

Tips Penting Dalam Menggunakan Oven Kompor

Tips Penting Dalam Menggunakan Oven Kompor

Sudah tahu cara menggunakan oven kompor yang benar kan? Nah, tidak ada salahnya jika Anda juga mengetahui tips penting dalam menggunakan oven kompor berikut ini.

  • Pastikan letak oven kompor tidak miring agar makanan yang sedang dipanggang tidak matang sebelah.
  • Bila Anda menggunakan oven di ruang terbuka, tutupi bagian belakang dan samping oven agar api tidak padam atau terganggu dengan hembusan angin di sekitar.
  • Pilih ukuran loyang yang sesuai dengan ukuran ruang dalam oven, bukan menyesuaikan dengan ukuran lebar oven secara keseluruhan.
  • Letakkan loyang yang sudah diisi pasir bawah di bagian bawah agar panas dari bagian bawah oven dapat merata.
  • Jika Anda menggunakan kompor minyak tanah untuk memanaskan oven, cek sumbu secara berkala. Karena sumbu kompor yang tidak terawat akan menimbulkan jelaga yang akan menimbulkan polusi di bagian dalam kompor sehingga dapat mencemari aroma makanan yang sedang dipanggang.

Nah, itulah serba-serbi cara menggunakan oven kompor, cara merawat, dan juga tips penting dalam menggunakannya. Oven kompor akan membutuhkan energi minyak tanah atau LPG lebih banyak, tetapi harga beli oven ini sangat terjangkau. Jadi, Anda bisa memutuskan sendiri apakah oven kompor atau oven listrik yang dapat memenuhi kebutuhan Anda.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *