Bacaterus / Oven / Ini Dia Cara Menggunakan Microwave yang Benar & Aman

Ini Dia Cara Menggunakan Microwave yang Benar & Aman

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 November 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sekarang microwave menjadi bagian penting dari sebagian besar dapur rumah. Umumnya microwave digunakan untuk menghangatkan sisa makanan dan memasak makanan dengan cepat. Namun, mungkin kamu tidak yakin bagaimana menggunakan microwave dengan benar dan aman, atau mungkin ingin mengetahui apa yang bisa kamu hangatkan dan masak dengan alat ini.

Begini cara kerja microwave. Gelombang mikro bekerja ketika tegangan tinggi diubah menjadi gelombang energi elektromagnetik, yang merupakan kombinasi energi listrik dan magnet. Energi ini berada dalam pita frekuensi gelombang radio, bukan sinar-x.

Pandu gelombang dan bilah pengaduk bekerja sama untuk memastikan energi mencapai semua area bagian dalam microwave. Ketika pintu dibuka atau pengatur waktu mencapai nol, energi secara otomatis berhenti, sehingga tidak ada radiasi gelombang mikro yang keluar dari microwave.

Jika kamu adalah seseorang yang baru memiliki oven microwave dan tidak yakin untuk menggunakannya maka artikel ini akan berguna. Untuk menggunakan microwave secara maksimal, ada beberapa tip dan saran yang bisa kamu ikuti. Berikut ini adalah penjelasan rinci tentang cara menggunakan microwave.

1. Baca Buku Panduan

Baca Buku Panduan

* sumber: www.engadget.com

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum kamu menggunakan microwave dengan benar adalah membaca buku panduan penggunaan dan instruksi keselamatannya. Panduan penggunaan akan menjelaskan beberapa hal yang mungkin tidak kamu ketahui.

Bisa saja kamu menemukan hal yang berguna yang tak kamu ketahui sebelumnya. Buku panduan ini akan menjelaskan berbagai mode yang ada dan bagaimana menggunakannya juga.

2. Tempatkan Oven Microwave dengan Benar

Tempatkan Oven Microwave dengan Benar

* sumber: www.homecrux.com

Microwave adalah alat elektronik yang memiliki beragam komponen kelistrikan yang cukup sensitif. Oleh karena itu, kamu harus meletakkan oven microwave di tempat dengan baik dan benar. Sebaiknya microwave kamu tempatkan di meja atau tempat yang kokoh.

Dengan disimpan di meja atau alas yang kokoh microwave tidak mudah terjatuh ketika kamu mengeluarkan makanan dari dalam oven microwave. Berikan jarak sekitar 10-15 cm dari dinding atau tembok untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan yang mungkin terjadi.

Jangan juga kamu letakkan di pinggiran meja peralatan dapur ini. Hal penting lainnya adalah untuk tidak meletakkan microwave dekat dengan percikan air atau api.

3. Jangan Nyalakan Microwave dalam Keadaan Kosong

Jangan Nyalakan Microwave dalam Keadaan Kosong

* sumber: www.popularmechanics.com

Mengapa hal tersebut dilarang? Itu karena menyalakan oven microwave dalam keadaan kosong bisa merusak microwave. Jika kamu mempunyai anak balita sebaiknya kamu membuat antisipasi dengan mengisi microwave dengan wadah berisi air karena bisa saja dia menyalakan microwave tanpa sengaja.

Namun sebaiknya jauhkan microwave dari jangkauan anak-anak. Dengan ini hal-hal buruk mungkin terjadi akan bisa terhindarkan.

4. Pasang dan Atur Waktu

Pasang dan Atur Waktu

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=-yg5pZ7SFWQ&app=desktop

Hal berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah mencolokkan microwave. Pastikan kamu tidak menyambungkan beberapa perangkat secara bersamaan karena ini bisa sedikit berbahaya. Sekarang atur waktu dalam microwave bergantung pada apa yang kamu panaskan atau masak.

Melakukannya cukup mudah. Yang perlu kamu lakukan hanyalah memutar kenop atau menekan tombol pada waktu yang ditentukan pada microwave.

Banyak oven microwave konveksi terbaik, yaitu yang menggabungkan fungsi oven pemanggang dan oven microwave, juga memiliki pengaturan waktu & suhu preset untuk berbagai hidangan yang memungkinkan pengguna untuk dengan cepat beralih di antara berbagai mode memasak.

5. Gunakan Wadah yang Aman untuk Microwave

Gunakan Wadah yang Aman untuk Microwave

* sumber: interestingengineering.com

Gunakan peralatan masak yang dibuat khusus untuk digunakan dalam oven microwave. Umumnya, tidak boleh menggunakan panci logam atau aluminium foil karena gelombang mikro memantulkannya, menyebabkan makanan matang tidak merata dan mungkin merusak oven.

Sebaiknya kamu tidak menggunakan beberapa wadah plastik karena makanan yang dipanaskan dapat meleleh. Wadah yang direkomendasikan untuk digunakan dalam oven microwave di antaranya wadah keramik, kaca, dan plastik berlabel untuk penggunaan oven microwave.

6. Beri Lubang pada Penutup Makanan

Beri Lubang pada Penutup Makanan

* sumber: www.deccanherald.com

Jangan lupa untuk membuat lubang pada penutup makananmu saat akan memasukkan makanan ke dalam microwave. Gunakan garpu sebagai alat untuk melubangi. Akan timbul letupan panas dari makanan jika kamu lupa untuk melubangi penutup makananmu.

Baca juga: 10 Merk Microwave yang Bagus dan Juga Berkualitas

7. Hindari Air Super-heated

Hindari Air Super-heated

* sumber: completeketo.com

Super-heated berarti air dipanaskan melebihi suhu didihnya tetapi tanpa tanda-tanda air mendidih, seperti gelembung-gelembung. Jika kamu memanaskan air dalam microwave memakai cangkir melebihi suhu didih, sedikit gangguan atau gerakan dapat menyebabkan air keluar dari cangkir dengan keras.

Dilaporkan orang mengalami luka bakar kulit yang serius atau luka di sekitar tangan dan wajah karena fenomena ini. Menambahkan bahan-bahan seperti kopi instan atau gula ke air sebelum pemanasan sangat mengurangi risiko erupsi air panas. Ingat untuk mengikuti petunjuk pemanasan pabrikannya.

8. Hindari Mensterilkan Botol Susu Bayi dengan Microwave

Hindari Mensterilkan Botol Susu Bayi dengan Microwave

* sumber: www.hellomagazine.com

Bukan hanya karena botol susu bayi terbuat dari bahan plastik yang berbahaya, untuk membuat susu steril microwave tidak memiliki panas yang cukup. Pada suhu 100 derajat celcius, bakteri baru akan mati, sementara itu panas microwave tak mencapai suhu tersebut.

9. Pelajari tentang Berbagai Hal yang Bisa Kamu Masak dengan Microwave

Pelajari tentang Berbagai Hal yang Bisa Kamu Masak dengan Microwave

* sumber: www.kenwoodworld.com

Memang benar bahwa kebanyakan orang menggunakan microwave untuk memanaskan makanan dan cairan, tetapi kamu juga bisa menggunakannya untuk memanggang, membakar, dan memasak. Kamu mungkin perlu mempelajari tentang berbagai hal yang bisa kamu lakukan menggunakan microwave.

Ada gelombang mikro tertentu yang terdapat pada mode konvensi yang juga merupakan fitur yang sangat berguna. Membaca manual akan memberikan kamu banyak informasi mengenai kemampuan oven microwave yang kamu miliki.

10. Jangan Menggunakan Microwave Jika Terdapat Kerusakan di Area Pintu

Jangan Menggunakan Microwave Jika Terdapat Kerusakan di Area Pintu

* sumber: applianceexpresstx.com

Kerusakan pada pintu microwave walaupun sepele bisa sangat berbahaya. Seperti yang telah disebutkan di atas, microwave bekerja dengan memakai gelombang mikro. Karenanya bila pintu microwave tidak bisa ditutup rapat, rusak, atau kacanya pecah, microwave tidak bisa bekerja dengan maksimal.

Kekhawatiran lainnya adalah jika pintu microwave tidak bisa ditutup rapat, ditakutkan paparan gelombang mikro keluar dari microwave. Karenanya sangat penting menjaga pintu oven microwave dalam kondisi baik.

11. Pelajari Cara Membersihkan Microwave

Pelajari Cara Membersihkan Microwave

* sumber: www.tidychoice.com

Untuk menggunakan microwave dengan benar, kamu mungkin perlu memeliharanya secara teratur. Untuk ini, kamu harus membersihkannya tidak hanya di luar tetapi juga di dalam. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan membersihkan dan mencuci baki dengan mengeluarkannya sesekali.

Cara lainnya adalah dengan menyimpan air di dalam perkakas yang aman untuk microwave dan memanaskannya untuk beberapa saat. Ini akan menghasilkan uap yang akan membantu menghilangkan noda dan partikel lain dari dalam.

12. Hindari Penggunaan Cairan Pembersih yang Mengandung Bahan Kimia

Hindari Penggunaan Cairan Pembersih yang Mengandung Bahan Kimia

* sumber: appliancerepair-sd.com

Jangan gunakan bahan kimia untuk membersihkan oven microwave-mu karena bahan kimia bisa bereaksi di tempat panas dan bisa membuat makanan terkontaminasi. Kamu dapat memasukkan semangkuk air yang diberi irisan lemon dan biarkan selama kurang lebih satu menit dalam suhu yang tinggi.

Biarkan uap untuk menyebar ke seluruh bagian microwave lalu setelah itu lap oven microwave dengan kain bersih. Uap lemon bisa membantu menghilangkan kotoran membandel serta lemak dalam microwave.

Sekarang kamu sudah tahu bagaimana cara menggunakan microwave yang benar. Jadi kamu tak khawatir lagi akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, tapi kamu harus tetap berhati-hati, ya. Kira-kira oven microwave-mu mau kamu gunakan untuk membuat apa hari ini?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *