bacaterus web banner retina

Panduan Cara Menggunakan Magic Com yang Baik dan Benar

Magic com adalah alat penanak nasi yang benar-benar magic sesuai namanya. Tidak hanya bisa dipakai untuk menanak dan menghangatkan nasi, magic com ternyata juga bisa dipakai untuk mengukus dan membuat makanan, lho! Wah, jadi Anda benar-benar tidak akan rugi jika membeli merk magic com yang bagus.

Apa saja sih fungsi dari magic com? Bacaterus akan membahas satu persatu cara menggunakan magic com yang mungkin belum pernah Anda ketahui sebelumnya. Jadi, Anda bisa memaksimalkan magic com di rumah untuk berbagai keperluan. Yuk, tak perlu lama-lama lagi langsung saja kita bahas di sini.

Cara menggunakan magic com untuk menanak nasi

Cara menggunakan magic com untuk menanak nasi

Fungsi utama dari sebuah magic com adalah untuk menanak nasi. Seperti yang sudah kita ketahui, nasi putih adalah makanan pokok bagi masyarakat Indonesia, sehingga memiliki magic com untuk menanak nasi adalah sebuah keharusan di zaman modern seperti ini.

Berikut adalah cara menggunakan magic com untuk menanak nasi:

  • Cuci beras sampai bersih dan tuangkan air secukupnya ke dalam beras (biasanya air setinggi dua ruas jari dari beras yang berada di permukaan paling atas)
  • Letakkan panci anti lengket di dalam magic com
  • Tutup penutup magic com, lalu tekan tombol “cook” dan jangan membuka tutup magic com sampai tuasnya berubah ke panel “warm”
  • Setelah itu tunggu sampai 5-10 menit agar nasi putih matang sempurna

Sekedar informasi jika Anda ingin nasi matang lebih cepat, rebus beras terlebih dahulu selama 10 menit, lalu pindahkan ke dalam magic com agar nasi tanak di dalamnya. Selain itu, jika Anda ingin membuat nasi yang dihasilkan lebih harum, tambahkan satu ikan daun pandan, kemangi, atau daun salam ke dalam panci magic com yang berisi beras yang sudah dicuci.

Cara menghangatkan nasi atau makanan di magic com

Cara menghangatkan nasi atau makanan di magic com

Makan nasi yang masih hangat memang nikmat. Akan tetapi, untuk menghemat listrik kita sering mencabut sambungan listrik magic com dan lama kelamaan nasi menjadi dingin. Anda tidak perlu khawatir karena magic com adalah alat penanak nasi yang bisa menghangatkan nasi atau makanan lainnya.

Sebagai panduan, berikut adalah cara menggunakan magic com untuk menghangatkan nasi dan makanan lain:

  • Letakkan nasi atau makanan di dalam panci anti lengket
  • Masukkan panci ke dalam magic com dan tutup penutupnya
  • Tekan tombol “warm” untuk dan berikan waktu sekitar 10-15 menit agar magic com menghangatkan nasi dan makanan Anda
  • Setelah itu, Anda bebas membiarkan magic com tetap menghangatkan makanan yang ada di dalamnya atau mencabut kembali sambungan listriknya

Magic com adalah alat penanak nasi yang serba bisa. Untuk menghangatkan makanan padat atau berkuah Anda bisa menggunakan alat ini. Tentu saja menggunakan magic com untuk menghangatkan makanan terasa jadi lebih mudah dibanding menghangatkan dengan kompor gas.

Cara mengukus makanan di dalam magic com

Cara mengukus makanan di dalam magic com

Sesuai dengan namanya, magic com memang benar-benar ajaib dan bisa melakukan hal-hal yang mungkin tak pernah Anda duga sebelumnya. Kali ini fungsi magic com yang akan kami bahas adalah untuk mengukus makanan. Apabila Anda ingin membuat kue atau makanan yang harus dikukus agar matang, manfaatkan saja magic com ini.

Cara mengukus makanan di dalam magic com adalah sebagai berikut:

  • Masukkan makanan ke dalam panci anti lengket (sebaiknya tidak mencampur makanan dengan nasi putih)
  • Letakkan panci anti lengket di dalam magic com dan tutup penutupnya
  • Tekan tombol “warm” dan biarkan magic com bekerja untuk mengukus makanan selama yang Anda mau

Untuk memastikan apakah makanan Anda sudah matang di dalam magic com, bukalah magic com sesekali. Tombol “warm” pada magic com akan terus menyala sampai Anda benar-benar mengangkat makanan dari dalam panci anti lengket.

Cara menggunakan magic com untuk memasak bubur

Cara menggunakan magic com untuk memasak bubur

Kabar gembira bagi Anda yang suka memasak bubur. Beberapa merk magic com yang dijual di pasaran ternyata dapat dipakai untuk memasak bubur. Jadi, kita tidak perlu repot mengaduk-aduk beras untuk menyiapkan hbibir si kecil.

Bagi Anda yang masih belum mengetahui cara menggunakan magic com untuk memasak bubur, simak penjelasannya berikut ini:

  • Setelah mencuci beras, beri air dengan jumlah 2 kali lipat dibanding air yang biasa dipakai untuk memasak nasi
  • Letakkan panci yang berisi beras tersebut ke dalam magic com dan tutup penutupnya
  • Sesudahnya pilih tombol “cook porridge” tunggu beberapa saat maka pesanan akan pesan
  • Apabila tidak ada fitur “cook porridge” pada magic com Anda, sebaiknya tambahkan lebih banyak air agar hasilnya nanti agak lembek seperti bubur. Lalu tekan tombol “cook”

Cara menggunakan magic com untuk memasak makanan lain

Cara menggunakan magic com untuk memasak makanan lain

Perlu Anda ketahui bahwa magic com juga bisa menjadi alat untuk memasak berbagai macam makanan. Misalnya, memasak mie instant, sayuran, sampai dengan nasi goreng. Namun, sebaiknya Anda menggunakan magic com sebagai alat memasak jika keadaan benar-benar darurat, seperti kompor rusak, gas habis, atau tidak ada kompor untuk memasak.

Magic com dirancang sebagai alat penanak nasi serbaguna, bahkan kadang alat ini bisa menjadi kompor sekaligus wajan untuk memasak. Berikut adalah cara menggunakan magic com untuk memasak:

  • Mie instant

Isi panci dengan air, lalu tekan tombol “cook” pada magic com. Setelah itu, masukkan mie instant dan tunggu sampai matang. Angkat panci dan sisihkan mie instant ke dalam piring.

  • Nasi goreng

Ingin memasak nasi goreng tapi tiba-tiba kompor gas Anda tidak bisa berfungsi? Cuci panci anti lengket di dalam magic com dan segera keringkan. Kemudian letakkan panci di dalam magic com, lalu beri sedikit mentega. Tekan tombol “cook” untuk memanaskan mentega, masukkan bumbu-bumbu nasi goreng dan nasi putihnya. Aduk nasi goreng sampai matang.

  • Agar-agar

Untuk membuat agar-agar, caranya hampir sama seperti ketika Anda membuat mie instant. Bedanya, bubuk agar-agar harus dimasukkan dari awal. Aduk terus agar-agar sampai mendidih, kemudian setelah matang segera pindahkan agar-agar cair ke dalam cetakan agar tidak lengket di panci magic com.

  • Pancake

Mau buat kue pancake menggunakan magic com? Tentu saja bisa. Yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan adonan pancake. Panaskan magic com dengan menekan tombol “cook” setelah itu masukkan adonan pancake. Tutup penutup magic com dan biarkan selama 45 menit, lalu buka tutupnya dan angkat pancake yang sudah matang.


Beragam cara menggunakan magic com ini sangat membantu Anda dalam kehidupan sehari-hari. Namun, magic com memang lebih baik jika dipakai hanya untuk menanak nasi, menghangatkan nasi atau makanan, dan mengukus makanan saja. Setelah digunakan, jangan lupa untuk membersihkan magic com tersebut ya. Kalau Anda, sudah pernah memakai magic com untuk memasak apa saja nih?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram