Bacaterus / Lidah Buaya / 10 Cara Menggunakan Lidah Buaya untuk Rambut Indah & Sehat

10 Cara Menggunakan Lidah Buaya untuk Rambut Indah & Sehat

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Rambut cantik dan sehat merupakan idaman bagi setiap wanita. Pasalnya, memang benar jika rambut disebut sebagai mahkota bagi para wanita. Oleh karena itu, kali ini Bacaterus ingin mengajak Anda melakukan perawatan rambut dengan bahan alami. Kita akan merawat rambut dengan menggunakan lidah buaya. Bagaimana cara menggunakan lidah buaya untuk rambut? Cari tahu informasinya di sini.

Lidah buaya adalah tumbuhan alami yang sangat bermanfaat. Lidah buaya bisa dikonsumsi atau dimanfaatkan menjadi bahan alami untuk merawat rambut. Bahkan, lidah buaya juga sering diekstrak untuk menjadi bahan kosmetik maupun produk perawatan rambut.

Ada 10 cara menggunakan lidah buaya untuk rambut yang perlu untuk Anda ketahui. Cara ini akan membantu Anda dalam merawat dan mengatasi masalah rambut.

1. Untuk Menghitamkan Rambut

Menghitamkan rambut

Tidak semua orang Indonesia terlahir dengan rambut hitam menawan. Beberapa di antaranya justru memiliki rambut yang kemerahan atau kecoklatan. Untuk memiliki rambut yang hitam legam dan sehat, Anda tidak perlu memakai produk semir rambut. Pasalnya, Anda dapat memanfaatkan kebaikan lidah buaya untuk menghitamkan rambut.

Cara memakai lidah buaya untuk menghitamkan rambut adalah dengan mengupas kulit lidah buaya setipis mungkin. Kemudian ambil daging lidah buaya dan peras lendirnya. Oleskan lendir lidah buaya pada seluruh bagian rambut, lalu bungkus rambut dengan shower cap selama 1 jam. Setelah itu, bilas rambut dengan air hangat dan biarkan kering secara alami.

2. Cara Menggunakan Lidah Buaya untuk Rambut Rontok

Cara Menggunakan Lidah Buaya untuk Rambut Rontok - Cara Menggunakan Lidah Buaya untuk Rambut

Lidah buaya juga bisa dipakai sebagai perawatan untuk rambut rontok. Shampoo saja tak cukup untuk mengatasi rambut rontok. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan perawatan alami dengan lidah buaya untuk menghentikan kerontokan rambut.

Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat di dalam lidah buaya sangat bermanfaat untuk menutrisi rambut sehingga lebih sehat dan kerontokan pun berkurang.

Bila Anda ingin menggunakan lidah buaya untuk rambut rontok, cukup campurkan lendir lidah buaya dengan shampoo. Selanjutnya Anda hanya perlu mencuci rambut seperti biasa. Lakukan cara ini secara rutin sampai rambut tidak rontok lagi.

3. Untuk Mencegah Kebotakan

Cara Menggunakan Lidah Buaya untuk Mencegah Kebotakan

Kebotakan tidak dialami oleh para pria saja, tetapi juga wanita. Rambut akan menipis dengan sendirinya sampai Anda mengalami kebotakan. Nah, masalah kebotakan rambut ini bisa dicegah dengan melakukan perawatan dengan lidah buaya.

Cara menggunakan lidah buaya untuk rambut lebih tebal sehingga terhindar dari kebotakan adalah dengan memanfaatkan lendir atau gel lidah buaya. Kemudian, oleskan gel ini mulai dari kulit kepala sampai ke ujung rambut. Setelah didiamkan selama 10-20 menit, bilas rambut dengan air bersih.

4. Untuk Rambut Bayi

Cara Menggunakan Lidah Buaya untuk Rambut Bayi

Banyak cara yang dilakukan oleh para orang tua agar rambut bayinya bisa tubuh sehat dan lebat. Namun, tidak semua produk perawatan rambut khusus bayi aman untuk kulit kepala si kecil yang cenderung sangat sensitif. Solusinya, gunakan gel lidah buaya untuk merawat rambut si bayi.

Cukup oleskan gel lidah buaya di rambut dan kulit kepala bayi dan diamkan selama 10 menit. Sesudah itu bilas rambut bayi dengan air hangat. Perawatan ini bisa membuat rambut si bayi tubuh lebat, hitam, dan sehat. Di samping itu, perawatan dengan lidah buaya ini bisa meredakan gatal di kepala bayi atau mengatasi permasalahan cradle cap.

5. Untuk Rambut Berminyak

Cara Menggunakan Lidah Buaya untuk Rambut Berketombe

Manfaat lidah buaya tidak hanya untuk menyuburkan rambut saja, tetapi juga untuk mengatasi minyak berlebih pada rambut. Sebagian dari Anda mungkin tidak tahu bahwa gel lidah buaya dapat berperan sebagai astringent alami untuk menyerap kadar minyak berlebih di rambut maupun kulit kepala.

Cara menggunakan lidah buaya untuk mengatasi rambut berminyak cukup mudah. Anda hanya perlu menambahkan beberapa tetes gel lidah buaya di shampoo yang sudah Anda tuang di telapak tangan. Kemudian, cucilah rambut dengan shampoo yang telah diteteskan dengan lidah buaya tersebut. Dengan pemakaian teratur, kadar minyak di rambut akan berkurang dengan sendirinya.

6. Sebagai Kondisioner

Pakai Kondisioner

Dewasa ini, Anda bisa menjumpai berbagai merk kondisioner rambut di swalayan dengan mudah. Akan tetapi, produk kondisioner yang dijual di pasaran sudah dicampur dengan beberapa bahan kimia.

Nah, jika Anda ingin kondisioner yang benar-benar alami, mengapa tidak menggunakan lidah buaya saja? Air perasan gel lidah buaya bisa dimanfaatkan sebagai kondisioner alami. Setelah keramas dengan shampoo, usapkan air perasan gel lidah buaya ini ke kulit kepala dan rambut. Kemudian, diamkan 5-10 menit sebelum Anda membilas dengan air bersih.

7. Untuk Rambut Kering

Selain rambut berminyak, permasalahan rambut lain yang mungkin sering dialami oleh sebagian besar orang adalah rambut kering. Kini, Anda tak perlu khawatir karena lidah buaya juga bisa mengatasi permasalahan rambut kering.

Gel atau jus lidah buaya bisa dioleskan ke kulit kepala hingga ke ujung rambut. Biarkan selama 15 menit agar gel lidah buaya meresap ke kulit kepala. Setelah itu, bilas dengan air dan cucilah rambut dengan shampoo. Biarkan rambut kering secara alami karena penggunaan hair dryer yang terus menerus dapat menyebabkan rambut menjadi kering.

8. Untuk Rambut Berketombe

ketombe

Ketombe dapat menyebabkan kulit kepala terasa gatal dan mengurangi rasa percaya diri. Sudah menggunakan shampoo anti ketombe tetapi tidak membuahkan hasil? Cobalah perawatan rambut alami dengan menggunakan lidah buaya.

Cara menggunakan lidah buaya untuk rambut berketombe adalah masker rambut dengan gel lidah buaya selama 60 menit. Setelah itu, bilas rambut dengan air sampai benar-benar bersih. Treatment ini bisa dilakukan setiap hari sampai rambut benar-benar bebas dari ketombe.

9. Untuk Mengatasi Jerawat Di Kulit Kepala

Cara Menggunakan Lidah Buaya untuk Mengatasi Jerawat Di Kulit Kepala

Jerawat bisa tumbuh di mana saja, termasuk di kulit kepala. Jerawat ini terkadang menyebabkan rasa sakit hingga membuat pusing. Meskipun jerawat di kulit kepala bisa hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari, tapi tak ada salahnya bila Anda mempercepat proses menghilangkan jerawat di kulit kepala ini.

Cukup oleskan saja gel lidah buaya di kulit kepala, tidak perlu sampai ke ujung rambut. Lakukan perawatan ini setiap hari sebelum Anda mencuci rambut dengan shampoo.

10. Untuk Mengatasi Sebborhea

Mencegah Ketombe

Sebborhea disebabkan oleh penumpukan sebum yang bercampur dengan kotoran sehingga menimbulkan kerak di kulit kepala. Sebborhea ini adalah penyebab rasa gatal dan munculnya ketombe. Bahkan, kondisi ini bisa merusak folikel rambut. Manfaatkan lidah buaya untuk mengatasi sebborhea ini.

Campurkan gel lidah buaya dengan sedikit perasan jeruk nipis dan minyak atsiri. Setelah mencuci rambut dengan shampoo organik, oleskan ramuan lidah buaya ini ke kulit kepala sampai ujung rambut. Diamkan selama 5-10 menit lalu bilas dengan air bersih.

10 cara menggunakan lidah buaya untuk rambut ini semoga bermanfaat untuk Anda yang memiliki berbagai masalah rambut. Perawatan rambut dengan lidah buaya ini dijamin aman karena tumbuhan ini tidak mengandung bahan kimia yang menimbulkan efek samping.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

3 Responses

    1. Sampo apa saja yang cocok dengan rambut Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *