Bacaterus / Kompor Gas / Cara Menggunakan Kompor Gas yang Benar dan Aman

Cara Menggunakan Kompor Gas yang Benar dan Aman

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baru membeli kompor gas baru? Langkah yang Anda ambil sudah tepat. Pasalnya, mengganti kompor minyak tanah ke kompor gas dapat menghemat energi. Anda tak perlu takut menggunakan kompor gas karena jika pemasangan dan penggunaannya sudah benar tidak akan terjadi hal-hal berbahaya.

Kali ini, Bacaterus akan memberikan petunjuk cara menggunakan kompor gas yang benar dan aman. Selain itu, kami juga akan memberikan tips penggunaan kompor gas agar selalu aman ketika Anda memasak. Yuk, memasak lebih aman dengan berbagai tips dan panduan menggunakan kompor gas berikut ini.

Cara menggunakan kompor gas konvensional

Cara menggunakan kompor gas konvensional

Kunci utama memasak aman dengan kompor gas adalah memastikan bahwa Anda sudah meletakkan kompor di tempat yang tepat. Pastikan bahwa kompor berada di ruangan dengan sirkulasi udara yang baik. Kemudian, jangan lupa untuk menyiapkan regulator, selang, dan tabung gas LPG terlebih dahulu.

Berikut adalah panduan cara menggunakan kompor gas konvensional yang benar:

  1. Buka segel tabung gas terlebih dahulu
  2. Pastikan kompor dalam keadaan mati
  3. Periksa tabung gas apakah rubber seal sudah terpasang dengan benar. Sebagai informasi, rubber seal adalah karet yang mengelilingi mulut tabung
  4. Selanjutnya, hubungkan selang regulator ke kompor dan pasang kepala regulator ke tabung gas LPG
  5. Kunci regulator secara rapat agar tidak terjadi kebocoran gas
  6. Coba nyalakan kompor pada api sedang
  7. Gunakan untuk memasak dan hindari penggunaan api besar agar makanan tidak gosong

Jika Anda sudah menggunakan cara-cara di atas secara tepat, maka bisa dipastikan bahwa kompor gas Anda dijamin aman saat dipakai untuk memasak. Jadi, jangan ragu untuk memasak di atas kompor gas, ya!

Tips menggunakan kompor gas yang aman

Untuk memastikan keamanan dalam memakai kompor gas, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal. Mungkin beberapa hal ini sering terabaikan saat Anda memasak dengan kompor gas. Di samping mengikuti cara menggunakan kompor gas yang benar, Anda pun harus memperhatikan beberapa tips berikut ini.

  • Pastikan kondisi selang dan regulator sudah baik
Pastikan kondisi selang dan regulator sudah baik Cara Menggunakan Kompor Gas

* sumber: www.djangkarubumi.com

Sebelum memasak di atas kompor gas, pastikan bahwa selang regulator tidak tertekuk. Jika Anda mencium bau gas atau mendengar suara mendesis dari arah tabung gas, segera cek regulator. Ketika regulator tidak terpasang dengan benar, kebocoran gas bisa terjadi dan memicu terjadinya ledakan.

Perbaiki posisi regulator terlebih dahulu dan putar regulator sampai rapat atau terdengar bunyi “klik”. Pada umumnya, pengecekan selang dan regulator ini hanya dilakukan saat Anda mengganti tabung gas yang lama dengan yang baru saja.

  • Perhatikan posisi kompor dan tabung gas

Perhatikan posisi kompor dan tabung gas

Jarak antara kompor dan tabung gas tidak boleh terlalu jauh. Jika jaraknya terlalu jauh, selang akan menjadi sangat tegang dan membuat regulator menjadi agak longgar. Kelonggaran inilah yang dapat menyebabkan kebocoran gas. Di samping itu, Anda harus memperhatikan peletakkan tabung gas.

Letakkan tabung di dasar yang permukaannya datar, seperti lantai. Apabila Anda meletakkan tabung di permukaan yang tidak rata atau di atas benda lainnya, tabung bisa terjatuh dan regulator pun tertarik sehingga mengakibatkan kebocoran gas.

  • Gunakan peralatan SNI

Gunakan peralatan SNI

Standar Nasional Indonesia (SNI) adalah sebuah label yang menjamin keamanan suatu produk. Mulai saat ini, ganti kompor gas, regulator, dan tabung gas yang memiliki label SNI ini. Keuntungan memakai regulator dengan label SNI adalah dapat menahan gas dari tabung dan hanya menyalurkan gas saat Anda menyalakan kompor.

Selain itu, penggunaan kompor yang memiliki label SNI juga menjamin keamanan penggunanya. Kualitas peralatan yang berstandar nasional ini sudah pasti terjamin baik.

Namun, Anda tetap harus waspada dalam membeli peralatan seperti kompor dan regulator karena saat ini banyak beredar barang palsu. Bahkan, barang palsu tersebut juga sudah dilengkapi dengan label SNI. Jadi, belilah di toko yang terpercaya dan terjamin keaslian barang-barangnya.

  • Periksa tabung secara berkala

Periksa tabung secara berkala

Sudah menerapkan cara menggunakan kompor gas yang aman dan mengecek selang maupun regulator secara berkala, tapi Anda pun jangan lupa untuk memeriksa kondisi tabung secara rutin. Sambungan regulator dari mulut tabung dan selang adalah bagian yang paling rentan mengalami kebocoran.

Tak hanya itu saja, Anda perlu memastikan bahwa tabung LPG yang dipakai sudah aman dan dalam kondisi baik, catnya tidak terkelupas semua dan kondisi tabung tidak terlalu berkarat. Selanjutnya, lakukan pengecekan dengan merendam tabung di dalam air. Jika ada gelembung udara maka bisa dipastikan bahwa tabung gas mengalami kebocoran. Namun, kasus kebocoran pada tabung gasnya ini masih sangat jarang terjadi.

  • Jauhkan tabung dari benda yang mudah terbakar

Jauhkan tabung dari benda yang mudah terbakar

Selain menempatkan tabung di dekat kompor gas, Anda juga harus memahami bahwa tabung harus diletakkan di tempat yang jauh dari benda-benda mudah terbakar. Apa saja benda-benda yang mudah terbakar? Obat nyamuk kaleng, parfum, colokan listrik, kertas, lilin, dan masih banyak lagi.

Bila Anda masih memiliki kompor minyak tanah, sebaiknya letakkan kompor minyak tanah berjauhan dari kompor gas. Minyak tanah adalah material yang sangat mudah terbakar sehingga harus dijauhkan dari sumber api seperti kompor gas.

  • Sirkulasi udara harus baik

Sirkulasi udara harus baik

Jika di dapur terdapat jendela yang langsung menghadap keluar rumah, boleh dibilang bahwa dapur Anda adalah tempat memasak yang ideal saat harus memakai kompor gas. Selalu buka jendela ketika Anda memasak agar sirkulasi udaranya baik.

Bagaimana jika tidak ada jendela di rumah? Pasanglah alat penghisap asap (cooker hood) dan selalu nyalakan alat ini ketika dipakai memasak. Apabila Anda mendeteksi adanya kebocoran tabung, segera lepas regulator dan bawa tabung ke ruangan yang terbuka.

  • Lepas regulator saat meninggalkan rumah
Lepas regulator saat meninggalkan rumah

* sumber: ngoprekkompor.blogspot.co.id

Tips yang satu ini juga tidak kalah penting. Sebagai pengguna kompor gas Anda harus mengetahui aturan untuk melepas regulator jika Anda meninggalkan rumah untuk jangka waktu yang panjang. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kebocoran gas yang menyebabkan ledakan.

Pastikan juga kompor dalam keadaan mati. Sebaiknya, gunakan pelindung selang dari aluminium untuk mencegah selang digigit tikus dan menyebabkan kebocoran.

  • Bersihkan kompor setelah memasak

Bersihkan permukaan kompor gas Cara Membersihkan Kompor Gas

Yang satu ini harus Anda lakukan setiap kali memasak. Anda harus membersihkan kompor gas setelah memasak karena noda minyak dan makanan pasti menetes di atas kompor. Semakin lama dibiarkan, noda akan mengering dan menjadi lebih sulit untuk dibersihkan. Jika belum mengetahui cara membersihkan kompor gas yang benar, silakan baca panduannya di sini.

Panduan cara menggunakan kompor gas yang aman ini bisa Anda lakukan sekarang juga. Bagi pemula yang baru saja beralih dari kompor minyak tanah ke kompor gas, sebaiknya lebih mencermati cara dan tips memakai kompor gas agar kegiatan memasak dengan kompor gas jadi lebih aman dan nyaman.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *