Bacaterus / Kompor Gas / Cara Menggunakan Kompor Gas Portable yang Baik dan Benar

Cara Menggunakan Kompor Gas Portable yang Baik dan Benar

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kompor gas portable memiliki tampilan yang hampir mirip dengan kompor gas konvensional. Akan tetapi, ukuran kompor gas portable memang lebih minimalis untuk memudahkan penggunanya membawa kompor ini ke mana saja.

Pada umumnya, jenis kompor gas ini digunakan saat mendaki gunung atau melakukan berbagai kegiatan di ruang terbuka. Meskipun beberapa rumah makan all you can eat (buffet) dengan konsep self-cooking juga menggunakan kompor ini untuk diletakkan di meja pengunjung.

Bagi Anda yang baru saja memiliki kompor gas portable tetapi masih bingung bagaimana cara menggunakannya, Bacaterus akan berbagi cara menggunakan kompor gas portable yang aman. Kami juga akan memberikan tips-tips agar Anda bisa menggunakan kompor jenis ini secara lebih optimal.

Cara Menggunakan Kompor Gas Portable

Cara Menggunakan Kompor Gas Portable

Masih belum tahu cara menggunakan kompor gas portable? Sejatinya cara menggunakan kompor ini sama dengan menggunakan kompor gas LPG konvensional. Hanya saja beberapa orang merasa kesulitan untuk memasang gas pada kompor portable ini.

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk memasang gas dan menggunakan kompor gas portable yang benar:

  1. Siapkan kompor gas portable dan tabung gasnya
  2. Tempat untuk meletakkan gas sesuai dengan model kompor yang Anda gunakan. Apabila kompor gas portable Anda memiliki katup untuk meletakkan tabung, buka katup tersebut dan masukkan tabung gas yang kalengnya sudah terbuka.
  3. Sementara itu, jika kompor gas portable yang digunakan memiliki model yang lebih kuno, bukalah tutup kaleng tabung gas, dan masukkan ke lubang yang berada di samping kompor
  4. Apabila pada kompor gas portable Anda terdapat kran gas untuk mengatur besar-kecilnya api, putar kran gas sampai terdengar suara gas
  5. Kemudian, lanjutkan dengan memutar atau menekan pemantik kompor. Apabila pemantik rusak sehingga tidak bisa mengeluarkan api maka Anda bisa menggunakan korek apik untuk membuat api pada kompor
  6. Gunakan kompor sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan lupa untuk memutar kembali kran gas untuk mematikan saluran gas pada kompor portable

Cara Membersihkan Kompor Gas Portable

Cara Membersihkan Kompor Gas Portable

* sumber: www.ansharamin.net

Mengingat kompor gas portable sering dibawa berpergian dan dipakai memasak secara intensif, maka sebaiknya Anda melakukan pembersihan pada kompor gas ini secara teratur. Semakin jarang Anda membersihkan kompor portable, kotoran dan minyak akan melekat di badan kompor dan semakin sulit untuk dibersihkan.

Setelah mengetahui cara menggunakan kompor gas portable yang benar, kami akan memberikan panduan cara membersihkan kompor gas portable:

  1. Lepaskan tabung dari kompor terlebih dahulu dan pastikan posisi pemantik kompor sedang dalam keadaan tertutup
  2. Siapkan sabun pencuci piring dan spons untuk membersihkan kompor gas portable yang dipenuhi minyak
  3. Usapkan spons yang sudah dicelup ke dalam air sabun pencuci piring ke seluruh badan kompor (kecuali burner-nya)
  4. Gunakan handuk basah untuk menghilangkan sisa sabun pada kompor
  5. Lepaskan pemantik kompor dan cuci dengan sabun pencuci piring sampai bersih

Jika Anda tidak ingin menggunakan sabun pencuci piring saat membersihkan kompor, Anda bisa menggunakan krim pembersih serbaguna yang tidak menimbulkan busa. Cukup oleskan krim ini ke kompor, lalu usapkan dengan handuk kering. Krim sejenis ini akan menghilangkan noda makanan dan minyak pada kompor secara lebih efektif.

Bersihkan kompor gas portable setiap habis dibawa berpergian. Apabila Anda menggunakan kompor ini untuk keperuan memasak setip hari, sebaiknya segera bersihkan kompor setelah dipakai memasak.

Keunggulan Kompor Gas Portable

Keunggulan Kompor Gas Portable

Apakah Anda berencana untuk membeli kompor gas portable dalam waktu dekat? Sebelum membeli kompor yang Anda inginkan, Anda perlu mengetahui keunggulan dan kekurangan dari kompor tersebut agar tidak menyesal di kemudian hari. Masih ragu untuk membeli kompor gas portable? Simak keunggulan kompor gas portable berikut ini:

  • Praktis dan Mudah Dibawa ke Mana Saja

Berbeda dengan kompor gas konvensional, ukuran kompor gas portable ini sangat minimalis. Bahkan, ukuran kompor ini jauh lebih kecil dibanding kompor gas konvensional 1 tungku. Kompor jenis ini memang didesain secara minimalis agar lebih mudah dibawa ke mana saja.

  • Harga Terjangkau

Keunggulan lain dari kompor gas portable adalah harganya yang sangat terjangkau. Anda dapat membeli kompor portable hanya dengan menyediakan dana 100 ribu rupiah saja. Apalagi jika Anda membelinya secara patungan dengan teman-teman, tentu saja ini akan lebih hemat untuk Anda.

  • Bahan Bakar Mudah Ditemukan

Perlu Anda ketahui meskipun cara menggunakan kompor gas portable hampir sama dengan kompor gas kovensional, tetapi bahan bakar yang dipakai kedua jenis kompor ini berbeda.

Jika kompor konvensional menggunakan gas LPG, kompor portable menggunakan tabung gas mini yang ukurannya sebesar kaleng minuman. Gas khusus kompor portable ini sangat mudah ditemukan karena banyak dijual di minimarket.

  • Cara Pakai yang Mudah

Anda pasti setuju bahwa cara menggunakan kompor gas portable memang sangat mudah. Prosedur pemasangan kaleng gas ke kompor tersebut juga cukup gampang karena Anda hanya perlu meletakkan gas dan memastikan bahwa gas tersebut sudah terhubung dengan kompor.

  • Memasak lebih cepat

Apakah Anda tidak ingin memakai kompor gas portable dan cenderung memilih membuat api unggun saat sedang melakukan aktivitas outdoor? Proses membuat api unggun tidak secepat memasang gas pada kompor portable. Jadi, sebaiknya pilihlah kompor gas portable jika Anda ingin memasak lebih cepat.

Tips Menggunakan Kompor Gas Portable Secara Aman

Tips Menggunakan Kompor Gas Portable Secara Aman

* sumber: www.acehardware.co.id

Kompor gas portable bisa menjadi teman setia untuk memasak makanan di kala kita sedang beraktivitas outdoor. Akan tetapi, kompor ini juga bisa jadi berbahaya jika kita tidak hati-hati dalam memakainya. Berikut adalah tips menggunakan kompor gas portable yang aman dan nyaman:

  • Pastikan tabung sudah terpasang pada lubang gas. Bila Anda pengunci tabung, kuncilah tabung secara rapat untuk menghindari kebocoran gas. Apabila tidak tercium bau gas, maka kompor siap untuk dipakai.
  • Pakailah api kecil saat memasak dengan kompor gas portable. Pasalnya, tabung gasnya yang kecil tidak bisa dipakai untuk memasak dalam jangka waktu panjang. 1 tabung gas portable hanya bisa dipakai untuk 3x memasak nasi.
  • Selalu kunci tuas yang berada di sebelah pemantik jika kompor tidak sedang dipakai. Bila perlu Anda bisa melepas tabung gasnya terlebih dahulu untuk menghindari kebocoran gas.
  • Kompor gas portable hanya direkomendasikan untuk pemakaian di luar ruangan. Pertimbangkan kembali jika Anda ingin memakai kompor ini di dalam ruangan, terutama ruangan yang ber-AC.

Serba-serbi cara menggunakan kompor gas portable ini akan membantu Anda memasak secara cepat dan aman menggunakan kompor portable. Ingin mengetahui cara menggunakan kompor gas konvensional yang aman? Klik di sini untuk mengetahui panduannya. Jadi, Anda tak perlu khawatir jika memasak di atas kompor gas biasa atau yang portable.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

4 Responses

  1. Klo mau pake kompor gas portable di ruang ber AC apakah berbahaya?

  2. Klo mau pake kompor gas portable di ruang ber AC apakah berbahaya?
    Karena saya baru saja membeli kompor tersebut dan saya mau pakai di dalam ruangan ber AC.

  3. Setau saya sih tidak ya, karena saya sendiri menggunakan kompor gas portable untuk memasak sehari” dengan catatan api yg saya pakai tidak full. Selama ini aman” saja, paling klo dipakai saat AC hidup yg ada AC nya yg cpt kotor krn adanya hawa panas.

  4. Kalau saat dinyalakan berbunyi suara dengungan itu bahaya atau tidak ya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *