Bacaterus / Toilet / Ini Dia Cara Menggunakan Kloset Duduk yang Baik dan Benar

Ini Dia Cara Menggunakan Kloset Duduk yang Baik dan Benar

Ditulis oleh - Diperbaharui 20 Februari 2019

Kloset duduk adalah tempat pembuangan air kecil dan besar yang banyak digunakan di rumah, hotel, pusat perbelanjaan, dan tempat-tempat umum lainnya. Keberadaan kloset duduk ini membuat Anda lebih nyaman saat membuang hajat ketimbang menggunakan kloset jongkok yang mungkin melelahkan.

Sayangnya, kloset duduk dianggap tidak higienis karena toilet tersebut mengharuskan kita untuk duduk di atasnya sehingga kulit bersentuhan dengan permukaan toilet.

Nah, bagi Anda yang belum tahu cara menggunakan kloset duduk atau berencana membeli kloset duduk dalam waktu dekat, Bacaterus akan memberikan tips agar tetap aman dan higienis saat memakai kloset duduk. Tak hanya itu saja, kami juga akan memberikan beberapa panduan dalam memilih kloset duduk yang sesuai dengan kebutuhan.

Cara Menggunakan Kloset Duduk yang Benar

Dewasa ini, kloset duduk memang lebih banyak digunakan di tempat-tempat umum. Bahkan, toilet portable yang disediakan oleh pemerintah setempat juga menyediakan kloset duduk demi kenyamanan penggunanya.

Akan tetapi, banyak orang yang meragukan kehigienisan toilet duduk dibanding kloset jongkok yang tidak mengharuskan kulit kita bersentuhan dengan permukaan toilet. Nah, kali ini Bacaterus akan berbagi panduan cara menggunakan kloset duduk yang aman dan higienis. Yuk, simak panduan selengkapnya berikut ini:

1. Duduk Hanya Saat Menggunakan Toilet di Rumah

Duduk Hanya Saat Menggunakan Toilet di Rumah Cara Menggunakan Kloset Duduk yang Benar

Perlu Anda ketahui bahwa duduk di atas toilet duduk akan mempermudah perpindahan bakteri dari permukaan toilet ke tubuh Anda. Namun, jika toilet duduk yang Anda pakai di rumah sendiri, maka tak masalah jika Anda duduk di atasnya.

Bagaimana cara menggunakan kloset duduk di tempat umum? Pastikan kulit tidak menempel pada permukaan toilet, sehingga posisi tubuh Anda harus seperti melakukan squat.

2. Kenali Fungsi Tombol Kloset Duduk

Kenali Fungsi Tombol Kloset Duduk

Pernahkah Anda bertanya-tanya dengan fungsi tombol pada toilet duduk? Terkadang ada dua tombol flush yang berada di atas toilet duduk, yakni satu tombol besar dan lainnya tombol dengan ukuran lebih kecil. Fungsi kedua tombol ini untuk flush, yakni menyiram air ke dalam toilet. Namun, jangan menekan kedua tombol bersamaan karena hal tersebut dapat menghabiskan air lebih banyak.

Tombol flush dengan ukuran kecil berfungsi untuk menyiram urine karena hanya mengeluarkan air sebanyak 3 liter. Sementara tombol flush yang ukurannya lebih besar untuk menyiram feses (tinja) karena air yang dikeluarkan sebanyak 6 liter. Jadi, Anda harus bijaksana dalam memilih tombol flush di toilet sesuai dengan kebutuhan.

3. Jangan Jongkok di Kloset Duduk

Jangan Jongkok di Kloset Duduk

Entah karena kebiasaan menggunakan toilet jongkok atau khawatir terpapar bakteri di permukaan toilet duduk, sebagian orang memilih untuk jongkok di atas toilet duduk. Hal ini sangat tidak dibenarkan karena alas kaki kita bisa mengotori toilet duduk.

Selain itu, pikirkan juga kemungkinan terpeleset saat jongkok di atas permukaan toilet duduk yang tidak datar. Jadi, sekali lagi jangan berjongkok di atas toilet duduk jika ingin aman saat membuang hajat.

4. Manfaatkan Bidet Toilet untuk Membasuh

Manfaatkan Bidet Toilet untuk Membasuh

Bagi orang Indonesia kebiasaan membasuh organ vital setelah selesai buang air besar adalah kewajiban. Lantas, bagaimana jika di toilet tidak ada shower? Gunakan saja bidet toilet untuk membasuh. Bidet adalah semprotan yang terletak di dalam toilet dengan posisi tepat di bawah anus.

Anda hanya perlu mencari tombol bidet, yang biasanya berada di samping toilet dan posisikan duduk Anda agar anus terkena semprotan air dari bidet. Tak perlu khawatir karena air yang disemprotkan bersih.

5. Jaga Toilet agar Tetap Kering

Jaga Toilet agar Tetap Kering

Penempatan toilet duduk di kamar mandi umum tujuannya untuk menjaga agar lantai toilet tetap kering. Cara menggunakan toilet kering adalah gunakan shower langsung untuk membasuh organ vital ketika Anda sedang berada di posisi duduk atau squat di atas toilet.

Jika tidak ada shower gunakan tisu kering yang tersedia untuk membersihkan organ vital. Bagi wanita, sebaiknya jangan cebok atau membasuh organ vital di lantai kamar mandi.

Panduan Memilih Kloset Duduk yang Tepat

Setelah mengetahui cara menggunakan kloset duduk yang aman dan higienis, kini Anda tertarik untuk membeli toilet duduk? Sebelum Anda membeli toilet duduk, sebaiknya kenali dulu beberapa panduan dalam memilih kloset yang tepat.

1. Pilih Bentuk Sesuai Keinginan

Pilih Bentuk Sesuai Keinginan

Ketika Anda berada di showroom penjualan toilet duduk, Anda akan mengetahui bahwa ada begitu banyak macam-macam toilet duduk.

Ada toilet monoblock yang wadah penyimpanan airnya menyatu dengan dudukan toilet, toilet duoblock yang wadah penyimpanan airnya terpisah dengan dudukan toilet, sampai dengan kloset gantung yang terlihat menggantung di toilet dan tempat penyimpanan airnya ditanam di dalam dinding sehingga terlihat lebih rapi. Anda hanya perlu memilih model yang tepat untuk kamar mandi Anda.

2. Perhatikan Corak dan Warna

Perhatikan Corak dan Warna

Ingat, corak dan warna kloset yang akan dibeli harus disesuaikan dengan warna dinding dan lantai kamar mandi. Jangan sampai warna toilet Anda terlihat kontras sehingga dapat mengganggu tampilan kamar mandi. Toilet duduk berwarna putih adalah warna yang paling netral.

3. Sistem Mekanis Pembilasan Air

Sistem Mekanis Pembilasan Air

Yang satu ini juga tak kalah penting sebelum Anda membeli toilet. Bagi orang awam, perlu Anda ketahui bahwa terdapat dua jenis sistem pembilasan air pada toilet duduk, yakni siphonic system (sistem pusaran air) dan wash down system (sistem pembuangan dengan dorongan air). Pilih jenis sistem mekanis pembilasan air yang paling sreg di hati Anda.

4. Inovasi Teknologi

Inovasi Teknologi

Pernahkah Anda membaca seputar kecanggihan toilet duduk di Jepang yang dipenuhi dengan tombol-tombol mekanis yang mungkin sedikit membingungkan bagi kita yang awam? Itu adalah bukti bahwa inovasi teknologi pada kloset duduk memang nyata.

Di Indonesia, sudah mulai dijual toilet duduk dengan sistem sensor otomatis untuk membuka tutup kloset dengan sendirinya. Belum lagi ada tambahan fitur bidet untuk membilas organ vital tanpa perlu menggunakan shower terpisah. Semakin banyak teknologi yang tersedia, tentu saja semakin mahal pula harga jual toilet duduk tersebut.

5. Sesuaikan dengan Dana yang Dimiliki

Sesuaikan dengan Dana yang Dimiliki

Harga yang dibandrol untuk sebuah kloset duduk bervariasi, ada yang dijual mulai 500 ribu rupiah sampai dengan 3 juta rupiah. Semakin ternama merk kloset yang Anda pilih, tentu saja semakin mahal barangnya.

Namun, keuntungan dari memilih kloset duduk dari merk ternama adalah kualitasnya yang bagus dan daya tahannya yang cukup awet. Akan tetapi, Anda tetap harus memilih kloset duduk yang harganya memang sesuai dengan dana yang tersedia.

Panduan cara menggunakan kloset duduk ini bisa membantu Anda untuk memakai toilet duduk dengan lebih bijaksana, aman, dan higienis. Selain itu, jika Anda sudah membeli toilet duduk secara tepat, Anda harus membersihkan toilet setiap hari agar bebas dari kuman dan bakteri. Gunakan beberapa merk pengharum toilet di artikel ini untuk menjaga keharuman toilet duduk Anda.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar