Bacaterus / Kecantikan / Tips Kecantikan / 6 Cara Mudah Menggunakan Cuka Apel untuk Kecantikan Wajah

6 Cara Mudah Menggunakan Cuka Apel untuk Kecantikan Wajah

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 Oktober 2018

Sebagai wanita, kamu tentu selalu peduli penampilan, bukan? Selain mengenakan pakaian yang rapi, perawatan wajah untuk tampil cantik di depan umum juga tidak boleh terlewatkan. Nggak mau, kan, memberi kesan pertama yang buruk di hadapan klien atau mungkin gebetanmu? Jangan heran bila kita punya budget khusus untuk memenuhi kebutuhan tambahan ini.

Tak perlu membeli produk mahal, nyatanya kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk digunakan sebagai perawatan wajah. Selain lebih aman, kamu juga bisa menggunakannya untuk berbagai tujuan, loh! Masker, toner, face mist, hingga pelembab tubuh bisa dibuat dengan menggunakan bahan yang sering kamu temui di dapur. Mengolahnya dengan cara DIY juga bisa meningkatkan skill kamu.

Coba deh manfaatkan cuka apel untuk merawat kulitmu. Jenis cuka alami ini dapat membantu menghilangkan bekas make-up dan menyerap minyak berlebih penyebab jerawat, sehingga wajah nampak lebih bersih dan cerah. Mau tahu lebih jauh tentang cara menggunakan cuka apel untuk wajahmu? Yuk, simak beberapa caranya berikut ini!

6 Cara Menggunakan Cuka Apel untuk Wajah

1. Mengurangi Noda dan Tanda Penuaan pada Wajah

Mengurangi Noda dan Tanda Penuaan pada Wajah

* sumber: www.sciencedaily.com

Bila kamu cermati kandungan dari produk kosmetik dan kecantikan, kamu mungkin akan menemukan adanya Alpha Hydroxy Acid atau AHA.  Nah, senyawa ini ternyata juga ada dalam cuka apel (Apple Cider Vinegar).  Selain membantu menghilangkan kulit mati dan menciptakan kulit wajah yang lebih cantik memesona, kandungan ini juga bisa menghilangkan titik penuaan dan memudarkan kerutan wajah.

Cukup teteskan sedikit cuka apel di atas kapas, dan tepuk-tepuk halus hanya pada area noda hitam dan area kulit yang rentan muncul kerutan. Diamkan selama 30 menit, bilas dengan air dingin, lalu keringkan dengan kain yang lembut. Selain kulit terasa kencang, noda hitam juga akan memudar bila kamu rutin menggunakannya.

2. Mengatasi Jerawat

Mengatasi Jerawat

* sumber: www.miamiobgyns.com

Tipe kulit wajah yang mudah berjerawat memang menyebalkan. Selain mengganggu penampilan, bekas jerawat yang menghitam juga bisa membuat kita tidak percaya diri untuk tampil bare face. Sayangnya, mencoba berbagai produk hingga obat dokter juga tak kunjung membaik. Mungkin, ini saatnya kamu memanfaatkan cuka apel untuk mengatasi masalah jerawat yang meradang.

Bagaimana tidak, cuka apel mengandung asam malat yang berfungsi sebagai anti bakteri dan anti jamur untuk mengempiskan dan meredakan jerawat matang pada wajahmu. Ditambah lagi, kandungan ini juga bisa mencegah bercampurnya kotoran, minyak, dan bakteri penyebab jerawat yang dapat memperparah kulitmu.

Cara menggunakannya, kamu bisa mencampurkan cuka apel yang belum tersaring sebagai bahan baku dengan air bersih dalam mangkuk. Celupkan kapas atau cotton bud ke dalam larutan yang sudah tercampur dan tempelkan pada jerawat selama 10 menit. Bilas dengan air hangat dan jerawatmu akan mulai tampak mengering!

3. Menyeimbangkan pH Kulit Wajah

Menyeimbangkan pH Kulit Wajah

* sumber: www.theodysseyonline.com

Apakah kamu sering merasa kulit wajah kering di area tertentu dan justru sangat berminyak di area lainnya? Hal itu bisa jadi karena pH wajah kamu yang kurang seimbang. Selain membuat kita sulit menentukan perawatan wajah yang tepat, pH yang tidak seimbang juga menyebabkan wajah terasa kendur, kurang elastis, dan memicu masalah kulit lainnya.

Untuk mengatasi kondisi ini, kamu bisa menggunakan cuka apel untuk membantu menyeimbangkan produksi sebum pada wajah. Bukan hanya membantu menyeimbangkan pH pada kulit wajah, cairan ini juga membantu memperkecil pori-pori wajah sekaligus memperlancar aliran darah loh!

Cara menggunakan cuka apel untuk menyeimbangkan pH kulit wajah ini mudah. Kamu bisa buat campuran cuka apel, air bersih, dan minyak esensial dengan aroma favoritmu, seperti lavender. Aduk campuran tersebut dan oles pada seluruh area wajah menggunakan kapas. Bila sudah didiamkan, bilas dengan air dingin dan lakukan secara rutin setidaknya seminggu sekali.

4. Mengeksfoliasi Sekaligus Melembutkan Kulit

Manfaat susu kambing untuk kecantikan pencuci wajah

Hidup di negara tropis, seperti Indonesia, membuat wajah sering terpapar sinar matahari setiap harinya. Apalagi bila kamu tinggal di Ibukota yang penuh dengan kendaraan bermotor, sehingga debu dan kotoran ikut menempel pada kulit wajah. Polusi dan radikal bebas yang kamu hadapi setiap hari bisa menempel dan menumpuk sehingga menyumbat pori-pori. Kalau dibiarkan, kulit akan tampak kusam dan dan kering!

Sebenarnya, ada cara untuk mencegah hal tersebut terjadi, yakni dengan madu dan gula. Tapi, bila tidak suka menggunakan madu dan gula yang terasa lengket di kulit wajah, kamu bisa menggunakan cuka apel untuk mengeksfoliasi kulit mati. Teksturnya yang cair dan cepat menguap tentu akan terasa lebih ringan di wajah.

Nah, cara menggunakan cuka apel untuk mengeksfoliasi dan melembutkan kulit adalah, campurkan beberapa tetes cuka apel dengan 1/2 cangkir oatmeal, 1 sendok brown sugar, dan perasan lemon. Aduk hingga berbentuk seperti pasta dan pijat lembut kulit wajah dengan menggunakan bahan ini dan bilas hingga bersih.

5. Mengatasi Kulit yang Terbakar Matahari

Mengatasi Kulit yang Terbakar Matahari

* sumber: wforwoman.com

Pulang liburan dan kulit terbakar? Wajar, banyak yang bilang kalau kita nggak menikmatinya bila kulit belum belang akibat berjemur! Sayangnya, terlalu lama terpapar sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan kulit, termasuk iritasi dan kemerahan. Pasti kesal menahan rasa pedih dan sakit pada kulit saat pengelupasan, kan? Tenang, kamu bisa menggunakan cuka apel untuk mengatasinya.

Sifat astringent pada cuka apel sudah dikenal sejak lama sebagai pengobatan alami untuk kulit terbaka. Kandungan ini dianggap bisa mempercepat penyembuhan, dan mencegah kulit yang terbakar menjadi lecet dan terkelupas. Caranya mudah, kamu hanya perlu mencampurkan cuka apel dan air bersih dan menepuk nepuknya pada bagian kulit terbakar. Ulangi beberapa kali hingga kondisi kulit terasa membaik.

6. Menjadi Toner Alami

Menjadi toner alami

* sumber: www.today.com

Kandungan cuka apel memang dapat membuat kulit terasa lebih halus. Kamu bisa membuat toner dengan campuran beberapa tetes cuka apel, air, dan minyak esensial atau kelopak bunga mawar untuk memberi aroma wangi yang menenangkan. Namun perlu kamu ingat, cuka apel memiliki bahan yang cukup keras dan membuat kulit kering dan iritasi bila tidak berhati-hati saat memakainya.

Hindari pemakaian langsung cuka apel untuk wajah karena akan berbahaya bagi kulitmu. Kamu perlu mencampurnya dengan setidaknya 1 cangkir air untuk penggunaan 1 sendok teh cuka apel. Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif pun perlu melakukan konsultasi pada dokter terlebih dahulu untuk menghindari breakout pada wajah.

Memilih produk kecantikan yang diolah sendiri memang tricky. Saat memilih cuka apel yang akan digunakan sebagai bahan dasar pun kamu harus cermat, ya. Pilihan terbaik adalah cuka apel organik yang belum dipasteurisasi dan belum disaring. Cuka apel organik tentunya lebih sehat karena bebas pestisida dan terbuat dari produk yang 100% alami. Ingin beli cuka apel? Kunjungi Bukalapak dengan klik di sini.

Selain itu, cuka apel yang belum dipasteurisasi dan belum disaring memiliki enzim dan bakteri bermanfaat yang lebih banyak dibandingkan cuka apel yang sudah dipasteurisasi dan sudah disaring. Agar lebih mudah membedakannya, cermati warna cuka yang akan kamu beli.

Cuka apel yang belum dipasteurisasi dan belum disaring memang terlihat agak keruh. Nah, tunggu apa lagi? Yuk, gunakan cuka apel secara rutin untuk merawat kulit wajah kamu!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Freelance writer yang tertarik dengan topik beauty, relationship, dan career. Punya cita-cita sebagai editor majalah, tapi akhirnya sadar bahwa passion nggak harus dijadikan full time career.

Leave A Comment