Bacaterus / Juicer / Ini Dia Panduan Cara Menggunakan Blender yang Benar

Ini Dia Panduan Cara Menggunakan Blender yang Benar

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Blender adalah peralatan rumah tangga yang sudah sangat familiar dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun ada beberapa merk juicer yang bagus, tetapi fungsi blender untuk menghaluskan berbagai macam bahan makanan memang tidak pernah tergantikan.

Manfaat blender dalam kehidupan sehari-hari memang cukup besar. Apalagi blender tidak hanya bisa dipakai untuk menghaluskan buah saja, tetapi bahan makanan lainnya. Nah, berikut ini Bacaterus akan memberikan panduan cara menggunakan blender yang benar. Kami juga akan memberikan beberapa referensi bahan makanan yang bisa dihaluskan dengan blender.

Cara Menggunakan Blender yang Benar

1. Siapkan dan cek blender

Siapkan dan cek blender Cara Menggunakan Blender

Sebagai persiapan sebelum mulai menggunakan blender, Anda harus menyiapkan blender terlebih dahulu. Siapkan komponennya berupa gelas, mesin blender, tutup blender, dan sendok pengaduk. Setelah itu, cek terlebih dahulu apakah blender berfungsi dengan baik.

Anda bisa mengecek blender dengan mengisinya dengan air, lalu menghubungkan mesinnya dengan listrik dan nyalakan blender tersebut. Apabila blender bekerja dengan baik, pisaunya akan berputar dengan cepat. Kemudian, buang air di dalam gelas blender dan mulailah menyiapkan bahan makanan yang nantinya akan dihaluskan dengan menggunakan blender

2. Masukkan bahan-bahan ke dalam blender

Masukkan bahan-bahan ke dalam blender

Cara menggunakan blender yang benar adalah memotong semua bahan-bahan makanan sekecil mungkin. Blender tidak hanya bisa menghaluskan buah dan sayur, tapi bisa juga menghaluskan daging dan bahan makanan lainnya.

Manfaat memotong bahan-bahan makanan menjadi ukuran kecil untuk memudahkan pisau blender bekerja secara optimal. Pisau akan kesulitan menghaluskan makanan jika ukurannya sangat besar.

Selain itu, jika Anda ingin menghaluskan es batu, sebaiknya tambahkan air agar pisau blender dapat menghancurkan es batu dengan mudah. Air akan membuat es batu mengambang dan bisa dihancurkan dengan mudah oleh pisau blender.

3. Sendok pengaduk hanya untuk menghaluskan makanan lunak

Sendok pengaduk hanya untuk menghaluskan makanan lunak

Manfaat sendok pengaduk yang biasanya melengkapi blender adalah untuk mengaduk semua bahan makanan yang dihaluskan agar bisa tercampur rata. Sendok pengaduk umumnya terbuat dari material plastik yang teksturnya keras.

Untuk menjaga agar sendok pengaduk bisa berfungsi dengan baik, sebaiknya gunakan pada saat Anda menghaluskan makanan lunak saja, seperti buah dan sayur. Bila Anda menghaluskan makanan yang agak keras, seperti es batu atau daging, sebaiknya jangan gunakan sendok pengaduk tersebut.

4. Tutup blender saat dioperasikan

Tutup blender saat dioperasikan

Faktanya, sebagian orang belum menerapkan cara menggunakan blender yang benar. Mereka tidak menutup blender dengan alasan agar lebih mudah saat memasukkan bahan-bahan tambahan saat proses penghalusan.

Namun, pernahkah Anda memperhatikan bahwa ada lubang kecil yang terdapat di tutup blender? Selain untuk memasukkan sendok pengaduk, lubang itu juga berfungsi untuk memudahkan Anda menambahkan bahan-bahan makanan (seperti gula, garam, atau susu) lainnya saat sedang proses menghaluskan makanan utama.

Jadi, agar blender dapat bekerja dengan baik maka sebaiknya tutup blender ketika dipakai. Untuk mencegah agar bahan makanan tidak terciprat dari lubang di tutup blender, tutupi dengan tangan Anda. Tahan tutup blender dengan tangan karena terkadang tutup blender dapat terlepas dengan sendirinya.

5. Nyalakan blender

Nyalakan blender

Setelah semua bahan sudah dimasukkan ke dalam blender, saatnya Anda menyalakan blender. Setiap mesin blender memiliki beberapa tombol kecepatan yang bisa Anda pilih sesuka hati.

Saatnya untuk bereksperimen dengan mencoba berbagai kecepatan yang ditawarkan oleh blender Anda. Ketika Anda ingin menghasilkan makanan yang sangat halus dan cair, pilih kecepatan tinggi. Akan tetapi, jika Anda ingin makanan yang tidak terlalu halus, pilih kecepatan rendah atau sedang.

6. Buka blender dan tuang isinya

Buka blender dan tuang isinya

Lama waktu penggunaan blender bisa Anda kira-kira sendiri. Pasalnya, tingkat kehalusan makanan yang dihasilkan juga tergantung dengan selera masing-masing individu.

Apabila proses menghaluskan makanan sudah selesai, buka tutup blender dan tuang isinya ke dalam sebuah wadah. Gunakan sendok pengaduk untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang masih menempel di pisau blender.

Cara membersihkan blender

Cara membersihkan blender

Setelah mengetahui panduan cara menggunakan blender yang benar, kini saatnya untuk membersihkan blender yang tadi sudah dipakai. Sebagian orang khawatir tangannya terkena pisau saat mencuci blender. Lantas, bagaimana cara membersihkan blender yang benar? Berikut adalah langkah-langkah untuk mencuci blender yang kotor:

  • Siapkan gelas blender, tutup blender, dan sendok pengaduk untuk dicuci
  • Isi gelas blender dengan air bersih dan tambahkan sedikit cairan pencuci piring
  • Cuci tutup blender dan sendok pengaduk menggunakan spons cuci piring seperti biasa
  • Gunakan spons cuci piring yang bagiannya kasar untuk membersihkan bagian dalam blender. Tuangkan sedikit sabun cuci piring ke spons tersebut dan gosokkan spon sebisa tangan Anda menjangkau bagian dalam spons
  • Untuk membersihkan sisa makanan yang melekat di pisau blender, siapkan sikat gigi bekas dan gosokkan sikat gigi tersebut ke celah-celah pisau
  • Bilas sisa sabun sampai bersih dan isi blender dengan air hangat untuk mensterilkan bagian dalam blender agar tidak meninggalkan bau dan bakteri saat hendak dipakai kembali

Manfaat blender dalam kehidupan sehari-hari

Manfaat blender

Seperti yang kita ketahui, blender merupakan sebuah peralatan rumah tangga yang multifungsi. Tak hanya untuk menghaluskan buah, blender dapat dipakai untuk menghaluskan berbagai jenis makanan.

Nah, Anda sudah mengetahui cara menggunakan blender yang benar, kini Anda harus mengetahui beberapa manfaat blender selain dipakai untuk menghaluskan buah dan sayur:

  • Membuat sambal

Tidak ada uleg-uleg dan cobek untuk membuat sambal? Sejatinya, blender bisa menggantikan peran uleg-uleg dan cobek untuk membuat sambal, lho, terutama jika Anda ingin membuat sambal dalam jumlah banyak. Setelah memasukkan berbagai macam bahan yang diperlukan, pilih kecepatan paling rendah agar sambal yang dihasilkan tidak terlalu encer.

  • Membuat milkshake atau smoothie

Anda pasti tahu milkshake atau smoothie bowl yang saat ini sedang kekinian, bukan? Ternyata kedua minuman tersebut bisa Anda buat sendiri di rumah hanya dengan bermodalkan blender. Masukkan buah, es batu, gula, dan susu ke dalam blender. Kemudian, pilih kecepatan sedang agar milkshake atau smoothie tidak terlalu kental atau encer.

  • Menggiling daging

Ingin membuat bakso atau minced beef sendiri? Tak ada mesin giling, blender pun bisa membantu Anda kok. Masukkan daging sapi dan bumbu-bumbu lainnya ke dalam blender. Pada permulaan gunakan kecepatan tinggi untuk menghancurkan daging, setelah itu turunkan kecepatan menjadi sedang atau rendah agar daging giling masih memiliki serat dan tidak terlalu cair.

  • Membuat selai atau saus

Pernahkah Anda berpikir bagaimana cara untuk membuat selai atau saus homemade? Ternyata Anda bisa memanfaatkan blender untuk membuat selai dan saus. Untuk membuat selai sebaiknya masukkan buah-buahan dan gula cair, lalu pilih kecepatan rendah, dan jangan terlalu lama menghaluskannya agar teksturnya masih terasa. Untuk saus, Anda boleh memakai kecepatan tinggi agar sausnya lebih encer.

Panduan cara menggunakan blender yang benar ini bisa Anda terapkan untuk menghasilkan makanan dan minuman yang teksturnya pas dan blender di rumah pun juga lebih awet. Nah, apa makanan atau minuman yang biasa Anda buat dengan menggunakan blender?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *