Bacaterus / Serba Serbi / Rumah / Inilah Cara Menggunakan AC Split yang Benar Agar Lebih Awet

Inilah Cara Menggunakan AC Split yang Benar Agar Lebih Awet

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 November 2018

Menyalakan AC saat berada di ruangan yang panas merupakan sebuah kenikmatan yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Oleh karena itu, saat ini sudah banyak rumah tangga, perkantoran, sampai dengan minimarket yang sudah menggunakan AC. Hal ini dikarenakan keberadaan AC yang disinyalir dapat memberikan kenyamanan kepada orang-orang yang beraktivitas di dalam ruangan ber-AC itu.

Jika Anda baru saja membeli AC baru dan masih bingung bagaimana cara menggunakan AC yang benar, maka Anda telah membaca artikel yang tepat. Sebab, Bacaterus akan memberikan petunjuk mengenai cara menggunakan AC yang benar agar AC tersebut lebih awet.

Cara Menggunakan AC Split yang Benar

Cara Menggunakan AC Split yang Benar

Dewasa ini, jenis AC yang banyak dijual di pasaran adalah AC Split. AC ini dilengkapi dengan unit indoor dan outdoor. Selain itu, hampir sebagian besar AC split yang beredar saat ini sudah dilengkapi dengan remote control untuk mengatur AC. Nah, berikut adalah petunjuk cara menggunakan AC split yang benar dan mudah:

  • Pastikan AC sudah terinstal dengan baik dan sudah tersambung dengan listrik.
  • Tekan tombol “Power (On/Off)” sebagai cara menghidupkan AC.
  • Pilih mode sirkulasi udara yang Anda inginkan, seperti mode swing, sedingin salju, kipas, atau menggabungkan semuanya. Pemilihan mode ini juga dilakukan dengan menggunakan remote AC.
  • Atur suhu AC Anda dengan menggunakan remote. Cara mengatur suhu AC dapat dilakukan dengan menekan tanda panah atas (untuk menaikkan suhu) dan tanda panah bawah (untuk menurunkan suhu) yang tertera pada remote AC.
  • Jika Anda ingin mengatur waktu operasional AC, tekan tombol “Timer” dan tentukan berapa jam yang Anda inginkan untuk daya hidup AC. Jika Anda mengatur satu jam, maka satu jam kemudian AC akan mati secara otomatis.
  • Apabila Anda tidak ingin mengatur timer, matikan AC secara manual dengan kembali menekan tombol “Power (On/Off)” pada remote AC.

Masih bingung bagaimana cara menggunakan remote AC? Anda dapat membaca artikel cara menggunakan remote AC. Pada artikel tersebut Anda akan dijelaskan mengenai fungsi masing-masing tombol umum yang terdapat pada remote AC.

Pemilihan Suhu AC untuk Ruangan

Pemilihan Suhu AC untuk Ruangan

Tahukah Anda bahwa penggunaan suhu AC ternyata menentukan konsumsi listrik yang dibutuhkan oleh AC tersebut? Anda dapat menghemat penggunaan listrik dengan membaca artikel cara menghemat listrik AC rumah. Akan tetapi, Bacaterus juga akan memberikan petunjuk penggunaan suhu AC yang tepat untuk kenyamanan pribadi dan menghemat listrik.

  • Suhu AC yang Baik untuk Kesehatan

Beberapa AC memungkinkan kita untuk mengatur suhu hingga 16 derajat celcius. Namun, apakah suhu tersebut baik untuk kesehatan kita? Suhu AC yang baik untuk kesehatan adalah sekitar 25-26 derajat celcius.

Suhu tersebut mungkin terlalu “panas” bagi Anda yang biasa mengatur suhu AC di angka 16-18 derajat celcius, tapi ketahuilah bahwa tubuh Anda dapat menyesuaikan suhu tubuh dengan suhu ruangan sehingga Anda tidak akan kegerahan jika mengatur AC dengan suhu 25-26 derajat celcius.

  • Suhu AC untuk Bayi

Menjaga suhu ruangan tetap sejuk dapat membuat tidur bayi jadi lebih nyaman. Namun, AC yang terlalu dingin dan terlalu panas bisa membahayakan si bayi. Untuk mengetahui bahaya AC, Anda dapat membaca artikel mengenai bahaya AC untuk kesehatan. Akan tetapi, kali ini kami akan memberikan panduan seputar suhu AC yang baik untuk bayi.

Pada bayi yang baru lahir dan sudah dibedong lengkap dengan sarung tangan dan kaos kakinya, atur suhu di angka 18-20 derajat celcius. Sementara untuk anak-anak usia 3 tahun ke atas yang menggunakan pakaian piyama dan selimut tipis, atur suhu AC pada angka 23-25 derajat celcius.

  • Suhu AC untuk Hemat Listrik

Ingin membuat kamar yang panas menjadi lebih sejuk? Anda bisa membaca artikel cara mendinginkan kamar yang panas. Namun, jika Anda memiliki AC, Anda dapat memanfaatkan AC tersebut untuk mendinginkan ruangan.

Cara mengatur suhu agar ruangan sejuk tapi tetap hemat listrik adalah atur suhu tidak kurang dari 24 derajat celcius. Jika ingin menghemat listrik sekaligus menyejukkan ruangan, hindari pengaturan suhu AC dia angka 23, 22, 21, apalagi 16 derajat celcius.

Tips Menggunakan AC Agar Lebih Awet dan Optimal

Tips Menggunakan AC Agar Lebih Awet dan Optimal

AC telah menjadi kebutuhan sekunder dalam kehidupan kita sehari-hari. Selain mengetahui cara menggunakan AC yang benar, Anda juga wajib mengetahui beberapa tips penggunaan AC agar lebih awet dan dapat menyejukkan ruangan secara optimal. Yuk, buat AC di tempat Anda lebih awet dengan tips penggunaan AC yang benar sebagai berikut:

  • Hindari Menyalakan AC yang Baru Dimatikan

AC baru saja dimatikan atau memang mati dengan sendirinya ketika listrik padam? Sebaiknya tunggu 10 menit kemudian baru menyalakan kembali AC tersebut. Kebiasaan menyalakan AC yang baru saja dimatikan dapat memperpendek usia kompresor. Sekedar informasi, kompresor merupakan “jantung” agar AC dapat bekerja dengan baik.

  • Hindari Penggunaan Suhu Terendah

Dewasa ini, ada beberapa merk AC yang menyediakan suhu 16 derajat celcius. Sayangnya, untuk menjaga kelangsungan usia AC, Anda tidak dianjurkan untuk mengatur AC dengan suhu yang paling rendah. Suhu AC yang sangat rendah dapat membuat kinerja kompresor jadi lebih keras. Akibatnya, usia kompresor pun tidak akan panjang.

  • Sesuaikan PK dengan Luas Ruangan

Cara menggunakan AC yang tepat adalah memilih ukuran PK AC sesuai dengan luas ruangan. Anda dapat membaca artikel mengenai cara memilih AC untuk menentukan PK dan luas ruangan. Ukuran PK yang terlalu kecil dan tidak sesuai dengan ruangan akan membuat AC jadi tidak dingin. Baca juga artikel merk AC terbaik sebagai referensi sebelum membeli AC baru.

  • Perawatan Secara Berkala

Sebagai pengguna AC yang bijaksana, Anda perlu merawat AC secara berkala dengan melakukan service dan cuci AC secara menyeluruh setiap 3 bulan sekali. AC yang terlalu kotor dapat meningkatkan risiko kerusakan pada kompresor. Jadi, tandai kalender Anda untuk mengingat waktu pembersihan rutin AC Anda.

  • Gunakan Seperlunya Saja

Fungsi utama AC adalah menyejukkan ruangan. Akan tetapi, jika Anda ingin usia AC lebih panjang maka sebaiknya gunakan AC seperlunya saja. Jika cuaca sudah sejuk, urungkan niat untuk menggunakan AC. Selain itu, jika Anda hendak bepergian, matikan saja AC terlebih dahulu. Selain menjaga keawetan AC tersebut, Anda juga sudah menghemat listrik, lho.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menggunakan AC secara optimal dan menjaganya agar tetap awet. Anda dapat mengunjungi artikel cara merawat AC untuk mengetahui langkah-langkah tepat dalam merawat penyejuk ruangan tersebut.

Selain serba-serbi mengenai cara menggunakan AC split yang benar, Bacaterus juga ingin memberikan tips agar udara di ruangan Anda jadi lebih harum dan segar. Tambahkan produk pengharum ruangan gantung yang bisa dipasang di bawah AC. Jika tidak mengerti cara menggunakannya, silakan kunjungi artikel cara menggantungkan pengharum ruangan di AC.

Baca juga artikel lainnya tentang , atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment