Bacaterus / Kecantikan / Tips Kecantikan / 10 Cara Menggulung Rambut yang Sederhana dan Cantik

10 Cara Menggulung Rambut yang Sederhana dan Cantik

Rambut adalah mahkotanya setiap orang. Makanya, tak aneh ketika orang dapat menghabiskan waktu berjam-jam untuk merawat dan memperindah rambut mereka. Perawatan rambut seperti creambath, hair spa, dan lain-lain dilakoni untuk mendapatkan rambut yang sehat.

Akan tetapi, tak hanya perawatan saja, model tatanan rambut juga merupakan hal yang penting. Ketika akan pergi ke pesta, ketika hari sedang panas, atau ketika bosan menggerai rambut begitu saja, tentu merupakan hal yang menarik ketika kita memberikan sentuhan baru pada rambut kita.

Bagaimana dengan menggulung rambut dan menjadikannya lebih menarik? Anda tak perlu pergi ke salon untuk melakukannya, karena Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Berikut adalah 10 cara menggulung rambut untuk sehari-hari dan untuk ke pesta dari Bacaterus.

10 Cara Menggulung Rambut yang Mudah

1. Ponytail

Ponytail cara menggulung rambut

Cara menggulung rambut yang cantik dan mudah adalah dengan mengikat ala ponytail. Anda bisa mengikat ponytail di atas maupun di bawah (menempel dekat leher). Ponytail atau kuncir kuda adalah teknik menata rambut yang paling cepat, mudah, dan dapat dilakukan oleh siapa saja.

Langkah melakukannya sangat mudah. Pertama, sisir rambut Anda hingga tidak ada rambut yang tersangkut lagi. Kedua, tarik semua rambut Anda ke belakang (kecuali jika Anda berponi). Jika Anda ingin melakukan ponytail di bawah, Anda bisa langsung mengikat rambut Anda. Tapi, jika Anda ingin ponytail yang naik, maka Anda perlu menyisir rambut Anda ke atas.

Pegang rambut Anda dengan satu tangan selama tangan yang satunya lagi mengikat rambut. Untuk tampilan yang lebih elegan, sisakan sedikit rambut untuk dililitkan pada ikatan. Sematkan jepit (bobby pin) pada lilitan rambut supaya tidak lepas.

2. Hair Bun

Rekomendasi cara menggulung rambut yang selanjutnya adalah hair bun atau cepol, gaya rambut yang praktis dan cocok untuk sekolah maupun kuliah. Biasanya para pemilik rambut panjang mencepol rambut mereka agar tidak kegerahan.

Cepol juga tidak harus rapi, makanya tatanan rambut ini sangat praktis karena dapat dilakukan dalam hitungan detik saja. Tapi, kalau Anda mau cepol yang rapi, ikutilah step by step-nya, ya.

Pertama-tama, ikat rambut Anda dengan model ponytail atas. Kedua, bungkus ikatan rambut Anda dengan ikatan rambut yang lebih besar dan tebal (jika Anda punya hairdini, boleh juga digunakan). Ketiga, tarik rambut Anda ke atas lalu bagi dua.

Selanjutnya, lilitkan salah satu bagian rambut Anda dan selipkan ke dalam ikatan rambut, lakukan yang sama untuk bagian rambut yang satunya lagi tapi ke arah berlainan. Untuk rambut yang rancung-rancung karena masih pendek bisa Anda rapikan dengan sisir dan hairspray.

3. Chignon

Chignon adalah gaya rambut konde bawah yang terkesan natural dan cantik. Kata chignon berasal dari frasa Perancis yaitu “chignon du cou” yang berarti tengkuk leher. Jadi, chignon itu memang selalu di bawah di dekat leher, ya.

Tidak sulit membuat chignon sendiri, karena pada dasarnya chignon adalah cepolan rambut yang ada di bawah. Tapi, variasi chignon yang membuatnya jadi lebih menarik. Anda dapat mengikuti tutorialnya pada video di atas.

4. Head Piece

Untuk pergi ke pesta, tentunya kita tidak boleh kelihatan biasa-biasa saja. Untuk itu, gunakan lah aksesoris tambahan agar rambut Anda seperti head piece misalnya. Sebenarnya, bentuk head piece ada bermacam-macam. Ada yang seperti bros, jepitan, bondu, bandana, dan lain-lain.

Tatanan rambut yang sederhana bisa ‘naik kelas’ ketika Anda menambahkan head piece yang sesuai dengan pakaian yang Anda kenakan. Untuk contoh gulungan rambut kali ini, Anda akan membutuhkan head piece berbentuk bandana.

Pertama-tama, sisir rambut Anda hingga rapi. Kedua, pasang head piece seperti biasa. Ketiga, selipkan sedikit rambut ke dalam bandana, lakukan terus hingga setengah bandana terutup. Jika rambut Anda panjang, ikatlah sisa rambut Anda terlebih dahulu. Terakhir, masukkan sisa rambut ke dalam bandana. Rapikan rambut dengan sisir, bobby pin, dan hair spray.

5. Braid Top Knot

Gelungan rambut yang selanjutnya merupakan perpaduan dari kepang dan cepol. Gaya ini sangat cocok untuk dipakai ke pesta atau pun hangout. Lihat tutorial cara membuatnya pada video di atas.

6. Messy Half Bun

Messy Half Bun

* sumber: www.youtube.com

Mirip seperti gaya rambut di atas, cuma kali ini lebih sederhana karena tidak pakai kepang. Adalah messy half bun, cepolan setengah rambut, tapi sengaja dibuat berantakan supaya nampak natural. Cara membuatnya sangat mudah, bahkan Anda tidak perlu sisir untuk melakukannya.

Anda hanya tinggal membelah rambut jadi dua (ambil setengah rambut bagian atas), lalu ikat dengan bentuk melingkar. Jika tidak terbayang oleh Anda, ikatlah seperti Anda mengikat rambut biasa, tapi ketika ikatan terakhir jangan lepaskan ujung rambut Anda supaya hasilnya membulat. Terakhir, acak-acak cepolan sesuai selera supaya nampak lebih natural.

7. The Stewardess / French Twist

Ketika Anda naik pesawat, rata-rata gaya rambut pramugarinya nampak seperti ini, kan? Sebenarnya, nama tatanan rambut ini adalah French twist, tapi karena sering dipakai pramugari maka gaya rambut ini disebut juga sebagai stewardess style.

Gaya rambut ini sangat cocok untuk menghadiri acara penting dan pesta formal. Cara membuatnya juga tidak sulit, kok. Pertama-tama, sisir rambut Anda terlebih dahulu hingga tidak ada yang jembet.

Kedua, sisir rambut ke arah belakang sebelah kiri, lalu jepit menggunakan bobby pin. Ketiga, gulung rambut ke sisi kanan dengan cara diputar agar membentuk twist. Setelahnya, Anda hanya perlu menjepit rambut dan menyemprotkan hair spray.

8. Crown Braid

Ide cara menggulung rambut selanjutnya adalah crown braid alias kepang mahkota. Gaya ini sering dipakai oleh para bridemaids, nih. Ingin membuatnya? Tonton video di atas untuk langkah-langkahnya.

9. Pigtails Twisted Bun

Kunciran dua tidak hanya untuk anak kecil saja, loh. Anda pun masih bisa melakukannya untuk mendapatkan tatanan rambut yang cute dan cheerful. Gaya ini cocok untuk hangout atau pergi ke konser musik. Kalau Anda mau foto ala Korea juga, gaya rambut ini cocok banget. Selain menguncir rambut jadi dua, Anda bisa juga melilit kuncirannya jadi pigtails. Cara ini bisa dilakukan tanpa karet, loh.

10. Man Bun

Tidak hanya wanita saja yang bisa menggelung rambut, laki-laki juga bisa. Apalagi kalau rambut Anda panjang, gaya yang kami sarankan adalah man bun. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menyisir rambut supaya lembut, lalu siapkan ikatan rambut. Lalu, kumpulkan rambut Anda dan tarik ke atas menggunakan tangan.

Kuncir rambut Anda seperti hendak membuat ponytail di atas. Tapi, ketika ikatan yang terakhir jangan lepaskan rambut Anda, biarkan membentuk bundar. Jangan merasa kurang macho, karena gaya rambut seperti ini wajar dan memang cocok untuk cowok.

Nah, itulah sepuluh cara menggulung rambut ala Bacaterus. Gaya rambut mana yang paling Anda sukai? Share di kolom komentar, ya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Syuri
Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment