Bacaterus / AC / Cara Menggantungkan Pengharum Ruangan di AC yang Benar

Cara Menggantungkan Pengharum Ruangan di AC yang Benar

Ditulis oleh - Diperbaharui 23 Desember 2018

Pengharum ruangan tersedia dalam berbagai bentuk, ada yang bentuk spray manual, spray otomatis, sampai yang digantung. Produk pengharum ruangan yang digantung memang lebih ekonomis karena harga jualnya lebih murah.

Namun, banyak orang yang merasa bahwa keharuman yang ditebarkan oleh pengharum yang digantung tidak sekuat pengharum spray. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat memilih merk pengharum ruangan dalam artikel kumpulan merk pengharum ruangan gantung untuk AC.

Anda bisa membuat ruangan wangi secara maksimal dengan pengharum yang digantung. Bahkan, jika ada AC di ruangan tersebut, maka keharuman dari pengharum gantung tersebut bisa lebih kuat. Ingin tahu cara menggantungkan pengharum ruangan di AC agar wangi yang ditebarkan lebih kuat? Simak panduan lengkapnya dari Bacaterus berikut ini.

Cara Menggantungkan Pengharum Ruangan di AC

Cara Menggantungkan Pengharum Ruangan di AC

* sumber: catatanpidi.wordpress.com

Sebelum Anda mencermati cara menggantung pengharum ruangan di AC, Anda harus membeli produk pengharumnya terlebih dahulu. Pastikan bahwa produk pengharum yang Anda beli sudah tepat. Carilah pengharum gantung yang disediakan tali atau benang untuk menggantungnya.

Apabila Anda sudah menyediakan pengharum ruangannya, silakan ikuti panduan cara menggantungkan pengharum ruangan di AC berikut ini:

  1. Nyalakan AC Split Anda, agar penutupnya terbuka. Kemudian, atur pada suhu terendah agar hembusan udaranya lebih kuat.
  2. Ambil pengharum gantung yang sudah disediakan, lalu gantung atau ikat pada sekat-sekat yang terdapat di dalam AC.
  3. Pastikan udara dari dalam AC berhembus ke pengharum yang digantung di bawahnya.
  4. Hirup nafas dalam-dalam dan rasakan aroma pengharum ruangan yang mulai memenuhi ruangan tersebut.

Tempat terbaik untuk menggantung pengharum di AC adalah pada sekat-sekat yang terdapat di dalam AC. Namun, jika Anda tidak menemukan sekat-sekat yang berada di bagian dalam AC, sebaiknya gantung pengharum pada AC di bagian dalam pintu AC Split yang terbuka ketika tombol “Power” ditekan. Setidaknya udara dari dalam AC tetap terhembus hingga saat itu.

Tips Memilih Pengharum Ruangan yang Tepat untuk AC

Tips Memilih Pengharum Ruangan yang Tepat untuk AC

Banyaknya pengharum ruangan yang dijual di pasaran tentu membuat kita bingung saat memilihnya. Apalagi saat ini sudah banyak pengharum ruangan dengan bentuk yang lucu-lucu sehingga menarik minat kita untuk membelinya.

Setelah mengetahui cara menggantungkan pengharum ruangan di AC secara tepat, Anda juga perlu mengetahui tips dalam memilih pengharum ruangan yang tepat untuk AC di ruangan Anda. Berikut adalah tips memilih pengharum ruangan yang benar untuk AC:

  • Pilih Model Konvensional

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, saat ini sudah banyak pengharum ruangan khusus AC dengan bentuk yang beraneka ragam. Namun, kami menyarankan Anda untuk memilih pengharum ruangan gantung dengan model konvensional, yakni yang berupa kantong plastik berisi pengharum di dalamnya.

Pasalnya, jenis pengharum ruangan konvensional seperti ini memiliki aroma yang lebih kuat dan isi yang lebih banyak sehingga tidak mudah habis.

  • Pastikan Ada Benang atau Tali untuk Menggantung

Pengharum khusus ruangan ber-AC pasti disertai dengan benang atau tali yang berfungsi untuk menggantung pengharum tersebut di AC. Jadi, agar Anda tidak kesusahan saat proses pemasangan, sebaiknya pilih produk yang sudah dilengkapi dengan benang atau tali untuk menggantung. Setidaknya, Anda tidak perlu kerja dua kali untuk memasang benang sendiri, bukan?

  • Jangan Menggunakan Pengharum dengan Jenis Berbeda Secara Bersamaan

Saat Anda memasang pengharum ruangan pada AC, sebaiknya jangan menggunakannya bersamaan dengan pengharum ruangan yang aroma wanginya berbeda. Jika dua aroma berbeda ini menjadi satu, tentu saja udara di dalam ruangan baunya menjadi tidak karuan. Pastikan Anda selalu memilih jenis pengharum ruangan yang tepat dan sesuai dengan kenyamanan Anda.

Bahan untuk Membuat Pengharum Ruangan Sendiri

Keberadaan pengharum ruangan yang digantung pada AC memang bisa membuat udara di ruangan jadi lebih segar. Bau-bau yang tidak sedap di sekitar ruangan juga dapat disamarkan dengan keharuman yang terpancar dari pengharum yang digantung di AC. Namun, tahukah Anda bahwa kita juga bisa menggunakan bahan-bahan alami sendiri untuk mengharumkan ruangan?

Berikut adalah bahan-bahan yang bisa dipakai untuk mengharumkan ruangan secara alami:

  • Bunga Kering (Potpourri)

Bunga Kering (Potpourri)

Potpourri dikenal sebagai kumpulan bunga kering yang berasal dari Perancis. Keharuman yang kuat dari Potpurri bisa menggantikan aroma pengharum ruangan. Kini, Anda bisa membuat pengharum ruangan dari bunga kering seperti Potpourri.

Pertama, kumpulkan bunga-bunga dengan aroma yang kuat, seperti mawar dan melati. Setelah itu, panaskan oven pada suhu 90 derajat celcius. Kemudian, potong tangkai bunga-bunga tersebut, sedangkan bunganya diletakkan di atas loyang yang sudah dialasi dengan kertas roti.

Lalu, semprotkan sedikit air dan essential oil pada bunga, dan masukkan loyang berisi bunga ke dalam oven. Setelah mengeringkan bunga di dalam oven selama kurang lebih 2 jam, keluarkan loyang berisi bunga dan angin-anginkan sebentar.

Bungkus bunga dengan kain tipis, ikat dengan benang dan gantungkan di dekat AC. Cara menggantung potpourri ini sama dengan cara menggantungkan pengharum ruangan di AC.

  • Kulit Buah Jeruk

Kulit Buah Jeruk

Jeruk memang memiliki aroma sitrus yang sangat pekat. Aroma yang kuat dari buah jeruk bisa dipakai untuk mengharumkan ruangan. Akan tetapi, Anda hanya memerlukan kulit jeruknya saja untuk membuat pengharum ruangan.

Campurkan kulit jeruk dengan garam laut. Pasalnya, garam laut dapat mengeluarkan aroma jeruk dan meminimalisir aroma tak sedap. Kemudian, kombinasikan dengan rempah segar lainnya, seperti kemangi atau daun mint. Bungkus dengan kain tipis berpori-pori, lalu gantung pada AC di ruangan Anda. Dijamin, ruangan pasti menjadi lebih segar dan beraroma jeruk.

Tips Agar Udara di dalam Ruangan Selalu Segar

Menggunakan pengharum ruangan untuk AC memang adalah solusi untuk menyegarkan udara di dalam ruangan. Namun, Anda juga bisa membuat udara di dalam ruangan jadi lebih segar dengan melakukan beberapa tips berikut ini:

  • Bersihkan AC Secara Berkala

Bersihkan AC Secara Berkala

Udara yang bau atau apek juga bisa disebabkan karena AC jarang dibersihkan. Jadi, bersihkan AC sekurang-kurangnya 3 bulan sekali agar udara di dalam ruangan selalu segar. Tips ini berlaku bagi Anda yang selalu menghidupkan AC di dalam ruangan.

  • Buka Jendela Setiap Hari

Buka Jendela Setiap Hari

Meskipun Anda selalu menggunakan AC di dalam ruangan, sesekali AC harus dimatikan dan jendela dibuka agar terjadi pergantian udara. Matikan AC dan buka jendela saat Anda sedang tidak melakukan aktivitas di kamar. Minimal Anda membuka jendela Anda selama 1 jam setiap hari.

  • Bersihkan Perabotan dengan Cuka

Bersihkan Perabotan dengan Cuka

Tahukah Anda bahwa bau tak sedap dalam ruangan juga disebabkan karena barang-barang yang sudah lama tidak dibersihkan? Nah, saatnya membersihkan perabotan dan benda-benda elektronik di ruangan dengan kain microfiber yang sudah dicelup ke dalam larutan air dan cuka. Aroma pekat dari cuka akan meredakan bau tak sedap yang berasal dari barang-barang di ruangan Anda.

Nah, demikian informasi mengenai cara menggantung pengharum ruangan di AC dan tips untuk membuat pengharum ruangan sendiri. Anda juga bisa melakukan tips untuk membuat udara di ruangan jadi lebih segar untuk mengoptimalkan keharuman yang terpancar dari pengharum AC Anda.

Kunjungi juga artikel cara menggunakan AC split yang benar ini agar Anda bisa memanfaatkan pendingin ruangan secara tepat.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar