Bacaterus / Kucing / Ingin Mengetahui Umur Kucing? Perhatikan 10 Hal Ini

Ingin Mengetahui Umur Kucing? Perhatikan 10 Hal Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 23 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Apakah Anda termasuk penggemar kucing? Hewan kaki empat berbulu halus ini memang memiliki penampilan yang menggemaskan, jadi tidak mengherankan apabila menjadi salah satu hewan peliharaan favorit banyak orang selain anjing. Memiliki hewan peliharaan mungkin memang agak repot. Tapi tahukah Anda bahwa konon, kebiasaan memelihara menunjukkan kadar perhatian dan kasih sayang seseorang terhadap sesama.

Memelihara hewan saja telaten, apalagi mengasihi orang lain, begitu katanya. Kembali ke kucing. Bagi Anda yang merupakan newbie dalam memelihara si ‘bola bulu’ tentunya ingin untuk mengetahui benar kondisi hewan peliharaan Anda. Salah satunya adalah umur. Mungkin juga ada orang yang bertanya kepada Anda berapa umurnya dan Anda bingung menjawabnya. Kali ini, kita akan membahas bersama bagaimana cara mengetahui umur dari seekor kucing.

1. Pertumbuhan Gigi

Pertumbuhan Gigi

Sebenarnya, memang agak sulit untuk menentukan umur dari seekor kucing dengan akurat saat dia telah memiliki seluruh gigi permanennya. Ya, karena saat berusia 6 bulan, gigi permanen kucing akan tumbuh. Tapi, akan lebih mudah menentukan umur kucing saat ia masih sangat kecil karena sama seperti manusia, kita dapat mengetahui perkembangan pertumbuhannya lewat gigi yang ia miliki.

Pertama, dapat dilihat dari gigi seri. Jika gigi seri bawah atau atasnya telah tumbuh, diperkirakan umurnya adalah 2-3 minggu. Kemudian, Anda bisa memperhatikan pertumbuhan gigi taringnya. Jika dia telah memiliki taring baik di atas atau bawah, dia sudah berumur 3-4 bulan. Saat gigi gerahamnya muncul, itu tandanya dia berusia 4-6 bulan. Jika giginya telah tumbuh sepenuhnya, itu berarti dia telah menginjak umur 6 bulan atau 1 tahun.

2. Warna Gigi

Warna Gigi

* sumber: www.thesprucepets.com

Mungkin agak sulit untuk meminta si pus untuk membuka mulut atau menyeringai sehingga Anda bisa memperhatikan seluruh gigi yang ia miliki. Jangan khawatir, ada acara lain untuk dapat mengetahui umur dari kucing dengan metode yang sama, yaitu memperhatikan giginya. Dan kali ini, Anda bisa memperhatikan perubahan warna pada gigi mereka.

Seiring dengan bertambahnya usia, warna gigi kucing juga akan berubah menjadi kekuningan. Pada usia sekira 2 hingga 5 tahun, warna kekuningan yang samar akan muncul pada giginya. Warna kuning pada kucing ini kemudian akan mulai tampak jelas setelah si pus telah menginjak usia 5 tahun atau lebih. Jika warna kuning tersebut telah muncul pada semua giginya, itu tanda bahwa ia telah memasuki usia senja yaitu 10 tahun atau lebih.

3. Kematangan Seksual

Kematangan Seksual

* sumber: cats.lovetoknow.com

Selain melalui perubahan pada gigi kucing, salah satu cara untuk mengetahui umur kucing Anda adalah melalui gerak-gerik atau kebiasaannya. Dan salah satunya adalah, kematangan seksual yang dimiliki oleh si pus. Lantas, bagaimana cara melihatnya? Pada kucing jantan, kematangan seksualnya dapat diketahui ketika ia mulai, ya, buang air kecil guna menandai wilayahnya.

Jika kucing jantan Anda mulai untuk mengencingi tempat-tempat tertentu, itu adalah tanda bahwa dia telah memasuki usia 5 bulan. Atau dengan kata lain, si pus telah memasuki masa puberitas dan hal itu akan terlihat dengan jelas. Sedangkan pada kucing betina, kita bisa mengetahui siklus estrus dari perubahan suaranya yang menandakan bahwa ia telah berusia 7 ½ bulan dan telah siap untuk dibuahi.

4. Bentuk Otot

Bentuk Otot

* sumber: www.petplace.com

Umur kucing juga dapat Anda ketahui melalui otot-otot pada tubuhnya.  Caranya, tentu saja dengan mengusap-usap tubuh si pus agar Anda dapat merasakan perkembangan ototnya. Biasanya, kucing yang masih muda akan lebih memiliki bentuk otot yang baik, karena tentu saja dia lebih aktif dibanding dengan kucing yang berusia lebih tua.

Sementara kucing yang lebih tua akan memiliki kulit kendur atau bergelambir. Selain itu, tulang belikatnya juga bisa jadi lebih menonjol. Kulit yang mengendor ini dapat Anda perhatikan pada seluruh bagian tubuhnya, termasuk wajah. Sebaliknya, kucing yang lebih muda akan memiliki kulit yang lebih kencang. Jika kulit kucing peliharaan Anda sudah mengendur dan giginya telah berubah menjadi warna kuning, berisap-siaplah untuk berpisah dengan si pus karena dia telah berusia lanjut.

5. Mata

Mata

* sumber: cats.lovetoknow.com

Cara selanjutnya untuk dapat mengetahui umur dari si pus bisa dikatakan cukup mudah. Yaitu dengan memperhatikan matanya. Kucing-kucing terutama yang masih bayi memiliki lensa mata yang tampak halus. Anda dapat memperhatikan mata kucing peliharaan saat Anda menggendong atau juga bermain dengannya. Sehingga, akan lebih mudah untuk memperhatikannya.

Seiring dengan bertambahnya umur kucing, lensa matanya juga akan berubah. Perubahan yang dapat Anda perhatikan pada mata kucing seiring dengan umurnya yang bertambah adalah, matanya tersebut akan terlihat seperti bergerigi bahkan berkesan retak. Dan sama seperti manusia, kucing juga dapat terkena katarak. Jika lensa matanya mulai terlihat keruh, itu tandanya kucing Anda telah berusia di atas 12 tahun.

Baca juga: Cara Membersihkan Telinga Kucing yang Benar dan Aman

6. Bulu

Bulu

* sumber: www.care.com

Salah satu kelebihan kucing memang terletak pada bulunya. Baik warna, terutama kehalusan bulunya tersebut. Dan bulu pada kucing dapat membuat Anda mengetahui umurnya. Anak kucing memang biasanya memiliki bulu yang pendek dan tebal. Seiring dengan pertumbuhannya, bulu-bulu pada kucing akan menjadi lebih lembut dan juga halus. Ketika seekor kucing telah mencapai usia lanjut, bulunya menjadi lebih tebal, namun juga kasar.

Anda juga bisa menemukan bulu berwarna kelabu di beberapa tempat tertentu. Ya, sama dengan manusia, ternyata kucing juga dapat memiliki uban. Tapi, ini tidak berlaku pada kucing yang memiliki bulu berwarna kelabu. Penyebabnya adalah karena pada usia lanjut, kucing tidak lagi dapat mempertahankan pigmen yang mempengaruhi warna bulunya tersebut.

7. Tingkah Laku

Tingkah Laku

* sumber: www.ripleys.com

Cobalah untuk memperhatikan tingkah laku atau kebiasaan dari kucing Anda. Biasanya, kucing yang lebih muda akan mudah untuk diajak bermain. Sedangkan kucing yang telah berumur akan lebih banyak tidur dan sepertinya, kurang tertarik saat kita memberinya mainan. Meskipun bisa saja salah, tapi ini juga bisa menjadi tanda-tanda umur dari si pus.

Sensitif. Ya, kucing yang lebih tua biasanya memiliki karakteristik yang sensitif. Namun hal ini bisa juga diakibatkan oleh mood-nya. Bisa saja dia baru saja habis berkelahi dengan kucing lain, sehingga masih berada dalam kondisi ‘bete’ atau marah. Kucing yang berusia senja memang menjadi lebih agresif karena ada rasa sakit pada tubuhnya karena faktor usia yang membuat ia merasa tidak nyaman.

8. Tidur

Tidur

* sumber: www.cutecatsforyou.com

Untuk mengetahui usia dari si pus, Anda juga bisa memperhatikan pola dan gaya tidurnya. Salah satu tanda bahwa dia telah memasuki usia senja adalah, si pus akan lebih banyak tidur dan bersantai. Karena seiring dengan bertambahnya usia, energi yang dimiliki oleh kucing Anda juga akan semakin berkurang sehingga dia tidak lagi aktif.

Kemudian perhatikan gaya tidurnya. Kucing yang berusia antara 1 tahun ke atas, biasanya akan memiliki posisi tidur yang terlihat unik atau jenaka. Gaya tidurnya pun juga bermacam-macam atau banyak gaya yang akan ia buat. Sementara, kucing yang berusia lebih muda yaitu sekitar dua hingga enam minggu akan memiliki posisi tidur yang normal.

9. Ketajaman Gigi

Ketajaman Gigi

* sumber: www.bluecross.org.uk

Memang, salah satu cara termudah untuk mengetahui usia dari seekor kucing akan sangat terlihat pada giginya. Sebagai seekor predator atau hewan karnivora, kucing membutuhkan gigi sebagai alat utama untuk merobek makanan, terutama taringnya. Cobalah untuk memperhatikan ketajaman gigi kucing peliharaan Anda.

Pada kucing yang telah berusia lanjut, gigi-giginya akan terlihat tumpul, bahkan juga ada diantaranya yang sudah patah. Gigi kucing akan mulai menumpul pada usia 5 tahun. Di atas 5 tahun, gigi kucing akan menjadi usang dan terlihat dengan jelas. Bahkan saat ia telah menginjak 10 tahun, akan tampak bahwa ada beberapa giginya yang sudah lepas.

10. Buang Air

Buang Air

* sumber: vetpracticemag.com.au

Selanjutnya, salah satu cara untuk dapat mengetahui umur kucing terutama kucing peliharaan Anda dapat dilihat dari cara si pus menggunakan toilet. Seperti biasa, Anda tentunya akan menyediakan sebuah wadah berisi pasir sebagai tempat dia untuk buang air bukan? Nah, Anda pun bisa memperhatikan tingkah polanya saat menggunakan toilet tersebut.

Kucing dengan usia senja biasanya akan memiliki masalah dalam menggunakan ‘singgasananya’ tersebut. Memang, ada beberapa kemungkinan yang bisa membuat dia bermasalah menggunakan toilet. Yaitu, masalah kesehatan juga stres.  Penyakit atau stres inilah yang lazim dialami oleh kucing yang sudah berusia lanjut.

Permasalahan stres dapat ditanggulangi dengan menciptakan lingkungan sekitar kucing menjadi nyaman. Untuk mengatasi penyakit yang ia derita, sebaiknya dikonsultasikan dengan veterinarian.

Jika si pus adalah kucing yang Anda pelihara sendiri sejak kecil, mungkin akan lebih mudah bagi Anda untuk mengetahui usianya secara pasti. Namun, jika Anda bermaksud memelihara kucing liar, Anda perlu mencari tahu sendiri usianya.

Konon, ada perbedaan usia kucing yang hidup di luar dengan kucing dalam rumah. Perbandingannya adalah, kucing rumahan yang berusia 14 tahun sama dengan manusia berusia 72 tahun. Sedangkan kucing liar berusia 14 tahun sama dengan manusia berusia 120 tahun. Ada yang berpengalaman dengan memelihara kucing? Jangan segan-segan untuk ngobrol di kolom komentar.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *