Bacaterus / Lifestyle / Romansa / 7 Cara Jitu untuk Mengetahui Dia Suka Sama Kita atau Tidak

7 Cara Jitu untuk Mengetahui Dia Suka Sama Kita atau Tidak

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 November 2018

Kita menyebutnya si dia, orang asing yang dengan lancang bikin hati dan pikiran jadi bising. Dia bikin kamu mengisi hari-hari kamu pakai lagu-lagu cinta. Dia juga bikin kamu jadi gampang senyum setiap harinya. Cuma kurangnya, kamu masih punya pertanyaan besar yang belum berani kamu tanyakan langsung; dia beneran suka atau cuma iseng?

Kamu cuma bisa main tebak-tebakan sendiri. Dalam masa tebak-menebak itu, semua perasaan bercampur sampai kamu sendiri bingung menamainya, ada sebalnya, ada serunya. Sesekali kamu muak menebak, tetapi lebih sering bertahan menunggu dan mencari jawaban.

Padahal kamu tahu, pasti sulit mendapat jawaban konkret. Mencari tanda-tanda adalah hal terbaik yang bisa kamu lakukan sendirian. Supaya lebih mudah, mari kita telaah, kenapa kamu dan dia bisa ada dalam situasi penuh misteri ini? Jauh sebelum hari ini, kamu dan dia bahkan nggak saling kenal apalagi peduli. Apa yang terjadi setelah saling bertukar nama?

Coba ingat-ingat, dari mulai masa perkenalan, nggak semua perkenalan berujung jadian, kebanyakan cuma jadi teman. Pasti ada hal-hal yang nggak biasa terjadi di tengah jalan. Sehingga, yang tadinya cuma sebatas teman berubah jadi kesayangan. Ingin tahu tanda bahwa dia suka sama kita? Telaah ciri-cirinya berikut ini.

7 Cara Mengetahui Dia Suka Sama Kita

1. Dia Tampil Baik Buat Kamu

* sumber: unsplash.com

Kalau kamu mulai punya rasa suka buat seseorang, kamu jadi punya tujuan buat siapa kamu berdandan. Kamu jadi memikirkan dia sebelum memutuskan. Kalau pakai baju ini, dia bakal suka tidak? Dia sukanya warna apa ya?

Kalau mau ngetes, coba ajak dia ke acara resmi. Acara itu bisa jadi ajang pembuktian, apa dia berusaha tampil baik buat kamu, atau tidak. Pasti ada dorongan untuk memantaskan diri di hadapan orang yang disukai. Dia mau menampilkan semua yang terbaik di hadapan kamu, beberapa di antaranya pakaian terbaik, senyuman terbaik, dan perlakuan terbaik.

2. Dia Nyaman Menghabiskan Waktu Denganmu

* sumber: unsplash.com

Kalau dia suka cari-cari alasan supaya bisa sama kamu lebih lama, menyambung obrolan jadi nggak pernah habis, menguras otak supaya bisa bikin kamu ketawa, maka sudah pasti dia suka sama kamu. Itu pertanda paling umum kalau seseorang suka sama kamu. Merasa nyaman berlama-lama sama kamu.

Merasa marah karena waktu jadi lebih cepat berlalu, karena dia, menyukai dirinya yang lagi sama kamu. Semua yang terbaik dalam dirinya keluar waktu dia sama kamu. Coba ajak dia ke acara-acara yang kamu suka, dia nggak perlu peduli dia bakal suka acara itu atau nggak. Kalau dia suka, dia pasti senang meskipun dia nggak suka acaranya.

3. Melibatkan Kamu dalam Menentukan Pilihan

* sumber: unsplash.com

Nggak mungkin seseorang dilibatkan kalau dia bukan siapa-siapa. Kamu pasti bakal diminta pendapatnya waktu dia terlalu bingung baju mana yang lebih lucu. Dia juga bakal minta saran buku apa yang sebaiknya dibaca, film apa yang lagi seru buat ditonton.

Kalau dia sering meminta pendapat kamu, untuk hal yang remeh atau yang serius, bisa dipastikan dia suka sama kamu. Karena kita semua ingin berurusan dengan orang yang kita sukai, salah satu caranya adalah dengan banyak melibatkan dia sehingga dia menjadi bagian dari hidup kita.

Kamu bisa mengujinya dengan memberi sedikit saran buat dia, tentang apapun. Minta dia buat nggak sering begadang, bangun pagi, atau hal lainnya. Nanti kamu lihat sendiri, apakah dia mendengar saran dari kamu atau tidak. Saran dari orang yang disukai, kelasnya lebih tinggi daripada saran dari teman biasa.

4. Kebiasaan Khusus dan Panggilan Kesayangan

Kebiasaan Khusus dan Panggilan Kesayangan

* sumber: unsplash.com

Kebiasaan yang cuma dimengerti sama kalian berdua, bertukar meme lucu buat jadi bahan tertawa kalau lagi jenuh. Membahas hal-hal absurd yang mungkin kedengaran aneh buat orang lain. Membuat panggilan-panggilan menggemaskan yang sebenarnya agak terdengar jijik, tapi rasanya menyenangkan waktu dengar dia panggil kamu pakai panggilan itu.

Tanpa disadari dan dikatakan, kebiasaan itu membawa diri kamu ke dalam satu dunia baru. Isinya cuma dua orang saja; kamu dan dia. Kalau dia nyaman dengan kebiasaan dan panggilan kesayangan itu, artinya dia suka kamu. Dia nggak mungkin begitu sama teman biasa.

Kalau belum punya, coba pancing dia dengan panggil dia pakai panggilan aneh. Kalau dia suka kamu, dia pasti akan membalas. Memanggil kamu dengan panggilan yang sama anehnya sampai itu jadi kebiasaan.

5. Dia Ingat Semua Tentang Kamu

Dia Ingat Semua Tentang Kamu

Bahkan kalau kamu seorang pelupa, kamu pasti ingat hal-hal kecil dari orang yang kamu suka. Kamu ingat suatu hari dia pernah bilang ingin makan di tempat yang itu. Kamu ingat beberapa kalimat yang dia ucapkan, bahkan ketika dia sendiri sudah lupa pernah mengucapkan itu.

Kalau dia memang punya rasa, dia juga akan mengingat banyak hal kecil yang mungkin kamu lupakan, karena itu hal yang menyenangkan. Tahu banyak hal tentang orang yang kita suka adalah sebuah kebanggaan. Karena itulah, kita rela meluangkan waktu buat stalking. Kita ingin tahu hal-hal kecil tentang dia yang orang lain nggak tahu.

Coba buktikan ini pakai cara paling sederhana, tanya dia dengan hal-hal yang terjadi waktu terakhir kali kalian bertemu. Kalau dia memang suka, dia nggak mungkin melupakan itu. Bahkan, dia akan ingat pakaian kamu hari itu.

6. Dia Mulai Terbuka

Dia Mulai Terbuka

Sebelumnya, mungkin dia cuma menampilkan yang baik-baik. Lama-lama, dia mulai menunjukkan hal-hal yang sebelumnya dia tutupi. Bisa jadi itu kebiasaan buruk yang agak memalukan. Tenang, itu bukan hal buruk, justru baik, karena dia mulai menjadi dirinya sendiri di depan kamu.

Kalau dia mulai nyaman dan percaya sama kamu, dia bisa mulai terbuka, karena dia mulai percaya, kamu nggak akan pergi karena itu. Kalau sudah seperti ini, nggak usah ragu lagi, dia pasti benar-benar suka sama kamu dan ingin kamu menerima dia apa adanya.

Coba tanya sedikit tentang masa lalunya. Jangan hal-hal yang terlalu sensitif, mulai dari yang ringan, seperti kenakalannya waktu sekolah, nilai-nilai ujiannya dulu, atau ekskul yang dia ikuti waktu sekolah.

7. Dia Membagi Dunianya

Dia Membagi Dunianya

Ada hal-hal yang nggak bisa kita bagi dengan teman biasa. Bisa jadi karena kita merasa hal itu terlalu penting untuk orang yang nggak cukup penting. Waktu kita merasa dia adalah seseorang yang penting, kita bisa mempercayakan itu kepadanya.

Dia mulai cerita tentang masa lalunya dia. Nggak semuanya indah, kadang juga berbagi marah, karena dia nggak mau berbagi hal ini sama orang lain. Dan, kamu mulai jadi orang yang paling dia percaya.

Ini pertanda yang paling penting, bukan cuma sebatas suka tapi juga saying, karena itu bukan cuma sebatas cerita belaka. Itu cara halus buat berbagi rasa. Dia mau kamu ada di dalam dunianya, yang telah berlalu, yang sedang terjadi, dan yang akan datang.

Ini hal terakhir yang perlu kamu lakukan, apa dia mau menjawab kalau kamu tanya tentang cerita hubungan dia yang dulu. Kalau dia suka, dia pasti akan bercerita. Kalau dia bercerita, seharusnya kamu nggak perlu meragukan dia lagi.

Kalau dia berani berbagi dunia, rasa sukanya bukan lagi wacana. Ini keputusan serius yang nggak akan pernah mudah diambil. Dia nggak mungkin asal milih orang buat berbagi dunia sama dia. Mungkin, dia cuma belum berani bilang terus terang.

Seperti kamu, mungkin dia juga bertanya-tanya. Entah apa yang bikin kamu atau dia terlalu sungkan berterus terang. Mungkin semua orang memang suka tebak-tebakan. Atau mungkin terlalu takut mendapat jawaban yang jauh dari harapan.

Dari pertanda yang disebutkan di atas, berapa banyak yang sudah terjadi? Kalau semuanya sudah terjadi, berarti kamu nggak perlu cari alasan buat ragu lagi, pasti dia suka sama kamu. Itu awal dari rasa-rasa yang mungkin hadir setelahnya. Kamu masih ragu? Boleh ceritakan keraguan kamu. Siapa tahu orang lain yang membaca punya keraguan yang sama. Atau, kamu sedang bingung cara melakukan pdkt melalui chatting? Cari tahu caranya pada artikel 10 Cara PDKT Lewat Chatting ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

I’m not a good writer, I just trying so hard to be.

Leave A Comment