Bacaterus / Kesehatan / Olahraga / 10 Cara Mengencangkan Badan yang Lembek dengan Mudah

10 Cara Mengencangkan Badan yang Lembek dengan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 Oktober 2018

Bentuk tubuh orang tentu berbeda-beda. Ada yang kurus, ada yang besar, ada yang kekar, dan ada juga yang lembek. Biasanya rata-rata orang ingin memiliki bentuk tubuh yang kekar dan sekal. Tapi, untuk mendapatkan bentuk tubuh seperti itu tidak bisa mendapatkannya secara instan, loh. Anda perlu melakukan beberapa cara mengencangkan badan yang lembek.

Pertama-tama, mari bahas kenapa tubuh seseorang bisa lembek. Ada beberapa kemungkinannya, seperti penurunan berat badan secara drastis, sehingga kulit jadi bergelambir karena butuh waktu untuk kembali kencang.

Lalu, ada juga yang kekurangan nutrisi, sakit berkepanjangan, karena sudah tua, infeksi parah, tapi yang paling umum sih karena jarang olahraga dan tidak mengonsumsi makanan yang bergizi dengan cukup.

Nah, pada kesempatan kali ini, Bacaterus akan fokus membahas cara mengencangkan badan yang lembek karena faktor kurang olahraga dan kurang asupan makanan bergizi. Semoga sepuluh cara ini dapat membantu Anda mendapatkan bentuk tubuh yang kencang dan ideal ala Anda, ya.

10 Cara Mengencangkan Badan yang Lembek

1. Jogging

Jogging

* sumber: www.goodhealthyhabits.org

Kulit tubuh yang kendur dapat berangsur-angsur menjadi kencang jika Anda rutin berlari. Untuk itu, dalam cara mengencangkan badan yang lembek yang pertama, kami merekomendasikan Anda untuk jogging setiap hari selama 30 menit.

Gunakanlah pakaian yang nyaman, tidak perlu menggunakan “jaket pelangsing” yang justru bisa membuat Anda merasa pengap. Siapkan air minum untuk menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik. Dan, sebelum melakukan lari, jangan lupa pemanasan terlebih dahulu supaya Anda tidak kena kram otot.

2. Aerobik

Aerobik adalah olahraga senam yang menggunakan musik up beat. Sejak dulu, aerobik sudah dikenal sebagai aktivitas kebugaran. Walaupun tergolong sebagai tarian, aerobik lebih beken dikenal dengan istilah senam aerobik.

Manfaat aerobik adalah untuk memperlancar peredaran oksigen ke seluruh tubuh. Jika dilakukan dengan teratur, aerobik dapat memperbaiki kinerja paru-paru dan jantung.

Olahraga kardio ini biasanya dimulai dengan pemanasan, inti, lalu pendinginan. Aerobik sangat seru karena dilakukan bersama banyak orang dengan lantunan musik yang cepat. Aerobik dapat dengan cepat membakar lemak dan membentuk tubuh agar lebih singset. Aerobik juga termasuk cara mengencangkan paha dan betis, serta lengan dan perut.

3. Olahraga Tangan

Wall Push-Ups

* sumber: womensrunning.competitor.com

Cara mengencangkan badan yang lembek selanjutnya adalah dengan olahraga tangan. Anda bisa mencari di Google apa saja contoh olahraga tangan. Beberapa di antaranya yang mudah dilakukan adalah arm circle.

Latihan ini berguna untuk membentuk otot bahu dengan teknik bodyweight training. Gerakan ini akan meningkatkan pembakaran kalori dan membantu pembentukan otot agar tubuh jadi lebih kencang dan ideal.

Cara melakukan arm circle adalah dengan merentangkan kedua tangan lalu putar ke arah dalam dan ke arah luar secara bergantian. Selain arm circle, ada olahraga tangan yang mudah lainnya, yaitu wall push-up.

Anda pasti tahu apa itu push up. Nah, kali ini Anda membutuhkan media tembok untuk melakukan gerakannya. Jika Anda tidak kuat melakukan push up biasa di lantai, coba saja latihan wall push up.

Anda hanya perlu berdiri tegak menghadap tembok, lalu letakkan kedua tangan Anda di tembok (agak lebar, selebar bahu). Setelah itu, mundur lah sejauh yang Anda sanggup, dan mulai gerakan push up. Tarik napas ketika Anda jauh dari tembok dan buang napas ketika Anda mendekat ke tembok.

4. Olahraga Perut

Lengan, paha, dan perut memang area yang ‘kelihatan banget’ kalau badan lembek. Makanya, Anda harus rajin latihan olahraga perut supaya perut Anda jadi kencang. Anda bisa mulai latihan sit up. Anda pasti pernah melakukan sit up di sekolah, kan? Nah, ada satu gerakan lagi yang bisa melatih otot perut, yaitu back up.

Cara melakukan back up adalah, siapkan alas yoga dan bantal datar (bantal duduk). Setelah itu, tiduran dengan posisi tengkurap (menghadap bawah) dengan posisi bantal di bawah perut. Mulai angkat kedua tangan dan kedua kaki Anda bersamaan. Lakukan beberapa kali setinggi yang Anda bisa agar otot perut benar-benar tertarik.

Selain sit up dan back up, Anda bisa juga melakukan bycicle exercise. Anda bisa menggunakan ‘sepeda diam’ seperti yang ada di gym atau pun tidak menggunakan alat bantu sama sekali.

Caranya masih menggunakan alas yoga, tidurkan tubuh Anda telentang (menghadap atas). Setelah itu, pegang kepala Anda menggunakan kedua tangan Anda. Untuk lebih lengkapnya bisa Anda tonton di video di atas.

5. Angkat Beban

Angkat Beban cara mengencangkan badan yang lembek

* sumber: www.cheatsheet.com

Cara mengencangkan badan yang lembek selanjutnya adalah dengan olahraga angkat beban. Untuk pemula, Anda bisa latihan angkat beban sebanyak 2X dalam seminggu. Anda bisa mulai dari barbel yang ringan (1 – 2 kg) untuk awal latihan.

6. Gym

Gym cara mengencangkan badan yang lembek

* sumber: www.brentwood-centre.co.uk

Jika Anda tidak memiliki alat dan tempat yang memadai untuk olahraga sendiri di rumah, pergilah ke gym. Di sana Anda akan menemukan semua alat yang Anda butuhkan untuk mengencangkan tubuh. Anda juga bisa meminta petunjuk dari instruktur gym dan bertemu teman-teman sesama pecinta olahraga.

7. Makan yang Bergizi

Makan yang Bergizi

Tak hanya olahraga, cara mengencangkan badan yang lembek juga perlu disokong dengan nutrisi dari dalam. Anda harus mengonsumsi makanan kaya nutrisi dan gizi, jangan asal kenyang saja. Beberapa makanan memiliki kandungan gizi yang tinggi sehingga dapat membantu membentuk tubuh sekaligus mengencangkan kulit.

Tentu Anda sudah tak asing lagi dengan makanan seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, susu, telur, dan daging tanpa lemak (ikan, ayam, sapi, dll). Itulah makanan yang bisa menunjang agar badan tidak lembek. Usahakan makan makanan yang bergizi, ya.

8. Healthy Lifestyle

Healthy Lifestyle

* sumber: www.consumerhealthdigest.com

Selain makan makanan yang sehat, Anda juga harus menjaga gaya hidup Anda, seperti lebih banyak minum air, berhenti merokok, tidur teratur, olahraga teratur, dan lain sebagainya. Dengan menjalani hidup sehat, tubuh Anda akan jadi lebih kuat, kulit lebih cepat dalam meregenerasi, dan tubuh Anda pun akan lebih kencang.

9. Hindari Rokok

Hindari Rokok

* sumber: ncompassnorthwest.co.uk

Tahukah Anda, rokok tak hanya ]merusak paru-paru saja, tapi hingga badan dan kulit Anda juga? Jika Anda cinta sekali pada bentuk tubuh Anda, maka Anda seharusnya bisa menghindari yang namanya rokok.

Karena, rokok akan menghambat pertumbuhan sel kulit baru, menunda produksi kolagen, serta merupakan penyebab utama terjadinya iritasi kulit. Tak hanya mengurangi rokok, Anda juga sebaiknya menghindari orang-orang yang sedang merokok.

10. Minum Air Putih

Minum Air Putih

Cara terakhir untuk mengencangkan badan yang lembek adalah dengan menjaga tubuh Anda terhidrasi. Tubuh kita pada dasarnya terdiri dari 70% air, jika Anda kurang minum air putih, maka tubuh Anda akan lesu, sirkulasi oksigen di dalam darah terhambat, lemak menumpuk, pencernaan tidak lancar, kulit kering dan kusam, serta banyak masalah lainnya menanti.

Dianjurkan untuk semua orang yang tinggal di daerah tropis untuk minum air putih setidaknya 1 – 1.5 liter atau sekitar 6 – 7 gelas air dalam satu hari. Dengan minum air yang cukup, kondisi tubuh Anda dari dalam dan luar tentunya bakal terus prima.

Nah, itu dia sepuluh cara mengencangkan badan yang lembek dari Bacaterus. Jadi, selain olahraga Anda juga harus menyeimbangkannya dengan makan dan minum yang sehat-sehat, ya. Semangat terus untuk membentuk tubuhnya, jangan malas, hihi. Kalau Anda tahu tips lainnya untuk mengencangkan tubuh, bisa share di kolom komentar, ya.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

2 Comments

  1. .... 13 Agustus 2018 at 16:11 - Reply

    Ada foto bebep aku 😅

    • Bacaterus 3 September 2018 at 13:28 - Reply

      😅

Leave A Comment