Bacaterus / Bersalin / 8 Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan yang Efektif

8 Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan yang Efektif

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 September 2019

Para ibu yang baru saja melahirkan pasti mendambakan untuk bisa mendapatkan perut rata mereka kembali. Beberapa ibu bekerja sangat keras untuk mendapatkan hal tersebut, beberapa lagi menyerah sama sekali dan yang lain menggerutu dan mengeluh kemudian menutupi tubuhnya dengan pakaian longgar.

Kabar baiknya adalah bahwa walaupun tampaknya susah sekali untuk bisa membuat perut kembali rata atau seperti sebelum hamil, bukan hal yang tidak mungkin untuk bisa menghilangkan lemak-lemak itu. Berikut Bacaterus akan memberikan beberapa cara untuk mengecilkan kembali perut setelah melahirkan yang  pasti akan membantu Anda.

1. Mengikat Perut

Mengikat Perut

Mengikat perut selama yang bisa Anda lakukan dalam sehari adalah salah satu cara paling efektif untuk mendapatkan perut rata setelah melahirkan. Anda pasti sudah kenal dengan teknik mengikat cara tradisional yang biasa digunakan ibu-ibu zaman dahulu. Ada yang memakai stagen atau korset, ada juga yang menggunakan gurita.

Ternyata para ahli medis kurang begitu menyarankan penggunaan stagen atau korset karena kurang memberikan efek bagi pengecilan perut. Faktanya setelah korset atau stagen dibuka, perut kembali menjadi kendur. Para ahli medis lebih menyarankan penggunaan gurita karena tidak terlalu ketat mengikat perut.

Para terapis pijat profesional dan dokter tidak merekomendasikan mengikat perut dengan menggunakan stagen bagi ibu yang baru saja menjalani operasi sampai setidaknya empat hingga enam minggu setelah proses persalinan.

Ibu-ibu yang melahirkan melalui proses operasi sangat disarankan untuk menggunakan pengikat perut. Dokter kemungkinan akan meminta Anda memakainya segera setelah sehari setelah operasi. Mengikat perut dapat benar-benar membantu para ibu. Triknya adalah memastikan pengikatnya benar-benar kencang dan aman.

Jika Anda khawatir tentang luka bekas operasi Anda, Anda dapat menggunakan bantalan pembalut yang tidak dipakai kemudian gunakan pengikat di atasnya.

2. Tidur yang Cukup

Membuat Kualitas Tidur yang Lebih Baik

* sumber: www.nps.org.au

Perintah itu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, bukan? Bagi para ibu yang baru memiliki bayi, sangat sulit untuk mendapatkan tidur yang cukup. Namun, ketika anak Anda tidur, Anda bisa ikut beristirahat. Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan jangka panjang Anda, ditambah lagi, memiliki pengaruh positif pada menjaga berat badan yang sehat dan menurunkan berat badan.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Sleep tahun 2005 menemukan bahwa orang-orang yang tidur setidaknya tujuh jam setiap malam lebih mungkin terhindar dari kegemukan. Kebanyakan alasannya karena  tidur mempengaruhi banyak hormon dalam tubuh kita, salah satunya adalah kortisol. Manfaatkan malam hari Anda untuk beristirahat yang cukup demi tubuh Anda.

3. Latihan Pernapasan

cara mengatasi tidur ngorok yoga

Setelah melalui proses persalinan, menjadi kembali bugar adalah proses yang bertahap dan pada awalnya, Anda harus menggabungkan latihan dasar panggul yang ringan. Latihan pernapasan merupakan pilihan yang ideal untuk memulai proses pengecilan perut Anda karena latihan ini membantu dalam memperkuat kesadaran neuromuskuler dari daerah inti.

4. Susui Bayi Anda

Susui Bayi Anda

Menyusui bayi adalah salah satu cara mengurangi ukuran perut Anda. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menyusui memiliki efek pada penurunan berat badan.

Tubuh Anda melepaskan oksitosin yang merupakan hormon mamalia alami ketika Anda menyusui. Ketika hormon ini berada di otak, hormon tersebut bertindak sebagai neuromodulator (suatu zat yang mengubah transmisi impuls saraf) yang berfungsi untuk meningkatkan aktivitas di otak dan juga metabolisme tubuh yang berfungsi untuk menurunkan berat badan.

Namun efek ini bisa menjadi tidak efektif ketika mengonsumsi banyak makanan. Anda merasa lapar ketika Anda menyusui dan itulah sebabnya Anda perlu makan makanan dalam volume yang tinggi tetapi dengan jumlah kalori yang lebih sedikit untuk memastikan bahwa Anda tidak akan makan makanan dalam jumlah berlebihan.

Untuk menghindari kalori yang tinggi, Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat dan menghindari makanan ringan yang terbuat dari gandum olahan yang tidak mengisi perut Anda dengan cukup cepat. Anda juga bisa mengakali tubuh Anda untuk merasa kenyang dengan minum banyak air.

5. Jangan Lupa Berolahraga

Jangan Lupa Berolahraga

Luangkan waktu Anda untuk berolahraga, seperti jogging sambil mendorong kereta bayi Anda.  Anda dapat memanjakan bayi Anda dengan membawanya berjalan-jalan selama setengah jam setiap hari dengan mendorongnya di dalam di kereta dorong.

Gerakan mendorong adalah gerakan yang sangat alami untuk menyedot dan mengencangkan otot perut sambil membakar kalori dan menenangkan bayi. Ingatlah bahwa bayi sedang tumbuh dan memerlukan sinar matahari yang cukup sementara Anda juga bisa memerlukan olahraga untuk kesehatan dan penurunan berat badan Anda.

6. Fokus pada Otot Perut

Fokus pada Otot Perut

Berfokus pada otot perut bukan berarti Anda harus langsung mulai melakukan 1 juta sit-up. Latihan semacam itu sebenarnya bisa dilakukan setelah melahirkan. Artinya adalah segera setelah Anda pulih dari pasca operasi caesar sehingga perut tidak lagi merasa sakit saat melakukan kegiatan sehari-hari, mulailah fokus pada otot inti dengan menariknya ke dalam sepanjang hari.

Gerakan ini menggunakan otot perut transversal Anda, yang merupakan otot berada jauh di dalam perut Anda. Fokus pada melakukan gerakan menarik perut ke dalam beberapa kali dalam sehari. Ketika perut Anda sudah semakin kuat, Anda bisa mulai melakukan gerakan perut ini selama 30 detik.

Lakukan gerakan ini sambil Anda melihat ke cermin, kemudian tarik napas, lalu buang napas sambil menarik perut transversal Anda dengan kencang. Tahan selama 30 detik ketika Anda menarik perut Anda dan lakukan empat hingga enam repetisi sekaligus.

7. Krim Pelangsing Perut

Krim Pelangsing Perut

Anda bisa mencoba krim pelangsing perut. Krim jenis ini banyak terdapat di pasaran yang menjanjikan dapat membantu Anda mendapatkan perut rata setelah melahirkan. Untuk Anda yang  sedang menyusui, pastikan untuk memeriksa bahan-bahannya dengan hati-hati dan pastikan krim tersebut aman untuk digunakan ibu menyusui.

Jika Anda berminat untuk menggunakan krim pelangsing perut, carilah krim yang mengandung Kolagen, Vitamin A, C, dan E. Dengan memijat krim tersebut di atas perut Anda akan meningkatkan aliran darah dan mengencangkan perut Anda.

Jika Anda memiliki banyak waktu, Anda juga dapat menggunakan krim buatan sendiri. Salah satu krim yang telah terbukti efektif adalah krim buatan sendiri yang merupakan campuran dari 250ml ekstrak anggur segar dalam 750ml minyak virgin ekstra. Saring ekstra anggur tersebut sebelum menambahkan minyak virgin ekstra ke dalamnya.

Anda dapat menyimpan campuran tersebut di dalam botol dan biarkan di bawah sinar matahari selama seminggu. Kocok botol kurang lebih dua kali sehari. Menggunakan krim buatan sendiri ini akan membantu Anda mendapatkan perut rata setelah melahirkan.

8. Kurangi Stres

Kurangi Stres

Stres Anda dipengaruhi  oleh kurang tidur, konsumsi nutrisi, olahraga, dan hormon Anda. Itulah sebabnya mengapa semua komponen ini sangat penting dalam kesehatan. Menjaga tingkat stres tetap rendah dapat meningkatkan penurunan berat badan setelah kehamilan secara drastis. Tanpa stres, Anda pun akan jauh lebih baik.

Ketika Anda mengalami stres, berhentilah sejenak kemudian tutup mata Anda, dan ambil napas dalam-dalam lima kali atau lebih. Tarik napas ke tulang rusuk dan punggung perlahan selama enam hingga delapan hitungan. Hembuskan udara keluar secara perlahan selama enam hingga delapan hitungan untuk mengurangi stres dengan segara.

Memang untuk bisa kembali memiliki perut seperti sebelum hamil dan melahirkan bukanlah proses yang instan. Perlu kesabaran dan usaha yang keras. Namun, jika Anda berniat sungguh-sungguh, pasti Anda akan menikmati hasilnya. Jadi, sudah siapkah Anda untuk berjuang demi mendapatkan perut idaman?

Selain mengecilkan perut, Anda juga bisa mencerahkan warna kulit perut pasca melahirkan dengan membaca cara-cara di artikel cara memutihkan perut setelah melahirkan.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar