Bacaterus / Belajar Yuk! / 10 Cara Mengatur Waktu Belajar dengan Mudah dan Efektif

10 Cara Mengatur Waktu Belajar dengan Mudah dan Efektif

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 November 2018

Mengatur waktu belajar merupakan hal yang sulit. Meskipun banyak dari mereka yang sudah konsisten dalam mengatur belajar dengan baik, tetapi banyak juga para pelajar bahkan mereka yang notabennya sudah menjadi mahasiswa kesulitan dalam mengatur waktu belajar. Kesulitan muncul akibat rasa malas di dalam diri jauh lebih tinggi dibandingkan dengan konsisten belajar setiap hari dan tepat waktu.

Menurut Chong dan Magnison salah satu pakar pendidikan menyampaikan dalam bukunya: “efektivienes means different to different people”. Artinya, efektifitas manusia belajar hanya sekitar 30-45 menit saja, hal ini susuai di mana manusia hanya dapat melakukan sesuatu secara fokus selama 45 menit.

Sulitnya konsisten dan efektif dalam belajar, maka Bacaterus akan memberikan informasi menarik seputar tips cara mengatur waktu belajar yang efektif dan konsisten tentunya. Dengan cara-cara ini dapat membantu Anda jauh lebih berprestasi dan sukses karena dimulai dari belajar di usia dini.

10 Cara Mengatur Waktu Belajar

1. Membuat Daftar Harian

Membuat Daftar Harian

* sumber: www.daysoftheyear.com

Membuat daftar harian dapat membantu Anda untuk mengingat apa saja yang harus Anda lakukan dalam sehari. Selain itu, daftar harian juga akan membuat Anda menjadi lebih teratur dalam melakukan sesuatu.

Misalnya Anda membuat daftar harian 24 jam dengan dimulai dari berolahraga, membeli kado untuk teman, dan tak lupa belajar selama 30 menit. Hal ini dapat Anda lakukan supaya belajar dapat menjadi prioritas bahkan ketika menjelang weekend Anda tetap menyisihkan waktu untuk belajar.

2. Rencanakan Jadwal Mingguan dengan Tepat

Rencanakan Jadwal Mingguan dengan Tepat

* sumber: www.winnetkayo.org

Ternyata membuat jadwal mingguan dengan tepat dan benar juga bisa berefek kepada jadwal belajar Anda yang benar. Misalnya, Anda membuat jadwal mingguan les privat, organisasi ekstrakulikuler, dan jadwal beberapa kegiatan yang harus Anda hadiri masukan ke dalam jadwal mingguan.

Hal ini akan mengajarkan kepada Anda bagaimana bersikap analis dan dapat memilih prioritas secara lebih baik. Jadwal belajar tidak perlu Anda tulis ke dalam jadwal mingguan, tetapi Anda dapat menulis di bawah jadwal mingguan sebagai catatan kecil bahwa belajar adalah sebuah kewajiban yang tidak boleh Anda tinggalkan.

3. Terapkan Waktu Belajar di Kelas sebagai Waktu Terbaik

Terapkan Waktu Belajar di Kelas sebagai Waktu Terbaik

* sumber: sciencenordic.com

Belajar di kelas adalah sebuah kewajiban Anda, bukan hanya sekadar formalitas. Hal ini dapat Anda terapkan dengan menanamkan dalam diri untuk berkonsentrasi dan menggangap belajar di kelas adalah sebuah kesempatan emas yang tidak akan Anda ulangi.

Anda perlu memulainya dengan tetap fokus dan menghindari bangku tengah atau belakang yang notabenenya diisi oleh mereka para siswa yang senang mengobrol. Anda dapat memilih bangku paling depan dan usahakan Anda berteman dengan mereka yang tidak punya hobi yang sama dengan Anda.

Mengapa demikian? Karena hal tersebut dapat membuat Anda lebih berkonsentrasi dalam menangkap pelajaran dan Anda tidak akan terganggu dengan berbagai obrolan di kelas yang tidak penting saat pelajaran dimulai.

4. Gunakan Waktu Siang dengan Benar

* sumber: www.uwec.edu

Menggunakan waktu di siang hari dengan benar akan mempermudah konsisten dalam belajar. Hal ini bisa menjadi kunci utama apakah Anda dapat belajar dengan waktu yang sesuai dan tepat serta fokus atau tidak.

Usahakan Anda dapat beristirahat di siang hari, entah dengan tidur selama 30 menit atau meminum segelas jus sambil bercanda dengan hewan kesayangan. Tentunya carilah waktu refresh otak yang pas, setelah itu Anda mulai waktu dengan me-review beberapa mata pejaran yang sudah diajarkan.

5. Lakukan Belajar Kelompok

* sumber: griffithlibrary.wordpress.com

Apabila waktu Anda sangat tidak memungkinkan untuk belajar mandiri atau Anda tipe ekstrovert yang lebih suka menggali ide dari berbagai orang, tentunya belajar kelompok adalah solusi yang baik.

Sebab, dengan belajar kelompok Anda jauh lebih paham dengan mata pelajaran yang dipelajari dan Anda akan lebih intens untuk mengenal lingkungan serta teman sekitar. Ide ini cocok juga untuk Anda terapkan karena lebih efisiensi dalam penggunaan waktu.

Manfaatkan perpustakaan, taman, atau beberapa fasilitas umum untuk menunjang proses belajar kelompok Anda. Selain itu, bergantian belajar kelompok di rumah beberapa teman kelompok Anda juga cukup efektif untuk mendapatkan ilmu dan mempererat persahabatan.

6. Menggunakan Flashcard

* sumber: www.brainscape.com

Ternyata, flashcard, tidak hanya digunakan dalam dunia perfilman saja karena flashcard juga efektif digunakan dalam belajar. Hal ini dikarenakan catatan-catatan kecil penting dapat Anda baca berulang kali di aktivitas sehari-hari. Hal ini cukup menguntungkan Anda dengan mengurangi belajar open book.

Penggunaan flashcard sendiri sudah banyak dilakukan oleh berabagai siswa di seluruh dunia, dan hasilnya kinerja efektivitas belajar dan prestasi mereka cenderung meningkat.

Anda dapat menempelkan kartu kecil yang berisi berbagai mata ajar dan rumus penting di setiap sudut ruangan yang sering anda lewati, seperti kaca kamar mandi, kaca kamar tidur Anda dan sudut-sudut tembok tempat tidur yang sering Anda lamunkan. Silakan mencoba dan lihat hasilnya.

7. Mintalah Dukungan dari Keluarga

* sumber: aifs.gov.au

Mengajak keluarga untuk ikut andil dalam mengatur waktu belajar Anda adalah cara yang sangat tepat. Hal ini dikarenakan manusia adalah mahluk sosial yang setiap waktu sangat suka diingatkan dalam melakukan berbagai hal.

Mengajak ibu dan saudara Anda untuk mengingatkan waktu belajar dan mendukung dalam proses belajar menuju konsisten. Dengan cara ini terbukti cukup efektif untuk menghindari aktivitas yang tidak perlu. Bahkan, apabila memungkinkan, Anda bisa mengajak keluarga untuk membentuk aturan dalam menciptakan belajar yang efektif dan kondusif bagi anaknya.

8. Belajar dengan Waktu Tanpa Perfeksionis

* sumber: www.merdeka.com

Ternyata semakin Anda perfeksionis maka semakin besar kemungkinannya bahwa cara belajar Anda salah. Hal ini dipengaruhi dari berbagai alasan dan waktu Anda untuk banyak berpikir, mengulur waktu yang tepat, dan pas untuk belajar. Alhasil, Anda tidak memulai waktu belajar dengan baik tetapi justru sibuk memikirkan waktu yang pas untuk Anda belajar.

9. Berikan Reward untuk Diri Sendiri

Berikan Reward untuk Diri Sendiri

* sumber: knowingo.com

Anda juga perlu tahu bahwa memberikan reward terhadap diri sendiri adalah hal yang wajib. Reward ini sebagai bukti prestasi yang harus anda dihargai oleh diri sendiri. Reward juga sebagai bentuk positif diri dan menjunjung rasa optimisme dan percaya diri dengan baik. Dengan sebuah reward maka waktu belajar Anda akan jauh lebih baik karena Anda merasa di hargai oleh diri sendiri dan sekitar.

10. Selalu Berdoa

* sumber: www.desiringgod.org

Setelah berbagai trik dan tips sudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk menunjang waktu belajar yang efektif dan konsisten, Anda tidak boleh lupa akan Kuasa Tuhan dalam setiap langkah Anda. Berdoa adalah salah satu tips yang mujarab bagi Anda untuk memulai segala aktivitas.  Untuk itu, yakinkan hati Anda untuk selalu berdekat diri kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk memohon atas apa yang Anda inginkan.

Itulah beberapa tips cara mengatur waktu belajar supaya Anda lebih mudah dalam meraih prestasi dan selalu konsisten untuk belajar tepat waktu. Gunakan waktu muda Anda sebaik-baiknya untuk mencapai waktu tua yang tenang dan sukses. Yuk, bagikan tips belajar lainnya di kolom komentar!

Semangat Anda kendur saat mau belajar? Jangan khawatir, Bacaterus punya tipsnya di artikel 10 Cara Membangkitkan Semangat Belajar agar Anda tidak malas belajar. Yuk, dicoba!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Saya seorang perawat yang punya hobby menulis, menyukai senja dan penikmat kopi putih, mari berproses bersama dalam hidup.

Leave A Comment