bacaterus web banner retina

Cara Mengatur Margin di Microsoft Word Ternyata Mudah, Lho!

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 26 Mei 2021

Menguasai cara mengatur margin di Microsoft Word merupakan sebuah pengetahuan yang akan mempermudah kamu untuk menyunting berbagai macam dokumen. Saat ini banyak sekali pekerjaan yang harus dilakukan melalui Microsoft Word. Tidak hanya dokumen standar, Word juga bisa membantumu untuk membuat surat, dokumen bisnis dan dokumen yang bersifat akademik.

Dokumen yang bersifat akademik meliputi karya ilmiah, skripsi, tesis, makalah dan jurnal lainnya. Untuk membuat dokumen-dokumen tersebut mempunyai aturan dan syarat tertentu yang harus diterapkan. Nah, melalui tulisan ini, kami akan membahas pentingnya Margin dan bagaimana cara mengatur margin di Word.

Fungsi Adanya Margin di Microsoft Word

Cara Mengatur Margin di Microsoft Word Ternyata Mudah, Lho! 1Sumber: answers.microsoft.com

Sebuah dokumen disebut baik jika layout dan penempatannya rapi dan sesuai dengan aturan pembuatan dokumen. Pada Microsoft Word, di bagian menu Page Layout terdapat menu yang dinamakan margin.

Definisi dari margin adalah sebuah fitur yang terdapat pada Microsoft Word yang gunanya untuk mengatur jarak antara bagian sisi kanan, kiri, atas dan bawah dokumen dengan hitungan centimeter.

Dengan adanya margin, kamu bisa mengatur orientasi pada dokumen apakah dokumen tersebut akan ditampilkan dalam bentuk memanjang ke samping atau landscape atau dalam bentuk memanjang ke atas atau portrait.

Dalam menu margin kamu bisa mengatur garis tepi dokumen. Ada beberapa pilihan garis tepi yang bisa kamu gunakan, misalnya tepi garis putus-putus dan garis yang bisa dimodifikasi sesuai dengan selera dan kebutuhanmu untuk ditempatkan di bagian ujung dokumen.

Lalu, apa saja sih fungsi dan adanya margin di dalam halaman Word? Ketika kamu ingin halaman dokumenmu rapi, kamu harus gunakan ukurang yang tepat. Nah, margin berfungsi seperti itu. Selain itu ada fungsi lainnya juga, seperti:

  • Mengatur jarak antara dokumen dan dokumen
  • Mengatur orientasi halaman Word. Misalnya bentuk landscape atau portrait.
  • Mengatur batas tepi pada teks di halaman Word.

Jenis-Jenis Margin

Margin terdiri dari beberapa jenis. Di dalam produk Microsoft ini terdapat tampilan bentuk halaman yang bisa kamu sesuaikan. Setiap bentuk tampilan margin mempunyai ukurannya masing-masing. Ini dia beberapa jenis Margin yang terdapat di dalam Microsoft Word.

Yang pertama ada Margin Top. Margin ini berfungsi untuk mengatur di bagian atas sebuah halaman kertas dokumen.

Margin Bottom berguna untuk mengatur batas bagian bawah kertas dokumen. Ada pula margin kiri dan margin kanan. Kedua margin ini berguna untuk mengatur batas kertas sebelah kiri dan kanan agar kedua sisi itu rapi.

Di dalam Margin ada yang disebut dengan Margin Gutter dan Margin Position. Yang ini berguna untuk mengatur jarak di sebelah kiri kertas sehingga nanti isi halaman tidak terhalang penjepit kertas.

Sedangkan Margin Gutter Position bisa kamu tempatkan di mana pun di halalaman yang akan kamu jadikan jilid.

Baca juga: Tutorial Cara Membuat Header dan Footer di Microsoft Word

Mengatur Margin di Word

Cara Mengatur Margin di Microsoft Word Ternyata Mudah, Lho! 5Sumber: businessinsider.id

Margin dan luas kertas mempunyai keterikatan yang tidak bisa dipisahkan. Mengatur harus sesuai dengan luas kertas yang digunakan. Untuk mendapatkan margin jarak tepi kertas yang baik pada dokumen ada ukuran-ukurannya tersendiri.

Masing-masing dokumen mempunyai halaman margin yang bermacam-macam. Ada ukuran default dan custom yang bisa kamu sesuaikan. Nah, ini nih beberapa cara mengatur margin untuk dokumen-dokumen tertentu yang bisa kamu praktikan.

1. Cara Mengatur Margin Umum

Cara Mengatur Margin di Microsoft Word Ternyata Mudah, Lho! 7Sumber: techonthenet.com

Di atas sudah disinggung bahwa margin merupakan jarak antartepi di dalam sebuah halaman Microsoft Word. Pembuatan margin berbeda-beda bergantung pada jenis dokumen yang dibuat. Jenis kertas yang digunakan pun mempengaruhi margin dokumen yang kamu buat.

Misalnya jika kamu menggunakan kertas A4, biasanya margin dokumen yang digunakan adalah bagian atas: 3 cm, kanan: 3 cm, bawah: 3 cm dan kiri: 4 cm. Margin ini biasa disebut 4433 dan margin 4333. Nah bagaimana cara mengatur margin-nya? Begini caranya.

  • Cari menu Page Layout atau Layout.
  • Klik Margin. Nantinya Microsoft Word akan mengarahkanmu pada menu pengaturan Margin.
  • Di dalam menu Margin terdapat angka-angka yang bisa kamu pilih. Kolom-kolom tersebut menentukan berapa ukuran Margin yang ingin kamu tempatkan di sudut halaman, misalnya di bagian kanan, kiri, atas atau bawah.
  • Pilih custom Margins jika kamu ingin mendapatkan ukuran Margin yang kamu butuhkan. Tinggal masukan angka-angka Margin sisi kanan, kiri, atas dan bawah di kolom yang tersedia.

2. Cara Mengatur Margin untuk Penjilidan

Mengatur margin bukan hanya diperuntukan bagi dokumen saja, jilid dokumen pun harus kamu atur Marginnya. Ini penting agar jilid dan dokumen terlihat rapi dan teratur dari mulai lebar di sisi kiri dan kanan halaman dokumen.

Apakah mengatur margin lebih sulit? Tidak sulit kok. Mengatur margin, baik itu untuk isi dokumen atau pun untuk jilid caranya tidak rumit. Hanya saja kamu perlu memperhatikan penyesuaian margin karena biasanya ada dokumen yang dicetak bolak-balik.

Kami sudah merangkum beberapa angkah yang harus kamu tempuh untuk mengatur margin penjilidan.

  • Yang pertama harus kamu lakukan adalah membuka menu Page Layout atau Layout.
  • Cari menu Margins dan Custom Margins.
  • Pada menu Custom Margin, cari Multiple Page dan pilih opsi Normal.
  • Kemudian, pada kotak Gutter, masukkan ukuran Margin yang kamu perlukan.
  • Pada kotak Gutter Position, atur posisi Gutter di sebelah kiri. Dengan cara ini dokumen yang akan kamu cetak nanti akan mempunyai spasi untuk dijilid di sisi kiri.

3. Mengatur Margin pada Buku atau Majalah

Cara Mengatur Margin di Microsoft Word Ternyata Mudah, Lho! 11Sumber: printondemand.co.id

Nah, sekarang yuk kita ulas lebih dalam mengenai mengatur margin pada buku atau majalah. Buku dan majalah pun salah satu karya tulis yang diolah melalui Microsoft Word. Ini berarti untuk membuat buku dan majalah diperlukan penyesuaian layout agar terlihat rapi.

Jarak tepi di buku dan di majalah mempunyai kesamaan. Isi halaman lembarnya biasanya akan lebih menjorok ke tengah halaman. Apalagi biasanya buku dan majalah dicetak bolak-balik.

Oleh sebab itu, margin perlu disesuaikan, baik itu untuk halaman yang berjumlah ganjil atau genap. Penyesuaian ini disebut dengan mirror Margins.

Mirror Margins memang didesain untuk mengatur letak halaman yang akan dicetak dua sisi bolak-balik. Langkah-langkah untuk lakukan untuk mengatur Margin pada buku dan majalan adalah sebagai berikut.

  • Pertama-tama buka menu Page Layout.
  • Setelah itu, cari menu Custom Margins.
  • Pada kolom Multiple Pages, pilih opsi Mirror Margins. Pada menu ini terdapat tambahan kolom Inside dan Outside, isikan kolom tersebut dengan ukuran yang sama.

Itu dia cara mengatur margin di Word yang bisa kamu ikuti. Ternyata tidak sesulit yang dijelaskan dalam teori menggunakan Microsoft word, kan? Microsoft word punya banyak manfaat yang bisa kita peroleh. Ini akan sangat membantu dalam membuat dokumen. Dokumen yang kamu buat bisa lebih rapi dan sesuai dengan standar pembuatan masing-masing dokumen.

Jadi, bukan hal yang sia-sia kalau kamu ngulik Microsoft Word. Pasalnya produk Microsoft ini mempunyai peran dan manfaat yang sangat banyak. Yuk pelajari!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram