Bacaterus / Toilet / Ini Dia 7 Cara Mengatasi WC Penuh yang Paling Mudah & Cepat

Ini Dia 7 Cara Mengatasi WC Penuh yang Paling Mudah & Cepat

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Oktober 2019

WC mampet atau penuh seringkali disebabkan karena kebiasaan membuang benda-benda ke dalamnya. Benda yang sering dibuang ke dalam WC antara lain adalah tisu, pembalut, sampai dengan popok bayi. Ketahuilah bahwa membuang benda apapun ke dalam WC hanya akan menimbulkan masalah WC penuh. Kamu jadi tidak bisa memakai WC itu lagi sampai WC-nya dinyatakan lancar.

Untuk mengatasi WC penuh, kamu tidak harus buru-buru memanggil jasa sedot WC, lho. Bacaterus akan berbagi sejumlah cara yang bisa kamu pakai untuk melancarkan WC  yang mampet atau penuh. Kalau bisa diatasi sendiri, kenapa harus repot-repot membayar jasa?

1. Plastic Wrap

Plastic Wrap

* sumber: www.topsimages.com

Kamu pasti tahu plastic wrap, kan? Plastik bening yang biasa dipakai untuk menutup buah potong atau makanan di supermarket. Nah, plastik ini bisa membantumu menyelesaikan masalah WC penuh secara cepat, lho. Apalagi harga plastic wrap ini juga tidak mahal.

Apabila plastic wrap sudah tersedia, segera lapisi bagian tempat duduk WC yang berlubang dengan plastic wrap ini. Setelah plastic wrap sudah menutup semua bagian tempat duduk WC, tekan tombol flush. Pada saat plastiknya mengembang, tekan plastik berkali-kali.

Menekan plastik berkali-kali akan membuat udara terdorong masuk ke lubang WC sehingga benda yang menyumbang WC ikut terdorong keluar ke septic tank. Lakukan cara ini beberapa kali jika dalam satu kali percobaan kamu tidak berhasil mengeluarkan benda yang membuat WC-mu penuh.

2. Gantungan Baju dari Kawat

Gantungan Baju dari Kawat

Gantungan baju alias hanger bisa menjadi benda yang membantumu mengeluarkan benda yang menyumbat WC. Namun, pastikan bahwa kamu memakai hanger yang terbuat dari kawat, ya. Potong hanger tersebut dan luruskan. Pada bagian kait hanger sebaiknya dilapisi kain perca agar tidak menggores kloset.

Masukkan bagian kait ke dalam WC, lalu buat gerakan mendorong dan menarik keluar. Jika benda yang membuat WC tersumbat ada di dekat lubang luar WC, maka kamu bisa menariknya dengan mudah. Akan tetapi, jika bendanya berada terlalu dalam, perbanyak gerakan mendorong agar bendanya keluar menuju ke septic tank.

Sesudah mendorong sumbatannya keluar dari WC, tarik hanger dari dalam WC dan tekan tombol flush agar sumbatannya semakin terdorong dan masuk ke dalam septic tank. Namun, jika WC masih mampet sebaiknya temukan cara lain untuk mengatasi masalah WC tersumbat ini.

3. Garam Batu dan Soda Kue

Garam Batu dan Soda Kue

* sumber: homeguides.sfgate.com

Tak perlu panik jika kamu menemukan WC-mu penuh karena tersumbat sesuatu di dalamnya. Ada cara yang cukup ampuh untuk melancarkan WC mampet, yakni dengan menggunakan garam batu dan soda kue. Kedua bahan ini bisa dibeli di toko bahan-bahan kue kok.

Pertama-tama, pastikan bawah air yang menggenangi lubang WC berada di garis normal alias tidak terlalu naik ke atas. Sesudah itu, masukkan satu cangkir (500 gram) garam batu. Kemudian, lanjutkan dengan memasukkan satu cangkir soda kue. Akhiri dengan menuang satu liter air panas yang mendidih ke dalam lubang WC.

Setelah melakukan cara ini, sebaiknya WC tidak dipakai selama kurang lebih 8 jam atau semalaman. Bila sudah lewat semalaman, tekan tombol flush berkali-kali untuk menggelontor sumbatan di dalam WC. Namun, kalau WC masih mampet cobalah memompanya dengan pompa WC yang banyak dijual di pasaran.

4. Sabun Cair Pencuci Piring

Sabun Cair Pencuci Piring

* sumber: www.mrrooter.com

Kamu pasti tak akan menyangka bahwa sabun cair pencuci piring di dapurmu bisa menjadi ‘penyelamat’ untuk menuntaskan masalah WC penuh. Ya, sabun cair pencuci piring bisa menjadi solusi mengeluarkan sumbatan WC tanpa mengandalkan jasa sedot WC.

Cara mengatasi WC penuh dengan sabun cair pencuci piring adalah tuangkan satu cangkir sabun cuci piring ini ke dalam lubang WC. Biarkan sabun mengendap di lubang WC selama beberapa menit, lalu siramkan air panas yang masih mendidih ke dalamnya. Setelah airnya agak surut, tekan tombol flush untuk mendorong sumbatan di dalam WC keluar hingga ke septic tank.

Sabun cair pencuci piring sangat bermanfaat untuk melicinkan pipa saluran WC untuk mempermudah sumbatan di dalamnya keluar. Meskipun cara ini akan menghabiskan sabun cuci piringmu, tapi cara ini cukup ampuh dan layak untuk dicoba.

5. Soda Api

Soda Api

* sumber: codegue.com

Sudah menjadi rahasia umum jika soda api dikenal sebagai bahan ampuh untuk menuntaskan sumbatan di berbagai saluran. Jika saluran WC mampet sehingga menyebabkan klosetmu penuh, coba saja menggunakan soda api untuk mengatasinya. Akan tetapi, kamu harus waspada dalam mengaplikasikan soda api karena benda ini bersifat panas dan bisa membuat kulit terbakar.

Gunakan sarung tangan dan masker ketika mengaplikasikan soda api. Soda api biasanya berbentuk kepingan seperti gula batu. Masukkan soda api ke dalam lubang kloset. Untuk mengoptimalkan cara ini, kamu boleh menyiramkan air panas ke dalam kloset. Tunggu selama beberapa saat dan hindari menggunakan kloset selama 8 jam.

Soda api akan menghancurkan benda yang menyumbat WC hingga menjadi partikel-partikel kecil yang mudah dikeluarkan ke septic tank. Tak perlu kaget jika melihat gelembung-gelembung saat soda api dimasukkan ke dalam WC karena itu merupakan reaksi alami dari soda api yang terkena air.

6. Cuka dan Soda Kue

Cuka dan Soda Kue

Selain garam batu, ternyata cuka yang dikombinasikan dengan soda kue juga bisa menjadi bahan yang ampuh untuk mengatasi sumbatan pada WC. Perpaduan dua bahan yang murah meriah ini akan mengeluarkan benda yang menyumbat WC-mu sampai menuju ke septic tank.

Sediakan satu cangkir soda kue dan dua cangkir cuka putih untuk melakukan cara ini. Pertama, tuangkan dulu soda kuenya ke dalam lubang WC, lalu disusul dengan menuangkan cuka dengan gerakan memutar. Kedua bahan ini mungkin akan membuat air di dalam WC jadi bergelembung, jangan panik karena hal tersebut sangat wajar. Diamkan WC selama kurang lebih satu jam.

Jika sudah satu jam berlalu, tekan tombol flush untuk mengecek apakah WC-mu sudah bebas mampet atau tidak. Kalau WC masih penuh, tambahkan lagi satu cangkir soda kue dan dua cangkir cuka, kemudian jangan gunakan WC selama semalaman. Keesokan harinya, silakan mencoba menekan tombol flush lagi.

7. Botol Plastik

Botol Plastik

Yang satu ini adalah cara yang paling murah untuk mengatasi WC tersumbat. Kamu hanya memerlukan satu botol plastik bekas air mineral berukuran 1,5 liter. Lubang botol ini nantinya diletakkan di dalam lubang WC. Kemudian, kamu hanya perlu memencet bagian tubuh botol untuk mendorong angin ke dalam lubang WC.

Cara yang satu ini cukup efektif mengeluarkan sumbatan dari dalam WC-mu. Namun, jangan berekspektasi lebih karena cara ini belum tentu berhasil.

Nah, itulah berbagai cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi WC yang penuh. Semoga cara ini bisa bermanfaat untukmu, ya! Jika cara-cara ini tidak membantu, pertimbangkan untuk meminta bantuan jasa sedot WC untuk melancarkan klosetmu.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar