bacaterus web banner retina

Cara Mengatasi WC Mampet dengan Garam Agar Lancar Lagi

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 10 Agustus 2021

Pernahkah WC di rumahmu mampet? Kalau WC mampet pasti menimbulkan masalah yang cukup besar karena akan mengganggu rutinitas penghuni rumah. Selain itu, WC mampet juga bisa menimbulkan penyakit karena akan muncul banyak bakteri dari WC yang mampet tersebut. Kamu pasti tak mau mengalami hal seperti ini di rumahmu, bukan?

Penyebab WC Jadi Mampet

Sebelumnya kamu harus tahu terlebih dahulu apa yang menyebabkan WC kamu mampet. Ada beberapa hal yang menyebabkan WC kamu jadi bermasalah. Berikut ini penjelasannya:

  • Septic Tank Sudah Penuh
Septic Tank Sudah Penuh

* sumber: conroesepticpumping.com

Penyebab pertama WC mampet adalah septic tank atau tempat pembuangan tinja yang penuh. Hal ini diakibatkan oleh endapan lumpur tinja. Kalau lumpur tinja sudah memenuhi septic tank, maka bisa dipastikan WC di rumahmu akan mengalami mampet.

Ini dikarenakan air yang disiramkan ke dalam kloset mengalir dengan lebih lambat sehingga feses tidak tenggelam ke dalam toilet. Bila kamu mengalami masalah seperti ini, terpaksa kamu menguras septic tank di rumahmu. Caranya tentu dengan memanggil jasa sedot WC di dekat rumahmu.

  • Terdapat Sumbatan pada Leher atau Badan Pipa
Terdapat Sumbatan pada Leher atau Badan Pipa

* sumber: srbu.ru

Selain disebabkan oleh masalah septic tank yang penuh, WC mampet juga bisa diakibatkan oleh adanya sumbatan di leher atau badan pipa dari WC yang terhubung ke septic tank. Sumbatan ini bisa dalam bentuk lumpur tinja yang mengeras untuk waktu yang relatif lama, tisu, plastik, atau juga lumut.

  • Lubang Ventilasi Tersumbat

Lubang Ventilasi Tersumbat

Penyebab WC mampet selanjutnya yaitu karena lubang ventilasi yang terdapat pada septic tank tersumbat. Fungsi dari lubang ventilasi ini yaitu untuk melepas udara yang berada di dalam septic tank. Selain itu  juga untuk melepas CH4 atau gas metana yang terbentuk karena proses anaerobik.

Cara Mengatasi WC Mampet

Cara Mengatasi WC Mampet

* sumber: www.rukita.co

Kalau rumahmu kebetulan mengalami hal seperti ini, tak perlu khawatir dan bingung. Tentu cara yang paling mudah adalah memanggil tukang reparasi pipa kamar mandi atau jasa sedot WC. Namun sebelum memanggil mereka, kamu sebenarnya bisa mengatasinya sendiri menggunakan bahan-bahan di rumah.

1. Cara Mengatasi WC Mampet dengan Garam

Cara Mengatasi WC Mampet dengan Garam

* sumber: www.rukita.co

Tahukah kamu bahan-bahan di dapur bisa dipakai untuk mengatasi masalah ini? Salah satunya adalah garam. Keuntungan memakai garam untuk mengatasi WC yang mampet yaitu, pertama garam merupakan bumbu dapur yang selalu ada di rumah dan tentunya mudah untuk mendapatkanya.

Yang kedua, mengatasi WC mampet menggunakan garam selain mudah didapat juga efisien dan terjangkau karena harga garam terbilang murah. Kamu bisa memakai garam balok atau garam kasar yang biasa dijual di warung, toko atau pasar di dekat rumahmu.

Lalu, bagaimana cara melakukannya? Sebenarnya, caranya sangat mudah bila kamu melakukannya dengan benar. Di bawah  ini akan dijelaskan cara mengatasi WC mampet dengan garam. Simak, ya.

Siapkan garam, bisa garam balok atau garam kasar, terlebih dahulu. Banyaknya garam yang harus disiapkan setidaknya dua bungkus. Kemudian sesudah itu, buka bungkus garamnya lalu tuangkan garam secukupnya ke dalam lubang kloset. Diamkan sekitar selama 2 jam.

Bila dirasa sudah cukup, kamu bisa gunakan air panas untuk menyiram lubang kloset tersebut. Kamu juga dapat menambahkan baking soda. Kamu bisa menambahkan baking soda untuk mendapatkan hasil yang maksimal ketika kamu membersihkan serta mencegah WC mampet di rumah.

Cara melakukannya pun mudah sekali. Sesudah kamu memasukkan garam ke dalam lubang kloset tambahkan kurang lebih satu cangkir baking soda. Setelah itu, tuangkan sekitar 1 liter air panas lalu diamkan selama semalaman atau sekitar 8 jam.

Kalau WC milikmu masih mampet, gunakan pemompa WC yang berupa tongkat berujung mangkuk karet untuk dorong penyumbat keluar. Telungkupkan mangkuk pemompa WC tersebut di atas lubang WC kemudian pompa berulang kali sampai saluran menjadi tak tersumbat lagi.

2. Cara Mengatasi WC Mampet Menggunakan Bahan Lain

Selain menggunakan garam, ada bahan lain yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah WC mampet di rumahmu. Bahan yang digunakan ini dapat dengan mudah kamu temukan di rumah atau di beli di toko dan warung.

  • Cara Mengatasi WC Mampet Menggunakan Sabun Cuci Piring
Cara Mengatasi WC Mampet Menggunakan Sabun Cuci Piring

* sumber: blog.roomme.id

Toilet di rumahmu bisa saja tersumbat karena kertas, pembalut, atau juga tissue yang dibuang ke dalam WC. Untuk masalah ini, kamu bisa coba gunakan sabun cuci piring untuk mengatasinya.

Cara menggunakan sabun cuci piring untuk mengatasi toilet yang mampet yaitu pertama dengan memastikan air dalam toilet tak terlalu penuh ataupun meluber. Jika airnya masih penuh, tunggulah sesaat sampai air surut dan kembali seperti semula.

Selanjutnya adalah menuangkan sabun cuci piring cair ke dalam toilet. Kemudian tuangkan air panas lalu diamkan untuk beberapa saat.

Sabun yang dituangkan tadi akan membantu melonggarkan saluran WC sehingga bisa mendorong berbagai penyumbat untuk melewati bagian pipa. Terakhir, siram toilet seperti biasa supaya bisa tahu apakah toilet sudah bebas sumbatan atau tidak.

  • Cara Mengatasi WC Mampet Menggunakan Plastik Pembungkus Makanan
Cara Mengatasi WC Mampet Menggunakan Plastik Pembungkus Makanan

* sumber: www.rukita.co

Cara mengatasi WC mampet yang lainnya yaitu dengan menggunakan plastik pembungkus makanan. Plastik ini bisa dengan mudah kamu dapatkan di supermarket. Biasanya digunakan sebagai pembungkus makanan atau buah potong.

Persiapkan plastik pembungkus makanan lalu pakai untuk menutupi tempat duduk WC. Pastikan plastik tersebut benar-benar menempel pada dudukan WC. Kemudian tekan tombol flush. Sesudah tombol flush ditekan, plastik tadi akan mengembang dan kamu harus berulang-ulang menekan plastik tersebut.

Tujuan penggunaan plastik pada tempat duduk WC adalah untuk menekan balik udara ke dalam WC sehingga benda yang menyumbat WC terdorong oleh udara tersebut. Hasilnya, aliran air WC pun lancar kembali.

  • Cara Mengatasi WC Mampet Menggunakan Soda Api
Cara Mengatasi WC Mampet Menggunakan Soda Api

* sumber: www.bibliotika.com

Bahan berikutnya yang bisa digunakan sebagai cara mengatasi WC mampet adalah dengan soda api. Kamu bisa membeli soda api di toko-toko bangunan. Cara mengunakan soda api untuk masalah WC mampet juga tak beda dari bahan yang lain.

Cukup sediakan soda api kira-kira setengah plastik. Kemudian tuang soda api ke dalam wadah lalu campur dengan air. Siramkan campuran air dan soda api ke dalam lubang WC. Biarkan semalaman lalu besoknya segera siram lubang WC dengan air yang bervolume tinggi.

Namun, ketika akan menggunakan soda api sebagai cara mengatasi WC mampet, hal-hal berikut ini harus diperhatikan, khususnya dari masalah keselamatan. Salah satu bahaya soda api yang sudah dikenal banyak orang adalah bisa mengakibatkan luka bakar pada kulit yang sangat parah.

Saat membersihkan WC mampet menggunakan soda api, pastikan kamu memakai sarung tangan karet. Dengan memakai sarung tangan kulitmu akan terhindar dari kontak dengan soda api secara langsung. Segera cuci kulit yang terkena soda api dengan menggunakan air mengalir sebanyak mungkin.

Saat dicampur dengan air, soda api akan bereaksi seperti air mendidih yang disertai letupan-letupan kecil. Supaya tidak ada reaksi gas yang terhirup kemudian masuk ke dalam tubuh, pastikan untuk mengenakan masker mulut atau hidung juga.

Gunakan juga pelindung mata dan ketika menuangkan soda api ke dalam lubang WC jauhkan wajahmu. Tujuannya yaitu supaya kamu tidak terkena percikan dari hasil reaksinya.

Soda api mampu untuk menghangatkan air yang tercampur dengan bahan tersebut. Jadi, kalau kamu memakai soda api, tak perlu lagi menambahkan air panas. Justru air dengan suhu yang terlalu panas akan merusak pipa PVC pada saluran pembuangan.

Untuk mengatasi WC tersumbat menggunakan soda api perlu ekstra hati-hati. Soda kaustik merupakan sebutan lain untuk soda api dan nama pasarannya adalah Soidum hidroksida atau NaOH. Saat bereaksi dengan air, akan timbul gelembung yang membantu menghancurkan penyumbat bersifat organik.

Ternyata cara untuk mengatasi WC yang tersumbat tak terlalu sulit. Bahkan bahan yang digunakannya pun beberapa ada yang bisa didapat dari dapur, seperti baking soda dan garam. Jadi, lain kali kalau WC di rumah kamu mampet, cobalah salah satu cara di atas.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram