Bacaterus / Kamar Mandi / Tak Ada Tukang Ledeng? Ini 10 Cara Mengatasi Wastafel Mampet

Tak Ada Tukang Ledeng? Ini 10 Cara Mengatasi Wastafel Mampet

Ditulis oleh - Diperbaharui 23 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Saluran air yang tersumbat adalah hal yang wajar, dan pasti Anda pernah mengalaminya setidaknya sekali dalam hidup. Kadang, tukang ledeng tak selalu ada di jangkauan. Kalaupun ada, pada masa pandemi seperti ini rasanya agak sedikit takut jika orang asing datang ke rumah. Tenang, karena Anda selalu bisa mengandalkan internet untuk memperbaiki saluran air mampet, kok.

Anda juga bisa hemat uang. Soalnya, terkadang wastafel mampet karena hal sepele, dan Anda bisa membetulkannya sendiri dengan benda-benda sederhana yang harganya juga murah. Bacaterus telah mengumpulkan cara-cara yang mudah yang dapat dilakukan sendiri di rumah untuk melancarkan sumbatan pada wastafel.

1. Air Mendidih

* sumber: thepracticalplanter.com

Apakah cara paling simpel untuk mengatasi wastafel mampet? Air panas yang mendidih! Ini adalah solusi termudah dan paling murah dari semuanya. Menjadikannya solusi terbaik untuk dicoba pertama kali sebelum Anda melakukan percobaan lain, apalagi memanggil tukang ledeng. Masak air yang cukup banyak hingga mendidih.

Sambil menunggu air panas, buang air sebanyak yang Anda bisa dari wastafel menggunakan cangkir, gayung, atau apapun juga terserah Anda. Kalau bisa, sih, sampai surut banget air yang ada di wastafelnya. Kalau air sudah mendidih, tuang ke wastafel atau langsung ke pembuangan airnya. Anda mungkin perlu melakukan metode ini beberapa kali hingga berhasil.

2. Garam dan Air Mendidih

* sumber: www.simplemost.com

Menambahkan garam pada air mendidih bisa menjadi ‘obat’ yang lebih kuat untuk melancarkan kembali wastafel mampet. Tapi, gambar di atas hanya ilustrasi, ya. Sebenarnya cara menggunakan garam dan air mendidihnya itu terpisah.

Pertama-tama, keringkan wastafel (buang air sebanyak yang Anda bisa dari sana), lalu tuangkan ½ cup (sekitar 145 gram) garam meja ke saluran pembuangannya. Diamkan selama beberapa menit, baru siram dengan air panas mendidih.

3. Cuka dan Soda Kue

Selain garam, cuka juga bisa jadi sangat membantu, loh. Sama seperti cara di atas, buang air yang menggenang terlebih dahulu. Lalu, tuangkan sekitar 1 cup (sekitar 230 gram) atau lebih baking soda ke dalam saluran pembuangan air. Dan, lanjutkan dengan menyiram cuka (bisa cuka putih, cuka apel, apapun yang Anda punya di rumah) di atas baking soda.

Nanti akan ada reaksi kimia yang menyenangkan untuk ditonton! Baking soda yang bertemu cuka akan menghasilkan gelembung. Ketika gelembungnya mereda, tutup saluran wastafel dengan stopper. Tunggu sekitar 15 menit, lalu siram dengan air panas mendidih. Jika jalur pembuangan air masih tersumbat, lakukan ulang.

4. Garam dan Soda Kue

*Sumber: https://id.pinterest.com/pin/65231894590742796/

Sekarang, mari kita pertemukan baking soda dengan garam. Kalau Anda tak punya cuka, metode ini bisa menjadi pilihan. Ini adalah kombinasi lain yang dapat bekerja pada wastafel yang menggenang.

Campurkan sekitar 1 cup soda kue dengan 1/2 cup garam, lalu tuangkan langsung ke saluran pembuangan. Biarkan campuran di saluran tersebut selama beberapa jam, baru setelah itu disiram dengan air mendidih. Anda dapat mengulangi proses ini jika tidak berhasil pertama kali.

5. Drain Cleaner

Drain cleaner adalah produk pembersih rumah, kamar mandi, dan dapur. Jadi, ‘drain cleaner’ itu nama bendanya, ya, bukan merknya. Produk seperti ini biasanya tersedia di toko hardware atau toko perkakas rumahan. Anda juga bisa mencarinya di marketplace online dengan merk dan harga bervariatif.

6. Alat Sedot/Pompa Toilet

* sumber: www.thespruce.com

Drain plunger adalah alat sedot atau pompa toilet, tapi Anda bisa menggunakannya juga untuk mengatasi wastafel macet. Jika kombinasi dan percobaan di atas tidak berhasil mengatasi wastafel Anda yang macet, segera raih alat ini.

Tempatkan plunger dengan kuat di atas pembuangan air, lalu tarik-ulur dengan kuat beberapa kali. Saat Anda mendengar suara air yang terbuang (mengalir di saluran pembuangan), lepaskan alat sedot toilet lalu siram saluran pembuangan dengan air hangat (tak perlu air mendidih).

7. Gantungan Baju Kawat

* sumber: www.ahs.com

Anda pasti punya hanger di rumah, kan? Ambil satu yang terbuat dari kawat tipis, yang tak akan Anda pakai lagi. Karena, setelah Anda ‘obrak-abrik’, mungkin si kawat ini tidak bisa Anda bentuk jadi hanger lagi.

Jika Anda tidak memiliki plumber’s snake (yang akan dibahas di bawah), Anda dapat menggunakan gantungan kawat dengan cara meluruskannya terlebih dahulu. Tentu saja, ini tidak akan mencapai saluran pembuangan air sejauh plumber’s snake. Tapi, mungkin cukup jauh untuk membersihkan apapun yang membuat saluran wastafel macet.

Masukkan kawat bekas gantungan baju ini ke dalam saluran pembuangan. Berhati-hatilah untuk tidak mengenai wastafel Anda dengan kawat tersebut, ya! Takutnya nanti berbekas, soalnya.

8. Plumber’s Snake

* sumber: www.dummies.com

Ini dia si ular saluran air alias plumber’s snake. Jika tak ingin membongkar saluran air, Anda bisa mengandalkan ular ini. Nama lain dari plumber’s snack adalah auger drain. Alat ini memiliki bentuk yang spiral melingkar dengan tebal 1/4 inci (0,635 cm).

Dengan pegangan di ujung satunya untuk tangan Anda, ular ini dipergunakan sebagai pendorong kotoran dalam pipa. Alat ini sangat berguna karena bisa mencapai ujung pipa tanpa kesulitan.

9. Buka Saluran Pembuangan

* sumber: restyledjunk.com

Langkah lanjutan adalah dengan membuka disposal alias saluran pembuangan. Jika semua cara di atas tidak kunjung berhasil, bukalah bagian yang ada pada gambar di atas. Kira-kira ada sampah apa yang membuat air benar-benar tidak bisa mengalir.

Tapi, Anda perlu berhati-hati, apalagi jika wastafel Anda ada opsi air panasnya. Karena, bagian ini bisa overheat. Jadi, sebelum membongkar, gunakan sarung tangan karet yang tebal dan siapkan ember di bawah salurannya juga.

10. Bersihkan P-trap

* sumber: www.rucika.co.id

Setelah membuka saluran pembuangan, saatnya membersihkannya. Kalaupun tak ada sampah yang berarti, tak ada salahnya Anda membersihkan mereka, bukan? Toh, untuk mencegah wastafel mampet di kemudian hari juga. Bagian yang biasanya bisa dibongkar pasang dan dibersihkan adalah P-trap.

Ini adalah pipa pembuangan yang berbentuk melengkung. Karena bentuknya berkelak-kelok, kadang ada sampah yang menyangkut di sini. Bersihkanlah. Kalau bagian ini sudah terlihat jelek atau longgar, Anda bisa menggantinya dengan yang baru.

Untuk mencegah saluran air wastafel agar tidak tersumbat di masa depan, ada beberapa pencegahan yang bisa Anda lakukan. Seperti tidak membuang minyak (aneka minyak, baik itu VCO, minyak zaitun, cleansing oil, apalagi minyak goreng bekas) pada wastafel.

Kalaupun Anda terpaksa melakukannya, langsung bilas saluran pembuangan dengan air panas untuk mencegah minyak membeku. Gunakan saringan supaya tak ada kotoran, sampah, maupun helai rambut yang masuk ke saluran pembuangan air.

Agar wastafel Anda tetap bersih dan tercium segar, sering-sering menuangkan soda kue dan cuka ke saluran pembuangan airnya. Biarkan beberapa saat sebelum Anda siram dengan air hangat. Psst, Anda bisa juga menggunakan perasan air lemon dengan cara yang sama, loh! Ternyata cara mengatasi wastafel mampet tidak sesulit yang dibayangkan, ya?

Oh iya, selain wastafel kami juga pernah bahas soal menangani WC mampet. Kalau Anda punya masalah soal WC mampet, bisa cari tahu solusinya di artikel Cara Menggunakan Soda Api untuk WC Mampet ini, ya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *