bacaterus web banner retina

8 Cara Mudah Mengatasi Saluran Air Mampet Karena Lemak

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 25 Desember 2020

Wastafel di dapur merupakan salah satu bagian rumah yang paling penting karena sering digunakan untuk mencuci bahan makanan dan perabotan masak. Namun, terkadang justru bagian itu lupa untuk diperhatikan. Saat mencuci perabotan masak, sisa-sisa bumbu ikut terbawa air dan masuk ke dalam saluran air dan lama-kelamaan menjadikannya tersumbat.

8 Cara Mengatasi Saluran Air Mampet

Penyebab wastafel tersumbat salah satunya karena lemak yang dihasilkan dari sisa-sisa bumbu masakan. Ketika lemak itu mengendap dan berubah menjadi gumpalan, maka akan menyebabkan masalah pada saluran air. Kalau kamu menghadapi masalah seperti ini, berikut ada cara mengatasi saluran air mampet karena lemak yang bisa kamu praktekkan di rumah

1. Menggunakan Cairan Bahan Kimia

Menggunakan Cairan Bahan Kimia

* sumber: www.greenapplemechanical.com

Untuk mengatasi saluran yang mampet sekarang ini di pasaran tersedia banyak produk berbahan kimia yang bisa dengan mudah kamu beli. Produk-produk tersebut khusus dirancang untuk melancarkan saluran pembuangan air.

Biasanya cairan ini efektif digunakan sebagai cara mengatasi saluran air mampet karena lemak. Karena sesudah cairan kimia tersebut dituangkan ke saluran air yang bermasalah, bahan tersebut akan langsung menghancurkan timbunan lemak serta kotoran. Selain itu kuman penyebab bau tak enak pun bisa mati.

Ingat untuk selalu mengikuti aturan pemakaian saat menggunakan cairan bahan kimia tersebut. Meskipun diakui dengan cairan tersebut lemak bisa hilang, ketika menggunakannya tetap perlu kehati-hatian. Contohnya yaitu anjuran pemakaian sarung tangan pelindung.

Selain untuk faktor keamanan, mengikuti instruksi di kemasan, bertujuan supaya bahan ini bisa bekerja lebih efektif. Misalnya dengan menggunakan soda api sebagai cara mengatasi saluran air mampet karena lemak. Kalau pakai soda api, cukup tuangkan cairan bahan kimia tersebut di saluran tersumbat.

Kemudian sesudah itu tuangkan air lalu biarkan sekitar 6 jam supaya bahan kimia tersebut bisa bereaksi dengan baik. Tahap akhir yaitu dengan dengan menyiram saluran sampai air dapat  mengalir dengan lancar.

2. Menggunakan Baking Soda dan Cuka

Menggunakan Baking Soda dan Cuka

* sumber: shanksterbros.net

Kalau kamu hobi buat kue, pasti sudah tak asing lagi dengan baking soda. Bahan ini adalah salah satu bahan baku yang sering digunakan dalam pembuatan kue atau pastry. Ternyata kegunaan lain dari baking soda selain untuk memasak, bisa juga digunakan untuk membersihkan saluran air.

Itu karena adanya kandungan alkalin dalam baking soda mampu membantu untuk menguraikan lemak serta kotoran. Cara menggunakannya yaitu dengan mencampurkan baking soda dan cuka. Perbandingannya 1:1.

Sesudah itu, tuang campuran cuka dan baking soda tadi ke dalam saluran air lalu biarkan selama sekitar 5 menit. Cuka yang asam akan berfungsi sebagai pengembang untuk baking soda tersebut bisa membantu meluruhkan minyak.

5 menit sesudah didiamkan, sikatlah saluran air tersebut dengan sikat kamar mandi sembari menyiramnya menggunakan air sampai bersih. Mudah bukan?

3. Menggunakan Garam dan Baking Soda

Menggunakan Garam dan Baking Soda

* sumber: www.thriftyfun.com

Selain menggunakan campuran baking soda dan cuka, cara mengatasi saluran air mampet karena lemak juga bisa menggunakan garam. Mengapa garam bisa dipakai untuk membantu meluruhkan lemak yang ada pada saluran air? Itu karena garam punya sifat yang kesat dan tekstur yang abrasif.

Campuran garam dan baking soda bisa kamu coba untuk membersihkan kotoran yang membandel yang menempel di saluran air. Kamu bisa membuat campuran baking soda dan garam dengan perbandingan 1:1.

Kemudian campuran tadi dituangkan pada saluran air dan sekitarnya. Setelah itu biarkan kurang lebih 5 menit. Terakhir, baru bilaslah memakai air sampai bersih.

4. Menggunakan Sabun Cair dan Air Panas

Menggunakan Sabun Cair dan Air Panas

* sumber: www.reviewed.com

Masih ada lagi bahan yang bisa digunakan sebagai cara mengatasi saluran air mampet karena lemak. Bahan ini mudah didapatkan, yaitu menggunakan sabun cair pencuci piring dan air panas. Campuran keduanya dinilai manjur dalam menghancurkan lemak atau minyak yang jadi penyebab sumbatan.

Cara menggunakan bahan ini pun gampang sekali.  Kamu cukup tuangkan sedikit sabun cuci piring pada saluran yang mampet kemudian diikuti dengan menuangkan air mendidih. Cara mudah ini, selain digunakan untuk mengatasi saluran air yang mampet, bisa juga digunakan sebagai tindakan pencegahan.

5. Menggunakan Air Panas dan Garam

Menggunakan Air Panas dan Garam

* sumber: happyhiller.com

Campuran bahan lain yang juga bisa digunakan untuk menghilangkan lemak pada saluran air, yaitu menggunakan garam dan air panas. Air panas mampu membantu meluluhkan sisa-sisa sabun yang menempel di saluran air.

Caranya yaitu dengan pertama-tama memasak 1 liter air sampai mendidih atau gunakan 1 liter air panas. Taburkan ke saluran air yang tersumbat 1 sendok makan garam. Siramkan air panas pada taburan garam dan berhati-hatilah supaya kulit kamu tidak terciprat air panas.

Diamkan sekitar 10 sampai 15 menit kemudian bilaslah dengan air suhu normal. Lakukanlah cara ini beberapa kali hingga saluran air bisa kembali mengalirkan air dengan lancar. Hindari menaburkan garam dalam jumlah banyak sekaligus ke saluran, supaya air panas bisa mengalir dengan baik.

6. Menggunakan Jus Lemon

Menggunakan Jus Lemon

* sumber: www.bobvila.com

Jika kamu ingin menggunakan bahan alami untuk mengatasi saluran air yang tersumbat, mungkin kamu bisa mencoba lemon. Jus lemon bisa kamu gunakan untuk membantu menghilangkan lemak yang ada pada saluran air. Selain itu, dibandingkan cuka wangi jus lemon lebih menyegarkan.

Diperlukan kurang lebih 200ml jus lemon untuk membersihkan saluran air. Caranya dengan menuangkan jus lemon pada saluran air yang tersumbat sedikit demi sedikit.

Kemudian diamkan sekitar 10 menit. Sesudah itu, kamu bisa membilasnya dengan air bersih. Lakukanlah selama beberapa kali sampai jus lemon habis serta saluran air bebas dari sumbatan lemak.

7. Menggunakan Alat Penyedot Kloset

Menggunakan Alat Penyedot Kloset

* sumber: www.thespruce.com

Sink plunger atau alat penyedot kloset bisa digunakan untuk membersihkan kotoran yang menempel di saluran air. Gunakanlah alat yang mempunyai karet tebal serta pegangan yang kuat dan kualitas yang baik. Caranya yaitu lepaskan saringannya lalu tempelkan alat tadi ke mulut karet ke saluran air.

Untuk memaksimalkan penyedotan kotoran, pastikan kalau karet sudah menempel dengan baik. Tekan berkali-kali alat ini sampai kamu bisa melihat kotoran yang keluar dari saluran air. Kemudian buang kotoran tadi ke tempat sampah, sehingga penyumbatan tidak terjadi lagi.

8. Menggunakan Pemutih Baju

Menggunakan Pemutih Baju

* sumber: blogunik.com

Pemutih baju ternyata bisa juga digunakan untuk membersihkan saluran air yang tersumbat karena lemak. Namun penggunaannya harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Pastikan cairan tidak mengenai tangan dan ruangan memiliki sirkulasi udara yang sangat baik.

Dikutip dari Hunker, pemutih baju bisa dipakai sebagai disinfektan untuk saluran air. Fungsinya yaitu untuk membantu mencegah tumbuhnya mikroorganisme juga jamur yang dapat mengakibatkan penyumbatan pada saluran air.

Caranya, yaitu dengan menuangkan kurang lebih 200ml cairan pemutih ke saluran air. Kemudian diamkan sekitar 5 sampai 10 menit. Sesudah itu, bilaslah dengan air sedikit demi sedikit sampai bersih sehingga aroma cairan pemutih baju tak tercium lagi.

Baca juga: 10 Cara Jitu untuk Mengatasi Pipa Paralon yang Tersumbat

Tips Supaya Saluran Air Tidak Mampet

Tentu kamu sering mendengar ucapan mencegah lebih baik daripada mengobati. Begitu juga dengan masalah saluran air yang tersumbat. Lebih baik melakukan pencegahan sebelum harus repot membersihkan saluran air yang tersumbat. Berikut ini tips agar saluran air di rumah tidak tersumbat lagi.

  • Buang Rambut Rontok ke Tempat Sampah
Buang Rambut Rontok ke Tempat Sampah

* sumber: benjaminfranklinmb.com

Ketika keramas, sisa-sisa rambut yang rontok bisa jadi penyebab utama saluran air tersumbat. Rambut akan menyumbat saluran air sehingga mengakibatkan genangan di kamar mandi. Cara pencegahannya yaitu dengan membuat sisa-sisa rambut sisa keramas yang rontok itu langsung ke tempat sampah.

  • Buang Sisa Makanan ke Tempat Sampah
Buang Sisa Makanan ke Tempat Sampah

* sumber: ctlsites.uga.edu

Usahakan untuk selalu membuang sisa makanan ke tempat sampah sebelum mencuci peralatan makan dan masak. Sisa bumbu dan makanan yang mengandung minyak atau berlemak bisa menumpuk di saluran air hingga tersumbat. Ini akan menyulitkan air mengalir sehingga menimbulkan bau tak sedap.

  • Letakkan Saringan di Saluran Air

Letakkan Saringan di Saluran Air

Untuk mempermudah membuang kotoran di wastafel atau kamar mandi, letakkanlah saringan di saluran air. Saringan bisa meminimalkan terjadinya penyumbatan di saluran air yang ada di tempat cuci piring dan di kamar mandi.

  • Bersihkan Secara Rutin
Bersihkan Secara Rutin

* sumber: savvyplumbing.co.za

Jangan lupa untuk membersihkan saluran air secara rutin menggunakan cairan pembersih atau sabun cuci piring, juga bahan-bahan alami lainnya. Cara ini akan sangat membantu dalam menghindari terjadinya saluran air yang tersumbat di kemudian hari.

Nah itulah cara mengatasi saluran air mampet karena lemak yang bisa kamu coba di rumah. Bahan-bahan yang digunakannya pun mudah untuk didapatkan jadi kamu tak akan susah mencarinya. Selain itu, cara melakukannya juga mudah, jadi bisa kamu lakukan sendiri. Selamat mencoba!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram