Bacaterus / Rumah / 10 Cara Jitu untuk Mengatasi Pipa Paralon yang Tersumbat

10 Cara Jitu untuk Mengatasi Pipa Paralon yang Tersumbat

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Saluran air yang tersumbat memang bisa sangat mengganggu dan meresahkan. Selain dapat menghambat aktivitas sehari-hari, membiarkan air terus menggenang juga dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan keluarga.

Pipa Paralon Tersumbat

* sumber: 247plumbingnj.com

Nah, untuk mencegah saluran air bocor akibat pipa paralon mengalami sumbatan. Kali ini Bacaterus akan membagi tips untuk menghindari masalah tanpa harus mengeluarkan biaya yang cukup besar. Apa saja yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengatasi pipa saluran air yang tersumbat? Berikut adalah daftarnya.

1. Gunakan Soda Api

Gunakan Soda Api

* sumber: www.popmama.com

Jika pipa paralon yang ada di rumahmu tersumbat, maka kamu bisa mencoba menggunakan soda api untuk mengatasi hal tersebut. Seperti yang kita ketahui, soda api memang bersifat korosif atau merusak. Selain sering digunakan untuk menghilangkan karat, soda api juga kerap digunakan masyarakat untuk menghancurkan kotoran yang menjadi penyebab utama terjadinya sumbatan.

Cara yang dilakukan pun cukup sederhana. Kamu hanya perlu menyiapkan air panas dan soda api. Pastikan kamu menggunakan sarung tangan dan masker untuk keamanan. Caranya tuang soda api disusul dengan air panas secara perlahan-lahan. Lakukan beberapa kali hingga tidak ada lagi sumbatan.

Jika itu sudah dilakukan, maka tunggulah beberapa jam untuk memastikan semuanya bekerja. Setelah itu alirkan air untuk membuat sisa-sisa zat kimia yang menempel pada pipa.

2. Baking Soda dan Cuka

Baking Soda dan Cuka

* sumber: news.labsatu.com

Jika cara di atas belum bisa menyelesaikan masalah yang sedang kamu hadapi, maka cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan baking soda dan cuka. Cara yang dilakukan pun sama mudahnya dengan cara di atas.

Pertama kamu hanya perlu mencampurkan air panas dengan baking soda agar kedua bahan tersebut bekerja secara maksimal. Kemudian tuangkan satu sendok baking soda pada pipa disusul dengan air panas yang dicampur dengan baking soda secara bertahap.

Selanjutnya kamu tuang cuka pada pipa yang tersumbat disusul dengan campuran air panas dan baking soda yang telah dibuat. Jika suara buih dalam pipa sudah tidak terdengar, maka kamu bisa membersihkan pipa dengan menggunakan air panas saja.

3. Menggunakan Tali

Menggunakan Tali

* sumber: velascoindonesia.com

Nah, cara yang satu ini cukup efektif untuk menghilangkan sumbatan pada pipa paralon yang tegak lurus. Kamu hanya perlu menyiapkan tali yang cukup kuat kemudian buatlah gulungan pada ujung tali sesuai ukuran pipa. Kamu harus memastikan bahwa gulungan yang kamu buat bisa masuk dengan leluasa dan panjang tali sesuai dengan panjang paralon yang ada di rumah kamu.

Jika semuanya telah siap, maka kamu bisa mulai dengan mengaliri pipa dengan air. Kemudian masukkan tali bersama dengan air yang mengalir. Setelah mentok, kamu bisa menarik tali secara perlahan dari paralon. Cara ini dapat membersihkan sedikit demi sedikit kotoran yang menyumbat.

4. Pasir Kasar

Pasir Kasar

* sumber: pasirjakarta.wordpress.com

Selanjutnya kamu juga bisa menggunakan pasir kasar untuk menghilangkan sumbatan yang terjadi pada pipa paralon yang ada di rumahmu. Caranya cukup sederhana dan mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan pasir kasar secukupnya. Selanjutnya aliri paralon dengan air seraya menuangkan  pasir kasar ke dalamnya.

Masukan pasir kira-kira sebanyak 2 genggam saja. Setelah itu masukan selang kompresor yang memiliki tekanan tinggi pada lubang pipa paralon yang telah kamu tutup. Jika itu telah dilakukan, maka kamu bisa membuka kembali aliran udara kompresor sehingga kotoran akan terangkat dengan maksimal dan sumbatan pun menghilang.

5. Campuran Lemon dan Cuka

Campuran Lemon dan Cuka

* sumber: aura.tabloidbintang.com

Senyawa asam memang kerap digunakan untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Beberapa bahan yang biasa digunakan antara lain cuka dan lemon. Kedua bahan ini memang memiliki senyawa asam yang cukup tinggi dan bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan sumbatan pada pipa paralon.

Langkah yang dilakukan cukup sederhana. Kamu hanya perlu mencampurkan air lemon, cuka dan baking soda. Langkahnya hampir mirip dengan cara menggunakan baking soda dan cuka. Hanya saja penambahan lemon sendiri bertujuan untuk membuat senyawa asam jauh lebih kuat untuk menghilangkan kotoran minyak yang penyebab sumbatan pada pipa paralon.

Baca juga: 10 Merk Keramik yang Cocok untuk Kebutuhan Interior Rumah

6. Garam dan Baking Soda

Garam dan Baking Soda

* sumber: sepositif.com

Bahan selanjutnya yang juga bisa digunakan untuk membersihkan saluran air paralon yang tersumbat adalah garam. Garam sendiri merupakan bahan yang kerap digunakan oleh masyarakat untuk menjaga kebersihan wastafel.

Kamu hanya perlu rutin melakukan  pembersihan secara berkala. Cara yang dilakukan yaitu dengan menaburkan garam, baking soda, dan juga air panas sekitar 2 liter untuk disiramkan ke dalam pipa yang mengalami sumbatan. Cara ini memang bisa mencegah tumpukan atau kotoran yang menempel dalam pipa.

7. Minuman Berkarbonat

Minuman Berkarbonat

* sumber: www.makanabis.com

Nah, bahan yang juga murah dan mudah ditemukan adalah minuman berkarbonasi seperti cola. Minuman cola memang sering digunakan untuk sejumlah keperluan seperti membersihkan toilet atau membersihkan karat pada logam.

Selain kedua hal tersebut, minuman soda juga mampu membersihkan kotoran pada pipa paralon yang tersumbat. Langkah yang bisa dilakukan pun terbilang cukup mudah. Kamu hanya perlu menuangkan 2 liter minuman ini pada pipa paralon dan  biarkan kurang lebih selama 1-2 jam. Setelah itu kamu bisa mengaliri pipa dengan air untuk membersihkan pipa paralon.

8. Sabun Cuci Piring dan Air Panas

Sabun Cuci Piring dan Air Panas

* sumber: www.thekitchn.com

Kamu juga bisa membersihkan pipa yang mampet atau tersumbat dengan menggunakan sabun cuci piring. Selain untuk membersihkan, sabun cuci piring juga ternyata memiliki banyak manfaat, dimana salah satunya bisa digunakan sebagai solusi untuk membersihkan sumbatan pada pipa paralon.

Caranya cukup tuangkan sabun cuci piring secukupnya pada pipa air, kemudian tuangkan air panas untuk membantu membersihkan atau menghilangkan minyak yang menempel pada saluran pembuangan. Lakukan hal ini secara berkala untuk menjaga pipa paralon yang ada di dalam rumah kamu terbebas sumbatan.

9. Menggunakan Bahan Kimia

Menggunakan Bahan Kimia

* sumber: www.thespruce.com

Bila keseluruhan bahan di atas tidak sanggup menghilangkan sumbatan, maka cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan membersihkan pipa paralon menggunakan pembersih kimia yang banyak dijual pasaran.

Kandungan yang terdapat pada bahan pembersih tersebut biasanya dilengkapi dengan zat-zat yang dapat membantu untuk membersihkan dinding pipa dari kotoran dam minyak yang menempel. Jenis yang dijual pun cukup beragam mulai dari yang bersifat korosif untuk kotoran membandel sampai yang aman digunakan. Nah, hal ini tentu bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan di rumahmu.

10. Jasa Pembersih

Jasa Pembersih

* sumber: magnificentplumbing.com

Nah, langkah terakhir yang bisa kamu lakukan bila semua cara di atas tidak membuahkan hasil adalah dengan menggunakan jasa pembersih profesional. Langkah ini biasa dilakukan oleh masyarakat bila kondisi saluran pembuangan air di dalam rumah cukup rumit, atau memerlukan tindakan khusus oleh tenaga ahli.

Nah, meskipun hal ini menjadi solusi yang baik, namun kamu juga harus memperhatikan biaya yang akan keluar bila menggunakan jasa pembersih profesional. Pastikan bila masalah yang kamu hadapi benar-benar serius dan tidak bisa untuk kamu tangani sendiri.

Nah, itulah 10 Cara mengatasi pipa paralon tersumbat yang ada di rumahmu. Pipa air yang tersumbat memang bisa menjadi masalah besar bila tidak ditangani secara serius. Semoga informasi yang telah Bacaterus rangkum di atas bisa menjadi solusi bagi kamu terkait pipa paralon yang tersumbat.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *