Bacaterus / Belajar Yuk! / 10 Cara Mengatasi Ngantuk saat Belajar di Kelas & di Rumah

10 Cara Mengatasi Ngantuk saat Belajar di Kelas & di Rumah

Rasa ngantuk saat belajar memang sulit dihindari. Apalagi jika yang sedang dipelajari adalah materi yang tidak kita sukai, pasti rasanya ingin merebahkan diri di atas tempat tidur.

Penyebab ngantuk saat belajar ada bermacam-macam, bisa karena kurang tidur, terlalu lelah beraktivitas, dan rasa malas lebih besar dibanding niat untuk belajar. Namun, sebagai pelajar kamu harus melawan rasa ngantuk tersebut dan meningkatkan konsentrasi belajar.

Untuk mengatasi rasa ngantuk saat belajar, kamu harus memotivasi diri sendiri agar lebih giat belajar untuk mencapai kesuksesan. Bacaterus juga memiliki tambahan 10 cara mengatasi ngantuk saat belajar di kelas atau di rumah. Yuk, langsung saja cari tahu informasinya di sini.

10 Cara Mengatasi Ngantuk saat Belajar

1. Cuci Muka dengan Air Dingin

Cuci Muka dengan Air Dingin

Ketika belajar di malam hari atau di kelas, rasa ngantuk sering datang secara tiba-tiba. Akibatnya, saat mengerjakan tugas pun jadi terganggu karena kamu menguap berkali-kali.

Bagaimana cara mengatasi ngantuk saat belajar secara cepat dan mudah? Gampang, kamu hanya perlu membasuh muka dengan air dingin. Dijamin, mata yang berat karena ngantuk jadi kembali segar dan terbuka. Kesejukan air yang kamu rasakan di kulitmu akan terasa seperti “sengatan” alami yang akan menepiskan rasa kantukmu untuk beberapa saat.

2. Konsumsi Minuman Berkafein

Konsumsi Minuman Berkafein Cara Mengatasi Ngantuk Saat Belajar

Bagi kamu yang merasa ngantuk saat belajar di siang hari, terutama di sekolah, kamu bisa mengatasi rasa ngantuk yang hebat dengan menikmati minuman berkafein. Kopi adalah salah satu minuman berkafein yang paling populer untuk mengatasi ngantuk.

Akan tetapi, jika kamu tidak suka minum kopi, kamu bisa mencoba minuman lainnya, seperti teh misalnya. Teh juga mengandung senyawa alami yang dapat meningkatkan mood. Meskipun kandungan kafein di dalam teh tidak sebanyak kopi, tetapi secangkir teh bisa membuatmu tetap segar dan bersemangat saat belajar, lho.

3. Mengunyah Permen

Mengunyah Permen

Rahasia untuk mengatasi ngantuk saat belajar ternyata sangat tidak terduga. Sebuah permen karet ternyata dapat dikonsumsi untuk mengurangi rasa ngantuk yang kamu alami saat belajar.

Bagaimana bisa sebuah permen karet dapat menghilangkan ngantuk? Saat mengunyah permen karet, otot-otot rahang akan bergerak sehingga otak akan berkonsentrasi mengunyah dan mengurangi rasa kantuk. Selain permen karet, kamu bebas mengunyah makanan apapun untuk meminalisir rasa kantuk. Yang penting rahangmu memiliki aktivitas sehingga otak tidak berfokus pada rasa kantuk.

4. Berbicara dengan Orang Lain

Berbicara dengan Orang Lain

Berbagai cara mengatasi ngantuk saat belajar sudah dicoba, tapi mengapa rasa kantuk itu terus datang? Mungkin ini saatnya kamu melakukan aktivitas yang dapat sedikit meredakan kantuk, yakni berbicara dengan orang lain.

Temukan orang lain yang bisa diajak berbicara mengenai hal-hal yang menurutmu menarik. Pembicaraan yang seru dengan orang lain bisa membuat kita melupakan rasa kantuk yang tadi menyerang.

Jika sedang belajar di kelas, ajak teman sebangkumu untuk mengobrol sejenak. Akan tetapi, jika kamu belajar di rumah sendirian dan tidak ada yang bisa diajak ngobrol, sebaiknya telepon sahabatmu untuk mengobrol apa saja agar kamu melupakan rasa kantukmu.

5. Putar Musik yang Bersemangat

Putar Musik yang Bersemangat

Kendala saat belajar yang paling sering dirasakan adalah mengantuk. Bahkan, saking ngantuknya kamu bisa-bisa tertidur di atas meja belajar. Buat aktivitas belajarmu jadi lebih bersemangat dan terhindar dari rasa kantuk dengan memutar lagu-lagu yang bersemangat.

Pilih track lagu yang kamu sukai agar kamu bisa ikut bernyanyi dengan senangnya. Percayalah, setelah menyanyi kamu akan merasa lebih segar dan segala rasa kantuk maupun penat jadi menghilang. Kalau sedang di dalam sekolah, sebaiknya jangan mendengarkan musik karena ponselmu bisa raib disita oleh guru. Gunakan saja cara lain untuk menghilangkan rasa ngantuk pada saat belajar.

6. Duduk dengan Tegak

Duduk dengan Tegak

Suka belajar di atas tempat tidur? Atau suka belajar dengan bersender di kursi dengan kepala tertunduk? Posisi belajar yang seperti ini bisa membuat rasa kantuk yang kamu rasakan semakin hebat.

Yuk, ubah posisi dudukmu menjadi lebih tegak biar kamu tidak ngantuk. Selain itu, belajarlah dengan duduk di depan meja belajar, bukan di tempat tidur. Belajar di atas tempat tidur akan membuatmu jadi semakin ingin berbaring. Akibatnya, bukannya belajar kamu malah tidur-tiduran dan jadi ketiduran, lho!

7. Ganti Suasana Sejenak

Ganti Suasana Sejenak

Yang satu ini adalah cara mengatasi ngantuk saat belajar di rumah maupun di kelas. Terkadang rasa kantuk datang karena kita merasa bosan dengan suasana tempat kita belajar saat itu. Jadi, kamu bisa berganti suasana sejenak dengan berjalan-jalan agar tidak ngantuk.

Saat sedang di sekolah, mintalah izin ke toilet untuk mencuci muka dan sekedar melihat pemandangan lain di luar kelas. Kalau kamu sedang di rumah, tinggalkan sejenak tempatmu belajar dan bersantai lah di teras rumah.

Bila perlu, kamu bisa jalan-jalan sebentar di sekitar rumahmu untuk menghirup udara segar dan berganti suasana. Boleh berganti suasana, tapi asalkan jangan lupa waktu, ya! Pasalnya, kamu masih punya kewajiban untuk belajar.

8. Ajak Teman Belajar

Ajak Teman Belajar

Kalau rasa kantuk sudah tak terkendali, itu artinya kamu bosan belajar sendirian. Saat mengerjakan tugas atau belajar di rumah, ajak teman untuk turut serta belajar di rumahmu. Setidaknya jika ada teman yang menemanimu tentu rasa kantuk jadi berkurang.

Kalau tiba-tiba kamu merasa ngantuk saat belajar, ajak temanmu untuk ngobrol sejenak sambil mengenyahkan ngantuk. Percayalah, cara yang ini cukup efektif untuk membuatmu lebih bersemangat belajar. Asalkan kamu mengimbangi waktu belajar dan waktu ngobrol ya! Jangan kelamaan chit-chat dengan teman kemudian kamu jadi tidak belajar.

9. Minum Air Putih dan Olahraga

Minum Air Putih dan Olahraga

Tahukah kamu bahwa dehidrasi juga bisa menyebabkan rasa ngantuk? Dehidrasi tidak hanya terjadi pada orang yang melakukan aktivitas fisik saja, tapi juga pada orang-orang yang beraktivitas dengan tenang, seperti belajar. Oleh karena itu, sediakan segelas air putih saat belajar. Minumlah air tersebut ketika di tengah-tengah belajar kamu merasa ngantuk.

Imbangi juga aktivitas belajarmu dengan olahraga ringan. Beberapa jenis olahraga ringan, seperti senam leher, senam bahu, dan lari di tempat ternyata bisa mengenyahkan rasa kantuk yang begitu hebat.

10. Tumbuhkan Niat dari Dalam Diri Sendiri

Tumbuhkan Niat dari Dalam Diri Sendiri

Tak ada cara mengatasi ngantuk saat belajar yang paling ampuh selain menumbuhkan niat dari dalam diri sendiri. Meskipun kamu sudah mencoba ke-9 cara di atas, kamu akan tetap mengantuk jika diri sendiri memang tidak ada niat untuk belajar.

Tumbuhkan niat dari dalam sendiri dengan cara mencari sesuatu hal untuk memotivasi diri sendiri, seperti “Aku harus belajar agar lulus tepat waktu” atau “Aku harus belajar supaya bisa mencari uang sendiri dan membeli apa saja yang kuinginkan.”

10 cara mengatasi ngantuk saat belajar ini benar-benar bermanfaat untuk mendukung kegiatan belajarmu. Yang paling penting, kamu harus beristirahat dengan cukup agar tidak terus menerus merasa ngantuk saat belajar. Butuh tips untuk menghilangkan rasa malas? Klik di sini, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment