Bacaterus / Belajar Yuk! / 10 Cara Mengatasi Rasa Ngantuk Saat Bekerja dengan Mudah

10 Cara Mengatasi Rasa Ngantuk Saat Bekerja dengan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 Desember 2018

Kerja dikejar deadline, tapi mata malah mengantuk, itu sih hal paling yang paling menyebalkan, bukan? Kamu pasti pernah mengalami kejadian tersebut. Kantuk dapat menyerang siapa saja ketika tengah bekerja. Keinginan tidur itu tak pernah mengenal waktu dan tempat. Hasilnya, badan tidak fokus, menguap terus menerus, akhirnya pekerjaan pun bisa berantakan.

Mulai sekarang, kamu tak perlu khawatir jika kantuk menyerang kembali, karena Bacaterus punya cara ampuh mengusirnya dengan teknik yang tak merepotkan dan tidak mengganggu pekerjaan sama sekali. Untuk itu, yuk simak 10 tips atasi kantuk saat bekerja di bawah ini.

10 Cara Mengatasi Ngantuk Saat Bekerja

1. Tidur Malam Cukup

* sumber: images.unsplash.com

Hal paling pertama mencegah kantuk saat bekerja adalah tidur yang cukup di malam hari. Semua orang tahu akan hal ini. Tapi, ya, memang mau bagaimana lagi, tubuh bakal cepat lelah dan mengantuk saat kamu kekurangan tidur sebelumnya. Maka dari itu, apabila tidak ada hal-hal yang harus dikerjakan, gunakan waktu untuk beristirahat agar esoknya kamu dapat bekerja secara maksimal.

Menurut beragam penelitian, orang dewasa setidaknya tidur selama tujuh hingga delapan jam per hari. Tidur yang cukup akan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak akibat aktivitas seharian.

 2. Perhatikan Menu Sarapan

* sumber: unsplash.com

Apa menu sarapan kamu hari ini? Mulai sekarang, perhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam perut. Hal itu sangat berpengaruh pada kondisi tubuh di siang hari. Jika menu sarapan kamu terlalu berat, terlalu mengandung karbohidrat atau yang manis-manis, kemungkinan besar akan mengantuk di siang hari. Untuk itu, konsumsilah sayur-sayuran dan atau buah-buahan agar tubuh tetap segar.

3. Minum Air Putih

* sumber: girlandtonic.co.uk

Tidur cukup di malam hari tapi masih mengantuk? Mungkin kamu kurang minum. Tubuh kamu dehidrasi. Ya, mengantuk di siang hari memang bisa disebabkan tubuh kekurangan cairan. Tak hanya itu, dehidrasi juga mampu membuat tubuh cepat lelah ketika bekerja.

Sebaiknya, perbanyak minum air putih saat kamu mengerjakan pekerjaan kantor. Cara paling mudahnya adalah, sediakan tempat minum yang cukup besar sehingga kamu tak perlu bolak balik ke dapur untuk mengambilnya.

4. Mendengarkan Musik

Mendengarkan Musik

* sumber: unsplash.com

Langkah ini cukup efektif untuk membuat kamu tetap terjaga. Dengarkan musik yang kamu suka, tapi jangan yang membuat malah mengantuk. Alangkah baiknya dengarkan musik yang memiliki tempo cepat, tapi tidak mengganggu pendengaran kamu juga, ya. Selain menjaga pikiran tetap fokus dan terhindar dari kantuk, musik dengan tempo cepat mampu menambah semangat kamu juga lho.

5. Beranjak dari Kursi dan Berjalan di Ruangan

* sumber: physicalculturist.ca

Ketika tiba-tiba kantuk menyerang, berhenti dari aktivitasmu sejenak. Bangun dari tempat dudukmu dan berjalan-jalanlah di sekeliling kantor atau ruangan selama kurang lebih 10 menit. Menurut seorang profesor di California State University bernama Robert Thayer, berjalan 10 menit dapat meningkatkan energi selama dua jam kedepan.

Hal itu disebabkan aktivitas berjalan atau bergerak dapat memompa oksigen melalui pembuluh darah, otak, dan otot. Terlalu lama duduk menyebabkan oksigen tak tersebar dengan baik dalam tubuh yang mengakibatkan kantuk menyerang. Selain berjalan, kamu juga bisa melakukan exercise di ruangan atau depan meja kerja. Lakukan gerakan-gerakan kecil seperti push up, wall sit, atau membungkukan badan.

6. Cuci Muka

Cuci Muka

* sumber: makeuptutorials.com

Cara ini mungkin yang paling sering dilakukan dan ternyata cukup ampuh. Membasuh atau memercikan air dingin pada muka akan membuat kamu terbangun cepat. Hal ini dikarenakan tubuh memiliki respon fisiologis terhadap air. Maka dari itu, tubuh langsung merasa segar ketika air telah menyentuh kulit kamu.

Hanya saja, hindari membasuh muka dengan air hangat karena suhu tersebut malah akan mengakibatkan tubuh hangat dan nyaman. Sehingga, kamu lebih mengantuk dan ingin tertidur.

7. Tarik Nafas Dalam

* sumber: www.rosiinc.com

Bernafas dalam dapat meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh. Saat kamu melakukannya, jantung akan memperlambat denyutnya. Tekanan darah menurun dan kemudian meningkatkan sirkulasi oksigen. Hal ini kemudian akan menambah mental dan energi kamu kembali.

Untuk melakukannya, tarik nafas dari hidung cukup dalam. Gunakan juga otot perut dan dada kamu. Setelah dirasa cukup dalam dan oksigen yang dihirup banyak, keluarkan perlahan dari mulut. Lakukan cara ini beberapa kali.

8. Pijatan

Pijatan

* sumber: www.piedmont.org

Setelah melakukan latihan tarikan nafas cukup dalam pada tubuh, cobalah untuk memijat diri sendiri dengan cara yang sederhana. Memijat tubuh pada beberapa titik dapat melancarkan sirkulasi darah dan merangsang sistem saraf.

Kamu bisa memijit atau menggosok bagian belakanag leher menuju kulit kepala. Tubuh bakal mendapat sentakan energi yang cukup efektif ketika mengantuk. Selain itu, cobalah berikat pijitan-pijitan kecil di antara jempol dan telunjuk, serta pada bagian telinga.

9. Berinteraksi dengan Rekan Kerja

* sumber: pixabay.com

Segeralah berbicara dengan rekan kerja di sampingmu atau siapa pun di kantor kamu ketika kantuk mulai menyerang. Obrolkan hal-hal menarik yang kalian sukai. Kamu juga bisa membahas tentang ide bisnis, liburan, politik, dan isu-isu yang tengah hangat saat ini.

Mendapatkan kontak langsung dengan orang lain dapat menambah energi. Otak akan mengalihkan fokusnya pada lawan bicara dan kepada hal-hal yang dibicarakan. Otak akan beristirahat sejenak dari pekerjaan yang mungkin membuat kamu mumet. Hanya saja, tidak disarankan untuk membicarakan orang lain, ya.

10. Tidur Siang

Tidur Siang

* sumber: www.workwithvietnamese.com

Obat tidur paling ampuh adalah, ya, tidur. Sisihkan waktu istirahat sekitar lima hingga 15 menit untuk tidur siang. Tidur sejenak mampu memberikan energi lebih pada tubuh. Kamu bisa tidur di meja kerja atau tempat khusus tidur siang kalau kantor menyediakannya. Sayangnya, kamu tak boleh terlalu lama karena hal itu akan membuat tubuh lelah dan pusing.

Agar durasi tidur siang kamu pas, siapkan alarm ponsel dengan getaran saja. Jangan gunakan nada dering keras karena mungkin hal itu dapat mengganggu orang lain. Selain itu, kamu bisa meminta rekan kerja untuk membangunkan dari tidur siang.

Berapa kali kamu menguap hari ini saat bekerja? Kamu bisa mencoba salah satu atau beberapa cara di atas untuk mengatasi kantuk saat bekerja. Bos atau rekan kerjamu pasti mengerti apa yang dilakukan. Kalau tidak, beritahu mereka agar kamu bisa leluasa melakukannya.

Namun, rasa kantuk tidak hanya menyerang para pekerja saja, karena pelajar juga sering mengantuk saat belajar. Untuk mengatasi hal tersebut, Bacaterus punya tips jitunya yang dirangkum dalam artikel 10 Cara Mengatasi Ngantuk saat Belajar ini. So, sekarang kamu sudah tahu kan cara-caranya? Selamat mencoba, ya!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Penulis lepas

Leave A Comment