Bacaterus / Tidur / Inilah 10 Cara Mengatasi Kurang Tidur dengan Langkah Tepat

Inilah 10 Cara Mengatasi Kurang Tidur dengan Langkah Tepat

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Maret 2019

Setiap orang dewasa membutuhkan waktu sekitar 7 – 9 jam tidur berkualitas. Tahukah Anda, jika kebutuhan itu tidak terpenuhi, akan berdampak buruk untuk kondisi Anda? Wajah Anda akan terlihat lelah, sulit berkonsentrasi, sering menguap, mudah terserang penyakit, turunnya daya ingat, mempercepat penuaan dini, hingga dapat mengakibatkan penyakit serius seperti obesitas dan gagal jantung.

Waktu tidur yang kurang bisa disebabkan dari beberapa faktor, misalnya karena pekerjaan, mengerjakan tugas, menonton, main game, baca buku, main handphone, dan lain-lain. Jika Anda begadang, alangkah baiknya Anda mulai peduli dengan waktu tidur Anda sendiri. Bacaterus akan membagikan bagaimana cara mengatasi kurang tidur dengan tepat di sini.

10 Cara Mengatasi Kurang Tidur

1. Atur Jam Tidur

Membuat Kualitas Tidur yang Lebih Baik

* sumber: www.nps.org.au

Cara mengatasi kurang tidur yang pertama adalah dengan mengatur waktu tidur Anda. Jika Anda terbiasa bangun jam 4.30 pagi untuk sholat subuh, maka usahakan untuk tidur setidaknya pada jam 9 malam. Walaupun mungkin biasanya Anda tidur di atas jam 10, berbaring saja di atas tempat tidur dari jam 9. Matikan lampu kamar, karena cahaya yang terang dapat menghambat waktu tidur.

Matikan televisi, laptop, gadget, dan handphone Anda juga. Semua alat elektronik memicu mata Anda untuk tetap “menyala” dan akhirnya Anda pun jadi tidak merasa mengantuk. Apalagi handphone yang terkoneksi ke internet. Tangan Anda akan gatal untuk scrolling timeline media sosial, chatting, atau cuma browsing-browsing hal yang tidak jelas karena sebenarnya Anda tidak tahu mau mencari apa.

Jika malam ini dan malam-malam sebelumnya Anda sudah begadang, maka malam besoknya Anda tidak boleh begadang lagi. Jika biasanya Anda tidur jam 11, maka besoknya tidurlah jam 9 atau jam 10. Hal ini akan membantu Anda mendapatkan manfaat tidur berkualitas yang Anda lewatkan.

2. Bangun Pagi

Bangun Pagi

Walaupun Anda begadang pada malamnya, tetaplah bangun pagi seperti biasa. Lakukan rutinitas Anda pada jam biasanya. Jika bisa, olahraga ringan terlebih dahulu sebelum memulai aktivitas, seperti stretching dan jogging. Untuk sarapannya, makan lah makanan yang ringan namun tinggi karbohidrat dan serat seperti oatmeal, sandwich, dan telur rebus.

3. Berjemur

Berjemur cara mengatasi kurang tidur

Saat Anda olahraga ringan sebelum beraktivitas, Anda bisa sekalian berjemur sinar matahari pagi. Tidak perlu lama-lama, maksimal 30 menit juga sudah cukup. Sinar matahari pagi bisa meningkatkan serotonin, yaitu hormon bahagia, yang dapat membuat tubuh dan pikiran Anda jadi lebih tenang. Cara mengatasi kurang tidur ini sangat efektif, karena bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak pada malam harinya.

4. Hindari Karbohidrat Berlebih

Hindari Karbohidrat Berlebih

Pernahkah Anda merasa setelah makan berat langsung terasa ngantuk dan malas melakukan apa-apa? Hal ini dikarenakan kandungan karbohidrat yang Anda makan terlalu tinggi. Misalnya Anda makan semangkuk bakso dengan nasi, lalu habis itu menyantap seporsi es campur. Wah, itu sih terlalu banyak karbohidrat dalam satu waktu!

Seharusnya Anda dapat membatasi asupan karbohidrat, terlebih lagi jika Anda sering kekurangan waktu tidur. Daripada mengonsumsi banyak makanan yang mengandung karbohidrat, makanlah buah-buahan atau camilan sehat lainnya.

5. Konsumsi Makanan Sehat

Konsumsi Makanan Sehat

* sumber: www.sbs.com.au

Masih berhubungan dengan cara mengatasi kurang tidur di atas, sebaiknya Anda menjaga asupan makanan Anda sejak sarapan hingga makan malam kalau mau tubuh tetap fit walaupun Anda kurang tidur. Orang yang kurang tidur memiliki detak jantung lebih lambat daripada orang yang tidurnya cukup. Maka dari itu, konsumsi lah makanan yang dapat melancarkan sirkulasi darah.

Jahe, bawang putih, minyak zaitun, kunyit, cabai, kacang-kacangan, bayam, brokoli, asparagus, ikan tuna, alpukat, jeruk, kesemek, adalah beberapa panganan yang bagus untuk darah. Jika aliran darah lancar dan pembuluh darah besar (tidak kecil apalagi terhimpit), maka oksigen dapat mengalir ke seluruh tubuh dengan baik. Jika otak mendapatkan oksigen yang cukup, maka Anda pun tidak akan merasa ngantuk dan lelah lagi.

6. Batasi Kafein

Batasi Kafein

Logikanya orang-orang kalau minum kafein itu bisa melawan rasa kantuk mereka. Benarkah begitu? Kafein bekerja sebagai obat perangsang psikoaktif dan diuretik ringan. Kafein merupakan obat perangsang sistem pusat saraf manusia yang dapat mengusir rasa kantuk (secara sementara). Minuman seperti kopi, teh, dan minuman ringan adalah contoh produk yang mengandung kafein.

Walaupun merupakan zat psikoaktif yang legal dan paling banyak dikonsumsi di dunia, konsumsi kafein tetap harus dibatasi. Memang, kafein dapat membantu mata jadi melek dan Anda bisa jadi lebih berkonsentrasi ketika bekerja di siang hari. Tapi, pada malam harinya Anda bisa kesulitan untuk tidur. Jadi, minumlah kafein dalam batas wajar agar tidak mengganggu pola tidur malam hari Anda, ya.

7. Tidur Siang

Tenangkan Diri Sebelum Tidur

Cara mengatasi kurang tidur yang selanjutnya adalah dengan nap alias tidur sejenak. Kalau Anda bisa istirahat di sela-sela kegiatan, maka ambillah kesempatan itu untuk tidur barang sebentar. Waktu tidur siang terbaik adalah antara jam pagi – siang, yaitu sekitar jam 10 – 2 siang. Tapi, bukan berarti Anda tidur dari jam 10 sampai jam 2, ya! Tidur siang selama 30 menit saja sudah cukup untuk menghilangkan rasa kantuk Anda.

8. Hindari Aktivitas yang Menguras Tenaga

Hindari Aktivitas yang Menguras Tenaga

Kegiatan sehari-hari menuntut kita untuk melek, berkonsentrasi, dan aktif. Semua itu diproses oleh otak kita. Sedangkan, jika waktu tidur kurang, otak tidak akan bisa bekerja maksimal. Makanya, ketika Anda sedang kurang tidur, sebaiknya ambil job yang tidak terlalu memerlukan kerja otak tinggi. Hindari juga hal-hal yang menguras emosi karena akan membuat Anda cepat lelah.

9. Rapikan Kamar

Rapikan Kamar cara mengatasi kurang tidur

Cara mengatasi kurang tidur yang ke-9 adalah dengan merapikan kamar Anda. Kira-kira apa hubungannya kerapihan kamar tidur dengan kualitas tidur, ya? Jadi, kamar tidur yang berantakan, terlalu padat dengan barang-barang, kurang ruang bergerak, dapat memicu masalah tidur juga, loh. Lihat saja kamar Anda jika sedang rapi, pasti perasaan tidak mumet dan jadi rileks, kan?

Makanya, rapikan kamar Anda. Singkirkan barang-barang yang tidak diperlukan. Simpan tugas kuliah dan proyek kantor Anda jauh-jauh ketika Anda hendak tidur, karena jika Anda melihat tugas-tugas itu, yang ada otak jadi kepikiran dan rasa kantuk pun menghilang.

10. Sirkulasi Udara di Kamar

 Sirkulasi Udara di Kamar

* sumber: www.decoist.com

Selain kamar yang rapi, Anda juga perlu memerhatikan ventilasi udara. Kenapa? Karena kamar Anda harus mendapatkan pergantian udara yang bagus supaya tidak sumpek. Udara di dalam kamar yang bersih dapat membuat Anda lebih rileks dan cepat ngantuk.

Buka jendela kamar, ganti tirai yang sudah beberapa bulan dipakai, pasang kipas angin atau AC, atau Anda bisa juga menyalakan humidifier untuk mendapatkan udara yang bersih. Alat humidifier sekarang banyak yang murah meriah, kok. Anda bisa membelinya di Bukalapak lewat link ini.

Itulah sepuluh cara mengatasi kurang tidur yang tepat dari Bacaterus. Ternyata, selain tidur lebih cepat, Anda juga perlu mengatur pola makan dan minum, bahkan hingga kebersihan kamar supaya bisa mendapatkan tidur yang eksklusif setiap harinya. Dengan menjalani cara-cara di atas, tak ada lagi kegiatan yang terbengkalai karena kurang tidur. Selamat mencoba!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar