Bacaterus / Kesehatan / 10 Cara Mengatasi Kelilipan yang Paling Mudah dan Aman

10 Cara Mengatasi Kelilipan yang Paling Mudah dan Aman

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 November 2018

Kelilipan adalah suatu momen yang cukup menjengkelkan di mana ada kotoran atau debu yang tiba-tiba masuk ke mata. Tentu saja debu yang menempel di mata akan sangat mengganggu penglihatan, terasa mengganjal, bahkan gatal. Namun, Anda tak perlu panik karena ada beberapa cara mengatasi kelilipan dengan mudah dan aman.

Nah, bagi Anda yang sedang atau ingin membantu orang yang kelilipan, maka bisa ikuti 10 cara mengatasi kelilipan ini. Tak hanya cara mengatasinya saja, Anda juga perlu tahu beberapa hal yang tidak boleh dilakukan ketika sedang mengalami kelilipan. Yuk, simak ulasan selengkapnya di Bacaterus!

10 Cara Mengatasi Kelilipan

1. Ditiup

* sumber: lampung.tribunnews.com

Cara mengatasi kelilipan yang paling umum dilakukan adalah, meminta bantuan seseorang untuk meniupkan mata yang kelilipan. Cara ini cukup ampuh dan efektif, karena dengan ditiup maka kotoran di mata akan bergerak keluar secara perlahan.

Biasanya, cara yang satu ini paling sering digunakan ketika seseorang kelilipan pasir. Dengan ditiup, pasir akan keluar dengan sendirinya dan mata pun akan terasa “lega” dan tidak mengganjal lagi. Untuk orang yang meniup, cobalah untuk menghembuskan tiupan secara perlahan dan jangan terlalu keras.

2. Kedipkan Mata

* sumber: www.klikdokter.com

Tidak ada orang yang bisa membantu untuk meniupkan mata? Tenang saja, ada cara lainnya untuk mengatasi kelilipan, yaitu mengedipkan mata. Ketika Anda merasa ada “sesuatu” berupa kotoran ataupun debu masuk ke mata dan terasa mengganjal di mata, maka Anda bisa langsung mengedipkan mata Anda secara berulang.

Cobalah kedipkan mata Anda berkali-kali hingga debu dan kotoran di mata keluar dengan sendirinya. Pertama, Anda bisa buka mata lebar-lebar untuk memicu kehadiran air mata. Jika dirasa air mata mulai menumpuk, langsung keluarkan air mata itu dengan cara mengedipkan mata Anda. Lakukan cara ini berulang-ulang jika mata masih terasa mengganjal.

3. Tarik Kelopak Mata Secara Perlahan

* sumber: id.wikihow.com

Jika Anda kelilipan atau kemasukan debu di bagian atas mata, cobalah untuk menarik kelopak mata secara perlahan. Dengan menarik kelopak mata, hal tersebut akan mendorong kotoran tersebut jatuh ke bagian bawah mata.

Lalu, ketika debu dirasa sudah mulai berada di bagian bawah mata, cobalah buka mata lebar-lebar untuk memicu air mata. Kemudian, lanjutkan dengan cara mengatasi kelilipan di poin ketiga, mengedipkan mata, hingga air mata keluar bersamaan dengan kotoran di mata.

4. Menekan Kelopak Mata Secara Perlahan

* sumber: www.gamavision.com.ec

Kalau cara yang satu ini bisa dilakukan ketika kelilipan di bagian bawah mata. Cukup dengan tekan pelan bagian bawah mata hingga kotorannya berada di permukaan mata. Kemudian, Anda bisa mengeluarkannya dengan buka mata lebar-lebar dan kedipkan matanya. Tips tambahan, jangan sentuh bagian mata, hanya kelopaknya saja agar tidak iritasi.

5. Menggerakan Mata

* sumber: mediskus.com

Cara mengatasi kelilipan yang satu ini bisa dibilang mirip dengan cara mengedipkan mata. Hanya saja, di sini Anda harus menggerak-gerakan mata agar debu dan kotoran di mata terdorong untuk keluar. Caranya, Anda hanya perlu buka mata lebar-lebar. Kemudian, gerakan mata secara cepat.

Jika kotoran mata dirasa sudah mulai mau keluar dan air mata pun sudah cukup mengumpul di kelopak mata, maka langsung kedipkan mata. Dengan begitu, kotoran mata akan keluar bersama dengan air mata yang Anda keluarkan tadi.

6. Menghadap ke Atas

* sumber: www.braito.co.id

Tidak cukup efektif dengan hanya menggerakan mata? Kalau begitu Anda bisa lakukan cara yang satu ini, yakni hadapkan mata ke arah atas. Anda bisa mendongakan kepala dan lihat ke langit-langit sembari membuka mata lebar-lebar.

Dengan cara ini, kotoran dan debu yang menempel di mata akan luruh ke bawah mata. Jika sudah mulai luruh, maka Anda bisa langsung mengedipkan mata untuk mengeluarkan kotoran bersamaan dengan air mata Anda. Oh iya, Anda juga bisa mengombinasikan dengan cara menggerakan mata.

7. Tenggelamkan Kepala di Dalam Air

* sumber: blog.tribunjualbeli.com

Ada cara yang efektif lainnya, tapi cara mengatasi kelilipan yang satu ini akan membuat wajah Anda basah. Bahkan rambut Anda pun juga akan basah kuyup menggunakan tips ini. Ya, Anda bisa menenggelamkan kepala di dalam air beberapa detik sembari membuka mata.

Tidak hanya diam, saat mata sudah ikut tenggelam dalam air maka Anda bisa langsung menggerakan atau mengedipkan mata secara cepat hingga kotoran di mata keluar sendiri. Kalau Anda tidak kuat menahan nafas, maka ambil nafas dulu baru tenggelamkan lagi kepala Anda ke dalam air bersih.

8. Gunakan Obat Tetes Mata

* sumber: health.detik.com

Jika cara-cara di atas masih tidak mempan, maka Anda bisa menggunakan obat tetes mata. Tentu saja obat tetes mata akan sangat ampuh jika dibandingkan dengan cara-cara sebelumnya. Pakailah obat tetes mata yang paling cocok dan yang paling nyaman untuk Anda.

Cara meneteskan obat mata sangat mudah, Anda cukup membuka mata lebar-lebar. Kemudian, teteskan obat mata ke bagian mata dan langsung kedipkan mata Anda agar kotoran keluar bersamaan dengan cairan obat tetes mata.

9. Gunakan Cairan Softlens

Gunakan Cairan Softlens

* sumber: style.tribunnews.com

Tidak ada stock obat tetes mata? Tenang saja, masih ada cara lainnya yang ampuh untuk mengatasi kelilipan, yakni dengan memanfaatkan cairan softlens. Sama halnya seperti obat tetes mata, cairan softlens ini juga mampu untuk mengeluarkan dan membersihkan mata yang terkena debu atau kotoran.

Cara menggunakannya pun sama, Anda hanya perlu meneteskan cairan softlens ke mata yang kelilipan, kemudian berkedip-kediplah hingga kotoran di mata keluar bersamaan dengan cairan softlens tadi. Sangat mudah, kan?

10. Kunjungi Dokter

cara mengatasi kelilipan Kunjungi Dokter

* sumber: www.alodokter.com

Sembilan cara sebelumnya memang sangat ampuh untuk menjadi pertolongan pertama saat Anda mengalami kelilipan. Namun, jika mata kelilipan tak kunjung sembuh, semisal gatal, merah, hingga perih, maka Anda harus memeriksakannya ke dokter mata. Kunjungilah dokter mata agar bisa ditangani dengan tepat dan aman.

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Mata Kelilipan

* sumber: www.braito.co.id

Tahukah Anda bahwa ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat Anda kelilipan? Ya, beberapa hal ini biasanya reflek dilakukan oleh orang-orang yang mengalami kelilipan. Berikut kami akan memaparkan beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat Anda kelilipan:

  • Mengucek Mata

Ini adalah hal yang mungkin banyak dilakukan orang ketika mengalami kelilipan, mengucek mata. Mungkin beberapa menganggap bahwa dengan mengucek mata, maka kotoran dan debu di mata bisa langsung luruh. Padahal, justru dengan mengucek mata akan membuat abrasi pada kornea mata Anda lho.

Abrasi mata sendiri merupakan sebuah kondisi di mana kehilangan lapisan permukaan epitel pada kornea. Hal ini disebabkan karena permukaan mata yang trauma akibat dikucek terlalu kencang. Jadi, jangan mengucek mata ketika mengalami kelilipan, ya!

  • Menyentuh Mata

Menyentuh mata dengan tangan juga merupakan hal yang harus Anda hindari. Mengapa? Karena, tangan yang menyentuh mata belum tentu steril. Alih-alih ingin mengeluarkan kotoran dengan tangan, justru akan muncul kotoran lainnya dari tangan yang tidak steril / tidak bersih.

  • Menekan Mata Terlalu Kencang

Memang, Anda boleh menekan-nekan mata tapi tidak boleh terlalu kencang. Sayangnya, beberapa orang seringkali menekan-nekan matanya terlalu kencang saat mengalami kelilipan. Itu adalah sebuah reflek akibat kaget karena kelilipan. Memang wajar, tapi sebaiknya Anda hindari agar mata Anda tidak perih.

Itu tadi adalah informasi seputar cara mengatasi kelilipan dan beberapa hal yang tidak boleh Anda lakukan saat kelilipan. Punya tips lainnya saat mengalami kelilipan? Yuk, bagikan cerita Anda di kolom komentar. Oh iya, bagi Anda yang mengalami bengkak pada mata, coba sembuhkan dengan 10 Cara Mengatasi Mata Bengkak ini. Semoga membantu dan sehat selalu, ya!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Listiorini
Do the Best Go Fight Win!

Leave A Comment