Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Januari 2019

Apa yang dimaksud dengan grogi? Grogi adalah perasaan canggung, deg-degan, dan takut yang bisa dialami oleh siapapun. Perasaan grogi berlebihan biasa datang pada saat interview, presentasi, atau melakukan hal-hal apapun yang mengharuskan kita untuk tampil di depan umum. Apabila kita tidak bisa mengatasi perasaan grogi tersebut, maka penampilan diri pasti akan terlihat kurang prima.

Adalah suatu hal yang wajar ketika seorang merasa grogi saat pidato, bernyanyi, atau harus tampil di depan orang lain. Namun, kita harus bisa mengatasi perasaan grogi tersebut agar penampilan kita lebih optimal. Jika Anda termasuk seorang yang mudah grogi, cobalah 10 cara mengatasi grogi dari Bacaterus ini.

10 Cara Mengatasi Grogi

1. Buat Persiapan yang Matang

Buat Persiapan yang Matang Cara Mengatasi Grogi

Pernahkah Anda merasa khawatir dengan penampilan Anda? Anda khawatir penampilan kurang optimal atau ada hal yang terlupakan ketika harus tampil di depan umum?

Cara mengatasi grogi saat tampil di depan umum adalah memastikan bahwa seluruh persiapan yang Anda buat sudah benar-benar matang. Kalau Anda mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, maka Anda akan lebih percaya diri dan tidak menjadi grogi saat harus tampil di depan umum.

2. Berpikir Positif Dalam Segala Hal

Berpikir Positif Dalam Segala Hal

Perasaan grogi yang menimbulkan gugup sampai gemetar bisa berasal dari pikiran negatif. Di dalam pikiran berkecamuk pertanyaan, “Apakah penampilan saya baik?”, “Apakah orang-orang akan menyukai penampilan saya?” atau “Apakah ada yang kurang dari penampilan saya?”

Singkirkan pertanyaan yang semakin membuat Anda down dan grogi. Anda harus berpikir positif sebelum presentasi, interview, bahkan ketika harus berbicara dengan orang yang Anda suka. Ganti pikiran-pikiran pesimis tersebut menjadi pikiran yang optimis, seperti “Penampilanku pasti baik” dan “Mereka pasti menyukai saya.”

3. Latih Fisik Setiap Hari

Latih Fisik Setiap Hari

Tubuh yang kuat akan memberi dampak positif terhadap psikologi Anda. Jadi, jika Anda termasuk seseorang yang mudah grogi saat berhadapan dengan orang lain, mulailah melatih fisik Anda dengan berolahraga setiap hari. Beri semangat terhadap diri sendiri agar Anda bisa memiliki fisik dan mental yang tangguh.

Sambil berolahraga, Anda boleh menyemangati diri sendiri dengan hal-hal yang positif. Agar Anda lebih menikmati latihan fisik yang Anda lakukan, carilah olahraga yang paling Anda sukai. Dengan demikian, Anda akan merasa tidak terbebani ketika harus berolahraga setiap hari.

4. Perbaiki Sikap Tubuh

Perbaiki Sikap Tubuh

Grogi bisa terlihat dari sikap Anda. Mungkin Anda tidak merasa bahwa Anda sedang grogi, tetapi orang lain yang melihat Anda bisa turut merasakannya, lho. Cara mengatasi grogi yang paling sederhana adalah memperbaiki sikap tubuh Anda saat presentasi atau tampil di depan orang lain.

Anda harus belajar memperbaiki sikap tubuh agar selalu terlihat rileks. Jika Anda berhasil mengatur sikap tubuh agar selalu terlihat santai, jiwa Anda pun akan lebih tenang dan Anda bisa mengatasi grogi yang datang secara tiba-tiba.

5. Temukan Cara untuk Menenangkan Diri

Temukan Cara untuk Menenangkan Diri

Setiap orang pasti pernah merasakan grogi, bukan hanya saat pidato di depan umum saja, kadang-kadang grogi juga bisa dirasakan ketika kita berhadapan dengan orang yang disukai. Namun, cara mengatasi grogi saat harus tampil di depan umum atau saat berhadapan dengan orang yang disukai sebenarnya sama.

Temukan cara untuk menenangkan diri sendiri. Misalnya, Anda bisa mengingat hal-hal yang menjadi motivasi Anda. Bisa juga Anda menyimpan foto seseorang yang selama ini menjadi role model Anda dan lihat foto tersebut agar Anda bisa mengatasi grogi dan menjadi lebih tenang.

6. Fokus pada Tujuan

Fokus pada Tujuan

Ada yang bilang bahwa eye contact terhadap orang yang berada di hadapan sangat penting. Namun, kalau Anda merasa grogi sebaiknya Anda fokus terhadap yang Anda lakukan saat ini. Hindari melihat penonton atau orang yang ada di depan Anda karena hal tersebut bisa membuat Anda semakin grogi.

Fokus saja pada yang sedang Anda tampilkan. Dengan menghindari tatapan audience, Anda tidak perlu mengalami perasaan tak enak atau pikiran negatif yang menerka-nerka apakah penonton menyukai penampilan Anda atau tidak.

7. Salurkan dengan Gerakan Tangan

Salurkan dengan Gerakan Tangan

Cara mengatasi grogi yang paling sering dilakukan oleh banyak orang adalah menyalurkan rasa grogi melalui gerakan tangan. Namun, hal ini nampaknya lebih pantas ketika Anda mengalami grogi saat pidato atau presentasi saja. Anda bisa menjelaskan suatu hal sambil menggerakkan tangan Anda.

Apakah Anda bisa menggunakan gerakan tangan ketika Anda merasa grogi saat interview? Jawabannya adalah silakan saja, tetapi jangan terlalu over karena hal tersebut justru akan membuat pihak yang mewawancarai Anda menjadi risih.

8. Perbaiki Penampilan Diri

Perbaiki Penampilan Diri

Rasa grogi biasanya bisa muncul ketika Anda merasa bahwa penampilan diri Anda kurang maksimal. Sebelum berhadapan dengan orang lain, Anda harus memastikan penampilan Anda sudah benar-benar baik. Tak ada salahnya untuk mengeluarkan sedikit uang membeli pakaian baru dan mengganti model rambut Anda.

Jika penampilan Anda sudah oke, tentu saja rasa percaya diri pun semakin bertambah. Ketika seseorang sudah mendapatkan rasa kepercayaan dirinya, maka orang tersebut tidak mudah menjadi grogi. Nah, coba lihat diri Anda di cermin, apakah saat ini penampilan Anda sudah benar-benar optimal?

9. Atur Pernafasan

Atur Pernafasan

Grogi biasanya diikuti dengan gugup sampai gemetar, keringat dingin, dan deg-degan yang tidak karuan. Apalagi ketika nama Anda dipanggil untuk tampil di depan umum, perasaan grogi pasti akan semakin tidak tertahankan.

Cara mengatasi grogi sebelum tampil adalah jangan langsung beranjak berdiri terlebih dahulu. Tarik nafas dalam-dalam sebanyak tiga kali, lalu tersenyum lah untuk mengurangi rasa grogi. Hanya butuh waktu beberapa detik saja kok untuk mengatur pernafasanmu agar deg-degan yang disebabkan karena grogi bisa hilang.

10. Berdoa Sebelum Tampil

Berdoa Sebelum Tampil

Pernah tidak Anda berpikir untuk meluangkan waktu sejenak untuk berdoa sebelum menghadapi sesuatu hal yang bisa membuat Anda grogi? Nah, jika belum pernah terpikir sebelumnya, inilah saat yang tepat untuk berdoa sebelum tampil.

Berdoa kepada Yang Maha Kuasa bisa mengurangi rasa grogi yang Anda rasakan. Berdoa lah agar Anda diberi kelancaran saat hendak presentasi, pidato, interview, tampil di depan umum, sampai ketika Anda akan menyatakan cinta kepada gebetan. Dengan berdoa, Anda akan memperoleh kekuatan tersendiri untuk mengatasi grogi yang sangat mengganggu.

Grogi dapat membuat penampilan Anda jadi kurang optimal. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba 10 cara mengatasi grogi ini agar penampilan Anda jadi lebih baik dan Anda pun memperoleh hasil yang terbaik pula.

Perbanyak berlatih sendiri agar Anda bisa lebih “matang” sebelum tampil di depan umum. Bila perlu, Anda bisa meminta pendapat orang terdekat yang dapat Anda percaya untuk menilai apakah penampilan Anda sudah cukup baik sebelum tampil di depan umum.