Bacaterus / Kecantikan / Tips Kecantikan / 10 Cara Menghilangkan Bibir Hitam dan Kering Secara Alami

10 Cara Menghilangkan Bibir Hitam dan Kering Secara Alami

Ditulis oleh

Kurang percaya diri karena bibir menghitam? Sudah pakaian lipgloss atau lip balm, tetapi warna bibir tetap hitam? Lipgloss atau lip balm hanya dapat digunakan untuk melembabkan bibir agar tidak kering. Namun, kedua pelembab tersebut tidak bisa mengembalikan warna bibir yang menghitam.

Bibir yang menghitam dapat disebabkan oleh kebiasaan merokok atau penggunaan lipstik yang kurang sesuai. Kandungan nikotin di dalam rokok dapat menyebabkan pigmen melanin bibir menjadi tebal dan menghitam. Selain itu, lipstik yang mengandung parafin dan logam berat juga berkontribusi dalam mengiritasi bibir Anda. Alhasil, bibir Anda jadi terlihat hitam dan kering.

Solusi utama untuk mengembalikan warna bibir seperti sedia kala adalah berhenti merokok dan gunakan lipgloss berwarna untuk mencerahkan bibir. Di samping itu, Anda juga bisa menggunakan cara mengatasi bibir hitam dengan bahan-bahan alami yang akan Bacaterus bahas di atas. Tapi, sebelumnya ketahuilah beberapa penyebab bibir dapat berubah jadi hitam.

Penyebab Bibir Hitam

Penyebab Bibir Hitam

1. Matahari

Sinar matahari yang terlalu banyak tidak bagus untuk kulit kita. Begitu pula dengan kulit bibir, area ini dapat menghitam jika terpapar sinar matahari terlalu sering. Untuk pencegahan, gunakan lah lip balm yang mengandung perlindungan SPF.

2. Bibir Kering

Selain SPF, yang diperlukan bibir adalah pelembab. Karena, bibir yang kering dapat memicu kulit pecah-pecah. Jika bibir pecah-pecah ini dicabuti oleh Anda (baik sengaja atau pun tidak), bisa-bisa bibir Anda jadi menghitam, loh. Makanya, gunakan pula lip balm atau lip butter yang kandungan kelembabannya lebih tinggi.

3. Menggigit Bibir

Seperti pada poin nomor 2 di atas, mencabuti kulit bibir dapat menyebabkan bibir menghitam. Begitu pula dengan menggigit bibir. Orang yang menggigit bibir biasanya tidak sadar karena kebiasan atau karena sedang nervous.

Gigi merupakan tulang yang sangat kuat dan tajam. Kulit bibir Anda bisa terangkat dan parahnya bibir Anda dapat sobek dan berdarah jika digigit terlalu kencang. Makanya, hindarilah kebiasaan menggigit bibir seperti ini.

4. Rokok dan Kafein

Sudah bukan rahasia lagi kalau perokok aktif pasti bibirnya menghitam. Warna hitam ini merupakan tanda kalau tubuh Anda sudah terperangkap oleh racun dari rokok. Tidak hanya rokok, kafein seperti kopi dan teh juga dapat membuat bibir menghitam.

5. Lipstik

Penggunaan lipstik yang tidak tepat dan waktu yang terlalu lama dapat menyebabkan kulit bibir menghitam. Beberapa lipstik ada yang mengandung kandungan logam dan paraffin yang kurang baik untuk kulit jika dipakai terlalu lama. Untuk itu, pastikan lipstik kesayangan Anda terbebas dari bahan yang bisa membahayakan diri Anda suatu saat nanti.

Setelah mengetahui beberapa penyebab bibir menghitam, sekarang Bacaterus akan memberi tahu Anda cara mengatasinya secara natural. Yuk, disimak!

10 Cara Mengatasi Bibir Hitam Secara Alami

1. Oleskan Ramuan Air Mawar

cara mengatasi bibir hitam

Anda tidak perlu membuat air mawar sendiri karena air mawar ini dapat diperoleh di toko kosmetik atau supermarket terdekat. Selain wangi, perawatan dengan air mawar dapat menjadi cara agar bibir tidak hitam dan terlihat kembali merah merekah dan kembali menawan.

Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan kunyit yang sudah dihaluskan dengan air mawar. Kemudian, oleskan campuran tersebut pada bibir Anda selama beberapa menit dan bilas menggunakan air hangat hingga bersih.

2. Gunakan Perasan Air Lemon

cara memutihkan gigi lemon

Selanjutnya, ada cara mengatasi bibir kering dan hitam dengan buah berkulit kuning yang satu ini. Lemon memiliki kandungan zat alpha hydroxy acid untuk mengangkat sel kulit mati di area bibir. Selain itu, kandungan vitamin C yang tinggi dalam lemon terbukti dapat mencerahkan warna kulit, termasuk bibir. Aplikasikan air perasan lemon di bibir dan sekitarnya untuk membuat bibir hitam kembali berwarna cerah.

3. Mentimun

mentimun

Buah yang sering dijadikan lalapan ini tidak hanya dapat memudarkan bekas luka, lho. Mentimun ternyata dapat berfungsi sebagai salah satu cara mengembalikan warna bibir agar kembali cerah dan tidak kering. Campurkan parutan mentimun dengan sedikit air perasa jeruk nipis. Oleskan pada bibir sembari dipijat dengan lembut. Setelah 10 menit, bilaslah bibir dengan air bersih.

4. Madu

madu

Sejak dahulu kala, madu digunakan sebagai pelembab bibir alami yang ampuh mengatasi bibir kering. Faktanya, madu juga dapat digunakan sebagai salah satu cara mengatasi bibir hitam akibat merokok dan penggunaan lipstik yang kurang benar. Madu dapat membantu untuk meremajakan kulit, khususnya di bibir dan sekitarnya.

Cara mengatasi bibir hitam dengan madu sangatlah mudah. Cukup oleskan madu murni di bibir pada saat sebelum tidur malam. Biarkan madu melekat pada bibir agar dapat diserap oleh kulit di area bibir.

5. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun

Mungkin tak banyak yang tahu bahwa minyak zaitun mengandung omega 3 dan antioksidan yang berperan mengangkat sel kulit mati. Oleh karena itu, cobalah cara mencerahkan bibir hitam dengan mengoleskan minyak zaitun di permukaan bibir, maka bibir Anda akan nampak kembali cerah alami.

6. Lidah Buaya

Cara Menggunakan Lidah Buaya untuk Rambut Kering

Aloe vera memang sering digunakan untuk menghilangkan bekas luka. Akan tetapi, tanaman berkhasiat yang satu ini juga dapat digunakan untuk mencerahkan warna bibir yang menghitam. Caranya, ambil gel lidah buaya dan oleskan di bibir. Namun, Anda harus hati-hati karena gel lidah biaya ini memiliki rasa yang sangat pahit.

7. Minyak Almond

pelembab wajah alami minyak almond

Bukankah minyak almond digunakan untuk melembabkan bibir yang kering? Ya, minyak almond memang dapat menjadi lip balm alami untuk melembabkan bibir kering. Nah, kelembaban bibir ini nantinya dapat mengubah warna bibir menjadi lebih cerah dan merah.

8. Gula Pasir dan Jeruk Limau

Jeruk Limau

Mungkin Anda akan bertanya-tanya apa fungsi gula pasir sebagai obat untuk menghilangkan bibir hitam secara alami? Gula pasir akan digunakan sebagai scrub. Cukup ambil satu buah jeruk limau dan belahlah menjadi dua bagian.

Kemudian, taburkan gula pasir di bagian dalam jeruk limau. Gosokkan jeruk ke bibir untuk mengangkan sel kulit mati. Namun, perlu Anda ingat bahwa cara ini tidak berlaku bila bibir Anda sedang luka atau sariawan.

9. Alpukat

buah alpukat

Kombinasi dari buah alpukat dan minyak zaitun dapat menghasilkan ramuan pencerah bibir yang alami dan cuku ampuh. Cukup gunakan 50 gram alpukat yang sudah dihancurkan, lalu tambahkan 2-3 tetes minyak zaitun. Aplikasikan ke area bibir sembari diberi pijatan ringan. Setelah menunggu beberapa saat, Anda dapat menggunakan air hangat untuk membilasnya.

10. Mentega

mentega

Siapa bilang mentega masuk dalam makanan ‘jahat’ yang harus benar-benar diihindari. Pasalnya, mentega justru dapat digunakan untuk memberi kelembaban pada bibir. Nah, oleh karena itu mentega juga dapat mempercepat proses dalam membuat warna bibir jadi kembali cerah.

Ketika dalam proses pengembalian warna bibir yang hitam menjadi bibir yang berwarna cerah alami, Anda juga harus mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang tepat, yakni 2-3 liter sehari.

Bibir hitam dapat menjadi tanda bahwa tubuh kekurangan cairan dan dapat mengakibatkan dehidrasi. Solusinya adalah cukup konsumsi 2-3 liter air mineral. Bila tubuh terhidrasi dengan benar, maka warna bibir Anda juga akan terlihat kembali cerah.

Hingga saat ini bibir hitam kerap kali dianggap sebagai pengganggu penampilan. Nah, kembalikan warna bibir Anda agar kembali cerah dan berwarna. Tak perlu melakukan operasi atau menggunakan pengobatan tertentu, karena cara menghilangkan bibir hitam ini bisa Anda lakukan untuk memperoleh kembali warna cerah di bibir.

Jangan anggap sepele bibir yang menghitam. Segera atasi permasalahan tersebut dengan tepat agar warna hitamnya dapat dapat segera memudar dan bibir Anda kembali masa yang sebelumnya. Di samping itu, hindari penggunaan produk pemutih untuk mencerahkan bibir. Sebagai pengganti, Anda dapat menggunakan salah satu dari cara mengatasi bibir hitam yang ada di atas.

Jika Anda ingin menggunakan lipstik, pastikan Anda menggunakan lipstik yang berkualitas dan menggunakannya secara benar. Selain itu, pilih pula warna lipstik yang cocok untuk bibir hitam seperti yang pernah kami ulas di sini.

Baca juga artikel lainnya tentang , atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

19 Comments

  1. Ana at - Reply

    Maksih infonya.. bermanfaat bnget…

  2. Epri laoly at - Reply

    Thanks google atas saran & Ide Nya 🙂

  3. yoshua rivaldo at - Reply

    Terimakasih infonya sangat bermanfaat ????

  4. Suriani at - Reply

    Google selalu memberikan yang istimewa trimaksih google

  5. Meifa at - Reply

    Yh saya senang sekali membuat cerpen bagaimana cara nya agar cerpen saya terkenal

  6. robyatul at - Reply

    mau nyoba aaah
    mksih info nya

  7. rama at - Reply

    1000 poin untuk google

  8. Diana at - Reply

    Thanks bermanfaat bgt…..

  9. jungkook bts at - Reply

    Thanks for the good idea

  10. Tini at - Reply

    Makasih infonya..sngt bermanfaat

  11. no name at - Reply

    maksih infonya gan, sekarang mau di coba

  12. ardjonadja at - Reply

    Alhamdulillah ahirnya dapat info trimakasih

  13. Anzani at - Reply

    Makasih say info nya ..
    bermanfaat bgt ..aku mau coba .

  14. unknown at - Reply

    Ini beneran bisa ngatasin bibir yg hitam?

  15. Putri dea cantika at - Reply

    Trimakasih banget

  16. simkodin at - Reply

    thaks you for me and good friends

  17. ketrin at - Reply

    Thank’s banget buat infonya
    Jadi bisa milikin bibir seperti artis kpop ????

  18. Nurul maulidya at - Reply

    Klo yg pake madu itu didiemin semlman atau cuma selama seblm tdr mlm ajh ka?..

    • Bacaterus
      Bacaterus at - Reply

      Bisa didiamkan semalaman, tapi oleskan secukupnya saja.

Leave A Comment