Bacaterus / Tips Kesehatan / 10 Cara Mengatasi Beser untuk Anak-Anak, Dewasa, & Lansia

10 Cara Mengatasi Beser untuk Anak-Anak, Dewasa, & Lansia

Ditulis oleh - Diperbaharui 31 Oktober 2019

Semua orang tentu buang air kecil setiap hari. Buang air kecil merupakan proses pengeluaran zat yang tidak diperlukan oleh tubuh melalui air seni. Tapi, jika intensitas buang air terlalu sering alias beser, tentunya sangat mengganggu, kan?

Baru saja Anda ke kamar mandi 15 menit yang lalu, eh, sekarang sudah ingin pipis lagi. Selain sakit, malas juga bolak-balik ke kamar mandi terus. Tidak hanya mengganggu aktivitas, beser juga merupakan indikasi dari penyakit di tubuh Anda, loh. Sebelum Bacaterus membahas cara mengatasi beser, ketahuilah terlebih dahulu beberapa penyebab beser.

Penyebab Timbulnya Beser

1. Sakit

Sakit cara mengatasi beser

Beser merupakan pertanda dari adanya penyakit di tubuh Anda. Hal ini dikarenakan beberapa penyakit mengganggu organ tubuh yang berfungsi mengontrol pembuangan air kencing. Beberapa penyakit tersebut di antaranya adalah infeksi saluran kemih, prostatitis (radang prostat) untuk pria, diabetes, dan stroke.

2. Usia

Usia cara mengatasi beser

Semakin tua, tubuh manusia akan mengalami penurunan kualitas kinerja. Anda pasti punya anggota keluarga yang sudah tua yang sering kencing, kan? Hal ini dikarenakan kekuatan otot penahan buang air kecil orang tua sudah tidak terlalu kuat lagi.

Makanya, banyak juga manula yang mengompol karena tidak sadar ingin pipis atau karena tidak sempat pergi ke kamar mandi. Karena itu banyak produk popok dewasa di pasaran.

3. Hormon

Hormon

* sumber: www.motherandbaby.co.uk

Ketika sedang menstruasi, hamil, atau terjadi aktivitas lainnya pada alat reproduksi wanita, frekuansi buang air kecil biasanya jadi lebih sering. Pada saat sedang mens atau hamil, rahim akan membesar dan jadi lebih lembab sehingga menekan kandung kemih. Itulah yang menyebabkan perasaan beser.

4. Makanan & Minuman

Makanan & Minuman

Ternyata apa yang kita konsumsi sangat berpengaruh pada intensitas buang air kecil. Minuman seperti kafein, soda, minuman energi, minuman karbonat, minuman yang terasa asam, dan alkohol, merupakan pemicu keinginan pipis lebih sering. Lalu, untuk makanannya diantara lain adalah cokelat, tomat, nanas, acar, makanan ber-MSG, lalu daging dan ikan kalengan.

5. Obat

Obat

Penyebab beser yang terakhir adalah karena obat. Jika Anda mengonsumsi obat-obatan tertentu karena penyakit Anda, ada kemungkinan obat tersebut menyebabkan kebeseran. Biasanya obat yang punya efek samping seperti ini adalah obat darah tinggi. Tapi, biasanya ketika Anda berhenti mengonsumsi obat-obatan pemicu beser, maka tubuh Anda akan kembali pada frekuensi pipis normal.

Tadi itu beberapa hal yang menyebabkan kebeseran. Untuk mengatasi masalah ini, lakukan 10 cara dari Bacaterus di bawah ini supaya Anda tidak capek bolak-balik ke kamar mandi terus.

10 Cara Mengatasi Beser yang Ampuh

1. Minum Air Putih secara Teratur

Minum Air Putih dan Olahraga

Logikanya keinginan untuk pipis pasti dikarenakan kita terlalu banyak minum, kan? Padahal, anggapan seperti itu sangat salah, loh. Walaupun Anda sedang dalam kondisi beser, tetap saja Anda harus minum 8 – 10 gelas per hari agar Anda tidak kekurangan cairan. Tapi, cara minumnya jangan sekaligus banyak-banyak.

Kalau Anda sedang beser, minum secara bertahap. Misalnya Anda minum satu gelas jam 8 pagi, lalu minum lagi satu gelas pada jam 9 pagi. Usahakan yang Anda minum adalah air hangat, ya.

Karena, ketika Anda minum air, tubuh akan menyesuaikan suhu air tersebut agar bisa diterima oleh kita. Nah, suhu air yang bisa diterima oleh tubuh kita itu adalah air yang hangat. Makanya, agar tubuh Anda tidak bekerja ekstra, apalagi ketika Anda sedang beser, minumlah air yang hangat.

2. Makan Buah dan Sayur

Makan Buah dan Sayur

Selain minum air putih yang cukup, Anda juga harus mencukupi kadar keperluan sayur dan buah harian Anda. Perbanyak konsumsi sayur dan buah dari pada makanan yang gurih dan asin.

3. Hindari Makanan Pedas

Hindari Makanan Pedas

Makanan yang pedas dapat membuat kandung kemih iritasi. Makanya, Anda harus menghindari makan makanan pedas, apalagi ketika beser sedang melanda. Selain makanan pedas, makanan asin dan asam juga perlu Anda hindari.

4. Jamblang

Jamblang

Jamblang (Syzygium cumini) merupakan pohon yang memiliki buah mungil yang mirip jambu. Buah ini memiliki rasa sepat masam. Nama buah dan pohon ini berbeda-beda tergantung daerahnya, ada yang menyebutnya jambulan (Flores), jambee kleng (Aceh), Jambulan (Sulut), dan lain-lain. Ada juga yang menyebut jamblang sebagai duwet dan jambu keling.

Anda bisa menggunakan ramuan herbal dengan memanfaatkan jamblang. Mulai dari kayu, daun, buah, hingga biji jamblang memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk mengatasi beser.

Ada beberapa cara mengatasi beser dengan jamblang, salah satunya adalah dengan menumbuk 7 biji jamblang sampai halus. Rebus bubuk biji jamblang dengan 2 cangkir air dan gula jawa sesuai selera. Rebus hingga airnya menyurut jadi 1 cangkir. Minum rebusan ini 1 cangkir per hari sampai beser berhenti. Waktu yang disarankan untuk meminum ramuan ini adalah jam 5 sore agar Anda tidak mengalami beser di malam hari.

5. Membasuh Organ Intim dengan Benar

Membasuh Organ Intim dengan Benar

* sumber: khoobsurati.com

Cara mengatasi beser untuk wanita adalah dengan membasuh organ intim dengan benar. Berbeda dengan pria, organ intim wanita sangat berdekatan dengan lubang untuk buang air besar.

Makanya, organ intim wanita lebih rentan terkena bakteri daripada pria. Sesudah buang air kecil, basuhlah organ intim dari arah depan ke belakang, bukan dari belakang ke depan. Hal ini berlaku untuk mencegah bakteri dari anus masuk ke saluran kemih.

6. Berkemih Sebelum Berhubungan Intim

Berkemih Sebelum Berhubungan Intim

Jika Anda sudah menikah, Anda harus buang air kecil sebelum dan sesudah berhubungan intim. Kenapa hal ini termasuk dalam cara mengatasi beser? Karena, beser bisa terjadi jika saluran kemih kita terinfeksi. Nah, kegiatan ini bermaksud untuk menghindarkan saluran kemih dari bakteri.

7. Olahraga

Basket Olahraga Peninggi Badan

Semua penyakit bisa diatasi dengan olahraga. Jika Anda rutin berolahraga, maka Anda akan memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat dan badan yang sehat. Ketika berolahraga, Anda akan mengeluarkan cairan melalui keringat. Dengan begitu, pipis pun akan jadi berkurang karena zat-zat yang tidak diperlukan tubuh sudah keluar melalui keringat.

8. Senam Kegel

Cara mengatasi beser yang selanjutnya adalah dengan senam kegel. Jenis senam ini bisa dilakukan oleh siapa saja, baik wanita maupun pria. Walaupun, memang, senam kegel lebih populer di kalangan wanita karena berguna juga untuk mengencangkan otot vagina dan mengecilkan perut. Senam kegel juga disarankan untuk ibu hamil untuk memudahkan proses persalinan.

Senam kegel berfokus pada otot panggul bawah. Gerakan senam ini akan mengencangkan otot-otot bawah seperti rahim, kantung kemih, hingga usus besar. Dengan melakukan senam kegel, jangka waktu buang air dapat terkontrol. Anda bisa melihat gerakan senam kegel di video di atas.

9. Terapi

Terapi

* sumber: www.sharp.com

Cobalah untuk melakukan terapi dengan menahan pipis. Memang, menahan buang air itu tidak bagus buat kesehatan. Tapi, dalam kasus ini justru Anda harus belajar menahan pipis.

Jadi, jika Anda ingin pipis sekarang, tahanlah selama kurang lebih 30 menit, baru Anda boleh ke kamar mandi. Jangan lakukan lebih dari 30 menit karena bisa berbahaya untuk tubuh. Tujuan dari terapi ini adalah untuk melatih saluran kandung kemih agar tidak mudah beser.

Cara mengatasi beser dengan terapi ini sangat cocok dilakukan ketika Anda saat perjalanan dan tidak ada tempat pemberhentian untuk buang air. Sambil mencari toilet umum, Anda bisa sekalian latihan menahan pipis selama setengah jam, kan. Untuk melupakan keinginan pipis, tarik napas dalam-dalam, lalu hembuskan. Lakukan beberapa kali hingga tubuh Anda rileks.

10. Obat

Obat

Jika Anda sering pipis sedikit ketika tertawa, batuk, atau kaget, berarti itu sudah lumayan parah besernya. Ada beberapa obat yang berfungsi untuk menghentikan beser. Resep obat ini bisa Anda dapatkan setelah berkonsultasi dengan dokter, ya. Dan, obat yang diberikan dokter akan berbeda-beda tergantung penanganan yang dibutuhkan.

Biasanya Anda akan melakukan tes urin, tes darah, dan pemeriksaan fisik terlebih dahulu sebelum diberi resep. Obat yang diberikan pasti berupa antibiotik seperti levofloxacin atau ciprofloxacin.

Itulah sepuluh cara mengatasi beser dari Bacaterus. Jadi, ada banyak cara untuk menghentikan kebelet pipis, mulai dari cara alami, olahraga, hingga obat. Tapi, jika cara-cara di atas masih belum berhasil membuat beser Anda menghilang, langsung periksakan ke dokter, ya. Selamat mencoba!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar