Bacaterus / Food and Recipe / Tips Dapur / Cara Mengasah Pisau Dapur dengan Batu dan Alat Asah Manual

Cara Mengasah Pisau Dapur dengan Batu dan Alat Asah Manual

Ditulis oleh - Diperbaharui 23 November 2018

Pisau dapur merupakan salah satu alat dapur yang paling penting. Tanpa pisau, kita tentu tidak akan bisa memasak ragam menu favorit yang biasa kita makan. Tanpa pisau, kita juga akan kesulitan dalam mengolah berbagai macam bahan makanan.

Pisau sendiri memiliki banyak jenis, mulai dari pisau dapur biasa, pisau untuk mengiris daging, pisau untuk memisahkan daging dari tulang, pisau khusus untuk memotong sayur mayor atau vegetable cleaver, hingga pisau untuk memotong kue dan roti.

Apapun jenis pisaunya, tentu butuh perawatan yang rutin agar pisau tersebut tidak kehilangan fungsinya yakni untuk memotong. Salah satu bentuk untuk merawat pisau dapur adalah dengan cara mengasah pisau agar tetap tajam dan nyaman ketika digunakan untuk memotong.

Mengasah pisau ternyata punya cara tersendiri, lho, yakni dengan menggunakan cara tradisional dengan batu asah dan alat untuk mengasah pisau modern yang bersifat manual. Alat ini telah banyak di jual di pasaran.

Nah, kali ini, Bacaterus akan membagi informasi tentang cara mengasah pisau dengan menggunakan batu asah dan alat pengasah manual agar menjadi lebih tajam dan mempermudah proses memotong bahan makanan. Mari simak langsung saja pembahasannya di bawah ini, ya.

Cara Mengasah Pisau dengan Batu

cara mengasah pisau20100423-sharpening - 05 (Copy)

* sumber: www.seriouseats.com

1. Siapkan Pisau dan Batu Asah

Pertama, kamu harus menyiapkan pisau yang akan kamu asah, beserta alat untuk mengasahnya yakni batu khusus untuk mengasah pisau. Batu tersebut harus memiliki dua sisi yang berbeda. Sisi satunya kasar, dan yang satunya lagi halus atau tak terlalu kasar.

Jika pisaumu tidak terlalu tumpul, gunakan sisi halus pada batu asah. Jika pisaunya sangat tumpul, kamu bisa gunakan sisi batu lainnya yang bertekstur kasar.

2. Tempatkan Batu Asah di Atas Meja

Pertama, tempatkan batu asah di atas meja atau talenan dengan posisi permukaan batu yang kasar (jika pisaumu tumpul) dan tempatkan handuk atau lap basah supaya batunya tidak bergeser.

3. Mulai Asah Pisau

Genggam pisau dengan salah satu dari kedua tanganmu, dan gunakan tangan lainnya untuk memegang ujung dari pisau. Pastikan ujung pisau tak menempel pada batu asahan dan berada di tepi batunya dan pastikan juga pisau berada pada sudut 20-22 derajat dari batu. Oh, ya batu asahan juga terkadang perlu diberi air. Perhatikan arahan batu asah agar kamu dapat mengetahui kapan batu harus diberi air, ya.

Pisau dan arah goresannya harus berada di arah yang berlawanan dengan tubuh kamu. Mulailah mengasah pisau dari satu ujung batu ke ujung lainnya dengan cara melengkung, agar seluruh bagian pinggir dari pisau terasah. Kamu harus terus mengulangi prosesnya hingga bagian sisi yang berlawanan dari pisau berubah menjadi kasar.

Goreslah pisau maksimal sebanyak dua belas kali sampai sisi yang kasarnya terlihat. Kamu bisa memastikan bahwa bagian pinggir dari pisau sudah kasar atau belum, dengan cara menyentuhnya menggunakan tanganmu. Tapi ingat, kamu harus tetap hati-hati saat menyentuhnya. Lanjutkan mengasah sisi lain dari pinggiran pisau agar menjadi kasar juga.

Jika sudah selesai, kamu dapat memulai untuk mengasah pisau dengan permukaan batu yang halus agar pinggiran pisau yang kasar setelah diasah tadi menghilang dan pisau akan menjadi lebih tajam dari sebelumnya.

Nah, sekarang kamu bisa mencoba menguji ketajaman pisau kamu yang baru diasah dengan menggunakannya untuk memotong sayuran, buah-buahan atau daging bahkan selembar kertas. Namun sebelumnya, cucilah pisau terlebih dahulu sampai bersih.

Cara Mengasah Pisau dengan Alat Pengasah Manual 

https://thewirecutter.com/reviews/best-knife-sharpening-tool/

* sumber: thewirecutter.com

1. Siapkan Alat Pengasah Beserta Pisau

Sebelum mulai mengasah, kamu perlu mempersiapkan alat pengasah manual untuk mengasah pisau. Alat pengasah yang kamu gunakan boleh yang memiliki dua atau satu slot untuk mengasah. Jangan lupa siapkan juga pisau yang ingin kamu asah dengan alat pengasah ini, ya.

2. Letakkan Pisau di Atas Alat

Pertama, letakkanlah pisau yang akan kamu asah dengan bagian pinggir pisau yang tajam berada di bagian bawah. Taruh pisau di slot yang paling kasar dari kedua slot yang ada pada alat pengasah pisau manual. Pastikan posisi pisau tegak lurus seperti ketika kamu ingin memotong sesuatu dengan menggunakan pisau tersebut.

3. Tarik Pisau

Proses selanjutnya, kamu harus menarik pisau dari alat, lalu taruh kembali pisau ke slot paling kasar dari alat tadi dengan gerakan horizontal. Tekan hingga pisau menyentuh bagian bawah hingga ke bagian atas slotnya. Ulangi proses yang sama dengan cara sedikit menekan pisau hingga menyentuh dasar dari slot kemudian tarik ke atas. Lakukan gerakan ini sebanyak dua sampai tiga kali saja, ya.

4. Gunakan Slot yang Lainnya

Nah, jika proses pengasahan pisau dengan menggunakan slot yang pertama sudah selesai, kamu bisa menggunakan slot kedua yang terdapat pada alat pengasah pisau manual. Ulangi proses menekan pisau hingga ke dasar slot lalu tarik kembali ke atas, sama seperti yang kamu lakukan saat mengasah dengan slot pertama.

5. Cuci Pisau

Tahap terakhir, cucilah pisau yang telah diasah dengan menggunakan alat pengasah manual tadi. Tunggu sampai kering, atau gunakan lap untuk mengeringkan pisau yang telah dicuci dan pisau sudah bisa kamu gunakan kembali.

Tips Lainnya

Knife-Sharpening_MAIN3 (Copy)

* sumber: www.sfcooking.com

Menurut thespruceeats, ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk menajamkan pisau di antaranya adalah hindari mengasah pisau berbahan keramik karena pisau tersebut mudah patah dan rapuh. Kemudian, janganlah percaya dengan mitos bahwa pisau tidak perlu diasah.

Pisau harus tetap diasah karena jika tidak, gesekan yang ditimbulkan dari penggunaan pisau secara terus-menerus akan membuat pinggiran yang tajam pada pisau menjadi tumpul.

Tips lainnya adalah, gunakan arah yang sama ketika mengasah pisau dan tidak perlu segan untuk mengeluarkan uang agar dapat membeli alat pengasah pisau profesional sebagai pengganti dari batu asah. Terakhir, rawat dan jagalah pisau dengan baik, taruhlah pisau di dalam laci atau gunakan penutup pada bagian pinggiran pisau yang tajam untuk menjaganya agar tetap awet.

Nah, itu dia kedelapan cara mengasah pisau dengan menggunakan batu asah maupun alat asah pisau manual dan juga tips seputar pisau lainnya. Cara dan tips di atas bisa langsung kamu terapkan sendiri di rumah.

Oh ya, kamu bisa mendapatkan alat asah manual maupun batu asah dengan mudah. Alat pengasah pisau manual sudah dijual di banyak toko online di Indonesia dengan harga yang bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah. Cukup klik di sini dan beli langsung alat asah pisaunya di Bukalapak.

Alat pengasah pisau manual dapat kamu gunakan sebagai alternatif dari batu asah jika kamu menginginkan alat yang lebih praktis dan modern. Nah, kalau menurutmu, lebih enak menggunakan batu asah, atau alat asah manual? Sampaikan pendapat kamu di kolom komentar, ya.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Saya senang menulis topik tentang musik, makanan, kecantikan, film dan hal yang berbau teknologi. Saya sudah menulis sejak duduk di bangku SMP. Saat ini saya juga mengelola blog pribadi. Saya juga pernah menjadi penulis artikel untuk blog resmi Floating Market Lembang.Saya pernah mengikuti lomba menulis artikel dalam Pemilihan Duta Sanitasi Jawa Barat pada tahun 2010 lalu serta pernah mengikuti lomba menulis cerpen tingkat Kabupaten di tahun yang sama.

Leave A Comment