bacaterus web banner retina
Bacaterus / Serba Serbi / Praktis! Inilah Cara Mengambil Uang di ATM Tanpa Kartu

Praktis! Inilah Cara Mengambil Uang di ATM Tanpa Kartu

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 29 Mei 2020

Dewasa ini, kegiatan menarik uang yang tersimpan di rekening bank jadi lebih mudah. Jika dulu kita harus pergi ke bank terlebih dahulu untuk menarik tunai melalui teller, kini sejak ada mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM), kita bisa tarik tunai di mana saja asalkan melalui mesin ATM.

Di awal kemunculannya, kita harus menarik uang dari ATM yang sama dengan bank rekening kita. Namun, saat ini kita bisa mengambil uang dari mesin ATM bank lain sejak ada fasilitas “ATM Bersama”

Saat sedang buru-buru, terkadang kita tak sengaja meninggalkan dompet di rumah. Padahal, tak ada uang sepeser pun di kantong pakaian Anda. Nah, bagaimana caranya mengambil uang di ATM kalau kartu ATM Anda juga berada di dompet yang tertinggal itu? Tenang saja, Bacaterus akan berbagi cara mengambil uang di ATM tanpa kartu. Wah, memang bisa?

Via App BCA Mobile

Via App BCA Mobile Cara Mengambil Uang di ATM Tanpa Kartu

Bagi Anda yang sudah memiliki rekening BCA, ternyata bank swasta terbesar di Indonesia ini sudah memberikan fasilitas tarik tunai di ATM tanpa perlu membawa kartu ATM.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menginstall aplikasi BCA Mobile di smartphone Anda. Setelah itu, daftarkan nomor rekening Anda agar bisa terkoneksi dengan aplikasi tersebut. Jika Anda mengalami kesulitan saat melakukan sinkronisasi nomor rekening dengan aplikasi BCA Mobile, hubungi HaloBCA di 500-888.

Setelah berhasil menghubungkan nomor rekening ke aplikasi BCA Mobile, silakan ikuti cara mengambil uang di ATM tanpa kartu melalui aplikasi BCA Mobile:

    1. Buka aplikasi BCA Mobile
    2. Pilih menu m-BCA dan masukkan 6 digit kode akses yang sudah Anda buat saat menghubungkan nomor rekening dengan aplikasi ini, tekan Login
    3. Pilih menu Tarik Tunai
    4. Pilih nominal uang yang akan ditarik atau pilih menu Nominal Lain jika uang yang akan diambil melebihi Rp 250.000
    5. Pastikan saldo rekening Anda mencukupi untuk melakukan transaksi tarik tunai, lalu tekan OK
    6. Masukkan 6 digit pin m-BCA (tidak sama dengan kode akses), tekan OK
    7. Anda akan memperoleh 6 digit kode tarik tunai dan informasi jatuh tempo tarik tunai (setelah lewat jatuh tempo, Anda harus mengulangi cara 1-6 untuk mendapat kode tarik tunai yang baru
    8. Datang ke ATM BCA yang mendukung layanan transaksi tanpa kartu
    9. Tekan menu Transaksi Tanpa Kartu
    10. Pilih menu BCA Mobile
    11. Masukkan nomor handphone yang terdaftar pada m-BCA Anda
    12. Masukkan kode tarik tunai yang tadi Anda dapatkan di aplikasi BCA Mobile
    13. Ambil uang yang keluar dari mesin ATM tersebut

Via Sakuku BCA

Via Sakuku BCA

* sumber: www.komandan.net

Baru-baru ini, BCA memperkenalkan sebuah tabungan ekonomis yang tidak dibekali dengan kartu ATM. Adalah BCA Sakuku yang cara kerjanya hampir sama dengan BCA Mobile. Bedanya, Anda akan diberikan rekening khusus dibanding pengguna BCA Mobile yang sebagian besar menggunakan Tahapan BCA.

Jika Anda sudah memiliki BCA Sakuku, silakan ikuti panduan cara mengambil uang di ATM tanpa kartu dengan Sakuku:

    1. Buka aplikasi Sakuku (bisa diinstall melalui App Store atau Play Store)
    2. Pilih menu Tarik Tunai
    3. Pilih jumlah uang yang akan ditarik
    4. Masukkan PIN Sakuku, maka Anda akan mendapatkan 6 digit kode tarik tunai
    5. Datang ke ATM BCA yang mendukung layanan transaksi tanpa kartu
    6. Tekan menu Transaksi Tanpa Kartu
    7. Pilih menu Sakuku
    8. Masukkan nomor handphone yang terdaftar pada Sakuku
    9. Masukkan kode tarik tunai yang tadi Anda dapatkan di aplikasi Sakuku
    10. Ambil uang yang keluar dari mesin ATM tersebut

Via Mandiri e-Cash

Via Mandiri e-Cash

Bukan hanya BCA yang menyediakan cara mengambil uang di ATM tanpa kartu, salah satu bank BUMN terbesar di Indonesia, yakni Bank Mandiri juga menyediakan layanan tarik tunai tanpa perlu menggunakan kartu ATM. Namun, syaratnya Anda harus memiliki Mandiri e-Cash terlebih dahulu.

Cara agar Anda memiliki Mandiri e-Cash yang registered agar bisa melakukan transaksi tarik tunai adalah melakukan upgrade layanan melalui e-Channel Bank Mandiri atau melalui cabang Bank Mandiri terdekat.

Apabila Anda sudah memiliki akun e-Cash registered, pastikan bahwa akun e-Cash Anda memiliki nominal yang cukup untuk transaksi tarik tunai. Jadi, sebelum berpergian pastikan akun e-Cash Anda memiliki saldo. Untuk melakukan tarik tunai di ATM Bank Mandiri menggunakn e-Cash, Anda dikenakan biaya Rp 3.000 per transaksi. Berikut adalah cara mengambil uang di ATM tanpa kartu dengan memanfaat Mandiri e-Cash:

    1. Tekan *141*6# dari smartphone Anda yang nomornya sudah terdatar untuk Mandiri e-Cash, lalu tekan Call
    2. Pilih menu e-Cash
    3. Pilih menu Tarik Tunai
    4. Pilih nominal tarik tunai
    5. Masukkan 6 digit kode pin e-Cash Anda
    6. Tunggu beberapa saat, maka Anda akan menerima kode OTP untuk dipakai mengambil uang di ATM Bank Mandiri. Mengingat kode OTP hanya berlaku selama 15 menit, sebaiknya lakukan transaksi di smartphone saat Anda sudah berada di dekat ATM Bank Mandiri
    7. Di mesin ATM Bank Mandiri, tekan tombol berwarna hijau (di panel tombol angka) yang biasanya bertuliskan OK/Accept
    8. Pilih menu Mandiri e-Cash
    9. Pilih menu Cash Withdrawal
    10. Masukkan nomor handphone yang terdaftar di akun Mandiri e-Cash Anda
    11. Masukkan kode OTP yang Anda terima dari 3355 tadi
    12. Transaksi selesai, silakan ambil uang yang keluar dari mesin ATM Bank Mandiri dan Anda akan mendapatkan SMS notifikasi yang memberikan informasi bahwa transaksi Anda berhasil

Via Rekening Ponsel CIMB Niaga

Via Rekening Ponsel CIMB Niaga

Jauh sebelum BCA dan Bank Mandiri memberikan layanan tarik tunai di ATM tanpa kartu, ternyata bank swasta yang satu ini sudah lebih dulu memberikan layanan rekening ponsel.

Adalah CIMB Niaga yang memberikan layanan rekening ponsel untuk memudahkan setiap orang memiliki tabungan tanpa perlu menyimpan kartu ATM. Hanya bermodalkan ponsel dengan nomor yang aktif, Anda sudah bisa memiliki jenis rekening ini.

Registrasi nomor Anda untuk terhubung dengan rekening ponsel melalui cabang CIMB Niaga terdekat. Fasilitas ini juga berlaku bagi nasabah CIMB Niaga yang sudah memiliki tabungan sebelumnya. Berikut adalah cara mengambil uang di ATM tanpa kartu melalui rekening ponsel CIMB Niaga:

    1. Datang ke ATM CIMB Niaga, tekan tombol tombol yang terletak di pojok kanan bawah layar mesin ATM
    2. Pilih Bahasa Indonesia
    3. Masukkan nomor ponsel yang sudah terdafar dengan rekening ponsel CIMB Niaga
    4. Masukkan 6 digit PIN m-banking Anda (dibuat saat pendaftaran di cabang CIMB Niaga)
    5. Tunggu selama beberapa saat, maka ponsel Anda akan menerima SMS berisi passcode untuk menarik uang di ATM, ketik passcode tersebut pada mesin ATM
    6. Anda akan dibawa ke halaman menu utama, silakan pilih nominal uang yang akan ditarik dan pastikan bahwa dana yang tersedia pada rekening ponsel Anda sudah mencukupi
    7. Ambil uang dan struk transaksi yang keluar dari mesin ATM

Inilah cara mengambil uang di ATM tanpa kartu secara mudah. Saat ini hanya 3 bank di atas yang menyediakan layanan tarik tunai tanpa kartu melalui ATM.

Jika Anda memiliki informasi mengenai cara tarik tunai di ATM tanpa menggunakan kartu dari bank lain, silakan tulis informasi Anda di kolom komentar di bawah ini. Jika ingin mengetahui tips meminjam uang dengan atau tanpa jaminan klik di sini.

Tag: , , ,
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram