Bacaterus / Lifestyle / Romansa / 10 Cara Mengakhiri Perselingkuhan Secara Baik-Baik

10 Cara Mengakhiri Perselingkuhan Secara Baik-Baik

Siapa bilang selingkuh itu indah? Selingkuh justru bisa membawa banyak masalah dalam hidup Anda. Mulai dari rumah tangga hancur, karir tamat, dan nama baik juga menjadi taruhannya. Belum lagi jika Anda harus membiayai selingkuhan Anda, tentu pengeluaran pun bisa jadi membengkak.

Perselingkuhan tidak diperbolehkan dalam agama mana pun. Jadi, cepat atau lambat Anda memang harus segera mengakhiri perselingkuhan tersebut.

Selingkuh tidak hanya mengkhianati pasangan. Secara tidak langsung, Anda juga menjadi perusak hubungan orang jika selingkuhan Anda juga sudah memiliki pasangan. Stop selingkuh dan segera akhiri perselingkuhan Anda sekarang juga. Bacaterus akan memberi panduan seputar 10 cara mengakhiri perselingkuhan.

10 Cara Mengakhiri Perselingkuhan

1. Bicarakan Baik-baik dengan Selingkuhan

Bicarakan Baik-baik dengan Selingkuhan Cara Mengakhiri Perselingkuhan

Anda memulai suatu hubungan secara baik-baik, akan lebih terpuji jika Anda juga mengakhiri hubungan tersebut secara baik-baik meskipun itu adalah sebuah hubungan terlarang. Cara mengakhiri perselingkuhan adalah bicara baik-baik dengan si dia bahwa apa yang kalian lakukan adalah tindakan yang tidak baik.

Tidak perlu pakai emosi, bicarakan baik-baik dan katakan bahwa dia pantas mendapatkan yang lebih baik dari Anda. Walaupun Anda memutuskan hubungan secara baik-baik, tapi Anda harus tetap tegas dan bersikukuh dengan keputusan yang Anda buat. Jangan goyah ketika melihat ia menangis dan memohon.

2. Putuskan Semua Akses

Putuskan Semua Akses

Bagaimana bisa Anda berhenti selingkuh jika Anda dan si dia masih sering bertemu, ngobrol, sampai dengan chatting di smartphone? Cara menjauh dari selingkuhan adalah memutuskan semua akses yang berhubungan dengan si dia.

Lantas, bagaimana jika terjadi perselingkuhan di kantor yang mengharuskan Anda dan si dia bertemu setiap hari? Pada awalnya, Anda harus berkata jujur jika ingin mengakhiri hubungan gelap.

Jika di kantor masih bertemu, bersikaplah acuh dan perlakukan dia seperti teman kantor Anda lainnya. Apabila Anda berani mengambil risiko, tak ada salahnya berhenti dari tempat kerja saat ini untuk benar-benar menjauh dari selingkuhan.

3. Temukan Alasan Berhenti Selingkuh

Temukan Alasan Berhenti Selingkuh

Untuk meyakinkan diri sendiri bahwa Anda harus mengakhiri perselingkuhan yang saat ini sedang terjadi, Anda harus benar-benar menemukan alasan yang kuat untuk meninggalkan si selingkuhan.

Misalnya, Anda sudah memiliki buah hati dan tidak ingin anak Anda mengetahui perselingkuhan Anda dengan orang lain, maka alasan ini bisa memberikan dukungan kepada Anda untuk segera berhenti selingkuh.

Mantapkan hati untuk berhenti berselingkuh dan pikirkan dampaknya jika Anda melanjutkan perselingkuhan ini. Setidaknya, alasan yang Anda temukan akan memperkuat motivasi diri sendiri untuk berhenti selingkuh.

4. Perbanyak Komunikasi dengan Pasangan

Perbanyak Komunikasi dengan Pasangan

Perselingkuhan terjadi karena kurangnya komunikasi dengan pasangan. Nah, cara mengakhiri perselingkuhan yang benar adalah mulai membangun komunikasi kembali dengan pasangan.

Jika Anda merasakan sesuatu yang membebani hati, utarakan langsung kepada pasangan agar dia bisa memperbaiki hal-hal yang kurang berkenan bagi Anda. Ketika si dia mengetahui perasaan dan keinginan Anda, maka kalian bisa mulai sama-sama membangun rumah tangga yang sempat kacau karena orang ketiga.

5. Berani Jujur

Berani Jujur

Maksud hati ingin menjaga perasaan selingkuhan Anda agar dia tidak merasa sakit saat Anda ingin memutuskan hubungan, eh tiba-tiba Anda jadi tidak tega dan kembali ke pelukannya. Come on, Anda harus jujur kepada selingkuhan mengenai alasan terbaik mengapa kalian harus segera mengakhiri hubungan terlarang ini.

Anda juga perlu jujur kepada pasangan sah. Awalnya mungkin akan menyakitkan dan menyebabkan pertengkaran antara dia dan Anda. Namun, alangkah lebih baik jika pasangan mengetahui soal perselingkuhan ini dari diri Anda sendiri, bukan dari orang lain.

6. Berhenti Membandingkan Pasangan dengan Selingkuhan

Berhenti Membandingkan Pasangan dengan Selingkuhan

Sebelumnya Anda pasti merasa bahwa selingkuhan tentu lebih baik dari pasangan dan bisa membuat Anda nyaman. Apabila Anda terus menerus berpikir seperti ini, maka Anda tidak akan pernah bisa meninggalkan selingkuhan dan kembali pada pasangan. Pasalnya, Anda akan menganggap selingkuhan sebagai sosok yang perfect, sedangkan pasangan adalah sosok yang terburuk.

Stop, membandingkan pasangan dengan selingkuhan. Stop, menghitung sisi negatif pasangan. Ini adalah waktu yang tepat untuk mengenang masa-masa indah dahulu bersama pasangan dan mulai mencari sisi negatif dari selingkuhan Anda.

7. Jangan Memberikan Harapan Palsu

Jangan Memberikan Harapan Palsu

Saat Anda mengakhiri hubungan dengan selingkuhan, Anda tidak diperkenankan sama sekali untuk memberikan harapan palsu. Misalnya, ketika memutuskan hubungan Anda berkata, “Mungkin suatu saat kita bisa bersama kembali” atau “Aku akan selalu menyayangimu” kata-kata ini jelas memberikan rayuan gombal kepada pasangan. Akibatnya, dia jadi baper dan Anda pun tidak berani untuk meninggalkan dia.

Berkatalah secara jujur dan tegas, bukan memberikan harapan palsu. Anda harus berani menjawab dengan tegas dan berkata “tidak” untuk menghentikan affair dengan selingkuhan.

8. Berhenti Menuruti Keinginan Diri Sendiri

Berhenti Menuruti Keinginan Diri Sendiri

Selingkuh terjadi karena hawa nafsu. Jadi, cara mengakhiri perselingkuhan adalah dengan berhenti menuruti keinginan diri sendiri. Anda harus bisa melawan perasaan rindu ingin bertemu dengan selingkuhan. Seberapa besarnya Anda ingin kembali dengan selingkuhan dan menjalin hubungan diam-diam, Anda harus bisa mengalahkannya.

Jika terasa sulit, pikirkan orang-orang di sekitar Anda yang jadi terus menjadi korban jika Anda tetap melanjutkan perselingkuhan ini. Selain itu, pikirkan juga dampak buruk dari selingkuh ketika Anda masih bersikeras menuruti keinginan diri sendiri untuk tetap menjalin hubungan terlarang ini.

9. Pertimbangkan Dampak Buruk Perselingkuhan

Pertimbangkan Dampak Buruk Perselingkuhan

Masih berat untuk mengakhiri affair dengan si dia? Tenang, masih ada cara melepaskan diri dari perselingkuhan, yakni memikirkan dampak buruk yang terjadi karena perselingkuhan. Setiap tindakan pasti ada konsekuensi yang harus ditanggung, termasuk selingkuh.

Dampak buruk dari perselingkuhan antara lain adalah hancurnya hubungan rumah tangga, psikologi anak Anda tergganggu jika mengetahui perselingkuhan orang tuanya, karir menjadi hancur saat relasi atau atasan mengetahui hal ini, dan keluarga Anda harus menanggung malu atas perbuatan zinah yang Anda lakukan.

Masih belum terlambat untuk memperbaiki kehidupan Anda dengan mengakhiri hubungan gelap yang sudah terjalin.

10. Minta Dukungan Orang Terdekat

Minta Dukungan dari Orang Terdekat

Ketika Anda tidak dapat mengatasi masalah ini sendiri, cobalah sharing dengan orang terdekat, entah itu pasangan, keluarga, maupun sahabat. Dapatkan dukungan dari mereka untuk segera mengakhiri perselingkuhan.

Dukungan ini bisa dalam bentuk mencari cara untuk segera memutuskan hubungan dengan WIL (Wanita Idaman Lain) atau PIL (Pria Idaman Lain), mengingatkan Anda ketika sudah mulai terlena lagi dengan selingkuhan, atau membuat selingkuhan jadi membenci dan meninggalkan Anda.

Perselingkuhan adalah suatu bentuk pengkhianatan terhadap pasangan Anda. Selain itu, perselingkuhan juga merupakan dosa yang harus segera ditinggalkan. Selagi masih ada waktu, cobalah cara mengakhiri perselingkuhan di atas.

Ingat, selingkuh adalah tindakan seorang pengecut karena tidak berani berterus terang. Jika merasa sudah tidak cocok dengan pasangan, lebih baik Anda berkata jujur dan berpisah secara baik-baik ketimbang menjalin hubungan dengan orang lain secara diam-diam. Ingin lebih cepat melupakan selingkuhan? Baca artikel ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment