Bacaterus / Fashion / Sepatu / 10 Cara Mengakali Sepatu yang Kebesaran dan Longgar

10 Cara Mengakali Sepatu yang Kebesaran dan Longgar

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 November 2018

Hal yang paling menyebalkan dalam membeli sepatu adalah membeli sepatu dengan ukuran yang salah. Pernahkah Anda mengalaminya? Kejadian ini dapat terjadi karena Anda terlalu terburu-buru ketika mencoba sepatu di toko.

Atau, mungkin Anda ingin sekali memiliki sepatu tersebut, dan itu adalah last stock, tapi ternyata ukurannya tidak cocok. Tapi, kejadian yang paling sering, sih, pasti karena beli online, soalnya kita tidak bisa mencobanya dulu.

Jangan dulu bete, karena Bacaterus akan memberi tahu Anda cara mengakali sepatu yang kebesaran. Ya, jangan asal buang sepatu Anda karena kebesaran. Pasalnya, ada banyak trik jitu yang dapat digunakan untuk membuat sepatu kebesaran jadi bisa dipakai oleh Anda. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, disimak sampai selesai.

10 Cara Mengakali Sepatu yang Kebesaran

1. Kaus Kaki

cara mengakali sepatu yang kebesaran Kaus Kaki

Cara mengakali sepatu yang kebesaran yang paling sederhana adalah dengan mengenakan kaus kaki. Tapi, kaus kakinya bukan sembarang kaus kaki, gunakan kaus kaki berbahan tebal dan tidak licin, ya. Kaus kaki akan membuat kaki Anda jadi lebih “gemuk”, sehingga dapat mengisi rongga sepatu yang kebesaran. Anda bisa juga menggabungkan dua buah kaos kaki jika dirasa masih kurang mengganjal kaki Anda.

Masalah yang mungkin akan Anda hadapi dengan trik ini adalah kepanasan. Pakai satu kaus kaki saja bisa membuat gerah, apalagi jika kaus kakinya tebal atau double. Lalu, jika dipakai seharian, kaki Anda bisa merasa pengap dan pegal karena terlalu lama “terhimpit” kaos kaki.

2. Tisu

Tisu

* sumber: www.homyped.com.au

Baru sadar sepatu Anda kebesaran ketika sudah keluar rumah? Ada cara mengakali sepatu yang kebesaran disaat terdesak, yaitu dengan menggunakan tisu. Ambil beberapa lembar tisu, lalu kepalkan (jangan keras-keras, kepal biasa saja) hingga membentuk bola. Lalu, dorong tisu tersebut ke bagian depan sepatu (jari kaki Anda).

Kekurangan trik ini adalah, jika dipakai dalam waktu yang lama mungkin akan “rontok” karena terkena keringat. Jika ingin lebih aman, Anda bisa menggunakan semacam kain atau lap sebagai pengganjal.

3. Double Sided Shoe Tape

Double Sided Shoe Tape

* sumber: www.shoe-tease.com

Pernahkah tumit Anda terlepas karena sepatu kebesaran? Biasanya para wanita mengalami hal ini ketika menggunakan sepatu high heels kebesaran. Tapi, rata-rata semua sepatu yang bahannya licin dan kebesaran juga pasti akan sering terlepas dari kaki Anda. Sebagai jawaban dari masalah ini, Anda dapat menggunakan double sided shoe tape.

Produk ini mirip seperti double tape, hanya saja khusus untuk sepatu yang kebesaran. Cara kerjanya adalah menjaga kaki Anda agar tidak terpeleset.

Produk ini tidak hanya diperlukan untuk mengganjal sepatu pantofel kebesaran dan high heels longgar, tapi buat para wanita yang tidak mau ketahuan tidak jago pakai high heels juga. Jika kesulitan menemukan produk ini, Anda bisa juga mencoba pakai double tape biasa.

4. Insole

Insole

Cara mengakali sepatu yang kebesaran yang selanjutnya adalah dengan memakai insole. Produk ini sangat populer di kalangan artis yang tidak mau kelihatan pendek tapi tidak mau pakai sepatu hak tinggi. Para pria juga biasanya menggunakannya karena tidak mungkin mereka berjalan-jalan pakai high heels ke mana-mana, kan?

Insole merupakan alas kaki yang memiliki bantalan lembut. Biasanya insole dibuat dari busa atau gel. Anda hanya perlu memasukkan insole ke dalam sepatu, lalu sepatu yang kepanjangan dan kebesaran pun dapat Anda kenakan dengan nyaman. Produk insole dapat Anda beli secara online juga, loh! Kunjungi Bukalapak di link ini.

5. Insole Telapak Kaki / Foot Pad

Insole Telapak Kaki / Foot Pad

* sumber: www.amazon.it

Produk di atas punya banyak nama. Ada yang menyebutnya foot pad, pad socks, ganjalan tumit, dan lain sebagainya. Sebenarnya produk pada gambar merupakan “kaus kaki” wajibnya para penari balet. Tapi, Anda bisa juga menggunakannya kalau flat shoes Anda kebesaran. Selain pad socks ini, Anda bisa juga menggunakan ganjalan untuk telapak kaki yang berbentuk cekungnya saja, loh.

6. Heel Grip

Heel Strip

* sumber: www.enkiverywell.com

Walaupun namanya heels grip, benda ini sebenarnya multifungsi, alias bisa dipakai untuk sepatu apa saja. Heels grip biasanya dibuat dari gel atau busa. Fungsi gel untuk sepatu kebesaran ini adalah untuk mengisi ruang pada tumit atas agar sepatu tidak lepas-lepas.

Tidak hanya di tumit saja sebenarnya, Anda bisa memasang heels grip di tempat mana pun yang Anda butuhkan. Jika Anda merasa bagian jari-jari Anda membutuhkannya, maka pasang satu juga di bagian depan. Cara membuat heels grip sendiri, Anda bisa memotong busa sesuai ukuran yang Anda inginkan, lalu tempelkan pakai double tape atau lem tembak.

7. Shoe Filler

Shoe Filler

* sumber: www.enkiverywell.com

Produk shoe filler sebenarnya mirip seperti heels grip. Hanya saja, shoe filler pasti dibuat dari bahan busa/sponge. Shoe filler juga cenderung lebih “gemuk” dan empuk daripada heels grip. Sesuai namanya, fungsi benda ini adalah untuk mengisi kekosongan pada sepatu. Dan, cara menempatkannya adalah di bagian jari-jari kaki.

8. Karet

Karet

* sumber: www.theshoeroom.ca

Karet merupakan cara mengakali sepatu yang kebesaran selanjutnya. Penggunaan karet sering diaplikasikan oleh para pebalet. Nah, Anda bisa meminjam ide tersebut dan mengaplikasikannya sendiri pada sepatu Anda. Yang Anda perlukan adalah karet elastis, yaitu karet yang biasa dipakai untuk karet celana atau ikat rambut.

Siapkan beberapa meter karet elastis untuk jaga-jaga jika Anda salah potong. Tapi, mungkin cara ini hanya bisa dilakukan pada sepatu berbahan kanvas saja, mengingat sepatu berbahan kulit akan rusak dan terlihat jelek ketika dijahit.

9. Air

Air cara mengakali sepatu yang kebesaran

* sumber: hochzeitskleider.pw

Ada cara nyeleneh yang bisa membuat sepatu jadi mengecil, yaitu dengan menggunakan air. Caranya, basahi sepatu Anda dengan cara merendamnya (untuk sepatu kasual & olahraga) dan menyemprotkannya (untuk sepatu kulit & suede).

Jika sudah, jemur sepatu Anda di bawah sinar matahari. Jika cuaca sedang mendung, gunakan hair dryer dengan pengaturan panas paling rendah. Setelah kering, sepatu akan menciut dan pas dengan ukuran kaki Anda.

10. Pergi ke Profesional

Pergi ke Profesional

* sumber: www.enkiverywell.com

Jika Anda tidak percaya diri melakukan semua anjuran di atas, atau Anda telah mencoba tapi gagal, maka pergilah ke ahlinya. Datanglah ke tukang sepatu, pengrajin sepatu, toko sepatu, salon sepatu, atau tempat profesional sepatu berada lainnya.

Selesai sudah pembahasan Bacaterus mengenai cara mengakali sepatu yang kebesaran. Walaupun sepatu kebesaran dapat diakali, sebaiknya Anda tidak menggunakannya dalam jangka waktu panjang, karena bagaimana pun juga kaki membutuhkan sepatu yang pas.

Cara lainnya, jika Anda merasa sayang telah membeli ukuran sepatu yang salah, “turunkan” sepatu Anda pada adik atau donasikan saja sepatu Anda pada orang yang lebih membutuhkan. Kecuali jika toko sepatu tempat Anda membeli memberikan guarantee ganti ukuran sepatu, maka Anda bisa mencoba kembali ke toko tersebut untuk menukar sepatu menjadi ukuran Anda. Selamat mencoba!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Syuri
Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment