Bacaterus / Serba Serbi / 10 Cara Menenangkan Bayi yang Menangis dengan Mudah

10 Cara Menenangkan Bayi yang Menangis dengan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Desember 2018

Ketika bayi menangis, orang dewasa sering dibuat kebingungan karena mereka sering kali tidak paham apa yang terjadi dengan bayi tersebut. Kekalutan semakin menjadi ketika bayi terus menangis dan tak bisa ditenangkan dan orang–orang di sekitar mulai melihat dengan berbagai tatapan, ada yang ikut prihatin, tak sedikit juga yang merasa terganggu.

Mengapa bayi menangis?

* sumber: www.babycentre.co.uk

Ketika bayi menangis, sesungguhnya mereka sedang berkomunikasi. Tujuannya yaitu untuk menyampaikan kebutuhannya. Mereka meminta bunda atau ayahnya untuk memberikan perhatian dan kepedulian padanya. Berikut adalah alasan mengapa bayi menangis:

  • Karena lapar: Umumnya alasan bayi menangis karena mereka lapar.
  • Karena perlu ganti popok: Jika popok mereka basah, bayi umumnya akan menangis.
  • Karena lelah dan ingin beristirahat: Kemungkinan bayi mengalami kesulitan untuk tidur karena dia terlalu lelah.
  • Karena mengalami kolik: Jika bayi dalam keadaan sehat namun dia terus menangis, bisa jadi bayi mengalami kolik.
  • Karena kedinginan atau kepanasan: Cek apakah bayi kepanasan atau kedinginan dengan memegang perut atau bagian belakang lehernya.
  • Karena merasa tidak enak badan: Saat bayi merasa tak enak badan, mereka akan menangis dengan nada yang berbeda dari biasanya.
  • Karena ingin dipeluk: Adakalanya bayi menangis karena ingin dipeluk untuk menghiburnya.

Lalu, bagaimana cara menenangkan bayi yang menangis? Jangan dulu merasa putus asa, Bunda, Ayah. Banyak cara untuk menenangkan bayi yang sedang menangis. Simak penjelasan berikut.

10 Cara Menenangkan Bayi yang Menangis

1. Diayun-ayun

* sumber: www.babycenter.com

Mengayun-ayunkan bayi bisa menjadi cara efektif untuk menenangkan bayi yang sedang menangis. Kristie Rivers, M.D, seorang dokter anak di Fort Lauderdale mengatakan bahwa sebuah studi menunjukkan ketika bayi diguncang-guncangkan, dapat memicu respon menenangkan di otak bayi yang menyebabkan detak jantung bayi menjadi melambat dan otot menjadi rileks.

Bunda atau Ayah bisa menggendong atau menidurkan dedek bayi di ayunan bayi kemudian diayun-ayun sambil mengeluarkan suara “ssh…ssh…ssh”. Suara “ssh…ssh…ssh” dapat mengalihkan fokus bayi. Bayi jadi fokus pada suara yang Bunda atau Ayah keluarkan sehingga akan berhenti menangis.

2. Ajak Bicara

Ajak Bicara

* sumber: lovelace.com

Menurut sebuah penelitian, nada suara Bunda yang familiar merupakan salah satu cara efektif untuk memenangkan bayi yang menangis. Jadi, jangan ragu untuk mengajak bayi berbicara. Tapi ingat! bicaralah dengan suara yang pelan sehingga bayi tidak merasa terganggu.

3. Perdengarkan Suara yang Menenangkan

* sumber: www.groupon.com

Suara yang menenangkan dapat membuat bayi berhenti menangis seperti halnya suara yang keras dapat menyebabkan mereka menangis. Di dalam rahim, bayi terbiasa mendengarkan suara detak jantung. Sebagai gantinya, cobalah mainkan suara-suara yang berbeda, contohnya, suara jantung yang direkam, suara peralatan rumah, seperti mesin cuci atau mesin cuci piring, atau suara shower.

Mengapa suara-suara itu bisa menenangkan dedek bayi? Menurut Dr. Rivers, secara teori, suara-suara tersebut mirip suara-suara yang didengar bayi di dalam rahim ketika darah mengalir ke plasenta.  Perhatikan, apakah suara-suara itu berhasil menenangkan bayi yang sedang menangis? Jika berhasil, rekamlah suara-suara tadi agar bisa dipakai untuk menenangkan bayi saat menangis.

4. Bersenandung

* sumber: happyfunnyvideos.com

Keluarkan bakatmu, Bunda! Cobalah bersenandung ketika bayi menangis. Tak perlu ragu, nyanyikanlah lagu yang Bunda suka. Bayi juga memberi respon terhadap suara yang akrab di pendengarannya. Nyanyikan lagu pengantar tidur yang lembut pada bayi. Bisa juga Bunda bersenandung ketika memeluknya atau saat bayi berbaring di dada Bunda.

Seperti halnya gerakan, musik juga memiliki kemampuan untuk menenangkan sistem syaraf, menurunkan detak jantung dan pernafasan bayi. Suara Bunda ketika bersenandung pada bayi memiliki kemampuan untuk menenangkan karena suara Bunda adalah suara yang tak asing bagi bayi dan ritmenya menenangkan.

5. Membedong Bayi

* sumber: babymonitorbestbuys.com

Membedong bayi bisa membuat bayi menjadi rileks dan aman. Menurut para ahli, membedong bayi dapat membuat bayi merasa seperti ketika di dalam kandungan. Gunakan selimut untuk membedong bayi. Letakkan kedua lengannya ke bawah.

Banyak orang tua yang memilih untuk membedong bayi mereka karena dapat membuat bayi tidur lebih cepat dan lebih lama. Namun, beberapa bayi ada yang lebih senang tidur dengan tangan tidak dibedong karena bisa menenangkan diri dengan menghisap jari atau mereka senang bebas tanpa dibedong.

6. Pijat Bayi

* sumber: www.babycentre.co.uk

Cara yang baik untuk menenangkan bayi yang sedang menangis adalah dengan memberikan pijatan. Sentuhan hangat dari tangan Bunda dapat menenangkan bayi dengan seketika. Tidurkan bayi di tempat yang nyaman, seperti kasur, sofa atau pangkuan, di ruangan yang hangat dan sepi. Kemudian tanggalkan semua pakaiannya kecuali popoknya.

Bunda bisa mencoba beragam lotion atau minyak bayi khusus untuk pijat walaupun sebenarnya kedua benda tersebut tidak diperlukan. Gunakan sentuhan yang lembut dengan tekanan yang kuat di tiap sentuhan. Perhatikan tanda yang diberikan bayi. Jika dia menggeliat dan rewel, hentikan pijatan dan coba lagi di waktu lain. Berikut ini adalah urutan pemijatan bayi. Bunda bisa melakukan seluruh pijatan ini atau pilih yang disukai bayi.  Mulai dengan posisi badan bayi terlentang.

Kepala

  1. Dengan tangan terbuka, sentuh kedua sisi wajah bayi, dari dahi ke leher dan kembali lagi.
  2. Menggunakan gerakan melingkar, sentuh bagian atas pelipis dan engsel rahang.
  3. Pijat ringan di belakang telinga dan lanjutkan gerakan melingkar di seluruh kulit kepala. Ingat! hindari titik lunak di atas kepala.

Lengan

  1. Pegang kedua tangan di sekitar lengan bayi bagian atas dan berikan pijatan dari atas bahu hingga ke pergelangan tangan, dengan gerakan lembut dan gerakan seperti memerah susu.
  2. Pijat lembut telapak tangan bayi dengan ibu jari Bunda.
  3. Remas dengan lembut dan tarik setiap jari.

Dada

Letakkan kedua telapak tangan Bunda di dada bayi, pijat ke atas sampai ke leher, dan ke bawah ke arah sisi tubuhnya.

Perut

Lakukan gerakan hand-over-hand, pijat bayi dari perut bagian atas ke perut bagian bawah.

Tungkai Kaki

Letakkan tangan Bunda di sekitar paha atas bayi, dan pijat ke arah pergelangan kaki dan kembali ke pinggul.

Kaki

  1. Gunakan ibu jari untuk memijat seluruh bagian bawah kaki.
  2. Remas perlahan dan tarik setiap jari.
  3. Buat lingkaran kecil di seluruh bagian atas pergelangan tungkai kaki dan kaki.

Selanjutnya ganti posisi bayi menjadi telungkup, yakni memijat area punggung dan leher. Berikut tata cara memijat bagian belakang pada bayi:

Punggung

  1. Pijat dengan mengunakan tangan Bunda dari punggung atas ke bokong, dengan telapak tangan Bunda mengikuti bentuk punggung bayi.
  2. Menggunakan ujung jari Bunda, pijat otot-otot panjang di samping tulang belakang bayi dengan gerakan melingkar dari kepala ke bokongnya. (Jangan gosok langsung di atas tulang belakang.) Lanjutkan memijat dari tungkai kaki ke kakinya.

Leher

Akhiri dengan memberikan pijatan ringan pada leher dan bahu bayi Bunda.

7. Matikan Lampu

* sumber: mommyissleeping.com

Menggelapkan ruangan adalah cara yang efektif untuk menenangkan bayi. Bunda bisa menidurkan bayi di ayunan dengan diberikan dot atau pacifier di ruangan yang gelap. Ayunan memberikan sensasi seperti diayun-ayun di lengan Bunda.

Cara ini berhasil karena pada dasarnya semua bayi yang baru lahir terbiasa berada dalam rahim Bunda yang gelap dan sunyi. Suara dan cahaya bisa menstimulasi bayi secara berlebihan. Dengan ruangan yang gelap, semua stimulant suara tadi dapat diblok.

8. Ganti Suasana

* sumber: id.pinterest.com

Terkadang, dengan membawa bayi ke luar dari ruangan tempat tidurnya ke halaman depan atau dapur dapat menenangkan bayi untuk sesaat. Jadi, coba berikanlah bayi suasana baru.

9. Jalan-jalan

* sumber: www.liveabout.com

Cobalah berkendara, jalan-jalan dengan mobil di sekitar kompleks menggabungkan gerakan statis dan white noise, yaitu kombinasi beragam suara dengan bermacam jenis frekuensi. Jika tak mempan juga, coba gunakan kursi yang bisa bergerak-gerak atau ayunan yang juga memiliki kombinasi white noise and gerakan.

10. Mandikan Bayi

* sumber: www.babycenter.com.au

Beberapa ibu-ibu memberikan kesaksian bahwa memandikan bayi dapat membuat bayi menjadi tenang. Suara air mengalir dari keran dan air hangat dapat memberikan keajaiban pada bayi yang menangis. Bunda juga bisa ikut mandi bersama untuk meberikan kontak yang menenangkan.

Bayi yang menangis sering kali membuat orang tua kalang kabut karena mereka tak memahami bahasa bayi. Cara-cara yang telah dijelaskan sebelumnya merupakan cara efektif menenangkan bayi yang menangis. Adakah cara jitu lain untuk menenangkan bayi? Jika kamu tahu, bagikan ceritamu di kolom komentar.

Selain cara menenangkan bayi yang menangis, mungkin Bunda dan Ayah juga pernah mengalami kesulitan dalam menidurkan bayi. Nah, untuk mengetahui caranya, silakan kunjungi artikel 10 Cara Menidurkan Bayi agar bayi tidur nyenyak sepanjang malam.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Sansan adalah panggilan yang tersemat pada sesosok perempuan pecinta traveling. Saat gejolak jiwa traveling mereda, dia senang mengabadikan buah pikirannya ke dalam tulisan. Selain traveling, dia juga senang sekali memotret walaupun bukan tukan potret profesional. Foto-foto hasil jepretannya banyak dipampang di instagram. Jika galau melanda, makan dan nonton “drakor” adalah pilihan favoritnya.

Leave A Comment