Bacaterus / Pendingin Ruangan / Cara Mendinginkan Ruangan dengan Kipas Angin yang Benar

Cara Mendinginkan Ruangan dengan Kipas Angin yang Benar

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Desember 2018

Dewasa ini, penggunaan AC (Air Conditioner) sebagai pendingin ruangan adalah hal biasa. Mulai dari tempat tinggal, perkantoran, supermarket, sampai dengan ATM (Anjungan Tunai Mandiri) turut menggunakan AC.

Sayangnya, AC masih dianggap benda elektronik mewah yang tidak semua orang mampu membelinya. Jika sudah seperti ini, pendingin ruangan yang lebih terjangkau harganya bisa menjadi alternatif pengganti AC.

Jauh sebelum AC ditemukan, manusia lebih dulu menggunakan kipas angin. Udara sejuk yang dihembuskan kipas angin memang tidak sekuat AC. Namun, jika kita menggunakan sedikit lifehack, kipas angin juga bisa membuat kamar yang panas menjadi adem.

Bacaterus akan memberikan serba-serbi cara mendinginkan ruangan dengan kipas angin. Cara menggunakan kipas angin saat tidur atau beraktivitas ternyata tidak jauh berbeda. Bahkan, Anda dapat menjadikan kipas angin sebagai “AC minimalis”, lho.

Cara Memilih Kipas Angin yang Cocok

Pernahkah Anda merasa tidak bisa istirahat dan bekerja karena ruangan Anda panas? Suhu udara yang panas memang membuat tubuh jadi lebih banyak mengeluarkan keringat dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Manfaatkan kipas angin yang Anda punya untuk membuat ruangan jadi lebih sejuk. Tempatkan kipas angin dengan cara yang benar agar udara sejuk dapat menghembus ke seluruh ruangan.

  • Pasang Exhaust Fan

Pasang Exhaust Fan Cara Memilih Kipas Angin yang Cocok

Cara mendinginkan ruangan dengan kipas angin paling banyak dilakukan orang adalah memasang exhaust fan. Sekedar informasi, exhaust fan adalah kipas yang ditanam di dinding. Manfaat dari kipas angin ini adalah menarik udara panas dari dalam ruangan. Udara sejuk yang dihasilkan exhaust fan memang tidak terlalu terasa, tapi sudah cukup mengurangi hawa panas di ruangan.

  • Pasang Kipas Angin di Atas Langit-Langit

Pasang Kipas Angin di Atas Langit-Langit

Ada dua jenis kipas angin langit-langit yang bisa menyejukkan ruangan, yaitu kipas angin plafon yang dapat berputar menyejukkan seluruh ruangan dan kipas angin gantung yang hembusan udaranya tidak sekuat kipas angin plafon.

Jika Anda khawatir masuk angin karena hembusan kipas angin plafon yang terlalu kencang, pasang saja kipas angin gantung. Keduanya sama-sama bisa membuat ruangan jadi lebih dingin.

  • Gunakan Kipas Angin Berdiri (Stand Fan)

Gunakan Kipas Angin Berdiri (Stand Fan)

Jika Anda memiliki permasalahan terhadap kamar yang panas, pasang saja kipas angin berdiri (stand fan) yang cukup besar. Atur kipas angin agar bisa berputar menghembuskan udara ke seluruh ruangan. Semakin besar ukuran kipas angin yang Anda beli, maka semakin kencang hembusan udaranya.

Selain berbagai poin di atas, Anda juga harus mempertimbangkan pemilihan merk kipas angin. Cek artikel merk kipas angin berikut untuk mencari referensi. Di samping itu, ketahui juga beberapa bahaya dari penggunaan kipas angin melalui artikel bahaya kipas angin ini agar Anda dapat membuat pertimbangan yang tepat.

Cara Mendinginkan Ruangan dengan Kipas Angin AC


Saat cuaca sedang panas-panasnya, tentu saja Anda perlu pendingin ruangan yang bisa mendinginkan ruangan secara instan. Sayangnya, di ruangan Anda tidak ada AC atau jendela lebar yang bisa dibuka untuk memasukkan udara segar dari luar. Lantas, bisakah kipas angin memberikan udara dingin yang optimal untuk seisi ruangan?

Kalau tidak ada AC di ruangan Anda, kipas angin pun bisa disulap menjadi pendingin ruangan yang ampuh, kok. Untuk membuat pendingin ruangan dari kipas angin Anda perlu bekerja ekstra. Namun, jika panas di ruangan sudah tidak dapat teratasi, silakan lakukan cara mendinginkan ruangan dengan kipas angin AC berikut ini:

  1. Siapkan beberapa bahan yang dibutuhkan, mulai dari: kipas angin dengan ukuran apapun (boleh kipas angin meja/berdiri), 2 buah botol plastik bekas minuman berukuran 1-2 liter, tali rafia/kawat, solder, cutter, dan gunting.
  2. Potong bagian bawah kedua botol plastik bekas dengan cutter. Namun, jangan potong sampai putus karena nantinya bagian bawah botol akan dijadikan penutup.
  3. Lubangi bagian sisi kiri dan kanan botol dengan solder. Anda bisa membuat lubang sebanyak mungkin karena ini akan menjadi ventilasi.
  4. Ikatkan kedua botol di bagian belakang kipas dengan tali rafia atau kawat. Usahakan untuk mengikat sekuat mungkin agar botol tidak jatuh. Posisi botol harus terbalik, yakni bagian tutup botol berada di bawah.
  5. Selanjutnya, isi kedua botol yang sudah diikat dengan balok-balok es batu. Saat mengisi, pastikan Anda tidak mengisi botol dengan es batu sampai benar-benar penuh. Usahakan agar es batu tidak mencapai lubang yang sudah Anda buat agar tidak mengalami kebocoran.
  6. Tutup bagian bawah botol yang tadi sudah dipotong dengan cutter, lalu coba hidupkan kipas angin Anda. Rasakan udara sejuk yang dihembuskan kipas angin Anda seperti udara sejuk yang keluar dari AC.
  7. Setelah es batunya mencair, keluarkan airnya dengan cara membuka tutup botol. Kemudian, isi kembali botol dengan es batu baru jika Anda ingin menggunakan kipas angin AC ini lagi.

Perlu Anda ketahui bahwa metode mendinginkan ruangan dengan kipas angin AC ini hanya bersifat sementara. Pasalnya, jika Anda menggunakan cara ini terus menerus maka Anda harus membuat es batu sebanyak mungkin dan mengisi es batu secara berkala.

Tips Membuat Ruangan jadi Lebih Sejuk

Cara mendinginkan ruangan dengan kipas angin adalah solusi utama bagi Anda yang tidak memiliki AC. Kipas angin dapat menghembuskan udara sejuk ke seluruh ruangan. Namun, jika ruangan masih terlalu panas, mungkin Anda harus melakukan beberapa tips untuk membuat ruangan jadi lebih sejuk. Berikut ini adalah tips sederhana untuk membuat ruangan yang tidak ber-AC jadi terasa lebih sejuk:

  • Gunakan Cat Tembok Berwarna Soft

Gunakan Cat Tembok Berwarna Soft

Percaya atau tidak, cat tembok berwarna terang seperti kuning, merah, dan orange justru akan membuat ruangan jadi terasa panas. Pilih cat tembok yang berwarna soft atau segar untuk memberikan aura kesejukan di ruangan Anda, seperti warna turquoise, hijau muda, biru muda, putih, atau kuning pucat.

  • Buat Jendela Sebanyak Mungkin

Buat Jendela Sebanyak Mungkin

Jendela adalah ventilasi untuk membuat ruangan Anda tetap sejuk dan bebas pengap. Jika ruangan saat ini tidak memiliki jendela, saatnya Anda menambahkan jendela sebanyak mungkin.

Namun, jika Anda khawatir serangga masuk ke ruangan, pasang saja kasa nyamuk di setiap jendela. Dengan demikian udara sejuk dari luar tetap bisa masuk ke dalam ruangan tanpa khawatir ada serangga yang nyasar ke tempat Anda.

  • Letakkan Benda yang Membawa Kesejukan

Letakkan Benda yang Membawa Kesejukan

Akuarium dan tanaman adalah benda yang bisa membawa unsur kesejukan di ruangan Anda. Air di dalam akuarium dan tanaman hijau memang tidak bisa mendinginkan ruangan secara langsung, tetapi setidaknya ruangan akan terasa lebih segar jika Anda meletakkan kedua benda tersebut.

  • Gunakan Tirai Tipis

Gunakan Tirai Tipis

Suka dengan tirai-tirai tebal bergaya Victoria? Tak masalah kalau ruangan Anda besar dan dipasang dengan AC. Tirai yang tebal akan menghalau udara dari luar masuk ke ruangan.

Memang benar tirai yang tebal juga dapat menghalangi sinar matahari untuk masuk ke dalam ruangan. Namun, jika kamar Anda terasa panas memang sebaiknya Anda menggunakan tirai tipis yang cukup untuk menghalau sinar matahari, tapi tidak menghalangi udara sejuk dari luar untuk masuk.

Serba-serbi cara mendinginkan ruangan dengan kipas angin ini bisa Anda coba mulai sekarang juga. Cara menggunakan kipas angin yang benar ini akan membuat Anda lebih bijak dalam memanfaatkan kipas angin sebagai pendingin ruangan.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar