Bacaterus / Pendingin Ruangan / 6 Cara Mendinginkan Kamar yang Panas dengan Cepat & Mudah

6 Cara Mendinginkan Kamar yang Panas dengan Cepat & Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kalau cuaca sedang panas, mau tidur pun tidak bisa karena tubuh merasa gerah. Ingin memiliki kamar yang sejuk, tetapi adakah cara membuat kamar dingin tanpa AC? Mengingat saat ini untuk membeli AC yang bagus harganya cukup menguras dana, maka Anda harus menyiasati sendiri agar kamar jadi lebih sejuk dan Anda pun jadi bisa tidur nyenyak.

Bacaterus memiliki beberapa tips dan cara mendinginkan kamar yang panas tanpa menggunakan AC. Cara mengatasi kamar pengap dan panas juga bisa disiasati dengan membuat tubuh kita menjadi sejuk, lho. Yuk, langsung saja simak tips selengkapnya berikut ini.

Penyebab Kamar Panas

Penyebab Kamar Panas Cara Mendinginkan Kamar yang Panas

Kamar yang terlalu panas bisa membuat kita tidak nyaman berada di dalamnya. Bahkan, kalau udara di dalamnya terlalu panas dan pengap, kita tidak akan bisa beristirahat dengan nyaman. Apalagi Indonesia termasuk negara beriklim tropis yang tidak memiliki musim salju atau musim gugur yang dapat membuat udara jadi lebih sejuk.

Sebelum mencari tahu cara mendinginkan kamar yang panas, Anda harus mengetahui beberapa hal yang dapat menyebabkan kamar menjadi panas berikut ini:

  • Ruangan Terpapar Sinar Matahari

Jika kamar Anda menghadap ke timur, maka pada pukul 08:00 – 13:00 suhu di dalam ruagan tersebut akan menjadi sangat panas. Mengapa? Kamar yang menghadap ke timur berarti terpapar sinar matahari pada siang hari. Tentu saja ruangan yang terpapar sinar matahari suhunya lebih panas.

  • Tidak Ada Ventilasi Udara

Jendela dan ventilasi di atas pintu memberikan pengaruh yang besar terhadap sirkulasi udara di dalam kamar. Jika kamar Anda tidak memiliki jendela dan ventilasi udara, tentu saja tidak banyak udara yang masuk ke dalam kamar.

  • Dekat dengan Suhu Panas

Percaya atau tidak, kamar yang berada dekat dengan dapur suhunya pasti lebih panas dibanding kamar yang jauh dari dapur. Ketika ada aktivitas memasak di dapur, tentu suhu ruangan di dekatnya akan meningkat lantaran berada dekat dengan suhu panas.

Selain itu, lampu juga dapat mengeluarkan suhu panas. Apabila lampu di kamar Anda berwarna putih dan selalu menyala terus menerus, maka kamar Anda akan terasa panas. Anda juga dapat mencari tahu penyebab kamar panas dengan membaca artikel kumpulan penyebab kamar panas berikut ini.

Cara Mendinginkan Kamar yang Panas

Setiap orang tentu menginginkan istirahat yang nyaman. Akan tetapi, dapatkah Anda beristirahat jika suhu di dalam kamar terasa panas dan pengap? Berikut ini Bacaterus akan berbagi cara mendinginkan kamar yang panas tanpa menggunakan AC:

1. Pasang Kipas Angin

Pasang Kipas Angin

Bila Anda merasa AC terlalu mahal, maka belilah kipas angin yang sekiranya cukup untuk mengedarkan udara sejuk ke seluruh kamar Anda. Kipas angin adalah cara membuat kamar menjadi lebih dingin dan cara yang paling tepat, karena jika suatu saat Anda pindah dari kost-kostan tersebut, kipas anginnya bisa langsung dibawa dan tidak perlu repot-repot melepas AC.

2. Tutup Tirai

Tutup Tirai

Hawa panas di kamar bisa disebabkan oleh sinar matahari yang masuk ke dalam kamar melalui jendela. Tutup tirai Anda untuk menghalau sinar matahari masuk ke kamar. Jika Anda ingin membuka jendelanya silakan saja, tapi tutup dengan tirai.

3. Basahi Lantai dan Buka Jendela

Basahi Lantai dan Buka Jendela

Meskipun nampak mustahil, cara mendinginkan kamar yang panas dengan metode sederhana ini bisa Anda coba. Basahi lantai di kamar untuk memberikan hawa sejuk di kamar. Air dapat menurunkan suhu di dalam ruangan. Selain itu, bukalah jendela di kamar Anda dan biarkan udara masuk. Pada malam hari tutup tirainya agar tidak ada nyamuk yang masuk ke kamar.

4. Ganti Sprei dan Bantal

Ganti Sprei dan Bantal

Jika kamar Anda tidak menggunakan AC dan tidak terdapat ventilasi di dalamnya, maka Anda bisa menyiasati dengan mengganti sprei dan bantal. Pilih sprei yang terbuat dari kain viscose atau katun karena kedua jenis kain ini bisa memberikan rasa adem untuk Anda. Di samping itu, ganti juga bantal lama dengan bantal buckwheat atau kulit ari gandum. Pasalnya, kulit gandum memiliki ruang udara alami.

5. Matikan Lampu

Matikan Lampu

Salah satu solusi ruangan panas adalah mematikan lampu. Seperti yang kami jelaskan di atas, lampu adalah salah satu sumber panas. Saat tidur memang sebaiknya Anda mematikan lampu agar udara di dalam kamar lebih sejuk.

6. Buat Pendingin Udara Sendiri

Buat Pendingin Udara Sendiri

Eksperimen sederhana yang satu ini bisa Anda coba jika sudah benar-benar tidak tahan dengan hawa panas di kamar. Untuk membuat pendingin udara sendiri, Anda membutuhkan gelas berisi es batu, garam, dan kipas angin meja. Anda juga bisa menggunakan dua botol air mineral berisi air yang sudah dibekukan.

Selanjutnya, letakkan es batu atau air beku di depan kipas angin. Nyalakan kipas angin dengan mode putar paling rendah. Angin dari kipas akan menghembuskan suhu dingin dari es ke seluruh ruangan sehingga kamar Anda jadi lebih sejuk.

Cara lain untuk memanfaatkan kipas angin sebagai pendingin ruangan dapat Anda baca di artikel cara mendinginkan ruangan dengan kipas angin. Temukan juga jenis pendingin ruangan lain yang dapat menyejukkan ruangan selain AC di artikel pendingin ruangan selain AC.

7. Ubah Warna Dinding Kamar

Ubah Warna Dinding Kamar

Jika rumah Anda menggunakan atap seng dan Anda tidak bisa menemukan cara meredam panas atap seng, Anda dapat menyiasatinya dengan memilih warna cat kamar agar tidak panas.

Cara mengatasi dinding panas adalah dengan memilih warna cat yang tidak terlalu gelap. Warna-warna gelap seperti hitam, cokelat, atau biru justru membuat kamar terasa panas.

Cara Membuat Tubuh Jadi Lebih Sejuk

Bagaimana solusi kamar tanpa ventilasi? Apakah Anda harus segera memasang AC? Jika Anda memiliki dana lebih untuk memasang AC, maka tak ada masalah jika Anda memasang AC sebagai pendingin ruangan. Namun, jika tidak ada budget untuk membeli AC, Anda bisa membuat tubuh jadi terasa lebih sejuk.

Berikut adalah beberapa tips membuat tubuh jadi lebih sejuk sehingga Anda tidak perlu mencari cara mendinginkan kamar yang panas:

  • Banyak Minum Air
minum air putih

* sumber: www.sciencedaily.com

Air yang Anda minum dapat membuat suhu tubuh jadi lebih sejuk, lho. Itulah alasan mengapa orang yang demam disarankan untuk lebih banyak minum air putih. Setidaknya minumlah 250 ml air putih setiap satu jam sekali.

  • Gunakan Pakaian yang Tipis

Gunakan Pakaian yang Tipis

Cara membuat tubuh jadi lebih sejuk sangat bergantung pada pakaian yang Anda pakai. Jika Anda tahu bahwa kamar Anda panas, gunakan saja baju tanpa lengan yang bahan kainnya tipis. Untuk pria, Anda bisa bertelanjang dada agar tubuh tidak terasa panas.

  • Konsumsi Makanan Pendingin Tubuh

Konsumsi Makanan Pendingin Tubuh

Solusi kamar tanpa ventilasi yang menyebabkan suhu udara di dalamnya jadi meningkat adalah dengan membuat Anda merasa sejuk adalah mengkonsumsi makanan yang dapat mendinginkan tubuh. Ada beberapa jenis makanan yang dipercaya dapat membuat tubuh jadi lebih sejuk, seperti semangka, nanas, es krim, mentimun, dan aneka makanan maupun minuman yang dicampur dengan mint.

  • Berbaring di Lantai

Berbaring di Lantai

Lantai adalah tempat terbaik untuk mendinginkan tubuh Anda. Kalau sudah tidak tahan dengan panasnya kamar Anda, boleh saja berbaring di lantai. Namun, tidak semua orang memiliki daya tahan tubuh yang kuat untuk berbaring di lantai. Dari pada masuk angin, sebaiknya urungkan niat untuk berbaring di lantai jika daya tahan tubuh Anda lemah.

Itulah serba-serbi tips dan cara mendinginkan kamar yang panas. Selain menggunakan AC, ternyata ada opsi pendingin ruangan lain yang bisa Anda coba. Namun, jika semua solusi di atas tidak cukup menyejukkan ruangan, pertimbangkan untuk membeli AC atau air cooler. Panduan penggunaan kedua pendingin ruangan tersebut dapat Anda baca di artikel cara menggunakan AC dan cara menggunakan air cooler.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *