Bacaterus / Sprei / Cara Mencuci Sprei Waterproof dan Tips untuk Merawatnya

Cara Mencuci Sprei Waterproof dan Tips untuk Merawatnya

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Berbeda dengan sprei kain biasa yang sangat rentan ternoda, sprei waterproof lebih aman saat terkena noda urine, darah, dan sebagainya. Jadi, Anda tak perlu khawatir saat menidurkan bayi yang mudah mengompol atau membawa hewan peliharaan ke atas tempat tidur.

Berminat untuk mengganti sprei di rumah dengan sprei waterproof? Simak dulu cara mencuci sprei waterproof berikut ini. Bacaterus juga akan memberikan tips merawat sprei waterproof agar sprei Anda lebih awet dan tidak mudah rusak. Bahkan, semua proses pencucian dan perawatannya bisa dilakukan sendiri tanpa perlu membawanya ke jasa laundry.

Manfaat sprei waterproof

Manfaat sprei waterproof

Sebelum membahas seputar cara mencuci sprei waterproof, Bacaterus akan memberikan sedikit informasi tentang sprei waterproof dan beberapa manfaatnya. Meskipun terdengar asing di telinga Anda, sprei anti air ini ternyata sudah cukup familiar di Indonesia, lho. Anda bisa membeli sprei jenis ini di toko khusus sprei atau melalui situs belanja online.

Berikut adalah beberapa manfaat dari sprei waterproof:

  • Dapat melindungi spring bed Anda dari noda urine anak-anak, manula, maupun hewan peliharaan yang sering berada di atas tempat tidur
  • Cocok untuk Anda yang memiliki alergi terhadap debu dan tungau karena sprei waterproof tidak memiliki pori-pori untuk menyalurkan debu atau tungau dari dalam kasur
  • Membuat tampilan tempat tidur tetap cantik, bersih, dan rapi karena kalau pun terkena noda, maka noda di atas sprei ini sangat mudah dibersihkan

Kelebihan sprei waterproof

Kelebihan sprei waterproof

Sprei waterproof diciptakan bagi Anda yang tidak ingin mengalami kesulitan saat harus menghilangkan noda pada sprei kain. Sprei ini juga mencegah spring bed terkena noda, sehingga Anda tak perlu repot-repot menggunakan cara membersihkan spring bed.

Adakah kelebih lain yang ditawarkan sprei waterproof untuk penggunanya? Tentu saja ada. Berikut adalah beberapa kelebihan dari sprei anti air alias waterproof:

    • Membersihkan noda di sprei lebih mudah karena hanya perlu dilap saja
    • Terbuat dari bahan katun yang memiliki lapisan waterproof (anti air), sehingga bahan sprei tetap terasa adem dan tidak panas sama sekali
    • Bahan sprei waterproof terbilang sangat lembut dan aman bagi kulit bayi maupun anak-anak yang cenderung sensitif
    • Membuat spring bed tetap bersih dari noda karena jika sprei terkena noda, maka nodanya tidak akan bisa meresap hingga ke dalam spring bed

 

  • Mencegah serangan tungau yang dapat menyebabkan kulit gatal, alergi, dan bersin-bersin

Cara mencuci sprei waterproof

Cara mencuci sprei waterproof

Haruskah Anda membawa sprei waterproof untuk dicuci di laundry? Jawabannya adalah tidak perlu. Untuk mencegah kerusakan pada sprei waterproof, sebaiknya Anda mencucinya sendiri di rumah. Akan tetapi, jangan sesekali mencuci sprei ini di dalam mesin cuci karena hal tersebut dapat merusak bahan sprei.

Berikut adalah cara mencuci sprei waterproof secara tepat hanya dengan menggunakan kedua tangan Anda:

  • Jika noda di atas sprei waterproof bisa dihilangkan dengan kain lap basah, maka jangan sering-sering mencuci sprei ini. Cukup basahi kain dan gosok kain lap basah tadi ke bagian sprei yang ternoda
  • Ketika sprei terkena noda yang sulit dibersihkan atau noda yang berbau menyengat (seperti noda urine atau makanan), rendam sprei di dalam air yang sudah dicampur dengan deterjen secukupnya. Jangan terlalu lama merendam sprei waterproof karena bisa merusak bahannya
  • Kucek pelan bagian sprei yang terkena noda, tidak perlu digosok agar bahan sprei tidak robek
  • Bilas sisa busa deterjen dengan air, tidak perlu diperas
  • Jemur sprei di tempat yang berangin. Hindari menjemur sprei waterproof di tempat yang terpapar sinar matahari secara langsung agar tidak merusak kain

Melihat cara mencuci sprei waterproof yang sangat mudah ini, Anda bisa melakukannya sendiri tanpa memerlukan bantuan orang lain. Di samping itu, cara menghilangkan noda di sprei waterproof juga terbilang mudah. Jika air biasa tidak bisa menghilangkan noda di sprei anti air, gunakan larutan air dengan cairan antiseptik atau larutan air dan sabun cair pencuci piring.

Cara merawat sprei waterproof

Setelah mengetahui cara mencuci sprei waterproof secara tepat, saatnya Anda mengetahui cara merawat sprei anti air tersebut. Perlu Anda ketahui bahwa perawatan sprei waterproof tidak bisa disamakan dengan sprei kain biasa. Anda harus lebih hati-hati dalam merawat sprei waterproof agar tidak merusak bahan.

Bagi Anda yang belum mengetahui cara merawat sprei waterproof, simak beberapa panduannya berikut ini:

  • Segera hilangkan noda

Segera hilangkan noda

Sprei waterproof Anda terkena noda? Sebaiknya segera hilangkan noda tersebut ketika Anda menyadarinya. Noda pada sprei waterproof tidak bisa dibiarkan lama-lama, apalagi jika itu adalah noda urine. Pasalnya, urine bersifat asam dan dapat merusak bahan sprei.

Cara menghilangkan noda di sprei waterproof hampil sama dengan cara mencucinya. Jika noda bisa dibersihkan hanya dengan menggunakan kain lap basah, maka Anda tidak perlu mencuci sprei tersebut.

  • Tidak perlu menyetrika sprei

Sprei kain memang harus disetrika agar tidak kusut dan terlihat licin. Akan tetapi, khusus untuk sprei waterproof sebenarnya Anda tidak perlu menggosoknya dengan setrika. Bahan sprei waterproof sangat rentan rusak bila terkena panas.

Namun, bila Anda masih ingin tetap menyetrika sprei waterproof, sebaiknya setrika bagian atasnya saja. Sebelum disetrika lapisi dengan kain terlebih dahulu, sehingga setrika panas tidak langsung mengenai sprei tersebut.

  • Hindari mencuci di dalam mesin cuci

Cara mencuci di mesin cuci

Mesin cuci memang memudahkan Anda dalam hal mencuci pakaian dan sprei kain. Sayangnya, Anda tidak bisa menggunakan mesin cuci untuk mencuci sprei waterproof. Putaran mesin cuci dapat merusak sprei waterproof. Jadi, sangat tidak disarankan untuk mencuci sprei waterproof dengan mesin cuci meskipun Anda sudah menggunakan mode pencucian delicate atau handwash.

  • Jangan mengucek sprei waterproof

Jangan mengucek sprei waterproof

Ada bahaya mengancam ketika Anda mencuci sprei waterproof secara manual dengan menggunakan tangan. Mungkin Anda bermaksud untuk mencuci sprei waterproof sampai benar-benar bersih dengan cara menguceknya.

Akan tetapi, sprei waterproof tidak bisa dikucek dengan tangan karena dapat merusak bahannya. Sebaiknya ikuti petunjuk pencucian yang sudah kami berikan di atas untuk menjaga sprei Anda tetap awet dan tidak mudah rusak.

  • Lapisi dengan sprei biasa atau bed cover

Lapisi dengan sprei biasa atau bed cover

Sprei waterproof tidak dapat dicuci terlalu sering. Oleh karena itu, untuk menghindari noda yang melekat pada sprei waterroof, sebaiknya tambahkan sprei biasa atau bed cover di atas sprei anti air. Setidaknya noda akan menempel pada sprei biasa yang bisa dicuci dengan mudah. Keuntungannya noda tersebut tidak akan meresap hingga ke kasur Anda.

Nah, serba-serbi cara mencuci sprei waterproof ini bisa Anda coba sendiri di rumah. Di balik banyaknya manfaat yang ditawarkan sprei anti air ini, ternyata cara perawatannya pun terbilang sangat mudah, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *