Bacaterus / Fashion / Tips Fashion / Cara Mencuci Jas dengan Benar & Mudah Tanpa Bantuan Binatu

Cara Mencuci Jas dengan Benar & Mudah Tanpa Bantuan Binatu

Ditulis oleh - Diperbaharui 27 Agustus 2018

Jas bisa membuat seorang pria terlihat lebih gagah. Berapa pun harganya, jas memang dapat meningkatkan kharisma penggunanya. Oleh karena itu, banyak pria yang rela merogoh kocek lebih banyak untuk bisa memiliki jas buatan tailor atau brand ternama.

Untuk merawat jas yang mahal, biasanya para pria akan mempercayakan jasa binatu. Mereka percaya bahwa binatu dapat mencuci jasnya secara bersih tanpa merusaknya. Sebenarnya Anda bisa mencuci jas sendiri tanpa perlu dibawa ke binatu, lho. Asalkan tahu cara mencuci jas yang benar, dijamin jas tersebut akan bersih sempurna dan tidak rusak.

Cara Mencuci Jas Secara Manual

Cara Mencuci Jas Secara Manual

Bacaterus akan memberikan petunjuk cara mencuci jas secara manual dan menggunakan mesin cuci. Namun, pertama-tama kita akan membahas cara mencuci jas secara manual terlebih dahulu. Bagi Anda yang tidak memiliki mesin cuci di rumah, Anda boleh melakukan cara ini untuk membuat jas kembali bersih dan nyaman dipakai.

  • Periksa label petunjuk perawatan pakaian di bagian dalam jas. Label ini akan membantu Anda mengambil langkah yang tepat saat mencuci jas.
  • Pastikan tidak ada noda pada jas Anda. Jika terdapat noda, sebaiknya bersihkan dulu dengan cara mengoleskan deterjen cair lalu menggosoknya dengan sikat gigi bekas.
  • Rendam jas selama 15 menit di dalam air bersih (air dengan suhu biasa, bukan air hangat) yang sudah dicampur dengan deterjen cair.
  • Mengingat jas adalah pakaian yang tidak terlalu kotor, maka sebaiknya Anda tidak mengucek jas seperti ketika Anda mengucek pakaian lainnya. Cukup gosok bagian dalam jas dengan tangan dan pada bagian luanya Anda bisa menggosok dengan sikat bergigi lembut.
  • Jangan lupa untuk turut menggosok bagian dalam pergelangan tangan dan bagian kerah jas karena pada bagian ini biasanya banyak keringat yang menumpuk.
  • Bilas jas di dalam ember berisi air bersih dan jangan diperas.
  • Cara mengeringkan jas yang benar adalah langsung menggantungnya di hanger dan jemur di tempat berangin tanpa terpapar sinar matahari secara langsung.

Perlu Anda ingat bahwa saat menggosok jas maka sebaiknya Anda tidak menggunakan tenaga yang terlalu besar agar tidak merusak jas. Cukup gosok secara perlahan karena pada dasarnya jas pria memang tidak terlalu kotor seperti pakaian sehari-hari.

Cara Mencuci Jas dengan Mesin Cuci

Cara Mencuci Jas dengan Mesin Cuci

Keberadaan mesin cuci di zaman modern seperti ini memang sangat membantu. Mesin cuci dapat mengambil alih tugas mencuci pakaian sehari-hari, termasuk ketika Anda ingin mencuci jas sendiri di rumah. Akan tetapi, sebelum memasukkan jas ke dalam mesin cuci, pastikan dulu bahwa jas tersebut sudah aman dicuci di dalam mesin cuci. Selanjutnya, ikuti panduan cara mencuci jas dengan mesin cuci berikut ini:

  • Periksa noda di seluruh bagian jas. Kalau ada noda, segera oleskan deterjen cair tepat di nodanya, diamkan selama 15 menit dan gosok nodanya dengan sikat gigi bekas.
  • Masukkan jas ke dalam mesin cuci. Agar jas tidak terlalu kusut, cuci jas secara terpisah dengan pakaian lain. Kalau Anda memiliki kantong pakaian yang biasa digunakan untuk mencuci pakaian dalam, Anda boleh memasukkan jas ke dalam kantong pakaian tersebut.
  • Jalankan siklus pencucian dengan memilih mode untuk mencuci pakaian berbahan sensitif, yakni delicate atau handwash. Apabila di mesin cuci Anda terdapat pengaturan suhu air, atur dengan temperatur yang dianjurkan pada label perawatan pakaian yang tertera pada jas.
  • Tuangkan deterjen khusus untuk mesin cuci langsung ke dalam tabung mesin cuci atau laci khusus untuk menuang deterjen.
  • Setelah siklus pencucian selesai, hindari memasukkan jas ke dalam pengering di mesin cuci. Langsung angkat jas tersebut dan gantung di hanger untuk dijemur di tempat yang berangin. Setelah beberapa jam, balik jas (bagian dalamnya berada di depan) agar jas kesayangan dapat kering secara merata.

Saat menjemur jas, usahakan untuk tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Pasalnya, sinar matahari dapat membuat warna jas memudar seiring berjalannya waktu. Jadi, jemur saja di tempat yang berangin tapi tidak langsung di bawah sinar matahari.

Tips Perawatan Jas yang Benar

Setelah mengetahui dua metode mencuci jas yang benar, kini Bacaterus juga ingin memberikan petunjuk merawat jas yang benar. Kapan waktu ideal untuk mencuci jas? Bagaimana metode pencucian yang sebaiknya digunakan untuk mencuci jas? Temukan jawabannya dalam tips perawatan jas yang benar.

  • Hindari Mencuci Jas Terlalu Sering

Hindari Mencuci Jas Terlalu Sering

Setiap pria pasti ingin tampil gagah dan berkharisma ketika menggunakan jas. Namun, jas yang bau dapat membuat penggunanya kekurangan rasa percaya diri. Kami menganjurkan Anda untuk tidak terlalu sering mencuci jas. Cucilah setelah 3-4 kali pakai jika Anda tidak berkeringat saat menggunakannya. Namun, jika Anda berkeringat banyak saat menggunakan jas tersebut, sebaiknya cuci setelah 2 kali pakai.

  • Jangan Menyemprot Parfum pada Jas

Jangan Menyemprot Parfum pada Jas

Agar lebih percaya diri biasanya pria akan menyemprotkan parfum setelah memakai jas. Percayalah, parfum dapat meninggalkan noda pada jas kesayangan Anda dan noda tersebut susah hilang meskipun sudah dicuci berkali-kali. Hindari menyemprot jas dengan parfum. Kalau ingin menggunakan parfum, semprotkan ke tubuh langsung setelah mandi.

  • Keringkan Jas Secara Alami

Keringkan Jas Secara Alami

Besok pagi Anda harus sudah memakai jas, tapi jas belum kering setelah dicuci. Jangan tergoda untuk memasukkan jas ke dalam pengering mesin cuci karena hal tersebut hanya akan membuat jas berkerut. Sebaiknya, gantung jas di luar rumah agar terkena angin. Bisa juga Anda menggantung jas di depan kipas angin, lalu nyalakan kipas angin dengan kecepatan penuh.

  • Hindari Penggunaan Pemutih

Pemutih Pakaian

Warna jas memang bermacam-macam, ada yang hitam, cokelat, biru, bahkan putih. Untuk menghilangkan noda pada jas kesayangan Anda jangan sekali-sekali menggunakan pemutih pakaian. Pemutih hanya akan merusak serat kain jas atau membuat warna jas menjadi luntur. Baca kembali panduan mencuci jas di atas karena Anda bisa menghilangkan noda hanya dengan mengoleskan deterjen cair.

  • Jas Aman Dicuci Kering

Jas Aman Dicuci Kering

Apabila jas sudah sangat kotor dan berbagai cara dan tips mencuci jas yang kami berikan tak cukup membantu, pertimbangkan untuk cuci kering (dry cleaning). Cuci kering adalah proses mencuci pakaian tanpa air dan lebih mengandalkan bahan kimia untuk menghilangkan noda dan kotoran pada pakaian.

Tak perlu khawatir karena bahan kimia yang digunakan untuk dry cleaning aman untuk jas. Bahkan, kami sangat menyarankan Anda untuk mencuci jas dan pakaian berbahan sensitif lainnya dengan metode dry cleaning.

Nah, itulah petunjuk cara mencuci jas yang benar dan aman. Apabila Anda masih ragu mencuci jas sendiri, Anda bisa menggunakan jasa dry cleaning. Kalau Anda ingin mengetahui model jas pria yang sedang menjadi tren saat ini, baca artikel jas pria yang paling modis di masa kini untuk mendapatkan referensi jas terbaik yang cocok untuk Anda.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment