Bacaterus / Fashion / Tips Fashion / Cara Mencuci Jaket Bulu Angsa yang Benar dengan Mudah

Cara Mencuci Jaket Bulu Angsa yang Benar dengan Mudah

Ditulis oleh

Menggunakan jaket bulu angsa memang terasa nyaman, apalagi jika Anda menggunakannya di tempat yang suhu udaranya sangat rendah. Jaket bulu angsa terasa sangat empuk dan halus. Selain itu, jaket ini bisa memberikan rasa hangat jika Anda merasa kedinginan. Sayangnya, selain harganya mahal, jaket musim dingin yang terbuat dari bulu angsa juga membutuhkan perawatan ekstra, lho.

Anda tidak bisa mencuci jaket bulu angsa seperti mencuci pakaian sehari-hari. Ada sejumlah aturan cara mencuci jaket bulu angsa yang benar agar jaket tidak robek dang mengeluarkan bulu-bulu angsa di dalamnya. Bacaterus akan memberikan panduan seputar mencuci dan merawat jaket bulu angsa yang aman dan tepat.

Cara Mencuci Jaket Bulu Angsa Secara Manual

Cara Mencuci Jaket Bulu Angsa Secara Manual

Jaket bulu angsa memang terasa sangat nyaman bila digunakan. Namun, Anda tidak boleh mengabaikan proses pencucian jaket tersebut. Jaket bulu angsa harus dicuci secara teratur agar selalu bersih, harum, dan nyaman saat dipakai. Untuk mencuci jaket bulu angsa sebenarnya tidak perlu dibawa ke binatu. Anda bisa mencuci jaket tersebut di rumah secara manual.

Bagi Anda yang ingin mengetahui cara mencuci jaket bulu angsa secara manual, simak langkah-langkahnya berikut ini:

  • Siapkan ember berisi air dingin.
  • Tuang deterjen cair (utamakan menggunakan deterjen cair agar tidak meninggalkan residu) ke dalam ember tersebut, lalu aduk dengan tangan agar menghasilkan busa.
  • Masukkan jaket bulu angsa ke dalam ember.
  • Gosok bagian dalam jaket dengan tangan (boleh menggunakan gerakan mengucek tapi jangan terlalu kencang). Kemudian, gosok bagian luarnya dengan tangan.
  • Untuk menghilangkan noda dan kotoran di permukaan jaket, gosok dengan sikat gigi bekas.
  • Angkat jaket bulu angsa lalu rendam di dalam ember berisi air bersih untuk pembilasan. Pastikan sisa busanya benar-benar hilang.
  • Jangan memeras jaket bulu angsa. Langsung saja jemur jaket di tempat berangin tanpa terpapar sinar matahari secara langsung.

Waktu yang tepat untuk mencuci jaket bulu angsa adalah 1-2 kali dalam sebulan, tergantung frekuensi pemakaian. Jika Anda baru memakai jaket bulu angsa untuk melakukan aktivitas outdoor, segera cuci jaket tersebut setelah dipakai.

Cara Mencuci Jaket Bulu Angsa di Mesin Cuci

Cara Mencuci Jaket Bulu Angsa di Mesin Cuci

Sebagian pemilik jaket kulit angsa merasa khawatir jika harus mencuci jaketnya di dalam mesin cuci. Kekhawatiran tersebut meliputi robeknya jaket sehingga mengeluarkan bulu-bulu angsa di dalamnya atau membuat bulu menggumpal pada satu tempat.

Jaket bulu angsa bisa dicuci di dalam mesin cuci kok. Asalkan Anda tahu cara mencuci jaket bulu angsa yang benar di dalam mesin cuci, maka dapat dipastikan bahwa jaket Anda tidak akan robek atau bulu di dalamnya tampak menggumpal. Berikut adalah cara mencuci jaket bulu angsa di dalam mesin cuci:

  • Gunakan mesin cuci front load maupun top load untuk mencuci jaket bulu angsa.
  • Isi tabung dengan air bersih tanpa perlu mengatur suhu air.
  • Tuangkan deterjen cair yang lembut ke dalam mesin cuci.
  • Jalankan program mencuci delicate/wool/silk agar mesin cuci tidak terlalu keras saat memutar cucian di dalamnya.
  • Setelah siklus pencucian selesai, rendam jaket bulu angsa di dalam air bersih selama 15 menit untuk menghilangkan residu busa yang masih tertinggal di dalamnya.

Setelah proses mencuci selesai, jangan memasukkan jaket bulu angsa ke dalam dryer mesin cuci. Sama seperti ketika Anda mencuci jaket bulu angsa secara manual, sebaiknya langsung jemur jaket di tempat dengan sirkulasi udara yang baik tanpa terkena sinar matahari secara langsung.

Cara Membersihkan Noda di Jaket Bulu Angsa

Cara Membersihkan Noda di Jaket Bulu Angsa

Bila Anda menggunakan jaket bulu angsa untuk aktivitas outdoor, tentu saja noda lumpur atau tanah bisa mengotori jaket Anda. Namun, mengingat bagian luar jaket biasanya terbuat dari bahan yang sama seperti jaket parasut, maka Anda tak perlu khawatir untuk membersihkan nodanya.

Sebelum mencuci jaket bulu angsa kesayangan Anda, alangkah baiknya Anda membersihkan noda di jaket tersebut dengan bahan-bahan berikut ini:

  • Deterjen Cair

Untuk menghilangkan noda membandel yang melekat pada jaket bulu angsa, Anda bisa mengoleskan deterjen cair ke bagian yang ternoda. Setelah itu, gosok dengan jari atau sikat gigi bekas. Setelah nodanya hilang, bilas dengan air bersih dan lanjutkan mencuci jaket tersebut.

  • Tepung Jagung

Tahukah Anda bahwa tepung jagung juga dapat membersihkan noda yang melekat di jaket bulu angsa? Jika noda yang menempel pada jaket adalah noda makanan atau noda lainnya yang mengandung minyak, tepung jagung adalah bahan yang efektif untuk mengangkat noda tersebut.

Cara menggunakan tepung jagung untuk membersihkan noda adalah menaburkan tepung di bagian yang terkena noda, lalu diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu, sedot tepung dengan menggunakan vacuum cleaner, lalu tepuk-tepuk jaket agar sisa tepungnya hilang. Lanjutkan dengan mencuci jaket tersebut dengan deterjen agar nodanya benar-benar hilang.

Tips Merawat Jaket Bulu Angsa

Tips Merawat Jaket Bulu Angsa

Setelah mengetahui cara mencuci jaket bulu angsa yang benar beserta cara menghilangkan noda di jaket bulu angsa, kini saatnya Anda mengetahui tips dalam merawat jaket bulu angsa tersebut. Pada dasarnya, cara perawatan jaket bulu angsa hampir sama dengan cara merawat jaket waterproof karena bagian luarnya hampir sama.

Yang membedakan hanya bulu angsa di dalam jaket yang harus dirawat dengan baik agar tidak menggumpal. Berikut adalah beberapa cara merawat jaket bulu angsa yang benar agar lebih awet dan nyaman dipakai:

  • Baca Label Petunjuk Perawatan

Sebelum melakukan cara mencuci jaket bulu angsa yang benar, Anda harus membaca label petunjuk perawatan yang tertera di bagian dalam jaket. Label ini sangat bermanfaat untuk mengarahkan tentang perawatan jaket bulu angsa yang benar agar tidak merusak bahannya. Jika di label tersebut tertulis dry-cleaning, maka Anda harus membawanya ke binatu untuk dicuci kering.

  • Hindari Pengeringan di dalam Mesin Cuci

Mesin cuci menyediakan fasilitas pengeringan untuk membuat pakaian kering lebih cepat. Namun, mesin ini tidak cocok untuk mengeringkan jaket bulu angsa. Anda bisa membuat bahan jaket jadi mengkerut karena suhu panas dari dryer mesin cuci. Oleh karena itu, jaket bulu angsa harus dijemur dan dibiarkan kering secara alami. Itupun Anda harus menjemurnya di tempat yang teduh.

  • Simpan dengan Cara Digantung

Setelah jaket benar-benar kering, Anda harus menyimpannya di dalam lemari. Bila perlu, lapisi dengan plastik pakaian untuk mencegah debu. Simpan jaket dengan cara digantung agar bulu angsa di dalam jaket tidak menggumpal dan tetap menyebar secara merata.

Nah, itulah serba-serbi cara mencuci jaket bulu angsa yang benar. Perawatan jaket bulu angsa ini memang harus ekstra hati-hati mengingat harganya yang mahal dan jika jaketnya robek maka bulunya akan keluar. Namun, Anda tidak perlu mencuci jaket ini di binatu selama tidak ada petunjuk untuk melakukan dry-cleaning di label perawatannya.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment