Bacaterus / Fashion / Tips Fashion / Cara Mencuci Handuk yang Sangat Kotor Agar Bersih Kembali

Cara Mencuci Handuk yang Sangat Kotor Agar Bersih Kembali

Meskipun terlihat selalu bersih karena dipakai setelah mandi, handuk mandi Anda juga bisa kotor, lho. Ada bakteri yang tidak terlihat bersarang pada handuk tersebut. Oleh karena itu, Anda harus mencuci handuk setiap 1-2 minggu sekali. Selain itu, handuk yang ternoda sesuatu juga harus segera dibersihkan agar nodanya tidak mengering dan meninggalkan bekas pada handuk.

Bacaterus akan berbagi informasi seputar cara mencuci handuk yang sangat kotor. Kami juga akan memberikan tips untuk membersihkan noda di handuk berdasarkan jenis nodanya. Yuk, buat handuk Anda kembali bersih seperti baru!

Cara Mencuci Handuk yang Sangat Kotor

Cara Mencuci Handuk yang Sangat Kotor

Handuk yang sangat kotor bisa ditandai dengan bau tak sedap, warna handuk yang menjadi dekil, dan terdapat noda pada handuk. Untuk mencuci handuk yang sangat kotor, Anda harus menggunakan deterjen yang benar-benar ampuh membersihkan noda. Berikut ini adalah panduan cara mencuci handuk yang sangat kotor secara manual alias mencuci menggunakan tangan:

  • Siapkan ember berisi air hangat dengan suhu 40-60 derajat celcius.
  • Tuang deterjen anti noda ke dalam ember berisi air hangat.
  • Rendam handuk kotor di dalam ember selama 10-15 menit untuk melunturkan noda dan kotoran yang masih menempel.
  • Kucek handuk atau gunakan sikat berbulu halus untuk menggosok seluruh bagian handuk kotor.
  • Siapkan air hangat yang bersih untuk membilas handuk tersebut.

Apakah sebaiknya handuk yang baru dicuci diberi pelembut pakaian agar permukaan handuk tetap halus? Handuk yang baru dicuci tidak perlu direndam di dalam larutan air dan pelembut pakaian. Pasalnya, pelembut pakaian meninggalkan residu pada handuk yang lama kelamaan akan menurunkan daya serap handuk. Jadi, cukup gunakan deterjen saja untuk mencuci handuk yang kotor.

Cara Mencuci Handuk dengan Mesin Cuci

Cara Mencuci Handuk dengan Mesin Cuci

Handuk yang tebal akan sulit jika dikucek dengan menggunakan tangan. Untuk mencuci handuk yang tebal, Anda bisa memanfaatkan mesin cuci. Tak perlu ragu ketika mencuci handuk di dalam mesin cuci. Pasalnya, mesin cuci juga bisa menghilangkan noda dan kotoran yang melekat di handuk.

Bagi Anda yang ingin mengetahui cara mencuci handuk yang sangat kotor di dalam mesin cuci, simak langkah-langkah berikut ini:

  • Masukkan handuk ke dalam mesin cuci.
  • Tuangkan deterjen khusus mesin cuci (boleh bubuk atau cair).
  • Pilih siklus cuci dengan air panas. Set suhu air menjadi 60 derajat celcius untuk membunuh bakteri yang melekat pada handuk.
  • Bila Anda mencuci handuk putih dan ingin menghilangkan noda di handuk putih, tambahkan baking soda atau pemutih pakaian. Jika Anda mencuci handuk berwarna, sebaiknya Anda tidak menambahkan bahan apapun selain deterjen.
  • Jalankan program pencucian extra rinse.
  • Pada proses pembilasan, Anda diperkenankan untuk menambahkan cuka putih untuk menghilangkan noda yang masih melekat. Kemudian, bilas kembali handuk dengan air bersih (tanpa menggunakan cuka).
  • Keringkan handuk dengan dryer mesin cuci selama 20 menit. Setelah itu, jemur handuk di tempat dengan sirkulasi udara yang baik sampai benar-benar kering.

Perlu Anda ketahui bahwa cara mencuci handuk yang sangat kotor dengan mengandalkan mesin cuci hanya efektif jika Anda mencuci 2-3 handuk besar dan 2 handuk kecil saja. Terlalu banyak handuk di dalam mesin cuci, justru akan membuat mesin cuci tidak dapat bekerja secara optimal.

Cara Menghilangkan Noda di Handuk

Cara Menghilangkan Noda di Handuk

Handuk yang dipakai untuk mandi saja rentan terkena noda, apalagi handuk yang dipakai di salon atau tempat umum. Cara menghilangkan noda membandel di handuk mandi sebenarnya sangat mudah, asalkan Anda menggunakan cara yang sesuai dengan jenis nodanya. Beda noda, beda pula cara membersihkannya. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan noda di handuk sesuai dengan jenis nodanya:

  • Kosmetik

Kosmetik

Foundation dan jenis kosmetik lainnya dapat meninggalkan residu yang sulit dihilangkan pada handuk. Sebelum menerapkan cara mencuci handuk yang sangat kotor, hilangkan dulu noda kosmetik di handuk.

Oleskan deterjen cair di bagian handuk yang ternoda, gosok dengan jari-hari Anda. Setelah itu, rendam handuk di dalam air hangat, lalu tuangkan pemutih jika handuk tersebut berwarna putih. Selanjutnya, cuci handuk dengan deterjen anti noda untuk memastikan nodanya sudah benar-benar hilang.

  • Cat Rambut

Cat Rambut

Salah satu jenis noda yang sering melekat pada handuk adalah noda cat rambut. Sejatinya, noda cat rambut ini cukup sulit untuk dibersihkan.

Setelah ternoda cat rambut, segera lakukan treatment dengan memberikan shampoo bayi di bagian yang ternoda dan gosok dengan jari Anda. Setelah itu, rendam handuk di dalam larutan air hangat, deterjen, dan cuka putih. Sambil direndam, Anda dapat menggosok nodanya dengan sikat gigi bekas.

  • Keringat

Keringat

Bagi Anda yang sering menggunakan handuk untuk mengelap keringat saat berolahraga, Anda harus mencuci handuk tersebut setelah berolahraga. Jangan menunggu beberapa hari kemudian baru dicuci. Apabila ada noda keringat yang tertinggal di handuk, gunakan amonia untuk mengangkat noda keringat tersebut.

Sementara noda keringat yang sudah lama dan mengering bisa dibersihkan dengan larutan air dan cuka putih. Sebelum dicuci dengan deterjen, gosok noda keringat dengan sabun batang untuk memastikan bahwa nodanya benar-benar hilang setelah direndam di larutan amonia atau cuka putih.

  • Darah

Darah

Handuk bisa saja terkena darah ketika wanita yang sedang menstruasi menggunakannya. Darah yang sudah mengering di handuk tentu akan sulit untuk dibersihkan. Anda hanya perlu merendam handuk yang ternoda darah di dalam air dan deterjen yang mengandung enzim.

Jika handuk yang ternoda darah berwarna putih, segera rendam handuk di larutan air dan pemutih pakaian. Gunakan air dingin saat merendam dan mencuci handuk yang ternoda darah.

  • Minuman

Minuman

Untuk menghilangkan noda minuman pada handuk, Anda bisa merendam handuk tersebut di dalam larutan air dan deterjen yang mengandung enzim. Jika handuknya berwarna putih, rendam handuk di dalam air dan pemutih pakaian yang mengandung oksigen di dalamnya. Setelah itu, cuci handuk dengan deterjen untuk memastikan noda minumannya benar-benar hilang.

Pemutih pakaian hanya dianjurkan untuk menghilangkan noda di handuk putih. Sementara untuk menghilangkan noda di handuk berwarna, Anda bisa menggunakan jeruk nipis dan cuka putih untuk melunturkan nodanya. Buat campuran cuka putih dengan air perasan jeruk nipis, lalu oleskan larutan alami tersebut di bagian yang ternoda. Tunggu 5-10 menit, lalu cuci handuk dengan deterjen.

Kapan waktu ideal mencuci handuk? 1-2 minggu sekali. Jangan tunggu sampai handuk benar-benar kotor karena Anda tidak mengetahui kuman dan bakteri yang bersarang pada handuk meskipun Anda selalu memakai handuk tersebut setelah mandi.

Berbagai cara mencuci handuk yang sangat kotor ini bisa menjadi panduan bagi Anda yang ingin mengembalikan kebersihan dan kehigienisan handuk yang Anda pakai. Ingin mengetahui tutorial cara mencuci baju di mesin cuci yang benar? Yuk, kunjungi artikel ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment