Bacaterus / Kecantikan / Tips Kecantikan / 10 Cara Mencegah Wajah Berminyak dengan Hal Sederhana

10 Cara Mencegah Wajah Berminyak dengan Hal Sederhana

Jenis kulit setiap orang berbeda-beda. Ada yang memiliki kulit normal, kering, bahkan berminyak. Memiliki wajah berminyak terkadang membuat kita kesal karena keberadaan minyak tersebut dapat mengurangi rasa percaya diri kita. Lantas, selain cara mengatasi kelebihan minyak di wajah, adakah cara untuk mencegah kulit wajah memproduksi minyak berlebih?

Bacaterus akan berbagi cara mencegah wajah berminyak melalui hal-hal sederhana. Bahkan, Anda mungkin tidak pernah menduga sebelumnya bahwa beberapa hal yang nampaknya sepele ini berpengaruh besar pada produksi minyak di kulit wajah.

10 Cara Mencegah Wajah Berminyak

1. Jangan malas membersihkan kulit wajah

Jangan malas membersihkan kulit wajah Cara Mencegah Wajah Berminyak

Apakah Anda adalah salah seorang yang kerap kali langsung tidur tanpa mencuci muka terlebih dahulu? Sementara itu, sisa make up masih melekat pada kulit wajah Anda. Nah, hal seperti inilah yang dapat menyebabkan kulit memproduksi kadar minyak berlebih pada wajah.

Cara mencegah wajah berminyak yang paling sederhana adalah dimulai dengan kebiasaan membersihkan kulit wajah. Usai berpergian di luar rumah atau sebelum tidur, bersihkan kulit wajah terlebih dahulu. Anda dapat menggunakan sabun mandi, tetapi Anda pun dapat menggunakan cleanser untuk membersihkan kotoran dan sisa make up.

2. Hindari mencuci muka lebih dari 2 kali

bersihkan tubuh

Dengan maksud untuk mengurangi minyak di wajah, Anda mungkin akan mencuci muka sesering mungkin dengan sabun wajah. Setelah cuci muka, wajah memang terasa lebih kesat dan tidak berminyak. Sayangnya, cara seperti ini sebenarnya tidak diperkenankan karena dapat memicu produksi minyak yang lebih banyak.

Ketika Anda mencuci muka sebanyak lebih dari 2 kali, kulit akan memproduksi minyak alami secara lebih banyak. Alhasil, wajah Anda jadi tambah berminyak. Cucilah muka Anda sebanyak 2 kali saja, yakni pada pagi dan sore hari  pada saat mandi.

3. Kurangi konsumsi makanan berminyak

Kurangi konsumsi makanan berminyak

Percaya atau tidak,  kegemaran menyantap makanan yang berminyak dapat menyebabkan produksi minyak berlebih pada wajah. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi Anda yang memiliki jenis kulit berminyak untuk mengurangi konsumsi makanan berminyak atau segala makanan yang digoreng.

Tak hanya itu saja, konsumsi makanan berminyak juga membuat kolesterol. Tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk mulai mengurangi makanan berminyak untuk memiliki kulit wajah putih, bersih dan nampak cerah setiap saat.

4. Perbanyak minum air putih

Rajin Minum Air Putih

Untuk mengimbangi kebiasaan konsumsi makanan yang berminyak, cobalah untuk memperbanyak minum air putih setiap hari. Kekurangan cairan tubuh akan membuat kulit untuk memproduksi minyak lebih banyak untuk mencegah agar kulit menjadi kering.

Jadi, jangan malas untuk minum air putih 8 gelas atau lebih banyak setiap harinya. Di samping itu, air akan menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik. Ketika tubuh terhidrasi dengan baik, maka kulit wajah pun tampak lebih cerah dan awet muda.

5. Gunakan kosmetik khusus kulit berminyak

Gunakan kosmetik khusus kulit berminyak

Cara mencegah wajah berminyak adalah dengan menggunakan kosmetik yang memang diformulasikan untuk kulit berminyak. Dewasa ini, tidak sulit untuk menemukan kosmetik yang memang dikhususkan untuk kulit berminyak.

Anda dapat menemukan foundation, bedak, sampai dengan blush on yang memang diformulasikan untuk kulit yang sangat berminyak. Jadi, tak ada alasan untuk tidak menggunakan kosmetik yang memang dirancang khusus agar sesuai jenis kulit Anda. Kosmetik untuk wajah berminyak dapat menyerap kelebihan minyak di wajah sehingga mencegah kesan shining pada wajah Anda.

6. Pilih bedak tabur khusus kulit berminyak

Pilih bedak tabur khusus kulit berminyak

Lebih spesifiknya lagi, Anda harus menggunakan bedak tabur pada kulit wajah. Tekstur bedak tabur yang lembut diformulasikan untuk menyerap kelebihan minyak di wajah. Apalagi jika Anda memilih bedak tabur yang memang dirancang untuk kulit berminyak, tentunya bedak tersebut dapat benar-benar menyerap kelebihan minyak di wajah.

Selain itu, bedak tabur juga lebih mudah diratakan pada kulit yang sangat oily. Tekstur bedak tabur yang halus dan mudah merata inilah yang membuat alasan mengapa pemilik kulit berminyak wajib untuk memakainya.

7. Selalu sedia kertas wajah

Selalu sedia kertas wajah

Jika Anda tahu bahwa wajah Anda berminyak, maka usahakan untuk selalu menyediakan kertas wajah yang dapat menyerap berlebih minyak pada kulit. Kertas wajah akan menjaga agar wajah Anda tetap segar dan tidak terlihat berkilau karena minyak.

Selain itu, kertas minyak dapat menjaga agar tata rias yang Anda pakai tidak luntur karena produksi minyak berlebih. Kertas minyak juga dapat dipakai sebelum Anda mulai merias wajah. Kertas ini akan menyerap minyak sehingga Anda dapat segera menggunakan make up tanpa khawatir luntur.

8. Hindari paparan sinar matahari secara langsung

Hindari paparan sinar matahari secara langsung

Ketika berada di bawah sinar matahari yang terik, kulit akan terangsang untuk memproduksi keringat untuk menjaga suhu tubuh agar tetap sejuk. Pun begitu dengan kulit wajah yang langsung memproduksi minyak ketika Anda berada di bawah sinar matahari secara langsung.

Cara mencegah wajah berminyak yang paling tepat adalah menjaga diri agar tidak berada di bawah sinar matahari secara langsung. Apabila terpaksa berada di bawah paparan sinar matahari, gunakan krim tabir surya khusus wajah dan pakailah topi yang bisa menutupi seluruh bagian wajah.

9. Masker wajah dengan jeruk nipis

Masker wajah dengan jeruk nipis

Jeruk nipis adalah bahan alami yang dapat diandalkan untuk mencegah produksi minyak berlebih. Di samping itu, jeruk nipis juga disinyalir dapat mengurangi jerawat pada wajah. Manfaatkan buah yang satu ini untuk menjadi masker wajah alami guna mencegah minyak pada wajah. Kandungan asam yang tinggi di dalam jeruk nipis dapat mengurangi kadar minyak di kulit wajah.

Peras air jeruk nipis di dalam sebuah wadah, lalu gunakan kapas untuk mengaplikasikan air jeruk nipis ini ke seluruh bagian wajah, termasuk leher. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air hangat. Segera keringkan wajah dengan cara menepuk-nepuk dengan handuk bersih.

10. Manfaatkan semangka untuk mencegah minyak berlebih

Manfaat semangka untuk mencegah minyak berlebih

Tahukah Anda bahwa buah semangka bisa membantu Anda mencegah produksi minyak berlebih? Kandungan Vitamin A di dalam semangka berfungsi untuk mengecilkan pori-pori wajah serta mengurangi sekresi minyak berlebih. Dengan menggunakan masker semangka, Anda akan terbebas dari berbagai masalah yang disebabkan oleh minyak berlebih seperti jerawat dan komedo.

Yang harus Anda lakukan adalah memarut semangka sampai halus, lalu tempelkan parutan semangka ini ke seluruh bagian wajah. Biarkan masker semangka ini selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini minimal 2 kali seminggu untuk mencegah kulit wajah berminyak.

Manfaat semangka untuk mencegah minyak berlebih

Cara mencegah wajah berminyak lainnya adalah mengurangi pemakaian kosmetik. Pasalnya, kosmetik dapat menyumbat pori-pori sehingga kelenjar minyak akan mengeluarkan sekresi lebih banyak. Jika terpaksa menggunakan make up, usahakan untuk memilih kosmetik ringan yang bersifat non-comedogenic alias tidak menyumbat pori-pori. Bila perlu, gunakan juga kosmetik yang sudah disesuaikan untuk jenis kulit yang berminyak.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment