Bacaterus / Kelabang / 7 Cara Mencari Kelabang di Rumah Sebelum Membasminya

7 Cara Mencari Kelabang di Rumah Sebelum Membasminya

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Februari 2019

Habitat lipan alias kelabang biasanya berada di luar rumah, entah itu di taman, rawa, maupun hutan. Namun, terkadang hewan berkaki banyak ini juga suka berkeliaran di dalam rumah. Yang mengerikan, hewan ini bisa menggigit manusia atau hewan peliharaan. Meskipun tidak mematikan, gigitan kelabang cukup sakit dan bisa menyebabkan nyeri selama berhari-hari.

Keberadaan kelabang di dalam rumah bisa dideteksi melalui beberapa tanda-tanda. Jika Anda sudah berhasil mendeteksi keberadaan kelabang di dalam rumah, segera gunakan cara mencari kelabang di rumah dari Bacaterus ini sebelum membasminya.

Tanda-tanda Kelabang di dalam Rumah

Tanda-tanda Kelabang di dalam Rumah

Kelabang adalah hewan yang bisa berjalan dengan sangat cepat. Saking cepatnya, terkadang keberadaan hewan ini luput dari pandangan kita meskipun mereka melintas di depan kita. Alhasil, kita pun sering “kecolongan” dan tidak menyadari bahwa ada kelabang yang bersarang di rumah kita.

Bisakah kita mengenali keberadaan kelabang di rumah kita? Tentu saja bisa. Sebelum menemukan cara mencari kelabang di rumah, kenali dulu tanda-tanda keberadaan lipan di rumah Anda melalui beberapa hal berikut:

  • Gigitan pada Anak atau Diri Sendiri

Waspadai tanda-tanda kelabang bersarang di rumah Anda. Keberadaan kelabang bisa langsung terdeteksi ketika anak-anak atau diri sendiri sudah menjadi korban gigitan hewan ini. Berbeda dengan kecoa yang memiliki bau menyengat sehingga mudah dikenali, kelabang tidak berbau. Bahkan, hewan ini tidak meninggalkan kotoran seperti tikus. Jadi, ketika anak-anak atau diri Anda sendiri merasakan nyeri, gatal, dan benjolan kecil di tubuh, mungkin saja itu adalah gigitan kelabang.

  • Ruam pada Hewan Peliharaan

Kalau Anda memiliki kucing atau anjing, hewan-hewan ini juga selalu menjadi sasaran kelabang. Kelabang yang merasa terganggu dengan keberadaan hewan peliharaan Anda tidak akan segan untuk menggigitnya. Apabila Anda merasa selalu memandikan hewan peliharaan secara rutin tapi tiba-tiba menemukan ruam di tubuhnya, hati-hati karena kemungkinan hewan kesayangan Anda sudah menjadi korban gigitan kelabang.

  • Sering Melihatnya Berkeliaran

Mengingat lipan tidak bisa dideteksi dari aroma atau kotorannya, maka Anda hanya bisa mengenali tanda-tanda adanya lipan di dalam rumah jika Anda melihatnya berkeliaran bebas. Jika Anda melihatnya lebih dari satu kali, segera temukan cara mencari kelabang di rumah untuk membasmi hewan tersebut.

7 Cara Mencari Kelabang di Rumah

Kelabang adalah hewan pemalu yang menyukai tempat yang gelap dan lembab. Hewan ini tidak berkeliaran sebebas kecoa. Ada waktu-waktu tertentu di mana kelabang lebih aktif berkeliaran di dalam rumah. Sebelum membasmi kelabang, Anda memerlukan panduan cara mencari kelabang di rumah untuk menemukan sarang utama dari hewan arthropoda ini.

1. Periksa Setiap Sudut Kamar Mandi

Periksa Setiap Sudut Kamar Mandi Cara Mencari Kelabang di Rumah

Lipan adalah hewan yang sangat gemar bersarang di tempat yang lembab. Kamar mandi merupakan tempat favorit bagi hewan ini. Cobalah untuk mengecek setiap sudut kamar mandi. Kadang-kadang ada kelabang berukuran kecil yang bersarang di sikat WC, lho.

Jika di lantai atau keramik bak mandi terdapat lubang, biasanya kelabang sering bersarang di tempat itu. Pastikan Anda sudah menyisir semua area kamar mandi sampai ke setiap sudut dan benda-benda di dalamnya untuk menemukan kelabang.

2. Cek dan Bersihkan Gudang atau Garasi

Cek dan Bersihkan Gudang atau Garasi

Selain menyukai tempat yang lembab, tempat favorit lainnya bagi kelabang adalah tempat gelap. Gudang dan garasi biasanya menjadi tempat ideal bagi hewan ini untuk tinggal bahkan berkembang biak. Angkat barang-barang yang ada di gudang dan garasi karena kelabang suka tinggal di bawah suatu benda.

Buang semua barang-barang yang tidak terpakai dan lakukan pembersihan gudang secara rutin. Jika beruntung, Anda tidak hanya akan menemukan kelabang saja, tapi juga hewan-hewan pengganggu lain, seperti kecoa, cicak, tikus, atau kadal.

3. Angkat Pot Tanaman

Angkat Pot Tanaman

Bagian bawah pot tanaman juga menjadi tempat bersarang bagi kelabang. Bahkan, jika Anda meletakkan pot bunga itu di dalam rumah, Anda tetap harus melakukan pengecekan. Angkat semua pot tanaman yang ada di rumah untuk memeriksa keberadaan kelabang. Bagian bawah pot tanaman biasanya sangat lembab dan sejuk sehingga cocok dijadikan tempat tinggal bagi hewan tersebut.

4. Periksa Batu-batuan di Rumah

Periksa Batu-batuan di Rumah

Suka mengoleksi batu-batu taman di dalam rumah? Tak masalah, tapi lakukan pengecekan berkala untuk memastikan bahwa batu-batu itu tidak menjadi sarang bagi kelabang. Namun, kelabang lebih suka tinggal di bawah batu berukuran besar. Jadi, kalau ada batu ukuran besar di rumah Anda, jangan lupa untuk mengecek bagian bawahnya.

5. Buat Jebakan dari Tali

Buat Jebakan dari Tali

Cara mencari kelabang di rumah sebenarnya sangat mudah. Selain mencari di tempat-tempat yang berpotensi dijadikan sarang kelabang, Anda juga harus menjebak kelabang untuk menemukan keberadaannya. Pasang tali tipis di tempat-tempat yang berpotensi dilalui kelabang, lalu berikan lem tikus pada tali tersebut. Apabila kelabang melewati tali itu, maka tubuhnya akan menempel dan terjebak di sana. Nah, Anda jadi tidak perlu repot-repot mencarinya, kan?

6. Lakukan Pencarian di Siang Hari

Lakukan Pencarian di Siang Hari

Setelah menemukan cara mencari kelabang di rumah yang sesuai dengan kemampuan Anda, kini saatnya menentukan waktu yang pas untuk melakukan investigasi. Kelabang adalah hewan yang aktif di malam hari. Kemungkinan besar hewan ini akan meninggalkan sarangnya di malam hari untuk mencari makan. Bila Anda ingin mencari kelabang di sarangnya, maka lakukan pencarian di siang hari ketika hewan itu sudah kembali ke sarangnya.

7. Jangan Lupa Mengecek Saluran Air

Jangan Lupa Mengecek Saluran Air

Saluran air adalah tempat yang gelap dan sangat lembab. Tempat sejenis ini sudah pasti tidak luput dari incaran kelabang. Jika Anda benar-benar ingin menemukan kelabang, carilah hewan tersebut di saluran air. Pada umumnya, kelabang yang tinggal di saluran air biasanya berukuran besar. Segera bawa perlengkapan untuk membasmi kelabang jika Anda menemukannya.

Serba-serbi cara mencari kelabang di rumah ini bisa menjadi panduan bagi Anda yang sudah jengah dengan keberadaan hewan itu. Namun, cara ini tidak menjamin Anda benar-benar bisa menemukan kelabang di sarangnya karena kelabang sendiri adalah hewan yang cukup aktif dan mampu bergerak dengan cepat sehingga ia bisa melarikan diri secepat mungkin ketika merasa terancam.

Sebagai salah satu hewan yang cukup mengganggu, tidak masalah jika Anda ingin membasmi kelabang. Lipan alias kelabang adalah hewan yang tidak membawa manfaat bagi kita justru merugikan karena bisa menggigit diri sendiri, anak-anak atau hewan peliharaan. Segera singkirkan menggunakan cara yang terdapat dalam artikel cara mengusir kelabang yang masuk ke rumah.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar