Bacaterus / Kecantikan / Kosmetik Wajah / Cara Mencairkan Foundation Padat dengan Mudah dan Cepat

Cara Mencairkan Foundation Padat dengan Mudah dan Cepat

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 September 2018

Liquid foundation a.k.a alas bedak cair adalah produk kecantikan yang menjadi pilihan nomor satu dalam urusan fondasi makeup. Ada banyak produk liquid foundation yang bagus dari berbagai merk, untuk rekomendasi merk foundation cair yang bagus, baca artikel 10 Merk Liquid Foundation Terbaik ini.

Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan liquid foundation yang ada di pasaran bisa mengambil hati semua orang. Kadang ada foundation yang cocok, tapi harganya terlalu mahal, ada foundation yang bagus, tapi warnanya tidak sesuai dengan kulit pembeli, dan lain sebagainya.

Makanya, ada orang yang lari ke foundation lain, seperti yang berbentuk padat (pressed powder foundation) misalnya. Tapi, tentu saja foundation ini kurang bagus untuk dijadikan alas bedak, karena bagaimana pun juga bentuk awalnya adalah bubuk. Tapi, Anda tak perlu membuang foundation padat Anda, kok. Ubah saja menjadi cair!

Pada hari yang berbahagia ini Bacaterus mau membagikan tips bagaimana cara mencairkan foundation padat. Dengan beberapa bahan dasar ini, Anda dapat membuat foundation cair Anda sendiri di rumah. Bahkan Anda bisa menyesuaikan konsistensi, coverage, dan warnanya sesuai dengan selera Anda! Berikut adalah 10 bahan yang bisa dipakai untuk mencairkan foundation.

Bahan untuk Mencairkan Foundation Padat

1. Moisturizer

Moisturizer cara mencairkan foundation padat

Cara mencairkan foundation padat yang pertama adalah cara yang paling mudah, yaitu dengan menambahkan pelembab krim atau cair. Sebelum menggunakan foundation, Anda pasti pakai pelembab juga, kan? Nah, sekarang pelembabnya dicampur dengan foundation padat untuk membuatnya jadi liquid foundation.

Anda bisa menyesuaikan tingkat coverage yang diinginkan. Semakin sedikit foundation yang Anda campur, maka cakupan foundation cair buatan Anda akan semakin lemah, bisa disamakan dengan tinted moisturizer atau BB krim. Kalau Anda ingin menjadikannya liquid foundation dengan coverage tinggi, tambahkan lagi foundation padatnya.

2. Primer

Primer

Ubah foundation padat Anda jadi cair dengan menambahkan face primer! Penggemar makeup sejati pasti tahu kalau menggunakan face primer (makeup base) sangat penting sebelum menggunakan kosmetik. Nah, manfaatkan face primer Anda untuk menyulap foundation yang tadinya padat jadi liquid.

Ada beberapa jenis primer di pasaran, yaitu cair dalam botol spray, gel, dan krim. Semuanya bisa Anda pakai untuk mencairkan foundation. Tapi, kalau bisa gunakan primer yang transparan supaya warna foundationnya tidak berubah, ya.

3. Liquid Highlighter

Liquid Highlighter

Highlighter juga bentuknya bermacam-macam, ada yang bubuk seperti bedak (loose powder), bubuk padat (pressed powder), krim, gel, dan ada juga yang cair. Nah, Anda bisa menggunakan highlighter yang konsistensinya cair untuk dicampur dengan foundation padat.

Jadi, tak hanya liquid highligter saja, ya. Anda bisa juga menggunakan highlighter krim atau gel, padukan dengan foundation padat secukupnya, aduk rata untuk membuatnya jadi liquid foundation. Tapi, perlu diperhatikan karena ini adalah highlighter, maka wajah Anda akan terlihat berkilau di semua tempat (bukan cuma di area tulang wajah saja). Jadi, mungkin akan ada beberapa orang yang kurang menyukai metode ini.

4. Shea Butter

Shea Butter

* sumber: unconventionalhomemaker.wordpress.com

Shea butter atau mentega shea adalah zat yang paling sering ditambahkan ke dalam makeup dan skincare. Produk ini merupakan lemak alami yang diekstrak langsung dari buah pohon shea. Mentega shea memiliki manfaat seperti melembabkan kulit, mengandung antiiritasi dan antibakteri, dapat meratakan warna kulit, bekerja sebagai tabir surya alami, hingga mampu mengencangkan kulit.

Maka itu, Anda sebaiknya stok shea butter sekarang juga di rumah. Selain untuk perawatan, Anda bisa juga menambahkannya pada foundation padat untuk membuatnya jadi cair.

5. Jojoba Oil

Jojoba Oil

Jojoba oil merupakan minyak nabati multifungsi. Anda bisa menggunakannya sebagai pembersih makeup, penebal rambut, dan sebagai minyak esensial untuk skincare dan makeup. Nah, Anda bisa menggunakan jojoba oil ini sebagai pencair foundation juga. Minyak yang diekstrak dari semak jojoba ini mudah diserap kulit, lalu tidak memiliki aroma tertentu, sehingga tidak akan mengganggu Anda.

Walaupun berbentuk minyak, jojoba oil cocok untuk diaplikasikan pada semua jenis kulit. Bahkan, minyak ini dapat menghidrasi dan mengunci kelembaban kulit serta menyembuhkan kulit berkat kandungan antiinflamasi-nya. Beli minyak jojoba via online di Bukalapak dengan klik link ini.

6. Petroleum Jelly

Petroleum Jelly

Memang ada perdebatan tentang penggunaan petroleum jelly pada wajah. Tapi, sejauh Anda tidak mengalami masalah ketika menggunakannya, maka petroleum aman-aman saja dipakai untuk mencairkan foundation. Memang, petroleum jelly tidak bisa meresap ke dalam kulit dengan cepat seperti minyak esensial, tapi produk ini dapat berfungsi sebagai moisturizer yang baik, kok.

7. Beeswax

Beeswax

* sumber: kokumbutterwholesale.com

Anda bisa menggunakan beeswax, tapi jangan biarkan dia sendirian. Maksudnya, untuk membuat foundation jadi cair, sebaiknya gunakan beeswax dan minyak esensial lainnya seperti jojoba oil, coconut oil, atau minyak vitamin E. Anda bisa juga menambahkan sedikit glycerin. Psst, glycerin bagus untuk kulit kering lho!

8. Lavender Oil

Lavender Oil

* sumber: www.up-nature.com

Minyak esensial seperti lavender oil dapat Anda gunakan untuk mencairkan foundation. Tak hanya mencairkan foundation padat, minyak lavender juga akan menambahkan aroma lembut dan gizi untuk kulit Anda. Selain minyak lavender, Anda bisa pakai minyak esensial lainnya seperti rosemary, aprikot, carrot seed, kamomil, alpukat, mawar, atau vegetable glycerin.

9. Aloe Vera Gel

Aloe Gel

Aloe vera gel sedang sangat diminati di Indonesia. Orang-orang membeli produk ini karena segudang manfaatnya. Pertama, gel lidah buaya bisa dipakai sebagai pelembab. Kedua, gel ini bisa berguna sebagai masker untuk deep conditioning kulit. Ketiga, Anda bisa menggunakan gel ini sebagai sleeping pack, yaitu masker yang dibawa tidur. Terakhir, tentunya Anda dapat mencampur gel ini untuk membuat liquid foundation.

Penambahan aloe vera gel pada foundation dapat membuat foundation lebih menempel di kulit. Foundation juga jadi tidak cakey walaupun setelah berjam-jam digunakan. Dan, para penyuka makeup Korea pasti senang mendengar ini, karena aloe vera gel + foundation dapat menghasilkan makeup natural yang nampak glowy.

10. Witch Hazel

Witch Hazel

Bahan selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk mencairkan foundation adalah witch hazel. Sebenarnya witch hazel adalah bunga mungil berwarna kuning. Spesiesnya tersebar di Amerika Utara, Jepang, dan Cina. Bunga yang cantik ini diekstrak untuk dijadikan minyak esensial.

Witch hazel dapat digunakan untuk seluruh tubuh. Manfaatnya di antaranya adalah menyembuhkan luka, antiiritasi, mengobati jerawat, dan masih banyak lagi. Nah, Anda bisa banget menggunakan witch hazel untuk membuat foundation padat jadi cair.

11. Face Serum

Face Serum

* sumber: thelala.com

Face serum merupakan cara mencairkan foundation padat yang paling cepat. Serum wajah biasanya berbentuk minyak yang mudah diserap kulit. Untuk mengubah foundation padat jadi cair, Anda tinggal tambahkan beberapa tetes serum wajah dan foila, foundation cair telah menjadi milik Anda!

Tadi itu 11 bahan yang bisa Anda pakai untuk mengubah foundation padat jadi cair, ya. Sekarang, Bacaterus akan masuk ke pembahasan pokok, yaitu cara mencairkan foundation padat.

Cara Mencairkan Foundation Padat

1. Diaduk

Diaduk cara mencairkan foundation padat

Siapkan bahan yang ingin Anda gunakan. Anda bisa mencampur foundation padat dengan beberapa bahan sekaligus, misalnya beeswax dicampur dengan vitamin E oil. Cara termudah untuk membuat foundation jadi cair adalah dengan mengaduknya.

Sebab, bentuk awal foundation-nya padat, maka Anda perlu menghancurkannya dulu jadi bubuk. Caranya bisa dengan mencungkil foundation menggunakan spatula kecil untuk mengaduk makeup. Anda bisa juga mengeruk foundation padat dengan sikat spoolie.

cara mencairkan foundation padat

* sumber: zula.sg

Sebaiknya Anda membuat foundation cair secara fresh. Maksudnya, baru dibuat ketika Anda akan menggunakannya saja. Kecuali jika Anda telah menemukan rasio yang tepat, maka Anda bisa membuat batch yang agak banyak sekaligus. Siapkan mangkuk, tempat kecil, atau mixing pallete. Masukkan foundation dan bahan yang diinginkan, lalu aduk menggunakan spatula, kuas makeup, atau sendok kecil. Anda bisa juga langsung mengaduk di telapak tangan yang bersih.

2. Direbus

Direbus

Cara mencairkan foundation padat yang selanjutnya agak lebih ribet, karena Anda akan merebusnya. Merebus foundation pun tidak langsung di panci, melainkan dengan teknik double boil, seperti ketika Anda akan mencairkan cokelat. Caranya siapkan panci berisi air. Di atasnya, Anda bisa menyimpan panci lagi, atau mangkuk tahan panas, dan lain-lain. Nah, foundation dan bahan-bahan lainnya dimasukkan ke bagian atas tadi.

Anda bisa menambahkan bahan-bahan yang diinginkan dengan foundation padat yang sudah Anda hancurkan. Cara ini ideal ketika Anda ingin menggunakan shea butter atau beeswax yang memang harus dicairkan terlebih dahulu sebelum bisa dipakai. Jika Anda memiliki kulit kering, bisa menggunakan bahan pelembab yang cukup banyak. Aduk hingga foundation jadi rata. Jangan dulu masukkan foundation ke tempat penyimpanan jika masih panas.

Nah, itu dia cara mencairkan foundation padat. Kelebihan liquid foundation adalah lebih menempel dan lebih tahan lama daripada foundation padat. Kasarnya, sih, foundation padat itu dibuat untuk touch up. Tapi, kalau sudah dicairkan begini Anda bisa menjadikannya alas bedak juga, kan?

Sebelum yakin atas foundation cair yang baru selesai Anda buat, tes coverage terlebih dahulu, karena belum tentu foundation tersebut bisa menutupi kekurangan di wajah dengan tepat. Tambahkan foundation atau bahan-bahan lainnya hingga Anda mencapai konsistensi foundation yang diharapkan. Selamat mencoba!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment